Masakan Korea : Tteokbokki ( 떡볶이)

Anda senang makan pedas? Baiklah sekarang kita akan menampilkan tulisan tentang masakan korea dengan rasa pedas-manis dan berwarna merah yaitu Tteokbokki,  dan tulisan ini juga merupakan  PR dari  Dian ssi sebagai ganti  hadiah rice cooker.

Di Korea saat jalan-jalan di musim dingin, paling enak sejenak menghangatkan diri, mampir di warung tenda (pojangmacha ) sambil makan Tteokbokki atau hanya sekedar makan odeng.
Bahan dasar Teokbokki adalah tteok ( 떡 ) yang disebut dengan garae tteok ( 가래 떡 ) yaitu jajanan dari beras yang berbentuk bulat memanjang.

Cara membuat garaetteok adalah :ie000828674_std

1. Bahan-bahan :
Tepung beras 300 g
Air 110g
Minyak wijen 3 sendok makan
2 . Cara membuatnya :
Tuangkan air sedikit demi sedikit pada tepung beras, kemudian aduk pelan-pelan dengan menggunakan tangan. Haluskan dengan menggunakan tirisan. Setelah kukusan sudah mengeluarkan uap, kukuslah tepung beras itu hingga matang. Setelah matang, angkat lalu dibuat menjadi adonan sambil mengoleskan minyak wijen supaya tidak lengket, hingga kenyal. Setelah itu adonan dibuat dengan bentuk panjang dan bulat . Kemudian oleskan sedikit minyak wijen di luarnya biar tidak langsung mengeras. Nah Garaetteok sudah jadi. Gampang bukan…?  Karena Jajanan ini sangat populer, maka Garaetteok telah diproduksi secara pabrikan,  dan harganya  menjadi relatif murah dan tentu tidak repot .

Cara membuat Tteokbokki ( 떡볶이 ):

1. Bahan-bahan :

200 g Teuk (kue beras)
1/4 buah bawang bombay
30 g wortel
2 buah jamur Shitake kering
1 buah cabe hijau dan merah
1 sdt minyak goreng
1 sdt minyak wijen
2. Bahan-bahan untuk bumbu
1 sdm bubuk cabe merah
1 sdm Kochujang ,  taujo cabe merah
1 sdm bawang putih yang dicincang halus
1/2 sdm gula pasir
3 sdm kalu daging
sedikit biji wijen, lada hitam, dan minyak wijen
3. Cara memasaknya :

Tteuk dicampurkan dengan minyak wijen. Potong melintang  bawang bombay dan wortel. Iris tipis jamur Shitake yang telah direndam dengan air panas hingga lunak. Potong melintang cabe hijau dan merah. Campurkan semua bahan untuk bumbu. Panaskan minyak dalam wajan lalu masukkan bumbu. Setelah bumbuh masak, masukkan bawang bombay, wortel, dan cabe. Masukkan dan tumislah hingga bumbu diresap pada tteok. Tteokbokki siap disajikan. ( ref. http://world.kbs.co.kr )

Di seoul,  tempat yang terkenal dengan Tteokbokki adalah kawasan Sindang-dong.  Bagaimana dengan anda? mau mencoba ?

Anda juga bisa menonton demo memasak Tteokbokki melalui video berikut :

About these ads

94 thoughts on “Masakan Korea : Tteokbokki ( 떡볶이)

  1. kamsahamnida songsaengnim,
    maunya sih beli songsaengnim, tapi tteokbokki yg sdh jadi di Indonesia gak ada yg jual. sudah bagus sih ada yg jual garatteoknya walaupun mahal bgt(padahal cuma kyk uli ya), jd tinggal bikin tteokbokkinya.
    ok deh saya mo coba buat garatteoknya…mudah2an berhasil

    : Makasih kembali . Kalau Dian ssi kangen tteokbokki, saya kangen sama gado2. Kalo di Indonesia gado-gado harganya Rp.5000, tapi di Korea Rp.45.000 an. Ya… barang langka pasti mahal to Dian ssi. Dicoba sampai berhasil, nanti bikin pabrik garaettok di Indonesia Dian ssi… :D

  2. beli garatteok d mana ya??????????????????

    :Makasih atas kunjungannya… Lidya ssi sekarang di mana? Klo di Korea setiap mart atau supermarket ada. Klo di Jakarta, di toko Korea. Teman kita Dian ssi di http://www.koreanpoplovers.blogspot.com yang telah sering membeli. Anda boleh bertanya di mana alamat tokonya. Apa tidak lebih baik membuat sendiri saja, lebih murah kan?

  3. Duhhh,,,aku sangat sukka banged ama korea…gag tw knapa pgn banged kesana! tapi yyaaa, gitu dehhh! ehh makaciii banged resep topokki nyaa..mw coba bikin ahh! Soalnya aku tinggal di surabaya, cuman gag tw ada dimana tempat masakan korea..

    ehhh yuaa, bisa share tentang korea dunkk!!
    nihh FB ku biyi2cecil@yahoo.com (Thya Iyoet)

    oiaaa, tinggal di korea yuaaa??

    thx..
    Annyeong

    • Annyeng haseyo Thya ssi…
      makasih telah berkunjung.. ya mudah2an keinginan anda terwujud, bisa dapat banyak pengalaman di Korea. Coba saja bikin garae ttok sendiri, klo di korea memang skala-nya industri, jadi pakai mesin. biasanya toko korea di indonesia harganya mahal, jadi resepnya aja di buat sendiri.
      Senang banget klo kita bisa share lebih banyak tentang Korea melalui FB. Kamsahamnida Thya ssi..

    • Berkaca-kaca itu mau menangis atau mengaca berkali2….kelihatannya yang penting bikin garae ttok-nya nggak terlalu keras ato lembek itu pasti enak…udah ada yang nyoba, katanya enak juga…klo saya nyoba makan saja….

  4. Udah nyoba nih, walopun dengan bahan seadanya, dan kemampuan yang seadanya juga….
    Rasa karaetteok-nya aneh, krn kbanyakan minyak wijen, critanya ‘kan spy ga lengket (maklum bikinnya masih meraba-raba resep)
    Tapi, overall rasanya lumayanlah…lumayan pedas ;)

    Tazkiana : Wah.. enak banget pasti…saya pikir kan nggak ada standar ukuran rasa, yang penting karae ttoknya nggak terlalu lembek ato keras pasti enak… selamat atas uji cobanya ya… tidak usah di jual dulu :D

  5. Mau tanya, masak garatteuknya tuh berapa lama??? Kan ga ngerti matangnya tuh sp apa bentuknya. Aq masak barusan 20mnt, tapi pas diangkat tepungnya tuh jadi pecah. Mau tanya juga, air 110g maksudnya apaan??? 110cc??? Masak air 110g, hik hik hik… bingung gua.. tolong bantu yah… thank you

    Tazkiana :
    air itu digumakan ketika mencampur bahan2 tepung beras dan sebaginya tersebut. dikira2 saja campuran itu tidak terlalu keras dan jangan encer… klo tepung pecah, mungkin saja terlalu keras ( kurang air ) adonannya. Klo pas, pasti walau lama nggak ada masalah..
    Udah beberapa teman yang mencoba membuatnya.. makasih..

  6. tadi sudah dibuat, dan hasilnya lebih mayan hahahaha, finally… jadi intinya qta membuatnya dengan insting :D tapi yg penting dah jadi.. thank you ya.. benar2 info menarik dan replynya cepat :D

    Tazkiana:
    Ya betul sekali.. insting lebih hebat dari mesin pasti… tapi klo enak boleh dibagi juga dong..? :D
    Makasih kembali…

  7. aaaah..aku tadi bikin tapi rasanya nggak enak
    karaetteok-nya berasa tepung..
    udah dimasak lama tetep nggak bisa mengembang T__T
    ini pas habis dikukus jadinya tetep pecah2 gitu kan,trus diuleni baru jd adonan kan?
    jgn2 aku bikinnya yg salah

    Tazkiana :
    Wah gimana ya..? mungkin adonan terlalu keras, mungkin kurang air..
    Ada teman yang sudah mencobanya… nanti saya coba untuk bisa share…
    Makasih…

  8. annyonghaseyo songsaengnim,, nan puput ssi, saya pengen sekali ke korea, coz maniak ma film2nya, tapi setelah dilihat2 karakter budaya dan negeranya juga bikin saya kesengsem,,,mohon bantuan songsaengnim untuk info tentang koreanya lebih banyak,.. kamsahamnida,.

  9. Ping-balik: Belajar Membuat Tteobokki (떡볶이) « Try 2B cool 'n smart…

  10. malam, mau nanya klo bikin garaetteok boleh gak pake tepung beras ketan? aku bingung soal tepungnya, terus klo direbus gak boleh ya? apa harus dikukus aja? sama gak sich kayak bikin Ronde? karena kalo bikin Ronde yang pake air wedang jahenya khan itu bikin pake tepung beras ketan n direbus. soalnya aku suka banget makan tookpoki dan kimchi korea ,dlu waktu tinggal di surabaya sering makan di resto korean yang punya kue beras n kimchi yang enak banget tapi skrg dah pindah di jkt cari tookpoki diresto korean jkt gak pernah ketemu, ketemunya cuma kimchi. thanks banget yach buat infonya.

    Tazkiana :
    makasih atas kunjunganya. Tteok itu artinya kue tepung beras, jadi kalau ada garaettok bukan dari tepung beras, maka namanya bukan tteok lagi, tapi sebenarnya nggak apa2 klo mau coba rasa lain.
    selamat mencoba ya…

  11. aku udah coba buat…
    tp kog kurang chewy yah??
    aku pernah makan teeokbukki…
    mestina lebih chewy…
    aku salah buat kli yha??

    Tazkiana :
    terima kasih atas kunjungannya… kebanyakan yang tidak puas adalah pembuatan garaetteok… ada yang terlalu keras, terlalu lembek, juga ada yang dalamnya nggak matang..
    coba deh bisa di coba beberapa kali sampai OK…

  12. aaaa terimakasih resepnyaaaaa~ gomapseumnida.
    tinggal dikorea enak ga? saya pengen :3

    Tazkiana :
    terima kasih kembali…
    Yah..kadang enak..seringkali juga tdk enak :D

  13. Woww.. akhirnya ketemu juga resepnya, tadinya susah banget nyarinya hehe.. kamsahamnida^^ oh ya boleh ni sekali2 dibagi resep japchae juga, aku suka banget japchae soalnya hehe..

  14. Hi, kemarin gw baru nyoba yg namanya Teokkpokki & menurut gue enak bgt, jd pengen bikin sendiri deh. Mau nanya nih, yg diresep itu kalu daging atau kaldu daging? Thx.

    • Oh ya, gw liat resep2 teokkpokki di youtube, kok pada pake dried anchovies? Kok di resep ini ngga. Gpp ya, kalo ngga pake?

      Tazkiana :
      Terima kasih atas kunjungannya
      Yah tentu selera dan resep bisa ditambah ato di kurangi..

  15. Haloo, salam kenal
    sekedar info, di Supermall Karawaci ada food counter yg jual jajanan korea, tepatnya di area Cocowalk depan Resto Red Bean, item yg dijual macem toppoki (panggang/original), jabchae, twist potato and kue manjoo. Rasanya ga kalah sama yang di resto korea, dan pastinya harganya jaauhh lebih murah. Mampir ya

    Tazkiana :
    Salam kenal kembali….
    sebuah info yang bagus dan semoga sukses selalu ya…
    makasih…

  16. Haloo, salam kenal
    sekedar info, di Supermall Karawaci ada food counter yg jual jajanan korea, tepatnya di area Cocowalk depan Resto Red Bean, item yg dijual macem toppoki (panggang/original), jabchae, twist potato and kue manjoo. Rasanya ga kalah sama yang di resto korea, dan pastinya harganya jaauhh lebih murah. Mampir ya

    • 안녕하세요~^_^/

      when I search this food in google, I found this blog~
      nice, But I don’t know all in Bahasa Indonesia^o^LOL~
      I am Lee Ji Hye, I live in Indonesia with my sister,

      I try to tell in bahasa, ok
      saya tahu Supermall karawaci, is the store you mean ‘Manjoo Nara’?
      saya and my sister senang sekali tteokbokki di sana^_^
      even the taste is little bit different from the original Korean tteokbokki~^,~v

      excuse me, apa kamu stay in Karawaci? me too~
      I live at Armatapura Tower A dekat UPH, do you know it?

      see you Ms. Dina^^/

    • klo yang daerah kelapa gading ada rekomendasi ga buat resto korea yang enak ? coz, aku dah coba beberapa resto korea di gading belum nemu yang enak.thanks

  17. Ping-balik: Sambal Terasi » Korean Foods: Street Snacks

  18. wedeh..,,
    pengen bgt nyobain resepnya…,,
    tapi…..,,
    g tau mo nyari Teuk sm Kochujang dmn…,,
    atau bisa digantikan sm bumbu lain g,
    yg mudah d dapat d indonesia..??

  19. gomapseumnida atas resepnya,,akhirnya saya tahu cara membuat tteokbokki..

    Tazkiana :
    Makasih kembali..mungkin yang agak sulit adalah buat garae tteoknya, namun klo telaten pasti jadi..

  20. kok gak ada di kasih air??g pernah lihat di sebuah acara d tv masakkan korea mereka ada kasih air sama bumbu warna merah ya…mungkin itu bumbu pedasnya dan juga gak ada pake cabe.
    lalu aku pernah buat sesuai resep tapi gak semerah biasanya warnanya kurang mantapTT.TT

    Tazkiana :
    Makasih…
    betul, banyak cara untuk membuat tteobokki, namun sebenarnya tujuannya sama. Ok nanti aku coba tulis beberapa cara lagi yang mungkin di rasa lebih mudah.

  21. kyakny bole dicoba tu…
    klo pnya resep” yg lain, mohon dibagi..

    kamsahamnida..
    ^_^

    Tazkiana :
    selamat mencoba. untuk resep yang lain saya pikir di situsnya KBS world lebih jelas dan banyak, sekarang dilengkapi gambar juga…

  22. Wahhhhh, makasih atas resepnya, bisa di coba nih~ :D
    btw, klo misalnya tteok nya di ganti jadi tepung ketan enk gak ya? soalnya biar kenyal2 jadinya~ :D

    Tazkiana :
    wah… ide yang bagus…
    silahkan coba aja..semoga sukses ya..

  23. Udah nyoba tuh resepnya, tapi kok rasanya aneh ya? hiksss :'(
    saya malah lebih dominan pedesnya gtu~ trus krena bhan utamanya tepung, jdi rsanya agak enek, rasa tteokbokki yg sebenernya itu kyk apa ya? dia lebih dominan apanya? rasa bumbunya kerasa gak? apa saya salah bkin kali ya~
    pengen nyoba tapi di sini gak ada yg halal, jdinya gak bsa bandingin :(

    Tazkiana :
    tteobokki itu memang masakan pedas, jadi yang bikin tteobokki terasa itu pedas dan kelembutan ( lumer) garae tteoknya.

    • Hooo~ ngomong2, tadi saya pas awal2 nyoba rasanya agak aneh
      tapi ini malem2 gak tau knp pengen nyicip lagi tau2 enk~ hahaha, jdi bingung saya~ apa lidah saya yg aneh? lol

  24. annyong…
    kamsahamnida buat resepnya. aku terobsesi banget ma korea. soesaengnim tinggal di korea ya? wahh bagi bagi tips dong biar bisa tinggal disana.

  25. Tteokbokki dan odeng dijual setiap hari sabtu dan minggu di Mu Gung Hwa supermarket korea di Karawaci,mengingatkan aku waktu di korea dulu,kangen pingin banget kesana lagi,khamsahamnida songsenim blognya baguss…

  26. mister ada pengganti kochujang gga? atau gg saya bisa dapet kochujang dimana??

    Tazkiana :
    di beberapa tempat di Jakarta, bandung atau Surabaya banyak toko Korea,anda bisa mendapatkannya di sana.

  27. Jadi pengen buat sendiri…
    Abis makanan ini sulit dicari…
    Setiap nonton filem korea ngiler liat mereka makan tteokboki hehehehe

    Semoga aku berhasil Membuatnya…^^

  28. annyonghaseo, aku bca artikel ada topokki yang pke saos asin buat yg gk suka pedas (sbnrnya aq gk bs mkn pedas2…hehehehe :D )
    klo saos asin gmn ya resepnya ?
    gomapseumnida :)

    Tazkiana :
    ya dicoba saja

  29. izin share di Fb ya, biar kalo mo coba buat tinggal buka linknya.. mksh udah berbagi resep, selama ini cuma bisa “ngiler” klo nonton pemeran drama korea lg makan jajanan yg satu ini :)

  30. mau tanya kalo nyari kochujang dimana yah? kalo gak ad bisa diganti pake apa yah?

    Tazkiana :
    Klo di kota besar di Indonesia sudah banyak toko2 Korea, pasti ada. mungkin di supermaket besar juga ada.

  31. Tteokbokki ( 떡볶이 ) mantap abisss……. , tp yang paling membuat aku bernapsu berat ( napsu makan …hehe ) saat ini Eomuk-Guk ( 어묵국 ) / ( 오댕국 ) / odeng, ada yang punya resep dan cara bikinnya ga??? tolong di share yaaa…..agassi, oni, sonsaengnim ato sapapun, 감사함니다 ^_^

  32. hallo bantu jawab mengenai kochujang, kochujang bisa dcari d hypermart, fresh market… yg susah dcari s kue beras nya sendiri…
    mo tanya bingung d bagian “Setelah matang, angkat lalu dibuat menjadi adonan” saat pengukusan bagaimana qt tau sudah matang/ belum? n untuk tau kekenyalan nya bgmn? saat matang bentuknya seperti apa? bingung knp setelah d angkat dbuat menjadi adonan…bayangan q matang sudah jd berbentuk…minyak wijen nya bisa dganti dgn minyak lain kah? terimakasih…

    • kondisi matang biasa setelah +- 25menit
      pengukusan.
      tujuan nya setelah matang di adon kembali, biar tau kenyal ato ngga nya ya saat di adon kembali..
      glutennya saat pengadonan bikin Ttoek nya jadi kenyal. dan bisa di bentuk ..
      krn gluten dari tepung beras itu lah yang bikin kenyal tteok nya..

      kondisi matang yng di maksud Poster disni itu mungkin belum di bentuk..

      minyak wijen bisa di ganti kok minyak goreng biasa kok
      smoga membantu

  33. sekedar info aja, kochujang bisa di beli di papaya…
    untuk yang tinggal di surabaya bisa beli kochujang sma ttoek nya do KOREA MARKET..
    di jl.HR MUHAMMAD di ruko2 depannya cafe kunang2…
    kochujang yang kecil (500gr) harganya 30.000 …
    ttoek nya perplastik (500gr) harganya 30.000 …

    Tazkiana :
    Terima kasih informasinya. sukses selalu

  34. KALO PAS membuwt garaeteuk nya, pas yang di haluskan maksudnya gimana ?? trus pembelian bhannya , disini kurang tersedia , seprti tauco cabe merah !!!

  35. makasih banyak info bikin bahan dasarnya, cuma resep lengkapnya ribet juga..
    Aku sempet diajarin sm temen koreaku jg, cuma resep yg lebih simpel dan bahan utamanya cuma si kue beras, sambal korea, bawang bombay, kaldu ikan, gula..

  36. saya jg sangat tertarik ma tteokbokki’nya korea,
    hahahaa
    stiap nton drama korea,
    pasti artis2nya ada pergi makan tteokbokki,
    buat ngiler saja,
    hehehehe…
    tapi pernah tanya ma oppa yg pernah jln2 ke korea,
    katanya tteokbokki korea gak cocok sama lidah indonesia,
    bener ga ya???
    penasarannnnn
    pengen coba nih
    hehehehe

    Tazkiana :
    Makasih kunjungannya..
    Barangkali lidahnya yang nggak cocok sama tteokbokki.. :D
    di kota2 besar di Indonesia ada yang menjualnya.

  37. q bikin, tpi kue bras’y kras. . . Tepung sgtga bru+air+aci diaduk2 dikukus, tp rasa’y kras. .buat bumbu’y bwng pth+bwang merah+cengek+cbe merah d blendr/dhaluskan, kmudian goreng dngn minyak campur saos, kemudian air, trus biar kenyal pke meizena, pke gula bnyk, uyah+msko.. Jdi wae gatot. . .haha tepung bras’y terlalu kras, bkin teokk/tpng bras’y bleh pke telor? Gmana sih cra buat yg simple,? coz di daerah majalengka ga da bhan2’y. . .
    Makash. .
    Majalengka di goyang. . . Haha

  38. hmmmm….enak banget jd pengen makan kue beras spt y d film2 korea kayaknya pedes tp enak apalagi skrg musim hujan…enak makan yg hangat2 dan pedas…makasih ya mas info nya…jd wajib nyoba nich…
    eh mas kira2 kalo mau ke korea butuh biaya berapa ya???pesawat nya PP brp ya??trs kehidupan dsana mahal apa enggak??mohon infonya ya..thx..

  39. gamsahamnida songsaengnim,
    mw numpang nanya nih..kalau beli kochujang di indonesia(tepatnya diriau/online) dimana yah?hehhee..pengen nyobain ni..
    terus kalu daging itu apa yah?

  40. wow,,,keren,,,jd pngen…
    kue berasnya ada yg jual g ya disby?

    Tazkiana :
    silahkan baca komentar yang lain, kemarin ada penawaran tentang toko Korea di surabaya

  41. annyong,,
    tertarik bgt mau bikin tteokbokki tp agak ragu sm bumbu2nya…
    jadi mau tanya kalo kochujang itu udah pasti halal ga ya? itu kn pasta kedelai ya semacam tauco di sini
    tp ragu apa mengandung selain dr kedelai.

    terima kasih ^^

    Tazkiana :
    Di Korea sebagian produk tidak berlabel halal, dan proses permentasi kochujang ada yang menggunakan soju ( jenis minuman beralkohol ).

  42. lebih baik tepung berasnya direbus saja, daripada di kukus bisa-bisa tidak matang.
    direbus lebih cepat matang dan rasanya lebih enak

  43. saya sudah beberapa kali buat tteokbboki ini, kue beras dan kochujangnya beli di toko korea mung gung hwa ada di beberapa daerah di jakarta, rasa enak kok..walaupun dibuat ala sendiri..
    hanya tumis bawang putih dan bawang bombai
    masukan kochujang dan bubuk cabe
    lalu tambahkan air biasa atau air kaldu sapi/ayam beberapa sendok makan (tergantung banyaknya kue berasnya)
    tambahkan garam, gula, minyak wijen, kecap ikan (kalau suka) secukupnya
    setelah itu masukan kue beras yang sudah direbus atau kalau suka tambahkan jamur hyoko yang sudah direbus, dan otak-otak dan daun bawang.
    setelah mengental dan meresap, angkat dan siap untuk disantap.

  44. Ping-balik: The Time Has Gone [Part 1] « SM Town Fanfiction

  45. Ping-balik: The Time Has Gone [Part 1] « eunteukfanfiction

  46. waduhh, waduh, saya ingin sekali mencicipi kue beras pedas, soalnya saya suka sekali yang pedas-pedas,,tapi tidak tahu mau ambil atau beli dimana bahan-bahannya soalnya di Manado belum ada yang jual.. seandainya yaaa. kue beras pedas ada di hadapan mata sekarang! hmmm yummyyy..

  47. waduhh, waduh, saya ingin sekali mencicipi kue beras pedas, soalnya saya suka sekali yang pedas-pedas,,tapi tidak tahu mau ambil atau beli dimana bahan-bahannya (apalagi yang dari Korea) soalnya di Manado belum ada yang jual.. seandainya yaaa. kue beras pedas ada di hadapan mata sekarang! hmmm yummyyy..

  48. Ping-balik: Korean Street Snacks | Sambal Terasi

  49. buat info nih… ada restoran korea asli di perpustakaan Universitas Indonesia Depok… 100% halal… agak mahal sih tp enak… lengkap… tmpatnya bagus bgd… saya kemarin makan disana… tteokbokki jg ada saya pesan…enaaaak…

  50. Makasih buat infonya. Tiap ngeliat film korea ada tteokbokki langsung ngiler kayak enak gitu. Dah dpt info Tp tetep bingung :-(. Kochujang itu apa? Pengen beli yang langsung jadi :-(…

  51. Anyeong,,gumawo eonni buat resepnya.. Sy kepengn banget makan teok,,tpi harganya lumayan mahal :o,ntr q mo nyobain resepnya ..smoga berhasil.. Aminn

  52. hello kita jual MAKANAN KOREA, import langsung dari KOREA & ada BPOM nya :) Ayo order n follow us di twitter @sooheefreish [SOOHEE FREISH] thanks ^^
    silakan tanya – tanya di twitter kita @sooheefreish ^^

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s