Kamus Korea Online 2 dan Romanisasi Lirik Korea

Banyak sekali yang menanyakan tentang kamus Korea-Indonesia online, dan untuk bahasa Koreanya itu berbentuk tulisan latin (romanized ). Dan saya hanya menjawab, kalau nanti menemukan pasti saya beritahu, misalnya melalui postingan. Masalahnya hingga saat ini saya belum menemukan kamus  yang dimaksud tersebut.

Ada juga yang ingin sekali tahu tentang lirik lagu-lagu Korea ( Korea music ), padahal mau belajar huruf Korea atau hangeul dipikir terlalu lama dan menambah pusing.Mungkinkah ada cara yang paling mudah serta rasanya ” nggak ngrepotin orang” .

Pada kesempatan ini saya mencoba saja untuk menawarkan alternatif, mudah-mudahan saja bisa sedikit memberikan kemudahan untuk permasalahan di atas.

Pertama :  ( Proses pencarian arti kata )

Kita pilih kamus Korea yang akan kita gunakan, misalnya seperti pada tulisan tentang kamus korea yang lalu yaitu www.dicts.info/ , atau terjemahan google. Namun saya menyarankan kali ini untuk menggunakan http://babelfish.yahoo.com. Walaupun pilihan bahasanya yang ada baru dari Inggris ke Korea . Setelah  membukanya maka kita akan mendapatkan tampilan sebagai berikut  :

bablefihsTentukan dulu pilihan bahasanya yaitu ” English to Korean”. Saya mencontohkan kata ” I will study Korean” , kemudian tekan “translate ” maka akan muncul terjemahannya yaitu ” 나는 한국어를 공부할 것이다 ” . Dengan terjemahan ini anda juga bisa belajar susunan tata bahasanya. Usahakan jangan terlalu banyak kata, sebab biasanya “agak kacau” hasil terjemahannya. Namun untuk terjemahan kata tersebut di atas sudah lumayan bagus.

Kedua : ( Proses Romanisasi )

Setelah kita mendapatkan arti dari kata yang kita kehendaki maka selanjutnya membuat tulisan hangeul itu ke dalam huruf latin atau romanisasi ( ini bagi yang terpaksa belum bisa baca hangeul ). Juga bagi yang ingin me’romaji’ lirik lagu Korea daru tulisan hangeulnya.  Saat ini untuk proses romanisasi sudah ada softwarenya misalnya Hangeul 2 konglish yang bisa di Download secara gratis. Namun dari pada nambah besar jumlah file di komputer kita, kita coba yang online saja, yaitu melalui  situs http://www.thelapan.com. Kita akan mendapatkan tampilan seperti ini :

thelapanAda 1000 karakter hangeul  yang bisa kita masukkan untuk diromanisasi . Setelah kita  memasukkan kata, maka selanjutnya klik translate . Maka di bawah huruf hangeul, akan tertulis haruf latinnya secara otomatis. Sebenarnya masih banyak lagi situs yang menyediakan romanisasi. Kita bisa mengetik kata kunci ( password )  misalnya ” Hangeul to romanize convert “, maka akan ditampilkan  situs-situs tersebut.

Mudah bukan..?  Sebagai catatan : Saya tetap berpendapat bahwa belajar membaca hangeul  dan tata bahasa secara urut dan bertahap, lebih baik dari pada secara instan seperti ini. Namun ini hanya sebuah alternatif saja.

Semoga ada yang melengkapi dan mudah-mudahan bermanfaat.

87 thoughts on “Kamus Korea Online 2 dan Romanisasi Lirik Korea

      • memang tulisan korea “그래요” artinya itu apa? oya, kenapa di belakng nama adjusi2 ini d tlis “ssi”? apakh srjana science? :)

        Tazkiana :
        Geurayo : setuju, benar.
        ssi itu dalam bhs Korea artinya : sdr/sdri

  1. Mas tazkiana,…saya ingin belajar bahasa korea,..
    bisa enggak ngasih rumusan bhs korea,…

    kalo di bhsa inggris kan ada pola rumusannya,..
    nah bhs korea ada enggak,..

    kalo ada mohon dong bantuannya,..saya enggak mau jadi Pabo

    • Terima kasih atas kunjungannya JakaKorea ssi
      Pada dasarnya, Bahasa Korea menganut pola SOP (Subyek-Obyek-Predikat). Berbeda dengan bhs.Indonesia atau Inggris. Contohnya : 저는 한국 말을 공부합니다 ( jeonen hanguk marel kongbu hamnida ) Jeonen ( saya ) sebagai Subyek diletakkan paling awal. Kongbu hamnida dari kata kongbu hada ( belajar ) sebagai predikat diletakkan di akhir kalimat.sedangkan obyek pekerjaannya adalah Hanguk mal ( bahasa Korea ) diletakkan sebelum predikat dan obyek ditandai dengan 을 (eul).Jadi susunannya “Saya-bahasa korea-belajar “. Bila ada kata keterangan, diletakkan sebelum obyek. Contoh lengkapnya :저는 오늘에 교실에서 한국 말을 공부 합니다( saya-hari ini-di kelas-bahasa Korea-Belajar). beginilah cara menyusun kata menjadi kalimat dalam bahasa Korea.
      Insya Allah pada post yang akan datang, saya akan menulis tentang membuat kalimat dalam bahasa korea.
      Kamsahamnida…

    • Annyeong haseyo …
      @ Endang ssi : Terima kasih kembali atas kunjungan dan komentarnya.. saya senang sekali klo bisa membantu anda.

      @ V_necca : Belajar bahasa korea yang pertama harus dilakukan adalah menyukainya. setelah suka, anda tentu bisa memilih program yang anda anggap sesuai. diantaranya ada beberapa pilihan program di halaman KOREAN ONLINE di blog ini.

      Kamsahamnida

  2. wah…makasih bgt atas penjelasannya. gw juga suka banget dengan bahasanya, selama ini cuma otodidak dan rasanya agak susah..tapi tetap semangat..mohon dukungan dan bantuannya ya…
    gomawayo

  3. Annyeong haseyo Alan ssi..
    Senang atas kunjungannya dan terima kasih. saya melihat blog anda bagus sekali, mudah-mudahan nanti bisa saling belajar ya..
    Kamsahamnida.

  4. anyonhaseo!!
    punya aplikasi kamus korea gax

    Tazkiana :
    Ne Anyeong haseyo…
    Maksudnya dalam bentuk software gitu… ada declan, lingvosoft, babylon… namun klo full versionnya berbayar…
    Kamdahamnida..

  5. Na saranghachi mothage
    Charari naye nuni molge haebarom kochiji
    Wae naega kudaewi
    Arumdaun buge mandul-omnunchi

    모르겠습니다 nah ini artinya apa jg ya…

    itu artinya apa ya…???

    Tazkiana :
    나 사랑하지 못하게 ( saya tidak mampu mencintaimu )
    나의 눈이 멀게 해버릴 것이지 ( kamu telah akan membuat mataku buta )
    왜 내가 그대의 아름다움을 보게 만들었는지 ( Mengapa kau biarkan aku melihat Kecantikanmu )

    모르겠습니다 : tidak tahu
    Kamsahamnida..

  6. aku pengen belajar bahasa korea . tapi tulisannyah pake huruf alphabet . gmna caranya ???
    Tazkiana :
    dulu saya pernah bikin tulisan tentang itu.. namanya romanisasi.. coba di cari di blog ini..
    Makasih atas kunjungannya..

  7. terima kasih banyak, berkat anda aku bisa tahu latinnya dari tulisan korea, gamsahamnida

    Tazkiana :
    terima kasih kembali, mudah2an juga tambah semangat belajar ya…

  8. annyeong haseyo

    saya belum bisa sama sekali berbahasa korea, tp saya ingin belajar..
    kira2 kursus di jakarta pusat/selatan dimana ya? yang benar2 bikin org yang tidak bisa sama sekali jadi bisa.. dan price nya tidak begitu mahal hehehehheeeee….

    Tazkiana :
    Ne annyeong haseyo…
    ada kliatanya info tentang itu…namun persisnya masih lupa, nanti mudah2an bisa aku kirim via email aja ya..
    makasih atas kunjungannya.

  9. annyoung haseyo, naneun eva imnida…

    saya mau tahu nih, bagaimana saya bisa memperoleh software yang bisa menulis hangul di komputer saya…

    dan saya ingin sekali tahu bahasa koreanya dari kata-kata ini :

    “Percayalah pada dirimu sendiri, karena suatu saat nanti kamu akan ditanyakan itu”
    kamsahamnida….

    Tazkiana :
    Ne annyeong haseyo…salam kenal untuk Eva..
    untuk menulis hangeul tidak perlu software khusus, cukup dengan memprogram dari komputer kita aja. selanjutnaya baca di : http://www.4shared.com/file/216135279/db521e78/solusi_agar_windows_bisa_nulis.html
    untuk artinya ” Ni jasineul mideoseyo…onjaena neoreul munjaega itgi taemune “

  10. Annyeong haseyo, joeneun Andy Liu-rago haeyo

    gmn cara cepet bljar bhs korea_truz terang Hangeulnya ssh bgt_kmudian dlm penulisan kalimatnya bner2 mmbingungkan_apakah yg hrs saya lakukan_

    Gamsahamnida

  11. nan nae Dongjjong Seuta dangsin-i geuliwoyo
    nan nega nae Dongbu Seuta salang

    mohon bantuan artinya yah ^_^ ( ad temen yang membuat penasaran) trims.

  12. annyeong haesyo
    saya mau dong belajar tentang bahasa dan kebudayaan korea.. tolong dibantu ya..
    kamsahamnida

    Tazkiana :
    Ne annyeong haseyo..
    makasih atas kunjunganya..
    dengan senang hati, insyaallah saya bantu..

  13. annyeong haseyo,,,
    tolong ajarin aku bahasa korea dong yg lain soalnya aku bru bsa sedikit doang tolong ya ajarin
    gomawo cinghu ^_^

  14. Dear friend, tolong diberi pencerahan. sy dpt majalah korea yg tebel banget tp gak bisa ngartiin. bisanya cuma lihat gambarnya aja. tks

    Tazkiana:
    Makasih atas kunjunganya
    solusinya du translate aja pake google atau babelfish

  15. annyeong haseyo *deep bow*
    nana imnida~~ ^0^

    saya lgi belajar bahasa korea, masihh pemula sangat..
    nahh, saya sekarang lagi belajar tulisannya..
    mau nanya..
    kalau ngebedain “우”sama “어” gmn??
    bukannya sama2 “u”??

    truss ada lagii~~
    ditulis 안냥 :: annyeong..
    knp ngga 안뇽 ??
    hihii :DD maaf saya banyak tanya.. ^0^

    ==kamsahamnida==

    Tazkiana :
    ne annyeong haseyo..
    Salam kenal Nana…
    Maka saran saya, Nana belajar ke hangeulnya, jangan ke pelatinannya…karena akan bingung.
    우 = u atau woo
    어 = eo
    안녕 = annyeong, bukan 안냥 ( annyang ) atau 안뇽 ( annyong )

  16. Kalo situs belajar bahasa korea dengan cara mudah gimana ya??? Saya sudah bisa huruf korea semuanya, cuman kalo ada kalimat korea saya bisa bacanya, tapi ga tau artinya, tolong ya. please

    Tazkiana :
    Makasih atas kunjunganya..
    wah.. berarti anda tinggal memperbanyak belajar grammar dan latihan aja, karena modalnya baca tulisnya dah lancar…

  17. annyeong haseyo

    gimana yaa caranya biar bisa cepat belajar bahasa korea?
    saya ingiin sekali bisa bahasa korea..
    tolong ajarii saya donk

  18. temen ak suka bilang njul, itu ap atinya sh ???

    Tazkiana :
    mungkinkah maksudnya ” jul ara dan jul molla”?
    …jul alda/ moreuda itu bisa…atau tidak bisa…
    misal unjeon jul ara = bisa menyetir.

  19. annyonghaseo….
    aku nubie yg tergila-gila banget sama korea…
    mau nanya nih… klo mau bisa baca/tulis korea di komp kan musti ad korean language pack ny… (atau apalah yg semacam itu)
    kalo buat xp sp3 bisa nggak yah? coz udah dicoba install, tapi pas di setting di control panel tetep nggak bisa…
    gomawo… :)

  20. Saya mau tanya.. saya sudah 2 hari ni belajar hangeul..
    Alhamdulillah sudah bisa membaca, tapi masih belum bisa mengartikan. Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan :
    1. Adakah aplikasi kamus korea-inggris atau korea indonesia yang bisa didapat secara gratis?
    2. Adakah e book mengenai belajar bahasa korea secara lengkap?
    3. Adakah komunitas tertentu untuk belajar bahasa Korea online (cth : chat) ?
    4. Bisakah bapak menerangkan mengenai imbuhan kata (awal/akhiran, karena sepertinya saya banyak mendengar ada suku kata tambahan di kata kerja dalam bahasa korea.

    Terima kasih

    Tazkiana :
    Makasih atas kunjungannya…
    1.klo yang online banyak seperti naver dictionary dsb, klo offline bisa klik link kamus online di sidebar blog ini.
    2.untuk ebook bisa dicari di 4share dengan kata kunci ” korean grammar”
    3.komunitas banyak salah satunya ‘talk me in korean ”

  21. salam
    maaf tazkiana aku cuma mw tanya aja soalnya berhubungan mw kasih nama ponakanku

    arti dari chagiya itu apa?
    dalamn bahasa korea ada kalimat atau kata2 slangnya gak sih

    soalnya setauku di bhs inggris dan jepang pun ada
    bahkan di bahasa indonesia

    maaf terimakasih atas bantuannya.. smg di jawan ^.^V

    Tazkiana :
    Terima kasih atas kunjungannya….
    Jagiya/chagiya adalah panggilan ” sayang ”
    ada bahasa slang dan saya telah menulisnya di blog ini..

  22. anyong haseyo ka tazkiana…aku mo nanya ada g alat elektronik yg bisa di kantongin semacam ipod untuk translate bahasa korea indonesia

    Tazkiana :
    di HP nokia yang dijual di korea itu kamus. klo translate mungkin kamus digital ada , namun lumayan agak besar.

  23. anyeong haseyo ahjussi

    aku belajar bahasa korea otodidak aja
    coz ga da waktu tuk kursus dan sebagainya
    tapi basic aja udah susah bgt coz susah bgt cara baca dan mengartikan hangeul…huhuuu ada tips ga biar lebih gampang?

  24. maaf mas” semua aq mau nanya kalo blajar cara baca ngucapin tulisan nya yg latin ato yg original nya itu g mana ya mas?? misal nya “naneun nolgo sipda” cara ngomong nya gma?? apa biasa kayak baca bahasa indonesia
    truss kalo baca tulisan yg korea nya g mana??사랑해요
    tolong ya gan minta tutor nya ato kirim ke fb saya tq

  25. annyeong hasyeo mas tazkiana
    sya mau tanya.
    d dlm kalimat suka ada kt yg d ganti, misal kan kata’oropta’suka menjadi ‘orowoyo’

    trus klo pengen cpt memahami bhsa korea.
    apa dngn cra menghapal tulisan hangul nya dlu atau tulisan romanza nya.

    klo bleh tau d daerah bandung ada gak tmpt kursus nya.
    mungkin mas tazkiana punya info.
    gamsahamnida.

  26. mohon maaf bila merepotkan. arti bahasa korea versi tulisan latin ini apa, Mas?
    saya googling ga bisa nemu terjemahannya..
    pada minta tulisan kore versi font hangul, kalo versi latin ga ada.

    gaji ma tteonaji ma..
    yeonghwacheoreom meotjin sarangeulhago yeonghwacheoreom seulpeun..
    saranghan geolkka..
    ibyeol hue geunyang barabogo isseottdeon babo gatattdeon naega..
    neomuna wonmangseureowo..

    first time, first love..
    saranghal julman arattji sarangeul jal mollatseottji..
    nareul tteonayaman haettni..

  27. annyeong haseyo..
    saya ingin belajar bahasa korea
    kalau yang lebih cepet caranya gmn ya
    saya mau translate donk

    KAU ADALAH BIDADARI HATIKU
    AKU AKAN TERUS ADA DI SISIMU UNTUK SELAMANYA

    Gamsahamnida

  28. saya ingin sekali belajar bahasa korea namun saya tidak tau membaca huruf hangeul. apa yang harus saya lakukan ?

    Tazkiana :
    huruf korea termasuk hurf yang sederhana, jadi silahkan pelajari..tidak perlu waktu yang lama kok

  29. wahhhh mungkin dr beribu ribu peminat saya juga tertarik untuk belajar krn dr kecil wktu sekolah sd aku udah suka drama korea please gmn caranya bisa bhsa korea……….kamsahamnida

  30. (komen lagi)
    sukaaa ama blog iniii…
    jadi ga sabar pingin bisa nulis hangeul di keyboaerd (belum diinstal soalnya)
    kamus off line yang translator gag ada ya ajussi??
    butuh bs berkata-kata dan belajar kalimatnyaa :D

  31. Aku mau tanya dong…

    Aku bingung tentang huruf ‘u’ dan ‘eo’. Misalnya nama ‘yesung’ di dalam romaji menggunakan ‘u’ tetapi ketika di translate ke hangul menjadi ‘yeseong’ tapi nama ‘junsu’ tetap menggunakan ‘u’
    nah kta jenis apa yg menggunakan ‘eo’ dan ‘u’? Mohon di jawab

    Tazkiana :
    ya itu romaji memang hanya alat bantu formal. dalam penulisan nama2. u seperti 예성 akan ditulis Yesung, juga misalnya 삼성 harusnya ditulis samseong, namun karena udah paten ditulisnya samsung. itu tidak baku, namun kebanyakan, misalnya kota 화성 tetap ditulis hwaseong , bukan hwasung.

  32. aku mau tanya juga dong. aku bingung, apa bedanya na, naneun, nareul, naega? dan neo, neoneun, neoreul, dangsin? sebenernya artinya sama kan?
    mohon dijawab. gamsahamnida..

    Tazkiana :
    na= aku, neo = kamu ( keduanya kata dasar )
    naneun, neoneun = penanda topik pembicaraan.
    nareul,neoreul = penanda obyek.
    naega, niga = penanda subyek.

  33. Seneng bnget udah bisa baca hangul tp bru yg gampang2,kalo udah pnjang2 susah,karena blum hfal hurufnya sih.ternyata kalo ada kemauan benar2 nyaman dan menyenangkan meskipun otodidak.tp gak pa2 capek belajar.siapa tahu bermamfaat.Sayangny,hp samsung-ku gak ada font hangul,adanya tlisan india,tieng viet,ma jepang :(

  34. Anyeong haseyo…
    Saya mo tanya dunk apa sey artinya
    Choedae nan sang-gwan haji anh-eul I sigan

    Tolong yah soalny saya g tau saya cari romanisasai ny g bisa2
    Kamsahamnida :)

    Tazkiana :
    waktu ini , sungguh aku tak akan ada uurusan

  35. Anyeong haseyo..
    aku mau sekali belajar bahasa korea.. tolong bantu saya yah.. :)
    skill ku biasanya menghafal,, tp utk b.korea aku mau diajari dr dasar & ajari sy utk mengerti yah.. mohon bimbingannya.. kalau bsa krm ke emailku yah,,

    Gamsahamnida..

  36. aku juga pengen bisa bahasa korea
    bantu aku Tazkiana….please….!
    aqu selalu menonton film korea cita cita ku ingin pergi ke korea sekolah di korea dan aq mau bisa bahasa korea…..!

    Tazkiana :
    Terima kasih atas kunjungannya..
    kita bisa belajar bersama..

Tinggalkan Balasan

