MENGENAL KALIMAT DALAM BAHASA KOREA I

korean gendongDalam Bahasa Korea, kalimat dapat sedikitnya dikelompokkan dalam 5 ( lima ) jenis yaitu  Kalimat pernyataan atau kalimat berita ( Declarative ), kalimat pertanyaan ( Interrogative ),  Kalimat perintah ( Imperative ), Kalimat ajakan ( propositive ) dan jenis kalimat seruan ( Exclamatory ).
Dalam kesempatan kali ini, saya akan mencoba mengenalkan  2 ( dua ) kalimat dulu, semoga pada postingan yang akan datang dapat diteruskan, insya Allah. Dengan dua kalimat ini, kita sudah bisa membuat sebuah percakapan dalam bahasa Korea walaupun sederhana.

I. Kalimat pernyataan ( Declarative )
Kalimat adalah kumpulan dari kata yang telah memberikan makna atau pengertian.  Kalimat pernyataan di sini yang saya maksudkan adalah kalimat berita ( informatif ) baik berbentuk positif ataupun negatif. Sebagai contohnya adalah sebagai berikut :
1. 저는 집에 갑니다 ( jeoneun jibe gamnida ) Saya pergi ke rumah ( pulang )
2. 나는 책을 읽습니다 ( naneun chaegeul irkseumnida ) Aku membaca buku.
Kedua contoh kalimat di atas digunakan dalam suasana formal. sedangkan dalam suasana informal kita bisa menggunakan kalimat sebagai berikut :
1. 아무 것도 할 수 없네요 ( amu geotdo hal su eomneyo ) Tak ada sesuatupun yang bisa aku kerjakan.
2. 하늘에 별들이 반짝 반짝 빛나네요 ( haneure byeoldeuri banjjak banjjak bitnaneyo ) Bintang-bintang nampak gemerlapan bercahaya di langit.
3. 나는 시장 에서 바나나를 사겠다 ( naneun sijang eseo bananareul sagetda ) Saya akan membeli pisang di pasar.
Catatan :
1. Untuk membentuk  bentuk negatif, bisa dengan menggunakan akhiran 이 / 가 아니다 ( i / ga anida ), misalnya : 나는 학생이 아니다 ( Naneun haksaengi anida ) Saya bukan seorang pelajar.
2. Membentuk negatif juga bisa dengan merubah kata 있다 (itda ) menjadi 없다 ( opda) misalnya : 책상에 책이 없다 ( chaeksange chaeki opda )  Di meja tidak ada buku.
3. Juga bisa dengan merubah dari 알다 ( alda )  ke dalam kata  모르다 ( moreuda) misalnya : 그분은 한국 말을 모른다 ( keubuneun hanguk mareul moreunda ) Beliau itu tidak mengerti bahasa Korea.
4. Juga bisa menambahkan 안 atau 지 않   dan juga bisa juga menggunakan 못 dan 지 못하.  Contohnya : 리나 학교에 안갔습니다 ( Lina hak gyoe an gasemnida ) Lina tidak pergi ke sekolah. Dan juga misalnya : 이마는 학교에 가지 못했습니다 ( Imaneun hak gyoe gaji mothessemnida ) Ima tidak bisa pergi ke sekolah.
5. Dalam bentuk formal, Predikat pada kalimat pernyataan di akhiri dengan kata ㅂ 니다 atau 습니다, sedangkan dalam kalimat informal, digunakan kata …다 atau …네.

II. Kalimat Pertanyaan ( Interrogative )
Walaupun dalam percakapan biasa bisa hanya dengan menaikan intonasi bicara, namun pada dasarnya kalimat pertanyaan dalam bahasa Korea memiliki aturan tersendiri. Dalam hal ini kita ambil contoh :
1. 무슨 잡지를 읽으십니까? (museun japjireul ilgeusimnikka? ) Majalah apa yang Anda baca ?
2. 학생이 도서관에 많습니까 ? ( haksaengi doseogwane manseumnikka ? ) Apakah banyak pelajar di Perpustakan ?
2 ( dua ) contoh ini adalah contoh bentuk formal.  Contoh lain adalah :
1. 그것이 무슨 인생이라 말할 수 있겠느냐.( geugeosi museun insaengira malhal su itgenneunya ) …bisa dikatakan kehidupan apakah itu?
2. 이게 사랑인가요?  ( ige sarang ingayo ) Apakah ini cinta..?
3.그댄 왜 이렇게 내 맘을 아프게 하나요 ? ( geudaen wae ireoke nae mameul apeuge hanayo? ) Engkau mengapa membuat hatiku sakit seperti ini ?
Catatan :
1. Biasanya sebuah kalimat pertanyaan diawali dengan kata tanya antara lain : a. 무엇 ( muos )apa .contoh = 무엇을 마십니까 ? ( muoseul masimnikka? ) minum apakah anda?
b. 누구 ( Nugu )siapa . contoh = 그분이 누구예요 ( geubuni nuguyeyo ) orang itu siapa?
c. 어디 ( Odi ) dimana, kemana . 사무실이 어디예요 ( samusili odiyeyo ) dimana kantornya ?
d. 언제 ( onje ) Kapan . contoh = 언제 한국애 왔어요 ( onje hanguke wassoyo ? ) Kapan anda datang ke korea?. Dan masih banyak kata-kata pertanyaan yang dapat digunakan untuk membuat kalimat pertanyaan.
2. Dalam bentuk formal, Predikat pada kalimat pernyataan di akhiri dengan kata ㅂ 니까 atau 습니까, sedangkan dalam kalimat informal, digunakan kata …느냐 atau …는가.
Wah ternyata 2 ( dua ) kalimat saja bila dijelaskan bisa panjang sekali dan melelahkan yang nulis. Tentu bagi siapa saja  yang membaca, saya harap bisa melengkapi, menambahkan dan mengkoreksi bila salah, serta menanyakan bila kurang jelas. Semoga bermanfaat.

100 thoughts on “MENGENAL KALIMAT DALAM BAHASA KOREA I

  1. Menyambut datangnya Bulan suci Rhamadan dengan kerendahan hati, saya menyampaikan maaf apabila ada salah kata dan makna dalam omong atau omeng ( baca:coment ),di nuansa Rhamadan yg penuh rahmat,yang smoga mendapatkan limpahan berkah dan ampunan Allah SWT atas amal kebajikannya.Kebersamaan Qta slama ini meski di dunia maya,tidaklah ada yg sempurna mesti ada celah salah,karna tak ada gading yg tak retak.
    Selamat datang Rhamadan,Ahlan wa shahlan.

    Tazkiana :
    Terima kasih dan selamat menunaikan ibadah di Bulan suci Ramadhan, Taqabalallah minna wa minkum. Sama2.. bila saya ada khilaf mohon dimaafkan juga.

  2. Insya Allah postingan ini bermanfaat… lumayan…buat nambah2 pengetahuan (walopun bingung mau praktekinnya… :lol: )

    Tazkiana :
    Gomaweoyo Akin ssi… tapi bingungnya kok masih… ya mudah-mudahan lupanya hilang.

  3. uh….sulit bgt yah…..

    bahasanya mbulet…..sekalli

    Tazkiana :
    Terima kasih atas kunjungannya…
    Masak sih… ya walaupun sulit, namun sebenarnya menyenangkan lho.. Ok semangat terus …

  4. salam kenal…
    belakangan ini saya jadi tertarik mempelajari bahasa korea, tapi sayang di kota saya tidak ada kursus bahasa korea yang resmi. So saya kebanyakan belajar dari buku..tapi masalahnya saya terkendala di cara pengucapannya dan tata bahasa…saya sudah cukup menguasai huruf dan cara penulisan, saya juga sudah bisa membaca tulisan korea, tapi mungkin cara pengucapannya salah…kira-kira dimana saya bisa medapatkan kaset/cd untuk belajar cara pengucapan dan grammar bahasa korea?
    mohon bantuannya…

    • Salam Kenal kembali dan senang berjumpa dengan Anda.
      Untuk audio pelafalan, di program belajar bahasa korea online banyak sekali ( misalnya program yang ada di halaman KOREAN ONLINE pada blog ini ). sedangkan grammar, pada programnya Sogang Univ, sudah cukup memadai. atau kalau anda mengalami kesulitan tentang grammar bahasa Korea, bisa menanyakan Q & A di :

      http://world.kbs.co.kr/indonesian/korea/korea_learnbbs.htm

      Mudah-mudahan bisa membantu. Kamsahamnida.

  5. mas tanya lagi.

    sebenarnya untuk menulis 감 di komputer itu urutannya bagaimana??

    saya mengetik 감 urutannya r -> k -> a

    tolong penjelasannya.

    gamsahamnida.

    • 미안해,
      maaf kalo saya asal nyerocos aja.
      tapi waktu saya ngetik hangul itu saya liat HANGUL MAP nya.
      terus kan kalo mau tulis 김 (KAM) mesti k->a->m (berurut sesuai kata/ romanisasi ) sesuai dengan HANGUL MAP yg saya liat :
      ㄱ = r (keyboard alfabet)
      ㅏ = k
      ㅁ = a

      미안해, kalo gak berkenan, dan kalo salah tolong diingatkan ^^

  6. tanya lagi mas.

    kata Gamsahamnida

    kata 합 (ham) kenapa mengambila dari huruf ㅎ, ㅏ, ㅂ ?

    kenapa bukan ㅁ ?

    maaf mas jika pertanyaan saya membingungkan.

    • Kwencan semnida… ( tidak apa apa )
      감사합니다 itu terdiri dari kata 감사하 + 입니다 , bukan 임니다. pelafalan huruf ㅂ ( B ) bertemu dengan ㄴ ( N ) itu dibaca M.
      ( Untuk mengetahui pelafalan lainnya anda bisa mencoba sebanyak2nya meromanisasi dari hangeul ke latin, sebab software tersebut telah mengaplikasi pelafalan. )

      Untuk pengetikan 감 sudah benar yaitu r-k-s. Anda bisa lihat gambar keyboard di google dengan password ” korean keyboard “. kalau untuk keyboard online dsb bisa dilihat di : http://www.lexilogos.com/keyboard/korean.htm

  7. agagagagagg. makasihh banget postingannya. bakal berguna banget ni.. hahah bisa di buat update status di FB

    Tazkiana :
    Makasih atas kunjunganya dan salam kenal .

    • Annyeong haseyo nhia ssi :
      Maaf… udah dibaca malah ditinggal buka FB.. lupa deh.
      Jawabannya : Permaisuri = 황후 ( hwang hu ), Ratu ( queen ) = 여왕 ( yeo wang ) sedang putri raja = 공주 ( gong ju ). Saat ini ada drama kolosal korea yang lagi hit judulnya seondeok yowang ( ratu seon deok ).
      Gamsahamnida..

  8. waduuuhh,,mau belajar lagii ne,kalo sakit hati bahasa koreanya apa? emm,tau web yg semua tentang korea selatan nggak? trus,ada tips2 suapaya bisa ke korea nggak?
    tx b4 :D

    • Makasih atas kunjungannya .
      sakit hati bisa dachyeo dari 다치다 atau 화난 . Biasanya lebih diungkapkan pakai ” kaseumi apa” atau ” maeumi apa “.
      Web tentang Korea yang bahasa Indonesia : http://world.kbs.co.kr/indonesian/ . atau bisa juga http://www.korea.net/.
      Untuk tips Bisa ke Korea sebenarnya relatif sekali, tinggal oreintasi kita ke bidang apa. mungkin anda bisa lebih banyak mencari informasi pada perwakilan Korea di Indonesia, baik bidang pendidikan atau kerja.
      Terima kasih…

  9. “selamat datang” dalam bahasa korea?
    mohon bantuannya

    Tazkiana :
    Terima kasih atas kunjungannya…
    selamat datang dalam bahasa korea adalah : 어서 오십시오 ( eoseo osipsio ) atau 어서 오세요 ( eoseo oseyo ) . Klo kepada yang lebih rendah tingkatanya 어서 와 ( eoseo wa.. )

  10. assalamu’alaikum bapak..
    saya mau nanya lagi ini..punten ya pak,,saya nanya2 truz,,krn saya tidak tau jawabannya,,heehehehe..pemula ini pak,,yang mau saya tanyakan adalah :

    – pada tulisan nama org korea klo huruf vocal, memang harus double hurufnya ya pak??contohnya : leE min hoO, goO hye sun dkk
    – pada tulisan nama leE min hoO, kenapa tulisannya jadinya 이민호 ? khan klo dibaca jadinya i min ho,,gk ada bacaan “L”dan “E”?
    untuk yang tulisan nama yang ada park-nya juga,,
    contohnya : 박보영, klo dibacakan jadinya bak bo yong,,nah itu gimana ya pak??

    terima kasih atas jawabannya…mohon tidak bosan atas pertanyaan yang saya lontarkan..karena saya menganggap bapak adalah seorang expert dan bisa berbagi ilmuny dgn kita(uri) semua.heeehheehee

    Tazkiana :
    Annyeong haseyo Dee ssi
    Nama orang korea yang tertulis latin memang tidak didasarkan pada romanisasi baku, tetapi lebih pada penulisan bahasa inggris. 이 udah lazim di di tulis Lee ( marga ini tidak hanya Korea ), penulisan huruf eo ( 어) sering ditulis U, misalnya park jisung ( 박 지성 ), namun hal ini juga tidak baku, misalnya ada Lee soo young ( 이 수영 ).
    Jadi lebih baik memang dari hangeulnya, karena penulisan latinnya tidak baku. Tentu dengan banyak membaca baik latin dan hangeulnya pasti akan sangat membantu.
    Makasih .. selamat belajar..

  11. met pagi….
    emm klo bahasa koreanya “mohon maaf lahir batin, maafin segala kesalahan saya. baik segaja atw pun tak sngaja..”
    kepanjangan ya…?? :)
    sebelumnya terima kasih…
    Tazkiana :
    ee bener saya juga nggak tahu lho…
    Orang Korea nggak kenal lahir batin sih… Klo diganti saja begini ” Dansik chuk je il chukha hamnida, jalmut haesso juisong hamnida ” ( Selamat lebaran, atas segala kesalahan mohon maaf ).
    Klo ucapan lahir batin diterjemahkan ke bahasa Korea malah semakin lucu nanti, bahkan orang Korea menyebut puasa itu “ramadhan” dan hari raya juga ” idhul fitr “, karena lebih khusus ke ibadahnya umat Islam.

  12. assalamualaikum. anyeong haseyo.. seneng de ad postingan2 ttg bhs korea.. tp maaf ni mas,hrf hangeulnya pake romanization donk, apa lg yg partikel2 kta n kalmtny.. soalny sy nge-net dr hp n hpny gbs bca hangeul..hheu gamsahamnida. . .

    Tazkiana :
    Wa’alaikum salam ww
    Ne annyeong haseyo hamid ssi..
    Terima kasih atas sarannya. selama ini saya bagi ya pakai hangeul juga menyertakan romanization-nya. Mungkin klo anda mau, bisa download korean language pack for mobile.
    Kamsahamnida..

  13. Annyeong..
    mau tanya..

    “atas segala kesalahan mohon maaf”

    ini tulisan hangeul nya gmn ya mas??

    kamsahamnida..
    Tazkiana :
    Ne annyeong haseyo ,
    Tulisannya ” 아타스 스갈라 크살라한 모혼 마아프 ”
    ini tidak baku, karena bukan dari bahasa Korea asli, namun setidaknya bisa dibaca atas teks itu.
    Kamsahamnida.

  14. met pagi kak……… aku binggung nhc gmn cr na bisa nangkep belajar bhs korea na……….

    bahasa korea nya ” wanita yang cantik dan berbudi mulia paan kak?????????/

    trus aku bingung juga susah ga nulis bhs korea tu?
    thanks kak trus salam kenal aj

    Tazkiana :
    Terima kasih kembali dan salam kenal…
    Cara belajar bahasa Korea memang beragam, namun kalau belajar sendiri, usahakan dengan metode yang menyenangkan, sehingga tidak cepat bosan. Tidak usah tergesa-gesa…
    Wanita yang cantik : ” Yeppeun yeoja, atau areumdaun yeoja ”
    sedang yang berbudi mulai : kwekuk eun yeoja atau bisa saja Joheun yeoja ”
    Untuk nulis Korea nggak perlu waktu lama kok..
    Kamsahamnida..

  15. Salam Jumpa dan salam kenal…..
    (Ini Mas atau Mbak?)
    Saya senang bertemu blog ini karena sudah lama mo belajar bahasa korea (tapi yang bahasa turis2 aja).
    Moga-moga aku bisa ngikutin trus yaa.. soalnya saya baca semua postingan belajar bahasa korea mataku dah kleyengan nih..

    Bagus banget deh..trus..Kalo ada ijin dari anda saya boleh bagi keteman2 di FB gak?
    ( berita2 ttg korea ,drama. dll)

    Sekian dan makasih ya..

    Tazkiana :
    Salam kenal kembali… senang berjumpa dengan Anda.. Saya bisa dipanggil mas ato paman….
    Terima kasih atas kunjungan ke blog saya dan semoga bermanfaat…
    Boleh…. siapanpun boleh membaca, meng-copy atau apapun dan saya selalu berharap bisa membantu teman-teman..
    Kamsahamnida…

  16. annyeong haseyo,..jujur aja mas semenjak sering nonton film drama korea saya jd tertarik bahasa korea,.dan sy coba untk belajar, sulit sih tp menyenangkan,…doain ya biar bisa lancar bahasa koreanya,…gamsa hamnida

    Tazkiana :
    Ne annyeong haseyo..
    Terima kasih atas kunjungannya…
    OK deh.. mudah-mudahan cepat lancar bahasa Korea dan sukses selalu.
    Gomaweoyo..

  17. Permisi pak,
    Saya bru mngenal dgn bhsa korea.
    Saya ingn tw,,
    Klo skit hti dlm bhsa korea apa yaa paa?? Trma ksih,,

    Tazkiana :
    terima kasih atas kunjunganya.
    sakit hati bisa diungkapkan “maeumi apa ”
    kamsahamnida

  18. pelajarannya udah tinggibuanget, aq belum sampek di situ, nulis ja ngerti, klo dian bgamana hangulnya tu

    Tazkiana :
    Dian dalam hangeulnya : 디안

  19. annyeong aseo..
    jeoneun dite imnida..
    mo tny, ada ga ya software gratis bwt ngetik pake hangeul (smacam ms.words gt)..
    tlg d jwb ya..
    kamsa hamnida..
    eh iy seon deok yeowang jg d puter d indo..udah mau hbs episodenya..

    Tazkiana :
    Ne annyeong haseyo..
    untuk penjelasan ini anda bisa baca di http://tazkiana.files.wordpress.com/2008/09/solusi-agar-windows-bisa-nulis-hangeul15.pdf
    kalau anda belum punya keyboard hangeul, bisa dilihat di : http://www.koreanwikiproject.com/wiki/index.php?title=Hangeul_Assistant. di situ ada gambar keyboard. anda bisa belajar dari sana.

  20. assalamualaikum…
    klo bhs koreanya wish you all the best apa ya? hehe
    trim’s y pak..
    sayang banget hangeulnya g kebaca….padahal saya lagi belajar nulis huruf korea nih…

    Tazkiana :
    Wa’alaikum salam ww
    mungkin bisa ” Dangsin deureul choiseon dwigo shipeomyeon weon haeyo ”
    klo hanya untuk membaca hangeul saja bisa download korean language pack aja..
    makasih..

  21. kak, saya coba download file cara membaca hangeul tapi error aja. Gimana??

    Tazkiana :
    oh iya..? sekarang udah saya simpan di 4share.com …. coba lagi ya..

  22. oh ya kak, kalau Irma itu hangeulnya 이ᄅ마
    bener ngga??

    kak, saya browsingnya pakai Hp SE w830i, tapi hangeulnya ga kebaca. Gimana itu??

    Tazkiana :
    이르마 . .. gitu , kurang garis bawah aja..
    coba install korean language pack for windows..

  23. Wah terimakasi infonya. saya jadi bisa belajar menyusun kalimat dalam bahasa korea….
    minggu lalu saya juga belajar hangul dari blog ini…
    alhamdulillah,seminggu sudah ngerti hangul nya…

    thanks a loooot….
    ^_^
    감사합니다

    Tazkiana :
    Betulkah….?
    terima kasih sudah bersedia mampir ya… sukses selalu..

  24. wah,lumayan bgus lah blogx,apalagi ttg korea,i love korea!terutama boy n girl bandx.hhe…add fb q di SEKAR KARA CAHYANINGRUM PUNYASUJU, ya?mkasie…

  25. Mas, kata mas diatas kalo mw bs bc hangeul di hp bs downld korean language pack for mobile ya? Trz dwnld nya dmana? Bs support smua hp warna kn? Ksh link nya dong mas.
    Gamsahamnida

    Tazkiana :
    HP-nya tentu yang sudah berbasis windows.
    anda cari saja dengan kata kunci ” korean language pack for windows mobile “.. semoga bisa ya..

  26. Ghamsahamnida…….. saya rasa ini sangat bermanfaat sekali bagi saya…. saya bisa belajar suku kata dari tulisan anda…. hehe thankss…. plis kasih masukan bwt sy spaya sy bs blajr dngn baik….. so saya kurang rajin dalam belajar……

    thanks

    winda

    Tazkiana :
    Makasih atas kunjunganya dan atensinya..
    tentu masukan saya rajin belajar dan yakin bahwa sebenarnya belajar bahasa itu menyenangkan..

  27. 안녕 하세요 ..^^

    saya juga lagi belajar bahasa korea.
    buat temen2 yang juga sedang belajar
    ini link web jurnal belajar saya
    http://www.myjourneyoflearningkorean.webs.com
    hehehe.. semoga bermanfaat dan bisa berbagi ilnu disana :)

    dan buat temen2 yang udah expert please feel free to correct my poor korean :)
    hehehehe… sometimes i’m not sure my sentence are commonly use in speaking form or not. hehehe.. so i need help :)

  28. assalamualaikum… permisi…
    ka2k boleh tanya gak kalo tempat les bahasa korea yg ada di Jaktim ada gak?
    kamsahamnida.. :)

    Tazkiana :
    Wa’alaikum salam ww
    untuk info ini bisa saya sampaikanm via email aja ya…

  29. Gamsahamnida atas infox………. sangat bermanfaat skali. sy tertarik untk belajar bhs Korea, & sy berharap suatu saat nanti sy bs ke Korea jg, Amin.
    Oppa, mohon bimbinganx ya dlm mempelajari bhs Korea. ma’af pa boleh tw alamt e-mailx Oppa Tazkiana apa?
    oh ya, sy mw tanya, bhs koreax “Bintang” apa ya?
    dan bagaimana penulisan nama “Ika” dalam hangeul Korea.
    Gamsahamnida ^_^

    Tazkiana :
    Makasih kembali..
    Amiin, semoga terkabul..
    email : umifauzy@yahoo.co.id
    bintang = 별 ( byeol ),
    Ika = 이카

  30. waaa..반갑습니다
    senang sekali ada blog buat blajar bahasa korea..
    maaf ya mas,saya mau nanya kalo susunan kalimat dalam bahasa korea gimana si.soalnya saya bingung, yang saya tau cuma kalimat2 pendek kaya 미안해요..
    고마워요

    Tazkiana :
    susunannya adalah S-O-P, bila ada keterangan bisa KSOP, atau SKOP. jadi predikat sesalu di akhir

  31. annyeong haseyo,

    hmmm tadi kan katanya bahasa Korea dibagi menjadi 5. tapi kok penjelasannya cuma ada 2 ya? kalimat pernyatan and kalimat pertanyaan? sisanya kemana? boleh ga minta tolong di e-mail ke lonelyme_mala@yahoo.com
    gamsahamnida

    Tazkiana :
    ne annyeng haseyo…
    oh iya.. makasih di ingatkan… memang yang bagian dua belum…

  32. Salam kenal,
    Mau tanya,kalo ucapan lebaran di atas beda ga artiny dengan junggo mubarakeu ?
    Gomawo

    Tazkiana :
    Salam kenal kembali…
    ucapan itu hanya bersifat ucapan selamat… sedangkan junggo mubarakeu ada doa ( pengaruh bhs arab )

  33. asslamkm,.,.

    salam knal ya pak,.,
    pak mo tnya bahasa koreanya “saya tidak tahu” pa ya?,.
    pngen baljar bahasa korea pi syang d t4 sya lum da kursusanya,.,

    Tazkiana :
    Wa’alaikum salam ww…
    salam kenal kembali…. ” saya tidak tahu = Nan molla ”
    kalau begitu belajar secara online saja

  34. annyeong haseyo,yeoboseyo son saeng nim.karena terpengaruh oleh film korea saya jadi sangat menyukai bahasa korea.selama ini saya hanya mengikuti ekstrakurikuler bahasa korea di sekolah dan website ini sangat membantu saya. gomabseumnida

  35. mas kalau membentuk bahasa korea bagaiamana ?

    susunanya seperti apa ?

    S+P+O+K =subjek +predikat+objek+keteranga atau gimana ?

    sepertinya agak susah, mohon keteranganya mas. gamsahamida

    Tazkiana :
    untuk bahasa Korea pakai susunan K-S-O-P atau S-K-O-P.
    misalnya : oneuleun ( hari ini = KW) naega (saya= S ) babeul (nasi= O ) meogeoyo ( makan = P ).

    • Oppa..
      Slm knal
      Aq brmin mw bljr ttng bhsa korea…
      Tp aq msh blm tw smua ttng bhs korea….
      Tolong bntuan nya ya oppa….
      Gamsahamnida

      Tazkiana:
      salam kenal kembali dan dengan senang hati klo bisa bantu

      • Oppa….
        Aq psti nnti gk pham ttng bhsa korea klw gk da bku nya…..
        Cra mmbaca n pengucpannya….
        Jd bgaimna tuh oppa aq bingung….
        Klw dr blog ni pun aq msh sdikit tak pham…
        Mohon solusinya….
        Gamsahamnida….

  36. Ass… kakak gimana sih bikin namanya lee min ho????aku bingung banget nih!!!maksaih ya

    Tazkiana :
    Maksudnya nulis nama pakai hangeul ?
    이 민호

  37. Annyeonghaseyo ..
    Ajeosshi, salam kenal, skrg sy sdng blajar Bhs Korea, krn Bhs Korea sngat mnarik bgi sy, bbrapa buku tlah sy mliki, namun msh ckup mbngungkn jga, entah mngapa?
    mslah prubahn kta sifat & pmbntukan klimat, prbhan kata sifat itu digunakan saat apa?Misal Yeppeuda -> Yeppeoyo, dsb .
    Cara membaca pun msh bngung, sbnarnya di dlm bhs Korea adakah Tenses-nya?
    Mksh .

    Tazkiana :
    Annyeong haseyo , salam kenal kembali dah terima kasih atas kunjungannya
    di dalam bahasa korea ada tensesnya, bisa dilihat di link grammar di blok ini

  38. Annyeonghaseyo.. ^_^

    Saya suka sekali dg bhsa korea. Dan baru 3bulan blajar bahasa korea sndiri, yaa.. Alhamdulillah skrg bisa tulis & baca bhsa korea.. Cuma agak2 lupa masi, hehe

    Kalo mau memperdalam bahasa korea, kuliahnya di universitas mana ya kak??
    Soalnya sy tertarik sekali dg bahasa korea..
    Pgin sampe bisa baca, tulis, bicara bhsa korea dg lancar..

    & saya juga sangaaaatttt kagguuumm liat foto kakak wktu tour di Korea… ^__^
    Sekian yah kak :)

  39. wah ngmonk nya susah..

    g mna sie cara nulis nya tu k’ koq dila susuah buat nya..
    pie dila senang bsa tw apa2 aja kta2 dlm bhsa korea..

    i like korea
    kamsahamnida

  40. waahh ak dah bsa nulis ma baca.a , tp kalo nyusun kalimat msh bingun.. Oh iya mw tanya, di dlam bhasa korea ada kata imbuhan ga? kata imbuhan itu pa ja? Gomawoyeo hyung ^^

  41. susah jga ya ngomong bahasa korea,padahal my dadi orang korea,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    hmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm
    susahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  42. ternyata susah juga ya untuk mempelajarinya
    boleh tanya ngga ,, kalau cheoreom sama yeongwonhi tuh apa artinya ???

    Tazkiana :
    cheoreom = seperti
    yeongwonhi = selamanya

  43. Annyeong Haseyo..
    sekarang ini aqu baru saja memulai belajar bahasa korea,,,
    sebenarnya bahasa korea itu susah gak sih untuk dipelajari? :)

    konteksnya bahasa korea itu sama tidak dengan bahasa inggris? karena aqu kadang bingung sendiri kalau mau mengucap bahasa korea dengan kalimat yang panjang..
    lalu.. kalau mau belajar bahasa korea biasanya harus dimulai dengan mempelajari apa dahulu iia? apa kosakata, apa bentuk kalimat, atau bagaimana?
    mian haeyo kalo pertanyaan aku terlalu panjang iia oppa..
    Mohon bantuannya…

    *bahasa korea mohon bantuannya apa iia?
    hehehe… :D

    Kamsahamnida….

  44. Untuk kalimat ‘Lina hak gyoe an gasemnida’ mengapa menggunakan ‘an gasemnida’ dan bukan ‘Anida’?? Kedua kalimat tersebut harus di letakkan pada kata apa?
    Gamsahamnida..

    Tazkiana :
    klo an jadi predikat di akhir maka jadi ‘anida'( bukan ). namun bila masih ada Verb lainnya maka disambung.

  45. Wah sya Salut pda Opha Trnyta Bkn hnya orng2 korea sja Yg Pndai brbhsa korea..pngen donk..bsa bhasa korea dngn Lncr byr bsg ngbro Ma Jang geunsuk..hehehe.gMna cra’y agr bsa sprti opha..??kamsia Mida,.

    Tazkiana :
    sekarang sudah banyak sekali orang Indonesia yang bisa berbahasa Korea, tentu kuncinya satu, rajin belajar..

  46. Annyeong haseyo, Pak,,,,,

    saya mau tanya, kenapa terkadang dalam kalimat bahasa korea antara penulisan dg , pengucapan kadang tidak sama ????

    dan, bagaimana huruf ( F, V, & Z ), penulisan HANGULnya bagaimana ????

    Mohon balasannya,

    Trimakasih sebelumnya.

  47. Annyeong haseyo oppa Tazkiana ..

    salam kenal ea,, puengeeeenn bgt bsa bhasa korea,??? tpi kyaknya agk susah ea,,
    aq mo ikutan belajar bareng oppa ni..
    aq mo tanya ni gmana penggunan kata “sangat” cz kayaknya bnyak bget kosakatanya kyak, jeongmal, noumo, dll, n ap bedannya oppa??

    kalo renggang jwab ea, age pemula ni,, hhehehe

    kamsahamnida

  48. annyeong haseyo..
    salam kenal.. cara untuk membuat tulisan korea gmn.. sy bngung mau jajal di fb
    cara baca tulisan’y gmn aj sy msh gak ngerti.
    tolong jelasin cara nulisnya sm cara baca tulisan nya itu

  49. annyeong ^^,
    tadi kn dijlskn dalam BAHASA KOREA tuh ada 5 kalimat.
    dan 2 diantara.a uda di post.
    lalu 3 kalimat berikut.a uda di post atau blm ?
    klo uda blh minta link.a ?

    maaf saya banyak omong ><"

    tolong di balas ea :D

    jeongmal gomawo …….. ^o^9

  50. salam kenal mas tazki,
    mau tanya, apa bahasa korea nya : tanyakan pada bintang…
    (ini kata2 dalam drama korea..he..he…).
    terima kasih.

    Tazkiana :
    klo umumnya ” byeol hante meureo bwa ”

  51. Ajussi… tulisan hangul dan pengucapan kt ” semangat ” gmna sih ?

    Kansahamida..

    Tazkiana :
    yang fighting/hwaiting = 화이팅
    ada ” himnaeseyo ( 힘 내세요 )

  52. 고마워요,,,,,,,, jadi tahu deh setelah baca ni,, bertambah ilmunya,,,,, kalo ada buku bahasa korea yg bagus tolong kasih tahu ya,,,,, 고마워요 songsaengnim,,,,,,,

  53. 안녕하세요,,,,,,, mw nanya nih,,,, biasanya sy serng dengar drama korea menggunakan akhiran pertanyaan yg berbeda2 jdi sy bingung pa i2 da artinya masing2 taw sama gtu seperti,, arassoyo?, arasseumnika, arachi,,,, itu gemana ya,,,, mohon d jawa y,,, =)

  54. Annyeong Haseyo Hyeong..
    Artikel ini sangat membantu saya, kebetulan saya lagi pelajari bahasa korea, siapa tau setelah saya lulus sklah smk saya bisa ikut Test Eps-Topik doain ya hyeong semoga saya bisa ikut dan lulus,

    saya baru hafal huruf2 korea, dan masih belajar nulis kata2nya, masih belum terlalu mengerti cara penyusunan kalimatnya..

    Bolehkan kalau saya Copy Artikel2 anda yg berhubungan dengan belajar bahasa korea, buat belajar saya..

    Gamshahamnida hyeong…. ^^

    Tazkiana :
    oh tentu boleh… silahkan di copy dan di pelajari

  55. annyeong haseyo oppa.. oppa.. gamsahabnida kok bisa jd gamsahamnida ?? “b” kok jd “m”?? n msh bnyk lg yg kyk gtu .. bsa di jelasin gk ?? cz baru mulai blajar.. hehe
    gomawo :)

Berikan Balasan

