HANBOK : MENGENAL PAKAIAN TRADISIONAL KOREA

Entah sudah berapa tahun yang lalu, saya pernah melihat drama Korea yang mengisahkan tentang seorang mahasiswi yang jatuh cinta pada dosennya, dan dalam cerita itu yang saya ingat adalah ketika sang mahasiswi menanyakan pakaian apa yang menurut pria dosen itu paling seksi. Ia menjawab ” Hanbok “. Drama terus berlanjut, namun saya pada kesempatan kali ini tidak membahas cerita drama Korea tersebut, namun membahas mengenai pakaian yang namanya “Hanbok” tersebut.
Awal tulisan ini adalah inisitif dari seorang teman yang ingin memadukan antara hanbok Korea dengan batik Indonesia. Sebelum mewujudkannya tentu saya mencoba menulis tentang apa hanbok itu.
Hanbok adalah pakain tradisional Korea Selatan atau Chos?n-ot untuk sebutan di Korea Utara.  Hanbok pada umumnya memiliki warna yang cerah, dengan garis yang sederhana serta tidak memiliki saku. Walaupun secara harfiah berarti “pakaian orang Korea”, hanbok pada saat ini mengacu pada “pakaian gaya Dinasti Joseon” yang biasa dipakai secara formal atau semi-formal dalam perayaan atau festival tradisional, misalnya tahun baru  seollal ( imlek ) atau perayaan chuseok.
Bagian-bagian Hanbok. :
1. Jeogori ( 저고리 ) : ialah bagian atas dari hanbok ( baju ).Untuk hanbok laki-laki ukurannya lebih besar dan simple, sedangkan untuk wanita agak pendek dan ditandai garis lengkung  dan dekorasi yang lembut.
2. Dongjeong :

img_11_266_7Entah sudah berapa tahun yang lalu, saya pernah melihat drama Korea yang mengisahkan tentang seorang mahasiswi yang jatuh cinta pada dosennya, dan dalam cerita itu yang saya ingat adalah ketika sang mahasiswi menanyakan pakaian apa yang menurut pria dosen itu paling seksi. Ia menjawab ” Hanbok “. Drama terus berlanjut, namun saya pada kesempatan kali ini tidak membahas cerita drama Korea tersebut, namun membahas mengenai pakaian yang namanya “Hanbok” tersebut.

Awal tulisan ini adalah inisitif dari seorang teman yang ingin memadukan antara hanbok Korea dengan batik Indonesia. Sebelum mewujudkannya tentu saya mencoba menulis tentang apa hanbok itu.

Hanbok adalah pakain tradisional Korea Selatan atau Choson-ot untuk sebutan di Korea Utara.  Hanbok pada umumnya memiliki warna yang cerah, dengan garis yang sederhana serta tidak memiliki saku. Walaupun secara harfiah berarti “pakaian orang Korea”, hanbok pada saat ini mengacu pada ” pakaian gaya Dinasti Joseon” yang biasa dipakai secara formal atau semi-formal dalam perayaan atau festival tradisional, misalnya tahun baru  seollal ( imlek ) atau perayaan chuseok.

Bagian-bagian Hanbok :

hanbok copy1. Jeogori: ialah bagian atas dari hanbok ( baju ).Untuk hanbok laki-laki ukurannya lebih besar dan simple, sedangkan untuk wanita agak pendek dan ditandai garis lengkung  dan dekorasi yang lembut.

2.Deong Jong : yaitu krah yang berwarna yang berwarna putih .

3.  Otgoreum (Cloth Strings):  adalah pita yang dipakai pada baju hambok untuk wanita, yang melintang hingga ke Rok ( chima )

4. Chima : adalah rok pada bagian hanbok. Ada berbagai macam jenis chima, ada yang lapisan tunggal dan ada juga yang double.

5.Pattern:  susunan gambar atau garis  dan juga perpaduan warna.

Masih banyak lagi istilah bagian pada hanbok, misalnya baerae ( pada lengan ), kket dong ( lengan ) dan lain sebagainya.

Untuk hanbok pria ada ” baji ” yaitu celana untuk hanbok. biasanya bentuknya longgar .

Pada kesempatan ini kita akan belajar memakai otgoreum ( pita ) pada hanbok, karena walaupun nampak sederhana, namun seringkali kesulitan .

otgori

1. Ada dua sisi yang kita anggap A ( kiri )  dan B ( kanan ) . Letakkan sisi A di atas sisi B.

2. Sisi A putar dan tarik ke atas.

3. Dengan panjang kira-kira 10 cm lipat sisi B

4. Kembali sisi A diputar ( di talikan ) lagi.

5. Tarik dan rapikan.

6. Atur keserasian panjang antara kedua sisi tersebut.

Mungkin bahasa untuk mengungkapkannya sulit dipahami, dapat juga di lihat pada video pada link : cara memakai pita hanbok


156 gagasan untuk “HANBOK : MENGENAL PAKAIAN TRADISIONAL KOREA

    • @ Yani ssi : Makasih atas kunjungan. ya anda betul, namun sayang … sekarang udah ada mini hanbok kan..?

      @ Dian ssi : Klo lomba makan kerupuknya menang kan..? sama bawa kelereng di atas sendok..? :D

  1. wahh…
    hanbok memang cantik yahh,, sama cantiknya kyk kebaya…
    korea memaNG negara yang unik…. apalagi drama korea nya……… kerennnn

    tazkiana :
    Terima kasih atas kunjungannya…
    Anda betul sekali, belajar mengenal budaya, bahasa dan apapun tentang Korea memang manarik, di samping budaya Indonesia juga tak kalah manarik bukan..?
    Kamsa hamnida…

  2. saya adalah seorang kader UKS..
    pada kesempatan kali ini saya menjadi MC dalam bahasa korea.
    nah pada saat nanti di bulan oktober ini,saya dituntut untuk memakai hanbok..
    namun sangat sulit untuk menemukan tempat penyewaan hanbok di kota malang..

    saya bingung say harus mencari dimana hanbok tersebut..
    mungkin jika anda memiliki solusi,saya mohon anda segera mengirim solusi tersebut ke E-mail saya..
    cintia_yunho@yahoo.com

    Tazkiana :
    Makasih atas kunjungannya.. dan salut atas aktifitasnya..
    Malang..? ya mudah2 aja nanti ada solusinya..
    .

  3. Wah,Sekedar info u/ baju korea bisa hub ke Mba Irma 081380236734.. menyediakan Hanbok juga kostum2 tradisional negara manapun. Ada jg kostum character,bisa sewa or bikin sesuai pesanan.. semoga membantu infonya.. Ada yg datang TAste Of Korea di Grand Indonesia tgl 16-18 okt 2009.. Bisa minta fotonya ga..? Makasi u/ Tazkiana

    Tazkiana :
    Terima kasih atas kunjungannya
    Wah ini info yang ditunggu, sebab ada teman yang butuh informasi tentang hanbok di Indonesia.
    Untuk acara Taste of Korea, kemarin ada temen yang datang, fotonya .? coba nanti saya tanyakan..
    Makasih..

  4. Sukses u/ Tazkiana,berhrp slalu up date ttg kOrea-nya.. saya senang sekali dan mengagumi keindahan korea..

    Tazkiana :
    Terima kasih atas motivasinya… sukses selalu

  5. Bgus ya bjux
    kra2 kalo dpake buat acra perpishn entr.blh gak ya.

    Tazkiana :
    Memang klo di Korea hanbok pemakaianya pada waktu tertentu…
    namun klo ada acara dengan momentun tertentu saya pikir juga nggak salah..
    Makasih..
    .

  6. Salam kenal ya..
    aq sebenarnya sudah lama ngikutin blog kamu dan belajar bhs korea dr blog ini.
    Berhubung aq dah emak2 jadi malu klo mo nanya2 tapi berhubung ada artikel mengenai hanbok jadi aq minta ijin mo copy soalnya mo bagi2 in keteman2 d Fb sekalian mo minta ijin untuk artikel2 yg lain boleh gak?
    Bisa dilihat di FBku isinya soal korea semua..
    Senang sekali bertemu kamu..

    Tazkiana :
    Salam kenal kembali.. saya lebih dari itu… malah kakek2.. hehehe..
    dengan senang hati…boleh klo mau ngopi..
    OK…nanti saya liat ya.. kamsahamnida..

  7. apakah ada teman2 yang bisa bantu saya dimana bisa beli pakaian pengantin han bok serta upacara adat nya dimana bisa tanya2

    Tazkiana :
    Terima kasih atas kunjungannya..
    ada komentar dari teman yang memberikan penawaran yaitu suruh menghungi : Mba Irma 081380236734
    mungkin anda bisa mencoba menanyakannya.

  8. Jujur aj saya nie penggemar berat budaya korea..(tapi tenang aj masih cinta banget kow m kebudayaan indonesia ndiri)..
    Yang saya suka salah satu dr Korea itu ya pakaian traditionalnya..Buat saya mereka itu bener-bener percaya diri dan berani menampilkan warna-warna yang cerah namun indah banget kalo dilihat…emmm…pengen coba pake tapi sayangnya terbatas banget tempat yang bisa ditemui, di Bali terutama…. ya lo ad yang punya infonya tolong di kasik tau yaw…

  9. artikel yg menarik bgt. aq seneng bgt all about Korea. N pengen bsa belajar bahasa Korea. Trus ngarep bgt suatu hari bsa k Korea. Pengennya sech, bsa tinggal di Korea.
    hehehehe
    numpang copas y…..

  10. Nyari info tentang korea trus di suruh msuk blog ini, seru juga.
    Duh. Minta bantuanya dong. Bagi yg tau tempat beli/rental/bikin baju tradisioanal korea, daerah bandung dimana ya? Skalian tempat pesan makanan koreanya.
    Kebetulan ada matakuliah cross culture understanding.
    Ngarep kebagian kebudayaan sendiri malah kebagian korea.
    Mohon bantuannya! Sdikit bahasa korea juga. Skdar sapa atau perkenalan diri and closing presentationnya!

    Tazkiana :
    Makasih atas kunjungannya…
    Oh ya untuk jawabannya saya sampaikan via email aja ya..?
    email ini valid kan..?

  11. dimana saya bisa mendapatkan baju hanbok di bandung? nuhun

    Tazkiana :
    terima kasih atas kunjungannya..
    mungkin untuk info di kota Bandung anda bs mencari informasi via HANSAMO…coba search aja…!

  12. Br tau bagian 2 ny bnyk jg yah…kemarin aq jg bikin bj,niatnya mo bkn hanbok jg.eh trnyata bnyk yg kurang.thanks skrg jd tau lbh bnyak.dtunggu karya 2 selanjtnya

  13. halo….aku suka banget dengan hanbok dan ingin sekali memilikinya.. boleh tau gak bagaimana cara aku bisa membelinya di indonesia??? yang harganya agak murah gitu thx…

    Tazkiana :
    makasih atas kunjungannya…
    di komentar terdahulu ada yang meninggalkan nomor telp. Indonesia untuk informasi hanbok. mungkin tidak ada salahnya bila anda menanyakan padanya..
    kamsahamnida..

  14. anyeong haseyo…..(he…he…PD aja padahal bner p g ejaannya..!!) ikut nimrung….baju2nya T.O.P bgt…saya suka liatnya,bisa jadi contekan nih buat variasi baju muslim saya…

  15. ikut nimbrung ya…..hehehe….

    hanbok keren….cantikkk…

    baju2 tradisional asia emang anggun2 banget, tertutup tapi tetep cantik abis kayak (kimono, hanbok,kebaya)

    aq suka banget… =)

    tolong di ajarin kosakata2 bhasa korea yang umum di gunakan di drama2 donk…kamsahamnida

    Tazkiana :
    terima kasih atas kunjunganya..
    setuju banget, bahwa hanbok mengesankan…
    OK, sebuah usulan yang bagus, makasih

  16. hai..tazkiana yang OK!!,….aku dtng lagi…usulan dewi tu ok juga..aku setuju…boleh dong bagi2 bhs koreanya…aku juga pengen tau n bljr bhs korea…HE…HE…HE…boleh minta rincian buat bikin Hanbok g? ky pola ma ukuran cm-nya gtu…necknya brp cm, n tetek bengek nya klo boleh, plizzzz!!!
    bisa nya minta aja ya tapi gp2 dong ya…ya…ya…
    kamsahamnida..!! :-)

    Tazkiana :
    Wahh..saya kan bukan tukang jahitnya hanbok… hehe..
    OK deh, klo ada referensi lain akan aku sampaikan…
    makasih..

  17. jadi pengen juga bikin hanbok…

    kemaren aq baru beli kain,rencananya mw bereksperimen bikin hanbok sendiri…doakan saja berhasil ya…hehehe

    nanti kalo sukses..aq kasik polanya deh…bwt mbk susan

    wkwkwk…. =P

    @ tazkiana yang baik….hehehe

    ayo dunk bahas bahasa korea yang umum di gunakan u/percakapan sehari-hari…sekalian tazkiana sharing ilmu k kita-kita..hehehe

    boleh minta FB nya tazkiana kun…

    kamsahamnida

  18. waaaahhh kereeeennnn….mungkin hanbok artinya bisa juga bahagia / happy…bole kutip gaa buat blog saya?hehehhe…..

    Tazkiana :
    makasih…. hanbok itu artinya pakaian korea, han= daehan minguk ( korea ) bok = pakaian.
    oh silahkan di kutip…

  19. alhamdulillah ..
    artikel onni sangat membantu .

    hari ini kebetulan aku ada perpisahan .
    aku pake baju hanbok .
    dan lagi bingung cari simpul untuk bajunya .
    untung aku dapet dari artikel ini .

    Cheongmal kamsahamnida !
    Ini sangat membantu . * disaat-saat genting lho ! *
    Kekeke~ ! Hanbeondo, gamsahamnida ~ ! ;DDD

    Tazkiana :
    Makasih kembali…senang mendengarnya

  20. hi mba artikelnya aku copas yaa. .oh ya mb ak pengen bgd neh foto pake hanbok buat foto prewedding ak . kira2 ak bisa pinjam dimana ya . . send by email ak ajj mb ke queenheaven89@gmail.com . tnx b4

    Tazkiana :
    Makasih atas kunjungannya dan silahkan di copas..
    untuk hanbok di Indonesia, pada komentar terdahulu telah ada yang memberikan nomor telepon tentang hanbok, mungkin bisa anda coba untuk menghubunginya

  21. makasih ya atas infonya berkat ini aku jadi bisa ngerjain tugas sekolah deh….
    makasih ya…….

    Tazkiana :
    Makasih kembali… senang mendengarnya…

  22. terima kasih atas info nya
    aku seneng banget bisa tahu tentang pakaian tradisional korea
    aku sangat tertarik dengan seluruh yang ada di korea
    kalau bisa jangan hanya pakaiannya saja ya
    ya semuanya deh
    dan aku pengan tahu cara-cara pembuatan baju ini mulai dari bahan biasanya
    plisss

  23. assalamu’alaikum

    mbak boleh tau alamat Fb nya?

    Tazkiana :
    Wa’alaikum salam ww
    salat ralat bahwa ini cowok :D
    FBnya di sibebar ada lencananya

  24. betul” ndah…jdi bnar” pngen k korea.mbak, ad g toko yg ngjual hanbok?!tlg blas y???!

    Tazkiana:
    saya kurang tahu, namun di antara komentator ada yang menawarkan, mungkin dapat cari info di sana..

  25. hanya ingin memberikan info..
    bagi yang ingin membeli hanbok dan di tmpat kalian g ada,
    q waktu itu sempet nyari2 hanbok dan ketemu lah 1 ol shop yg menjual hanbok..dan menurut q, harganya lebih murah dibanding ol shop laen..
    ada di fb namaNya HoneyLette shop
    q sudah beli hanbok di situ..
    di sana menjual hanbok baru dan 2nd..tapi 2nd nya masih bagus kq..yg paling jelek, kondisinya 95%…dan hanboknya asli dari korea…
    silahkan membeli di sana..
    dan buat temen2 dan tazkiana,add fb q ya…dengan email dena.fricka05@gmail.com
    thanks..

  26. Ping-balik: Mengenal ‘HANBOK’…. « ApReeL World Imagination

  27. waaaaaahhhhhh….kemarin sempat ada korean days dikampus dan ikutan nyoba pake hanbok.yang saya pake hanbok yang belum begitu rumit.jadi tetep menyenangkan.saya yang pakai jilbab juga jadi tambah oke klo pakai hanbok.hehe…

  28. anyeonghaseyo…
    Bisa tidak infokan cara sewa hanbok? krn saya mau pakai di acara festifal korea…
    saya senang sekali dng sgl sesuatu yg berhubungan dgn korea…

    dibantu ya…
    kamsahamnida ^_^

    Tazkiana :
    ne annyeong haseyo
    Princess saat ini berada di mana?
    nanti bisa saya tanyakan teman2 didekat daerah anda.

  29. mo bli,tpi hrgy hanbook brpa ya?n klo d jkrt ady dmn ya?

    Tazkiana :
    beberapa orang menawarkan di komentar, anda bisa menghubunginya.
    klo di Bandung, di pasar second hand korea katanya murah2, mulai dari 30 ribuan sampai 300 ribu

  30. Ping-balik: Hanbok (한복) Pakaian Tradisional Korea ^o^ « Me and You

  31. pengen donk koleksi baju adat korea,,soalnya saya senengnya ngoleksi baju adat ASIA,,beli dimana ya klo di Indonesia???minta info nya donk,,,thanx

  32. Annyeonghaseyo.. eonnie, kalau baju tradisional Korea untuk laki-laki namanya apa?? joesonghamnida aku nggak tau..

    Tazkiana :
    ne annyeong haseyo..
    Hanbok itu artinya pakain korea, jadi ada yang untuk laki dan wanita

  33. sorry saya liat banyak yang pengen foto hanbok d kota Malang ya, nah kebetulan saya di Malang, dan biasanya kalo ada gathering kpop selalu ada sesi foto hanbok koq :)
    penyewaan di malang bisa hub fb : de bonamana shop
    semoga bisa membantu korean lovers d Malang :)

  34. Lagi cr conth model baju korea..kebetulan A̶̲̅ķu̶̲̅ mau bikin buat acara resepsinya sodaraku.A̶̲̅ķu̶̲̅ dan sodara2ku rencananya. Kembaran.bagus banget modelnya

  35. annyeong..
    aku ingin skli mbuat pola nya apakah anda bisa mmberi pola na??
    Kamshamida

    Tazkiana :
    saya kurang memahami tentang fashion, namun saya coba nanti klo ke perpustakaan untuk mencarinya ya

  36. Sama dengan sis Amelia.
    Butuh polanya supaya kalo buat hanbok sendiri sangat menyerupai potongan dasarnya :)
    Ditunggu infonya y..
    Oia,kapan ada sale2 (pasar murah) hanbok di Korea? kabarnya bisa diskon sampe 90% (seperti model hanbok yang diperagakan)
    Trima kasih

  37. wahh.. makasih ya infox sy jd tau tntang korea nich coz sy suka apapun yg berhubngan dgn korea..
    Di indonesia ad gak baju hanbok?
    kamsahamida..

  38. iya hanbok memang bagus, bs jg bawahan pakai chima atasan pakai bolero ^.^ jd agak modern. kami menjual hanbok, vcd,dvd atis korea, kaftan dan tuni.
    silahkan add fb berlian nusantara Hanbok

  39. ikutan nimbrung, sya nak bru infonya menarik krna sya sndiri sngat suka jepang dan korea….klo ad pola bwt bikinnya di post jga,hehehe soalnya pengen bikin sxan bwt btu tmen bresn tgas kuliahnya n__n

    kamsahamida…………

  40. Wah setelah berbulan2 sy mencari hanbok ternyata dah ada yg bisa jahit hanbok… n sy pesen 3 utk sy satu n anak2 sy perempuan bru kmrn pesen.. tp satu pesanan sy hanbok batik belum jadi.. lumayan mahal sich tp mudah2an puas dengan keinginan sy memakai HANBOK…

  41. Salam…ikiut gabung yah…maksih tazkiana, kirain tadi pas pertama buak tazkia, kebetelun lagi cari2 artikel and tempat2 menarik di korea

  42. Selama ini penasaran gimana cara pakai pita hanbok :) Ternyata cukup ribet juga
    Kalau ditambahkan saku di hanbok cukup membantu untuk menaruh printilan kaum hawa ;)

    Bagusnya bikin hanbok pakai bahan apa ya?? katun jepang? Satin mahal euy…
    Kalau pakai katun cina motif bunga-bunga mungkin lucu juga *sambil ngebayangin pake Hanbok motif flowery*

    Btw, nice article^^

  43. mau tanya pakaian kerajaan korea untuk pria model raja atau perdana mentri dan mentri2 nya apa ada kalau beli harga berapa kalau sewa berapa karena ada rencana kekorea bulan september mohon informasi ke no hp 0816608779 atas nama Asep Ahmad Rosidin? Terima Kasih.

    • Kalau beli mungkin agak mahal, namun bisa sewa di tempat2 wisata, semisal kyeongbokgung, minsokcheon dsb. Klo sewa untuk photo lebih murah.

Tinggalkan Balasan

