Langkah cepat mempelajari bahasa Korea dengan Hangeul Assistant

Satu lagi, fasilitas belajar bahasa Korea disuguhkan untuk kita. Kali ini oleh Korean Wiki Project, yaitu namanya Hangeul assistant. Korean Wiki Project termasuk salah satu situs penyedia pembelajaran bahasa korea yang lumayan lengkap juga.
Wah sebenarnya sudah lama ada teman yang minta untuk postingan tentang verb conjugation, tapi belum sempat nulis, dan masih males mikir tentunya, namun dengan tulisan ini sekaligus bisa membantu mempelajari tentang konjugasi kata kerja dalam bahasa Korea.
Korean verb conjugation atau perubahan kata pada kata kerja dalam bahasa korea ragamnya cukup banyak , dan dalam ilmu tata bahasa ini dijelaskan satu persatu, namun dengan Hangeul Assistant ini  kita bisa melihat perubahan itu sekaligus. seperti contoh gambar di bawah ini :
Catatan :
1.Dari contoh gambar di atas kita bisa melihat perubahan kata dari 가다 ke 가, 가요, 갑니다 dan sebagainya
2. Untuk menulis hangeulnya kita tidak perlu harus punya keyboard, karena di situ telah disediakan baik model HP atau keyboar online.
3. Perubahan kata juga telah disertai arti walaupun dalam bahasa inggris
4.  Korean Wiki Project  juga melengkapi fitur yang lain mulai dari grammar, idoms dan lain sebagainya
Wah.. rasanya tambah mudah dan cepat belajar bahasa Korea online melalui situs ini.  Selamat belajar dan semoga sukses.

Satu lagi, fasilitas belajar bahasa Korea disuguhkan untuk kita. Kali ini oleh Korean Wiki Project, yaitu namanya Hangeul Assistant.  Korean Wiki Project termasuk salah satu situs penyedia pembelajaran bahasa korea yang lumayan lengkap juga.

Wah sebenarnya sudah lama ada teman yang minta untuk postingan tentang verb conjugation, tapi belum sempat nulis, dan masih males mikir tentunya, namun dengan tulisan ini sekaligus bisa membantu mempelajari tentang konjugasi kata kerja dalam bahasa Korea.

Korean verb conjugation atau perubahan kata pada kata kerja dalam bahasa korea ragamnya cukup banyak , dan dalam ilmu tata bahasa ini dijelaskan satu persatu, namun dengan Hangeul Assistant ini  kita bisa melihat perubahan itu sekaligus. Penampilan Hangeul Assistant seperti contoh gambar di bawah ini :

hengeul assisten

Catatan :

1. Dari contoh gambar di atas kita bisa melihat perubahan kata dari 가다 ke 가, 가요, 갑니다 dan sebagainya

2. Untuk menulis hangeulnya kita tidak perlu harus punya keyboard, karena di situ telah disediakan baik model HP atau keyboar online.

3. Perubahan kata juga telah disertai arti walaupun dalam bahasa inggris

4.  Korean Wiki Project  juga melengkapi fitur yang lain mulai dari grammar, idoms dan lain sebagainya

Wah.. rasanya tambah mudah dan cepat belajar bahasa Korea online melalui situs ini.  Selamat belajar dan semoga sukses.

119 thoughts on “Langkah cepat mempelajari bahasa Korea dengan Hangeul Assistant

  1. akhirnya ada jg situs yg lengkap seperti ini, cocok buat saya yg agak2 malas nulis he he he…
    tp ngomong2 kl mo menggunakan hp bagaimana caranya?

    Tazkiana :
    Aigo… belum tahu cara menggunakan HP…? oo ya tahu maksudnya, tentu HPnya teluh mendukung program2 sperti flashVars, IME untuk hangeulnya…tapi klo HPnya akses internet tidak ada masalah kan..?
    Tapi saya sarankan tidak usah…. tulisannya jadi terlalu kecil2 nampak seperti semut nanti…
    .

  2. makasih infonya jadi bisa belajar otodidak tanpa guru langsung. tapi mas mau khan jadi guru meski jarak jauh?

    Tazkiana :
    Maksudnya guru dengan bayaran di transfer gitu..? Mau bayarannya aja, tapi jadi gurunya tidak mau.. :D

  3. oh ya? selain akses internet saya gak pernah kutakkutik HP soalnya gaptek jd daripada rusak mending gak usah he he he…tp kl tulisannya kecil2 gak usah aja percuma gak bisa bacanya…terima kasih atas infonya…

  4. BISA GA SAYA MINTA DIKIRIMIN POSTINGAN NYA KRN AKU JUGA LG BELAJAR BAHASA KOREA SM SUKARELAWAN DARI KOREA TAPI BARU MULAI JADI BLOM TAU BANYAK DAN MUNGKIN HANYA SEMENTARA WAKTU KRN DIA AKAN PERGI

    Tazkiana :
    Postingan tentang apa ya..?
    Dengan senang hati kalau bisa membantu. Terima kasih atas kunjungannya.

  5. annyeong haseyo.

    Lama gak online mas,
    saya jadi ketinggalan info nih.

    kamsahamnida buat infonya.

    Tazkiana :
    Ne annyeong haseyo..
    Benar sekali, lama nggak OL ya… sibuk banget pasti..
    Sukses selalu..

  6. ajossi..
    lamaa tak penah onlinee…

    wah jadi semakin gampang lagi nehhh,,hihi
    ^^
    makasih unfonyaaa…

    ajossi, ternyata ada juga jjajangmyeon bentuk instan di sini, tapi belum sempat nyoba…
    Tazkiana :
    Ya Iyoet… udah terlalu sibuk sama FB-nya ya…?
    Ya dicoba… saya juga blom kok… kurang tertarik dengan yang hitam2.. takut tambah item… :D
    Kamsahamnida..

  7. annyeonghaseyo,,
    kira-kira seberapa efektif ya kalau kita belajar secara otodidak tanpa guru pengajar..??

    Tazkiana :
    Ne Annyeong haseyo…
    Sebenarnya sangat relatif… saat ini walaupun otodidak kalau bisa memanfaatkan fasilitas, misalnya internet, perangkat audio-video, buku juga memenuhi, saya kira juga efektif… namun memang belajar dengan pengajar juga lebih efektif karena bisa interaktif langsung…
    Kamsahamnida..

  8. mas untuk kata sopan misalnya 사요 dan 사시다 dalam penggunaan arti bedanya dimana ya?

    Tazkiana :
    사요 itu adalah bentuk Polite ( sopan ) yaitu untuk menyatakan kesopanan dan dalam suasana informal, sedangkan 사시다 adalah bentuk honorific ( Kehormatan ). bentuk seperti ini banyak digunakan dalam bentuk formal.

  9. Annyeonghaseo…
    berapa hari lalu nyari info beasiswa S2 di korea tapi susah banget..bisa tolong kasih tau ga, info unversitas terbaik yang ada di korea?hehe
    kalo bisa sih sekalian dengan info beasiswanya untuk beasiswa tahun 2011..
    kamsahamnida :)

    Tazkiana :
    Wah.. Saya kurang paham mengenai beasiswa, sebab saya tidak berkecimpung dalam dunia pendidikan. Namun untuk Universitas yang favorit aja, mungkin anda bisa memilih Seoul National University ( SNU ), Korea University, Yonsei University, KAIST. beberapa situs untuk informasi aja misalnya di :
    http://www.niied.go.kr/, http://www.studyinkorea.go.kr/, http://www.mest.go.kr/, http://www.snu.ac.kr/.
    Kamsahamnida…

  10. KAMIS MINGGU LALU KAMI ADA PELAJARAN BAHASA KOREA TENTANG MENYATAKAN POSISI YAITU
    WIE,ARE,ANE,AP LUMAYANLAH SUDAH MENGERTI ARTINYA TAPI SAYA MASIH BINGUNG POSISINYA DALAM KALIMAT KARENA GURU YANG MENGAJARKAN PELAJARAN BAHASA INI TIDAK JELAS PELAFALANNYA KAMI SEMUA TIDAK BISA MEMBEDAKAN KATA G/K,D/T,R/L DAN DIA MENGATAKAN JERUK=JURUK DAN MASIH BANYAK LAGI JADI SAYA MEMINTA SUPAYA DIA MENULISKANNYA SUPAYA JELAS TAPI DIA TIDAK MAU KATANYA SEMUA YANG DIPELAJARI HARUS BISA DILUAR KEPALA [DIMANA BISA DILUAR KEPALA KATA-KATANYA SAJA TIDAK BISA DITANGKAP]GURU YANG SUNGGUH MEMBINGUNGKAN

    Tazkiana : :D yang sabar…
    Untuk pelafalan G/K, B/p, D/t dan J/ch bisa di lihat pada : http://sori.org/hangul/jamo.html . namun memang ketika di awal kalimat cenderung dibaca tipis.. misalnya 감사 합니다 = dibaca Kamsahamnida dan tidak Gamsahamnida…
    Sedangkan R dan L, ketika menjadi akhir suku kata ( bachim ) maka dibaca L, sedangkan R harus berdiri sendiri..
    Mungkin anda bisa belajar dari Link-link yang saya pasang di widget blog ini.
    Kamsahamnida…

  11. ANNYONGHASIMIKKA?SONSENGNIM……. CHE IREUMEUN NURUL IMNIDA! CHALBUTAK DEURIMNIDA, SALAM KENAL…..SAYA BERMAKSUD NAMBAH ILMU LAGI NECH SAMA SONSENGNIM BOLEH YAAAAAAA…..KAMSAHAMNIDA

    Tazkiana :
    Ne annyeong haseyo… Nurul ssi.. manaseo ban gapseumnida..
    senang sekali anda telah berkunjung dan semoga kita bisa saling belajar..
    Kamsahamnida…

  12. gi mna sih
    cara belajar korea lewat internet tnpa bayar ?.
    saya pgen bged belajar bhs korea :(

    Tazkiana :
    Banyak sekali, anda tinggal milih di halaman Korean online di blog ini, banyak situs yang menyediakan , juga bisa mencari di video youtube.

  13. annyong haseyo!?:)

    salam kenal……..!:)
    aku tertarik bljar bhs korea karna,kepengen bnr sekolah di sna!
    truszzz aku jga dah lma nggak online jdi pda ketinggalan info yg wkt lalu!
    jdi aku cmn mau nya!
    bhs koreanya nama saya?
    nama kamu?
    nama dia?

    itu aja yg mau aku tanyain!:)
    kamsahamnida!:)

    Tazkiana :
    ne, annyeong haseyo..
    saya telah menulisnya Nabila, tapi boleh deh aku tulis lagi
    bhs koreanya nama saya? = jae ireum
    nama kamu? = neoi ireum
    nama dia? = geu-oei ( baca :ge-ei)

    • tpi,yg nama saya itu jwabannyakan jae ireun!
      terus aku bandingin sma tulisan dari blog lain!
      jwaban dri blog lain itu ditulis chonun___imnida!
      aku jdi bingung yg mna yg bnar?

      Tazkiana :
      oh.. sama benarnya. Jae ireumeun = namanya saya ….., sedangkan jeoneun …. imnida = saya adalah ….. ( tanpa menyebut kata nama )

      • ooo……
        jdi,gitu!
        makasih ya kak!udah diksih tau!
        kpn-kpn klo aku nggak ngerti lgi!
        aku blh tanya lagikan?:)

        kamsahamnida!:)

        Tazkiana :
        tentu boleh Nabila… makasih kembali

  14. annyeong haseyo!

    kak,mau nanya!
    apa bedanya bhs korea selatan dengan bhs korea utara?

    kamsahamnida!

    Tazkiana :
    kalau bahasanya hampir sama, dialeknya saja yang agak beda. Bahasa korsel disebut hanguk-eo, sedang bahasa Korut disebut jeoseon-eo.

  15. Annyeong haseyo tazkiana-ssi..jae ireumeun Anna imnida,,manaseo ban gapseumnida..
    naega jongmal taehanminguk saranghae..
    saya senang sekali bs melihat situ ini…sudah 4 tahun mempelajari bahasa korea…namun krn g ada native speaker nya jd g jelas deh…
    gmn y biar bisa lancar berbahasa korea???cebal…gomawo tazkiana-ssi…

  16. annyeong haseyo…..
    k’ saya pingin bgt bs bhasa korea…
    tp susah banget….
    k’ mohon bantuan nya ya….
    dengan ngasih tau web apa aja yg bsa bwat blajar…….
    kamsahamnida…..:)

  17. annyeong haeseo..sy tertarik untuk blajar.krna thun dpan sy rncana akan kekorea.sy dbali sulit dapat reference korea.mohon bimbingan.sy tahu sedikit hangul.sy mhon djlaskan sec struktural dr basic,compound,smpe cmplex sentencenya.kamsa hamnida

  18. Sore, saya ga ngerti sama sekali bahasa korea.saya ga bisa malah.boleh kasih saya info atau boleh saya tau ga tempat les bahasa korea untuk daerah bandung
    makasih ya :)

    Tazkiana :
    selamat sore..senang atas kunjungannya..
    untuk bandung bisa tanyakan ke HANSAMO coba…

      • @ Siti Nuraeni : Mudah2an ini bisa membantu… :
        Lembaga KONSA CIBUBUR
        Ruko Citramas
        Jl.Raya Alternatif Cibubur
        Jakarta Timur. Telp ( 021 ) 8548.6171 ( 021 ) 8459.7787

        KONSA KELAPA GADING
        Sport Mall Kelapa Gading Lt. 2 B1 Jl. Kelapa Nias Raya
        Telp. (021) 4587.4269 (021) 4560.2656

        Konsa Lembaga Bahasa Korea berdiri sejak tahun 2005,didukung oleh pengajar bahasa Korea Handal, lulusan sastra Bahasa Korea dari berbagai Universitas di Korea.

  19. anneyoung haseyo…ak imam baru gbung ni…
    saya mau tanya…gimna cara supaya cpat bahasa
    korea….ksulitan dlm bhs korea sehari2…pd
    hal ak pelajrin bhs.korea sdh lma…tp da ksltn…
    gamsahamnida..

  20. anyong haseyoo..sonnim,,dlu aku pernah blajar bahasa korea tapi karna males jadi setengah2 tapi skarang korea lagi trend bgt d indonesia jadi pengen lancar ngomong korea sebernya dah bisa dikit cuma jadi kyak orang bisu dnger orang bhasa korea dikitt2 tapi ngmong lagi gak bisa..gimana ya biar lancar ngobrolnya..kamsahamnida ajjosi,,

  21. sebenarnya jika ingin lancar korea kan harus ad di lingkungan orang 2 yg bisa bahasa korea juga .. kalu aku bisa bahasa korea namun .. tinggalnya di lingkungan indonesia doang dan taada orang yang bisa di ajak ngomng bhs korea juga lama kelamaan bisa lupa lagi .. setiap kata katanya … so gimana supaya tidak lupa …apa harus gabung sama lingkungan aktivis korea .. ?

  22. Annyeong haseyo tazkiana-ssi…aku suka sekali sama bahasa korea….
    gimana caranya biar mudah dan cepat bisa bahasa korea??
    kamsahamnida!:)

  23. saya suka banget dengerin lagu2
    krea dan nonton koreandrama,pengen banget belajar bahasa korea,tapi gimana…………………………..saya kerja sih

    Tazkiana :
    yah.. saya pikir menyempat sedikit waktu ‘sambil’ pasti bisa… tak perlu banyak..

  24. Anyeong haseyo,,,,
    saya murid baru anda ^^

    Tazkiana :
    ne, annyeong haseyo..
    terima kasih atas kunjungannya.. dan bahagia telah dianggap guru bagi anda.

  25. Mohon bimbinganya,,,,
    oya bahasa koreanya
    (apakah sudah mengerti?) itu apa ya ajussi??

    Gamsahamnida

    Tazkiana:
    apakah sudah mengerti araseumnika ? klo yang tanya seorang guru/ atasan maka cukup ” araseo ”
    jawabnya ” ne, algesseumnida ”

  26. Annyeonghaseyo…
    q bru gbung,n q trtarik bgt buat bljar hangeul nich…
    oy…gmn crany agar bsa mmbaca,menulis n mgucapkan bhsa hangeul dgn cpat?
    Mhon bimbinganny…
    Kamsahamnida…. ^_^

  27. anyounghasimnika…joneun retta imnida,,
    Tazkiana-ssi,,saya suka sekali bahasa korea..sekarang saya sedang belajar bahasa korea otodidak. joneun hangukoreul yoursimhi gongbuhaeya dwimnida..mungkin kakak punya kiat ato tips agar bisa lebih mudah dalam mempelajari bahasa korea..karna pola bahasanya sangat susah..hehe
    kamsahamnida..

    Tazkiana :
    pola2 yang selama ini dikenalkan dalam buku2 metoda belajar bhs korea hampir sama yaitu dari hangeul > pola kalimat, dan dongsa ( perubahan verbs ) serta partikel2..itu saja yang pokok

  28. pengen bisa menguasai bahasa korea ni … karna saya tertarikuntuk kerja di korea . kira2 ada buku panduan yang bisangebimbing untuk fasih dalam berbahasa korea nggk ya .. kalo ada bvuku apa dan belinya di mana //?

    Tazkiana :
    untuk kerja di Korea, oraentasinya kelulusan EPS TOPIK.
    kalau cari buku silahkan yang membahas masalah tersebut. saya pikir di toko seperti gramedia ada

  29. annyonghaseyo,,,
    kak saya boleh nanyak gk ,,,,,
    tuk permulaan belajr bhsa korea
    gimana sich langkah-langkah belajarnya biar ngerti,,,
    please bantu ya kak,,,,,,,,,,,,,,,
    kamsahamnida,,,,,,,,,,
    q tunggu ea kak jawabanny,,,,,,,

  30. annyoonghaseyo……..
    kak qw mau dong blajar cpat bahasa korea
    N gmna ceh biar cepet bisa bahasa korea?…….
    qw mau dongg diajari,,,,,,,,,,……..,,,,,…….
    trimzzzzzzzzzzzzz kax

  31. Mau,dunkk ikutann bljr bahasa korea! hehe

    Tazkiana :
    Boleh saja..dengan senang hati akan membantu..
    Terima kasih sudah berkunjung.. ^_^

  32. kak, saya masih ga ngerti bahasa korea. uda belajar hangulna tp ttp aja ga ngerti soalnya ada beberapa huruf yg hurufna dipisahkan dengan yg lain br bs dpt artina tp kok mlh kebnykkan digabung jdnya susah artikannya.

    Tazkiana :
    sebenarnya itu adalah modal awal, terus belajar dan jangan menyerah ya…
    pasti bisa …

  33. annyeong haseyo .. jeoneun nanas imnida :)
    tazkiana ssi .. saya sedang bljr bhasa korea, tpi masih agak bingung mengartikan kata2 dlm bhasa korea, klo baca huruf hangeul saya sudah sedikit lancar ..
    gmna kiatnya spy bisa paham dgn baik dan benar dgn bhasa korea ?
    sbg persiapan bekal saya mengikuti les bhsa korea, setidakny saya pnya bekal .. jadi proses les saya tidak trlalu lama ..
    soalny saya berniat kerja di korea stlh lulus kuliah nanti :)
    gamsahabnida ..

  34. Annyeonghaseyo seonsaengnim.
    sejak prtama liat tulisan bhs korea q langsung trtarik…
    skrg sih sdh lumayan, bisa nulis ma baca,
    tp ngartikn kok susah betul….
    gi mana ne seonsaengnim?
    gomawo…

  35. Annyeonghaseyo seonsaengnim. pertama liat tulisan bhs korea q langsung trtarik…
    skrg sih sdh lumayan, bisa nulis ma baca,
    tp ngartikn kok susah betul….
    gi mana ne seonsaengnim?
    gomawo…

  36. annyeonghaseyo
    q pngn bngt bz bhs korea, tp……….gmna ea??
    cz q mndox

    Tazkiana :
    ne annyeong haseyo..
    klo mungkin bisa OL, bisa belajar OL, namun bila tidak, banyak pelajaran yang bisa diunduh secara gratis, juga di blog ini bisa dicopas.

  37. gimana sich belajarnya bhsa korea.saya jadi bingung.
    yang sya tau hnya koniciwa,annyeong haseo,itu aja.tolong ya kalo msalnnya qu online qu mau bljar deh sama orang korea.walaupun jraknya jauh tapi kan bisa ddo comp yayayayayayaya khannnnn???????

  38. maaf kak,
    saya mau nanya di korea itu no hpnya sma tdak dengan indonesia?
    lalu kenapa sich belajar bahasa korea itu susah banget!!!!!!!!

    KAMSAHAMINDA :)

    Tazkiana :
    hampir sama. biasanya dimulai 010 0000 0000
    belajar terus ya, jangan menyerah

  39. Annyeong Haseyo hyeong…

    sebenarnya belajar bahasa korea tuh gampang apa susah sih, kalau menurut saya pertama2 gampang, tapi stelah saya liat dan pelajari lagi kesananya makin susah,

    kl dasar2 nya seperti pembentukan dan bhuruf2nya saya dah bisa, maslahnya skrg hanya di pembentukan kalimat, boleh tolong kasih tau gak cara pembentukan kalimat nya, dia K-S-O-P nah itu p[embentukan kalimat apa, kl kalimat tanya, kalimat ajakan, dll gimana rumus2nya..

    Tolong balas ya kak…
    Gamshahamnida… ^^

    Tazkiana :
    ne annyeong haseyo..
    untuk pola kalimat baik tanya ajakan sama, yang membedakan adalah tambahannya pada verb.
    misalnya : pada kalimat tanya formal : verb + imnika ?
    pada ajakan : V+ ja, V+ eubsida.

  40. pengen kerja dikorea ni,,,tapi takut kesulitan saat bljar bahasanya,,emmm kira2 apa yg hrs saya siapin bwt belajar bhasa korea?????makasi sblumnya ,,tolong bales ya kak ,penting nih

    Tazkiana :
    sudah bisa baca -tulis huruf Korea?
    mungkin itu yang harus disiapin dulu.. tidak sulit kok

  41. annyeong haseyo..so interest to korea languange..

    saya punya teman media online disana..

    mungkin saya bisa belajar dengan baik dan datang untuk berkunjung…

    gabsahabnida^^

Tinggalkan Balasan

