BAHASA KOREA SLANG ( 속어 )

Slang adalah ragam bahasa tidak resmi, dan tidak baku yang sifatnya musiman, dipakai oleh kelompok sosial tertentu untuk komunnikasi intern, dengan maksud, agar yang bukan anggota kelompok tidak mengerti.
Slang di ciptakan oleh perubahan bentuk pesan linguistik tanpa mengubah isinya untuk maksud penyembunyian atau kejenakaan, jadi slang bukanlah jika kita berbicara yang seharusnya sebuah bahasa, melainkan hanya transformasi parsial sebagian dari suatu bahasa menurut pola-pola tertentu. Contohnya, kata bahasa Indonesia mobil dapat di ubah wujudnya menjadi bo’il, bolim, demobs atau kosmob. ( http://id.wikipedia.org/wiki/Slang )
Bahasa gaul atau bahasa prokem adalah penggunaan kata-kata dalam bahasa yang tidak resmi dan ekspresi yang bukan merupakan standar penuturan dialek atau bahasa.
Pada kesempatan kali ini, yang masih dalam suasana hari Hangeul, saya mencoba memberi pembahasan lain yaitu tentang bahasa Korea slang. Dian ssi pernah menulis juga tentang bahasa slang ini, maka tulisan ini untuk mendukung tulisan tersebut.
Ada beberapa bahasa slang yang pernah ditanyakan teman artinya misalkan adalah sebagai berikut :
1.짱 ( jjang ) :
a. best; cool; great; ace
b. Orang yang terkuat atau pemimpin kelompok.
2.  짱이야!  ( Jjang-i-ya  ) Ini adalah bom! . Tidak ada yang tahu  makna sebenarnya dari kata 짱 .
Tapi yang paling dipercaya dugaan 짱 adalah dari kata 장 yang berarti ‘Chief atau ketua’.
3. 너 짱이야!( Neo jjang-i-ya ) .= “engkau hebat…”
4. 제정신이야? ( Jejeong shini-ya ) ” apa kamu sudah gila..? ” >Dalam keadaan biasa kita bia mengatakan ‘미쳤어? (mi-cheo-sseo) ” apakah kamu sudah gila “.
5.씨팔 ( ssi pal ) : ” sialan “. Kata ini merupakan kata untuk mengungkapkan ketidakpuasan dari seseorang. namun seharusnya berhati-hati mengucapkan kata ini karena akan melukai perasaan orang lain.
6. 뻥 = 거짓말
뻥치다 or 뻥까다 : to tell a lie
7. Untuk menyatakan ” apakah kamu sudah makan ( 밥 먹었어?  Bab meogeosseo..? ) dinyatakan dengan “
밥 뭇나?( bab muna )  밥 무거써? ( bab mugeo sseo ) atau 밥 무건낭? ( bab mugeonnang ) .
8. 너 정말 치사하다 ( neo jeongmal chi sa hada  ) = ” kau murahan “.
9.
OK selengkapnya bisa dilihat lebih 400 kalimat slang dalam bahasa Korea. bisa dilihat di :

Slang adalah ragam bahasa tidak resmi, dan tidak baku yang sifatnya musiman, dipakai oleh kelompok sosial tertentu untuk komunnikasi intern, dengan maksud, agar yang bukan anggota kelompok tidak mengerti.

Slang di ciptakan oleh perubahan bentuk pesan linguistik tanpa mengubah isinya untuk maksud penyembunyian atau kejenakaan, jadi slang bukanlah jika kita berbicara yang seharusnya sebuah bahasa, melainkan hanya transformasi parsial sebagian dari suatu bahasa menurut pola-pola tertentu. Contohnya, kata bahasa Indonesia mobil dapat di ubah wujudnya menjadi bo’il, bolim, demobs atau kosmob. ( sumber : id.wikipedia.org )

Bahasa gaul atau bahasa prokem adalah penggunaan kata-kata dalam bahasa yang tidak resmi dan ekspresi yang bukan merupakan standar penuturan dialek atau bahasa.

uangPada kesempatan kali ini, yang masih dalam suasana hari Hangeul, saya mencoba memberi pembahasan lain yaitu tentang bahasa Korea slang. Dian ssi pernah menulis juga tentang bahasa slang ini, maka tulisan ini untuk mendukung tulisan tersebut.

Ada beberapa bahasa slang yang pernah ditanyakan teman artinya misalkan adalah sebagai berikut :

1.짱 ( jjang ) yaitu yang memiliki arti :

a. best; cool; great; ace

b. Orang yang terkuat atau pemimpin kelompok.

2.  짱이야!  ( Jjang-i-ya  ) Ini adalah bom! . Tidak ada yang tahu  makna sebenarnya dari kata 짱 . Tapi yang paling dipercaya dugaan 짱 adalah dari kata 장 yang berarti ‘Chief atau ketua’.

3. 너 짱이야!( Neo jjang-i-ya ) .= ” engkau hebat…”

4. 제정신이야? ( Jejeong shini-ya ) ” apa kamu sudah gila..? ” . Dalam keadaan biasa kita bia mengatakan ‘미쳤어? (mi-cheo-sseo) ” apakah kamu sudah gila “.

5. 씨팔 ( ssi pal ) : ” sialan “. Kata ini merupakan kata untuk mengungkapkan ketidakpuasan dari seseorang. namun seharusnya berhati-hati mengucapkan kata ini karena akan melukai perasaan orang lain.

6. 뻥 = 거짓말 ( Keojimal ) . 뻥치다 or 뻥까다 : yaitu kata untuk menyatakan kebohongan.

7. Untuk menyatakan ” apakah kamu sudah makan ( 밥 먹었어?  Bab meogeosseo..? ) dinyatakan dengan “밥 뭇나? ( bab muna ) ,  밥 무거써? ( bab mugeo sseo ) atau 밥 무건낭? ( bab mugeonnang ) .

8. 너 정말 치사하다 ( neo jeongmal chi sa hada  ) = ” kau murahan “.

9. 너무 오바 하지마.  ( Neomu oba hajima )= jangan over acting atau jangan bersikap berlebihan .  오바 adalah dari bahasa inggris Over.

10. 일빠 – ( il ppa ) Jadilah yang pertama .

Walaupun yang saya tulis hanya sepuluh, namun selengkapnya bisa dilihat lebih 400 kalimat slang dalam bahasa Korea. bisa dilihat di :

1. Bahasa slang I ( coolslang.com )

2.Bahasa Korea Slang II ( dic.impact.pe.kr )

3. 속어 ( sugeo )

Kita bisa belajar banyak dari situs di atas. Walau bahasa slang ini tidak digunakan dalam situasi resmi ( formal ), namun setidaknya bisa kita pelajari, sebab dalam keseharian memang kadang digunakan. Semoga bermanfaat

About these ads

15 thoughts on “BAHASA KOREA SLANG ( 속어 )

  1. annyeong haseyo….
    wah ini dia yg dicari2…akhirnya dibahas jg, mudah2an bisa melengkapi perbendaharaan bhs slangku yg gak nambah2 he he he…
    songsaengnim memang… 짱!!!

    Tazkiana :
    Ne annyeong haseyo…
    Ya… ditunggu tulisan Dian ssi ..nggak nambah2… ya ditambahin aja..
    Makasih atas inspirasinya..

  2. Kalo saya belajar bahasa ini, namanya: belum belajar merangkak, sudah mau berlari (eh, gitu ya pribahasanya??) :)
    Perbendaharaan kata saya juga nggak nambah2 nih, nonton dramanya terlalu larut…
    Btw, saya ada award buat ajussi, dian ssi juga. Kalo berkenan silakan diambil di blog saya… :)
    Tengkiyu banget selama ini udah menjadi teman saya, banyak membantu saya, menambah pengetahuan saya tentang Korea especially Hangeul, lewat tulisan2nya.
    감사합니다…

    Tazkiana :
    Terima kasih atas award dari Akin ssi… dan selama berteman dengan Akin ssi, sayapun banyak belajar dari sana.. Gomaweoyo..

  3. betul, saya jg banyak belajar dari mas fauzy , akin ssi jg. kl saya bikin award sendiri no. 1 pasti mas fauzy dan Akin ssi^^

    Tazkiana :
    Makasih Dian ssi…
    Klo saya sebenarnya seneng klo award-nya bisa ditransfer via bank :D
    jadi nggak repot.. ya kan..?

  4. anneyong hasseyo ^^
    jenon salma imnida..

    mo nax..
    koq kompi sya gak bisa negliat tulisan hangul yha?
    kyk gak bisa kebaca gitu..
    mohon bantunnya,,
    kamsahmnida ^^

  5. please help me.. what the meaning of this words 무슨 일이야, thank you..

    Tazkiana :
    Thank 4 ur visit. maybe ” what up”… ” ada apa..? ” in indonesian words.

  6. Annyeonghaseyo, saya pingin belajar bahasa Korea lebih dalam lagi. Bahasa-bahasa Korea dasar yang saya tau hanya: “Annyeonghaseyo”, “Ne”, “Cheonma”, “Eonni”, “Kamsahamnida”, “Oppa”, “Eonni”, & “Jjang”. Makanya saya pingin belajar bahasa Korea lebih dalam lagi agar saya lancar & fasih berbahasa Korea.

    • *RALAT*

      Annyeonghaseyo, saya pingin belajar bahasa Korea lebih dalam lagi. Bahasa-bahasa Korea dasar yang saya tau hanya: “Annyeonghaseyo”, “Ne”, “Cheonma”, “Kamsahamnida”, “Oppa”, “Eonni”, & “Jjang”. Makanya saya pingin belajar bahasa Korea lebih dalam lagi agar saya lancar & fasih berbahasa Korea.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s