KAMUS CINTA DALAM BAHASA KOREA

Anda pasti sering dengar kata-kata ini ” 첫 눈에 사랑에 빠지다 ( cheot nune sarange ppajida )  jatuh cinta pada pandangan pertama ” . Namun benarkah itu cinta? Kalau itu bukan, lalu bagaimana sebenarnya cinta itu..? dan kalau jawabannya iya, begitu mudahkah cinta itu tumbuh dan jatuh…? Atau anda juga masih ragu dengan kata ” 사랑은 모든 것을 치유합니다 ( sarangeun modeun geoseul chiyu hamnida ) cinta itu menyembuhkan segalanya “.
Nah…membahas sesuatu yang mengingatkan kita pada kisahnya Kamajaya dan Kamaratih, Romeo dan Juliet, Rama dan Shinta atau entah siapa lagi, memang tidak pernah habis, dan selalu menarik bukan..?
Sekilas mungkin judul di atas  terdengar amat ” lebay ” , namun karena beberapa kali saya mendapatkan pertanyaan yang sama dan harus  mengulang menjelaskan, maka pada kesempatan ini akan saya sampaikan sedikit penjelasan tentang kata ” sarang” yang berarti ‘cinta’ dan beberapa perubahan katanya. Pada kesempatan ini saya hanya menampilkan sedikit sajakata itu dan berharap semoga bermanfaat.
1. 사랑 ( sarang ) dalam bahasa Korea artinya cinta .
2. 사랑 하다 ( sarang hada ) = mencintai. kata ini disebut Verb base ( kata kerja dasar ). Dalam contoh sederhana : 나는
너를 사랑 하다 ( Naneun  neoreul sarang hada ) ” aku mencintaimu “
3. 사랑해 ( sarang hae ) : kata ini digunakan untuk menyatakan ke akraban ( intimate ). sedangkan halusnya ( polite) adalah 사랑 해요 ( sarang haeyo ).
4.  사랑합니다 ( sarang hamnida ) : mencintai.digunakan dalam kalimat formal -hormat.저는 당신을 사랑합니다 ( jeoneun dangsineul sarang hamnida ) “saya mencintai anda “. Sedangkan dalam kalimat pertanyaan, 사랑합니다 ( sarang hamnida ) dirubah menjadi 사랑합니까?  ( sarang hamnika ? )
Catatan :
a. Huruf akhir ( bachim ) ㅂ ( b/p ) ketika bertemu dengan ㄴ( n ) maka dibaca  ㅁ ( m ).받침 ㅂ, ㅍ [p] + ㄴ [n] / ㅁ [m]
─> [m.n , m.?] / [m.m]
b. Dalam bahasa korea dikenal ada bahasa pergaulan ( 반 말 ) dan bahasa halus/hormat ( 존대 말 ).
5. 사랑 하시다 ( sarang hasida ) adalah bentuk kehormatan ( kromo inggil dlm bahasa jawa ).
6. 사랑 하지 못 하다 ( sarang haji mot hada ):  tidak mampu mencintai
7. 사랑 할수있다 ( sarang hal suitda ) : bisa mencintai
8. 사랑 할 수없다( sarang  hal sueopda ) : tidak bisa mencintai. kata ini adalah bentuk negatif dari sarang hal suitda. Secara umum lebih sering digunakan kata  “사랑 하지 못 하다 ( sarang haji mot hada ):  tidak mampu mencintai.
Mungkin kita juga pernah mendengar kata di bawah ini :
9. 사랑 할수록 ( sarang hal surok ) = semakin mencintai , misalnya ada lagunya Boohwal 사랑 할 수록, yang liriknya : 너를 사랑하면 할 수록 ( neoreul saranghamyeon hal surog ) = semakin lama mencintai maka akan semakin sayang.
10.사랑한다고 ( sarang han dago ) = ” ( aku bilang)  aku mencintamu ” .는/은 다고 (-n/neundagoyo) adalah akhiran  yang mengulangi pernyataan seseorang . Hal ini dapat digunakan untuk menekankan, menegaskan kembali, atau bila digunakan dalam bentuk pertanyaan, untuk mengkonfirmasi pernyataan sebelumnya.
Beberapa kata tentang cinta :
사랑에 빠지다 ( sarang ppajida ) = jatuh cinta
사랑을 고백하다( sarang gobaek hada )= pengakuan cinta
첫사랑 ( cheossarang ) = cinta pertama
사랑하는 ( sarang haneun ) = kekasih.
눈먼 사랑 ( nun meon sarang ) = cinta buta
깊은 사랑 ( kipeun sarang ) = cinta yang mendalam
사랑 없는( sarang eopneun ) = tanpa cinta
사랑스러운( sarang sereoun ) = cinta yang berkesan,
순진한 사랑 ( sonjinan sarang ) = cinta murni

Sebenarnya kalau dibahas lagi akan banyak, namun tentu bukan pembelajaran dan akan tambah bingung, maka sedikit ini saja, mudah-mudahan yang nulis tidak bingung begitu juga terlebih yang baca.

275 thoughts on “KAMUS CINTA DALAM BAHASA KOREA

  1. yah akhirnya bahasan ttg cinta muncul jg. udah lama aq tunggu2 nih…pelajaran yg sgt menarik soalnya kata sarang byk bertebaran di film&lagu…oya kalo saranghargge apa tuh artinya?…gamsahamnida:)

  2. Misi, mau nanya. Kalo kata kata yg ada akhiran -jyo itu makna nya apa ya?
    Misalnya ‘ottokke ha-jyo’ ‘dorawa-jyo’ itu maknanya apa ya?
    Makasih^^

    • Mian haeyo baru balas…
      jyo (죠 ) adalah gabungan dari 지 +요, kata ini untuk menekankan atau dalam bentuk pertanyaan …bukan?
      eottok hajyo ? = bagaimana aku melakukan ? kalimat ini seperti menggambarkan bahwa telah berbuat banyak, namun maih belum sesuai keinginan.dalam kalimat bebasnya “harus bagaimana lagi “, sedangkan dalam ” dorawajyo ” itu mungkin “dorawajwo ” kembalilah. 주다 > 주세요..

  3. annyong haseo oppa………

    nice post…, nomu Joaheo

    pingin bgt bisa mahir bahasa korea, saya pernah belajar bahasa korea, tapi ga bisa 2 sampai sekarang, gimana sih supaya mudah belajar bahasa korea????

    kamsahamnida oppa……..

  4. annyeong,, :)
    slm knal, oppa..
    snang sekali bs nemu blog ini.. hhe..
    m’netap d’korea ya,,?
    oh ya,
    kalo boleh, mw dong d’artiin ost. mr.goodbye yg jdulnya goodbye.. :)
    kamsahamnida..^^

    Tazkiana :
    Ne, annyeong haseyo..Salam kenal kembali
    bukan menetap, namun tinggal sementara..
    Mr goodbay yang anh jaewook…? bukannya itu dah lama..?

  5. Oh begitu, thanks
    Oya, mau nanya lagi, bearti makna partikel -jwo itu apa? Kayak ‘dorawajwo’ ama ‘dagawajwo’
    Sama makna partikel -bwa kayak ‘malhaebwa’ ‘narabwa’ dll, itu maknanya apa ya? *maaf kebanyakan tanya* hehehe makasih^^

    Tazkiana :
    jwo adalah bentuk biasa dari juseyo, bentuk permohonan. dorawajweo = kembalilah, dagawajwo = mendekatlah.Bwa adalah mengandung pengertian ” coba…” .malhaebwa = coba katakan dsb..

  6. Lam kenal. . Mau tanya ni artina ap ea . . Chun hua wen an banghaeDA . .SBLumnya makasiH

    Tazkiana :
    Salam kenal kembali…
    kurang jelas, namun saya coba artinya yang terdekat : Mengapa telponnya tidak di terima ( di angkat ) ?
    maaf kalau tidak tepat, sebab tidak dari hangeulnya

  7. Kl bgtU mkash bgt . . . Hehe mau nanya lg bleh ya? Kl bhasa korea nya . . Semoga menang d ptandingan. . T apa ya n st lg bhasa koreanya semoga di terima di sekolah . . T bhasa koreanya apa. . Sbelumnya mkasiH

  8. annyeong oppa….

    met kenal ^_^

    나는 당신을 순전히 좋아한다

    Tazkiana :
    Makasih atas kunjungannya, salam kenal kembali

  9. adhjussi, annyeong haseyo :)
    aku org baru nih, salam kenal..

    aku minta gambarnya dicopy yg kata sarang..
    gomapseumnida..

    aku jg mau nanya, gmn yak caranya nulis hangul di laptop?
    mohon bantuannya adhjussi..
    aku lagi kena korean fever ^^

    Tazkiana :
    Salam kenal kembali
    iya silahkan.. dan untuk penjelasan cara menulis hangeul di laptop bisa di download di halaman ‘DOWNLOAD ‘
    Makasih

  10. mkassih y…jd nmbah ilmu tntang bahasa korea nya..aQ ingn bgt bisa brbhsa korea yang baik dan benar wlau di sekolah aQ ga ada pelajaran korea nya.Tapi akhir nya bisa belajar dari sini mksh bgt y jd tw cra ngungkapin cinta pke b.korea.

    Tazkiana :
    makasih kembali….
    senang atas kunjunganya

  11. aq mau belajar bhs korea tp susah bgt..
    prnh ikut sih tp pljrnx ngak nyampe2 ke otak…..
    pdhl aq sk bgt ama bhs korea…

    Tazkiana :
    Makasih atas kunjungannya Venny… semangat terus ya..

  12. hayy…
    saya tertarik banget belajar bahasa korea. sayangnya ditempat saya tinggal susah nyari tempat kursus. di blog ini sepertinya banyak hal tentang korea. mohon pencerahannya.

    Tazkiana :
    Terima kasih atas kunjungannya dan salam kenal
    belajar online sebenarnya banyak membantu. sukses selalu

    • bego kau kurang ngerti gue tau nih ye:
      사랑은 모든 것을 치유합니다 사랑은 모든 것을 치유합니다 사랑은 모든 것을 치유합니다 사랑은 모든 것을 치유합니다 사랑은 모든 것을 치유합니다

  13. annyeonghaseo…. unnie
    salam kenal ya….
    aku seneng banget bisa belajar bahasa korea di sini….
    oh ya ka’ aku mau nanya dong
    kalau bahasa indonya : maldo,eobseo,naege,sama geoul….
    itu apaan sih,,,,,,soalnya tu kata katanya sering banget ada dilagu
    mohon bantuannya ya ka…sbelumnya gomao..unnie

  14. mw nny nih artiya saranghae oppa ap iiah? sama gomao.. unnie ?

    Tazkiana :
    saranghae oppa artinya aku cinta kamu mas..
    gomaweo eonni = makasih mbak

  15. ahjussi, mau nanya…
    kalo di lagu aku sering denger kata sarang hago shipo, itu artinya apa ya?
    setau aku shipo tu artinya ingin, bener ga si?
    makasi

    Tazkiana :
    V+ go shipeo = ingin …..
    betul sekali begitu..

  16. oh gitu, maksih atas jawabannya. mau nanya lagi, kalo saranghanika artinya apa? sama kalo di lagu2 sering denger kata geunyang (maaf ga tau tulisan benernya), tu artinya apa ya?
    ahjussi yang bener tulisannya ajusshi ya?

    • chingu , aku coba bantu jawab ne ^^

      “saranghanikka” = aku hanya mencintaimu
      “geunyang” = hanya

      mianhae kalo kurang tepat jawaban aku ..
      *bow*

  17. annyeonghaseyo ahjussi…
    ahjussi, aq juga punya blog tapi postingannya baru sedikit…
    kebanyakan yang aq bahas tentang drama korea…

    blognya ahjussi keren banget, aq akan sering mampir kesini dech…
    kamsahamnida ahjussi… :)

    Tazkiana :
    Oh iya … bagus Dewi…semangat menulis juga ya….
    terima kasih atas kunjungannya

  18. salam nih ahjussi, saya udah bisa baca tulisan hangulnya nih. tapi saya masih belum bisa tau artinya. mohon bantuannya donk ahjussi.
    gamsahamnida..^^

  19. salam kenal….kl boleh tanya sarang hamnida oppa tu artinya apa ya?apa benar saya mencintainya abg….berarti abg tu org ke 3 ya?brati seperti curhat ya…maksudnya dy mengatakan pada abgnya kl dy mencintai org lain?

  20. anyo aseo………..
    moe nanya nic sarang hamida,nal bugo unneyo,jo usumul tashin,nae mami, jushimhamyo. toe pa ya artinya, tlong ksh tw donk. coalx qu suka bgt bhs korea

    Tazkiana :
    ne, annyeong haseyo…
    sarang hamnida = aku mencintaimu , nae maeumi = hatiku , josim haseyo=hati2.

  21. asswrwb…
    annyeong haseyo, songsaenim..

    alhamdulillah, hari ini dapat beberapa jawaban atas pertanyaan yg berputar di benak saya ttg kata2 terkait “sarang”… spt yg bpk urai di atas…, ^_^, namun masih ada beberapa pertanyaan yg tersisa, mohon bantuan penjelasan bpk (terkait asal pola pembentukan kata) atas beberapa kata berikut ini :

    “saranga”
    “saranghaetdeon”
    “saranginga”
    “saranghandan”

    demikian, maaf kalo kebanyakan nanya ya pak…

    gamsahamnida

  22. Pa,sy sedang menulis novel yg latar tmpatny d korea
    Sy mau brtanya,kalo dr hanyang university ke jembatan sungai Han it dekat atau jauh ya?
    Trims sbelumny.
    Salam sy buat Jang Geun Suk dsana :)

  23. ada yg prng ngirim ini k gw kr2 ap ya artinya klo tnyata ad yg salah tolong diperiksa,,,
    sarang harahan bondo sangtcho batchi aneun got chorom

  24. Anhyeong haseyo oppa…

    Aq trtarik pelajri bhs k0rea tp aq g tw mw blajr smpa spa..
    Tp skrg aq tmbah semngat…
    gamsahamnida oppa..
    Sarang hae oppa.. :-)

  25. gamsahamnida sunbaenim. aigoooo how lucky I ambecause I’ve found your blog! :D
    Tazkiana :
    ne, cheonmaneyo..
    thank 4 Ur visiting…

  26. nice, ni paling banyak dicari2 alx ga ada matix bicara tentang ‘sarang’ [asal bukan sarang semut ma tawon ^^]…….aq masih baru belajar bahasa korea nih, jd mohon bantuanx…Kamsahamnida Sunbae ;)

    Tazkiana :
    iya.. makasih..Inggi
    boleh..kita bisa belajar bersama

  27. hhm… muzukashi i ne.. hanguk mal..
    nihonggo yori hatsuon ga motto muzukashi..
    ga, ka touka.. ta,da touka…
    demo boku ga sonna akiramenai..

    kankoku go benkyou shitai desu,..

    내가 똑똑해지고 싶은 배우게됩니다 …

  28. anyyeong Haseyo, Jonen vicky Imnida, :)

    Di Indonesia, tempat Les Bhasa Korea dmna ya?, Terus bagaimana sih Cara menyusun HANGEL??..
    Saya bsa sdikit, tapi bngung Menyusunnya/Menjadikan sbua kalimat yang Benar, Mohon Infonya, kalau bisa buka Group di FB/Buka Tempat Les..

    Gamsahamnida Ahjeossi.. :D

    Ne annyeong haseyo..
    salam kenal Vicku ssi
    udah jadi teman FB kan..?
    di Fb aku sering buat status pakai bhs Korea….|nah kita bisa latihan dari sana

  29. yeoboseyo!!!!!!!!!!!!!!!………….. annyeong hasyo????????????????
    aq mau nax lg dong klu aku benci kamu arti i2 apa ya??????????
    gasahamnida………….

    Tazkiana :
    ne annyeong haseyo
    ” nanneun neoreul miweohae”

  30. Kakak yg terhormat mohon bantuannya..ajarin saya bahasa korea..soalnya saya suka banget ma drama korea plus lagu2nya.Dan saya kepengen tau artinya..

  31. annyeong haseyo ajushiii…

    minta bantuannya untuk menterjemahkan dalam bacaan bahasa indonesia tulisan korea ini…너를 사랑해도 되게냐 … dan bagaimana cara membacanyaa dalam bahasa Korea…
    gamsahamidaa.. ^__^

    Tazkiana :
    너를 사랑해도 되게냐 ..( neoreul saranghaedo doegenya ..) = boleh mencintaimu

  32. slamt pagi !!
    aku pemula dlam blajar bhasa korea !!

    nah untuk pemula hal” apa sja yang hrus d ketahui !!!
    dan apa apa sja praturan dlam pnulisan bhsa korea !!!

    gamsahamnida !!!!

  33. annyeong haseo, putri imnida…
    nmpang tnya, b.koreanya ‘apakah kau menyukaiku?’…
    apa y klo diubh k bhsa korea?

    gamsahamnida ^-^

  34. gimana cara dapat naskah kamus korea???kami dari penerbit

    Tazkiana :
    maksudnya anda ingin menerbitkan kamus Korea begitu?
    saya pikir sebaiknya dikonsep beda dengan yang ada, artinya saling melengkapi. semoga sukses

  35. duh,,duh,, q kasihan ma dri q cendiri knp q, gk bsa b.korea,
    tpi q akn blng ma kim hyun jong {SS501} sarang hae atau sarang hamida.
    q mau nanya klo yg banyak di gunakan dikorea kata pa ya?

    • annyeong haseo oppa…
      aq mw tanya bahasa koreanya mengapa kau menyakiti hatiku apa ya?
      sama salahkah aq mencintaimu…xixixi
      gamsahamnida oppa..^_^

  36. Oppa thanks ia pembalajarannya..
    Kalo aku merindukan kamu bhasa koreanya ava?
    Gamsahamnida oppa

    Tazkiana :
    aku merindukan kamu = “naneun naeoreul bogo shipeoyo”
    ne cheonmaneyo..

  37. Ping-balik: Kamus Cinta Dalam Bahasa Korea | KICAUKU.BIZ

  38. Saya tambah kan lagi :D

    1. Ch’ônnun = pandangan pertama
    2. Ch’ôssarang = cinta pertama
    3. Kalsaek = coklat
    4. Sarang = Cinta
    5. Nae Yoja Chin-gu Ga Dwae-O Jullae = Maukah kau jadi pacarku?
    6. Nôl kûriwohal gôya = Aku akan merindukanmu
    7. Nôrûl hangsang saranghal gôya = Aku akan selalu mencintaimu
    8. Nôl yôljunghanda = aku tergila-gila padamu
    9. Nôl saranghanda = aku cinta padamu
    10. Nôl saranghædo doeni? = bolehkah aku mencintaimu?
    11. Dô mani saranghæ = cintai aku lebih banyak
    12. Nôl joahajiman saranghaji ana = aku suka padamu, tapi aku tak mencintaimu lagi
    13. Nôl saranghæssô = aku cinta padamu (dulu).(lampau)
    14. Saranghada = mencintai (sangat)
    15. Chohada = suka
    16. Cho-a ha-da = menyukai
    17. Yônae = asmara
    18. Saranghanun = kekasih
    19. Sarang-su-rop-ge = sayang
    20. Sarang hae (yo) = Aku mencintaimu(tambahan yo = lebih sopan dan penuh penekanan)

    part ii
    1. 사랑 ( sarang ) dalam bahasa Korea artinya cinta .
    2. 사랑 하다 ( sarang hada ) = mencintai. kata ini disebut Verb base ( kata kerja dasar ). Dalam contoh sederhana : 나는
    너를 사랑 하다 ( Naneun neoreul sarang hada ) ” aku mencintaimu “
    3. 사랑해 ( sarang hae ) : kata ini digunakan untuk menyatakan ke akraban ( intimate ). sedangkan halusnya ( polite) adalah 사랑 해요 ( sarang haeyo ).
    4. 사랑합니다 ( sarang hamnida ) : mencintai.digunakan dalam kalimat formal -hormat.저는 당신을 사랑합니다 ( jeoneun dangsineul sarang hamnida ) “saya mencintai anda “. Sedangkan dalam kalimat pertanyaan, 사랑합니다 ( sarang hamnida ) dirubah menjadi 사랑합니까? ( sarang hamnika ? )
    Catatan :
    a. Huruf akhir ( bachim ) ㅂ ( b/p ) ketika bertemu dengan ㄴ( n ) maka dibaca ㅁ ( m ).받침 ㅂ, ㅍ [p] + ㄴ [n] / ㅁ [m]
    ─> [m.n , m.?] / [m.m]
    b. Dalam bahasa korea dikenal ada bahasa pergaulan ( 반 말 ) dan bahasa halus/hormat ( 존대 말 ).
    5. 사랑 하시다 ( sarang hasida ) adalah bentuk kehormatan ( kromo inggil dlm bahasa jawa ).
    6. 사랑 하지 못 하다 ( sarang haji mot hada ): tidak mampu mencintai
    7. 사랑 할수있다 ( sarang hal suitda ) : bisa mencintai
    8. 사랑 할 수없다( sarang hal sueopda ) : tidak bisa mencintai. kata ini adalah bentuk negatif dari sarang hal suitda. Secara umum lebih sering digunakan kata ”사랑 하지 못 하다 ( sarang haji mot hada ): tidak mampu mencintai.
    Mungkin kita juga pernah mendengar kata di bawah ini :
    9. 사랑 할수록 ( sarang hal surok ) = semakin mencintai , misalnya ada lagunya Boohwal 사랑 할 수록, yang liriknya : 너를 사랑하면 할 수록 ( neoreul saranghamyeon hal surog ) = semakin lama mencintai maka akan semakin sayang.
    10.사랑한 다고 ( sarang han dago ) = ” ( aku bilang) aku mencintamu ” .는/은 다고 (-n/neundagoyo) adalah akhiran yang mengulangi pernyataan seseorang . Hal ini dapat digunakan untuk menekankan, menegaskan kembali, atau bila digunakan dalam bentuk pertanyaan, untuk mengkonfirmasi pernyataan sebelumnya.
    Beberapa kata tentang cinta :
    사랑에 빠지다 ( sarang ppajida ) = jatuh cinta
    사랑을 고백하다( sarang gobaek hada )= pengakuan cinta
    첫사랑 ( cheossarang ) = cinta pertama
    사랑하는 ( sarang haneun ) = kekasih.
    눈먼 사랑 ( nun meon sarang ) = cinta buta
    깊은 사랑 ( kipeun sarang ) = cinta yang mendalam
    사 랑 없는( sarang eopneun ) = tanpa cinta
    사랑스러운( sarang sereoun ) = cinta yang berkesan,
    순진한 사랑 ( sonjinan sarang ) = cinta murni

  39. Kalaw bikin kalimat ” aku bertanya pada bintang ketika ia padam arti hidup yang
    kita jalani” …
    Tolong d bantu alur pmbuatan kalimat kiasan.

  40. Eonni/oppa :( aku belum terlalu ngerti sama penulisan hangul + pembacaan bahasa korea yg jd kalimat :( ajarin yahhhhhh.. aku mohon eonni..

  41. annyong haseo , , ,
    otoke jiesemnika ?? jal jinasOyo ?
    wah sebentar lagi saya mau tes tki ke korea nih tolong bantuanya , , semoga saya dapat lulus , amien ! dan kira pertanyaan dari tes itu contohnya apa saja ya mas
    ? tolong bantuanya , ,
    kamsahamnida

  42. 사랑에 빠지다 ( sarang ppajida ) = jatuh cinta
    사랑을 고백하다( sarang gobaek hada )= pengakuan cinta
    첫사랑 ( cheossarang ) = cinta pertama
    사랑하는 ( sarang haneun ) = kekasih.
    눈먼 사랑 ( nun meon sarang ) = cinta buta
    깊은 사랑 ( kipeun sarang ) = cinta yang mendalam
    사랑 없는( sarang eopneun ) = tanpa cinta
    사랑스러운( sarang sereoun ) = cinta yang berkesan,
    순진한 사랑 ( sonjinan sarang ) = cinta murni
    Sebenarnya kalau dibahas lagi akan banyak, namun tentu bukan pembelajaran dan akan tambah bingung, maka sedikit ini saja, mudah-mudahan yang nulis tidak bingung begitu juga terlebih yang baca.

  43. artinya apa yaa ? mohon bantuaan :D

    Neo gateun saram tto eopseo juwireul dureobwado geujeo georeohdeo ngeol eodiseo channi ?
    neo gatchi joheun saram
    neo gatchi joheun ma eum
    neo gatchi joheun seon mul
    neomu dahaeng iya aesseo
    eonjena gamsahae
    nandedo neon eonjena nun bushyae saranghandan neoui mare you’re so fire
    neo gateun saram isseulka . nageneun ojik neoppun irangeol babo gateunna egeneun

  44. aku pengen banget bisa bahasa korea, tp dasarnya aja aku lum tau… giman dong caranya…

    Tazkiana :
    belajar baca tulis huruf Korea ( hangeul ), udah bisa kah?

  45. Annyeong, chingu klo bhsa Koreanya “Teman terbaik” apa yah?
    Jebal :) Gamsahamnida ^^

    Tazkiana :
    bisa pakai ” kajang joheun chingu “

  46. Wah wah annyeong.. Ini yg di cari ni! Mau numpang nanya gan
    “Aku kangen kamu kakak(perempuan)” bahasa korea nya apa yaa?
    Tolongin yaa, soalnya cewe gebetan gue lebih tua dari gue trus maniak korea jga.ntar kalo gue pake bahasa korea Biar dia ngerasa gue cowo korea yg kesasar di indo wakakakak :D
    Mohon bantuan nyaa gan please

    Tazkiana :
    ” Nuna.. nan neoreul bogoshipeoyo ”

  47. butuh jurubahasa korea hubungi saya 0858-7135-8888 saya adalah interpreter bahasa korea yang sudah berpengalaman dalam mendampingi orang-orang korea yang berbisnis di indonesia, atau orang-orang indonesia yang ada keperluan bisnis di korea .. please call me

  48. just call me 0858-7135-8888 saya seorang interpreter bahasa korea yang sudah memiliki jam terbang tinggi dalam jurubahasa business,saya menguasai bahasa detail korea high level speaking, dengan pembicraan hukum,tehnik,pemasangan mesin, perdaganagn,kepemerintahan,iT computer,presentasi business, training-training diperusahaan, market survey, tambang dan lain-lain.silahkan bagi yang butuh translator / jubir untuk acara penting diperusahaan anda.. kamsa hamnida

Tinggalkan Balasan

