PERCAKAPAN DASAR BAHASA KOREA

Sebenarnya tulisan ini sangat dasar sekali, namun karena masih sering  ada yang meminta dan memberikan saran untuk menulis, maka saya mencoba memenuhi menulis percakapan dasar saat pertama bertemu atau perkenalan. sebuah percakapan tentu tidak baku, namun dalam tulisan ini saya buat formal, karena perkenalan seyogyanya dilakukan dengan bahasa yang formal dan hormat.
Rina :  안녕하십니까 ? ( annyeonghasimnikka ? )  Selamat Pagi/siang/sore..
Yeong soo : 네, 안녕하세요, 건강하시죠? ( ne, annyeonghaseyo, geonganghasijyo? ) Ya, Selamat Pagi/siang/sore.., anda sehat-sehat bukan ?
Rina :  잘 지냅니다,  감사합니다..  ( jal jinaemnida gamsahamnida..) Saya baik-baik saja, terima kasih.
저를 소개 합니다( jeoreul sogae hamnida ) saya memperkenalkan diri  ,
제 이름은 리나입니다 ( je ireumeun rinaimnida ). Nama saya Rina .
20 ( 스물 )  살이고 인도네시아 대학교에 다닙니다 (  seumul  sarigo,  indonesia daehakgyoe danimnida. ) Umur saya 20 tahun dan saya kuliah di Universitas Indonesia.
당신을 만나게 되어 반갑습니다 ( dangsineul mannage doeeo bangapseumnida ) Saya merasa gembira sekali telah bisa bertemu dengan anda.
실례지만, 성함이 어떻게 되십니까? ( sillyejiman, seonghami eotteoke doesimnikka? ) Permisi, nama anda siapa ?
Yeong soo: 만나서 반갑습니다 리나 씨… 저는 영수 라고 합니다 ( mannaseo bangapseumnida rina ssi… jeoneun yeongsu rago hamnida ). Saya juga senang berjumpa dengan anda Nona Rina. saya dipanggil dengan ” yeong soo “.
Rina :   영수 씨.. 어디에서 오셨습니까? ( yeongsu ssi.. eodieseo osyeossseumnikka? ) Sdr. Yeong soo berasal dari mana?
Yeong soo :  저는 한국 에서 왔습니다.( jeoneun hangugeseo wassseumnida ) Saya berasal dari Korea.
Rina :  인도네시아에 계신지 얼마나 되셨습니까? ( indonesiae gyesinji eolmana doesyeossseumnikka? ) berada di Indonesia sudah berapa lama ?
Yeong soo :  저는 인도네시아에 있은지 6 개월 되었습니다( jeoneun indonesiae isseunji 6 ( yuk )  gaewol doeeossseumnida.)  Saya berada di Indonesia sudah 6 bulan.
Rina :  어떤 일을 하십니까? ( eotteon ireul hasimnikka? ) apa pekerjaan anda ?
Yeong soo : 저는 교사입니다. ( jeoneun gyosaimnida ) saya seorang guru
Rina : 당신은 나이가 어떻게 되십니까? ( dangsineun naiga eotteoke doesimnikka? ) Anda umurnya berapa?
Yeong soo: 미안 하지만, 다시 한번 말씀해 주세요 ( mian hajiman, dasi hanbeon malsseumhae juseyo ) mohon maaf, mohon katakan sekali lagi  ( saya kurang jelas )
Rina :  나이가 몇살입니까? ( naiga myeotsarimnikka? ) Umur anda berapa..?
Yeong soo : 제 나이가 벌써 서른 ( 30)  살이예요. 리나 씨 는 지금 어디에 가세요?( je naiga beolsseo seoreun ( 30) sariyeyo. rina ssi neun jigeum eodie gaseyo? ) Umur saya telah 30 tahun. Sdri Rina sekarang akan pergi ke mana?
Rina : 전 학교에 갑니다. ( jeon hakgyoe gamnida.) saya pergi ke sekolah.
Yeong soo : 저도 학교에 가요, 그럼 같이 갑시다 ( jeodo hakgyoe gayo,geureom gachi gapsida ) sayapun juga akan ke sekolah, kalau demikian mari kita pergi bersama .
Sebenarnya sangat bagus bila percakapan ini bisa dilengkapi dengan keterangan tata bahasa dan penjelasan katanya, namun bila di tulis dalam kesempatan ini akan terasa menjadi tulisan yang panjang dan memberatkan bila ingin belajar, mudah- mudahan bisa menulisnya di lain kesempatan atau bila ada yang melengkapinya maka hal ini akan semakin menyenangkan
lagi.
About these ads

92 thoughts on “PERCAKAPAN DASAR BAHASA KOREA

  1. Assalamualaikum.. Om..
    Om aq msih bingung dengan penempatan kata dlam kalimat..
    Mohon bimbingan dan pengetahuannyanya… Jeone gamsahaesseumnida…

    Tazkiana :
    wa’alaikum salam ww..
    iya..kita bisa belajar bersama….klo ada yang sulit bisa kirim via pesan FB

  2. 안녕하세요, 제 이름은 누루입니다.
    saya sedang belajar bahasa korea, memang menarik sekali belajar bahasa korea. Saya selalu membuka blog ini, untuk menambah wawasan saya. Saya sudah mampu membuat kalimat dan cerita dalam tulisan. Tapi kok saya sulit sekali ketika mempraktekkan bahasa korea dalam percakapan. Padahal ketika dibuat tulisan saya bisa.

    감사합니다 선생님.

    Tazkiana :
    ne, annyeng haseyo…salan kenal untuk Nur juga…
    bahasa memang harus selalu di ucapkan, di praktekkan… dengan modal kemampuan anda , saya yakin anda akan cepat bisa beradaptasi bila lingkungannya komunikatif bahasa korenya
    selamat belajar terus..

  3. annyong hyun….

    atas tulisannya gamsha hamida, tapi memang akan lebih bermanfaat lagi jika dijelaskan beberapa kata yang mungkin asing seperti

    gyosaimnida dengan seonsangnim,

    dan hyun.. kalau hitungan 1,2,3,4,… bacanya gimana yah?

    gomapsumida….

  4. anneyong ahjusi
    aku suka bahasa korea tp takut mahal kursusnya
    mau tanya beyanneo tu apa sama artinya dengan que minta maaf
    sama tanya apa ada banyak kerjaan untuk cewek di korsel g???? khusus untuk orang indonesia yang ingin kerja dsana
    mianhaeyo ahjusi
    kansahamnida
    Tazkiana :
    Untuk kerjaan untuk cewek memang rrelatif lebih sedikit dibanding pria, namun tentu tetap ada. Mian hae mungkin yang anda maksud? iya betul pengertianya begitu

  5. annyeng haseyo ajjushi..!!

    terima kasih tuk blog ny…b’manfaat bgt to aq yg lge t’trik blajar bhasa korea…n jga kpngin k korea suatu hari nanti…(coz t’inspirasi dari super junior…hmm..mdah2an ja …hehe..sdkit b’mmpi…)
    smga aq bsa skses blajar ny n akhrnya bsa k korea..heheh…
    mhon bantuannya y ajjushi…

    kamsahamnida…

  6. Annyonghaseyo :p
    Blajar bhs korea sungguh sangat menyenangkan,, n hangeul bener2 unik…

    Tazkiana :
    ne annyeong haseyo…
    Terima kasih atas kunjungannya..anda benar… semakin kita bisa mengerti, maka belajar bhs.korea semakin menyenangkan..

  7. om mw nanya dong.. klo dalam tulisan yg percakapannya anyeonghaseyo tu ko dalam pengucapannya kedengrannya cm anyonghaseyo??

    Tazkiana :
    terima kasih atas kunjungannya..
    iya..betul sekali, memang penulisan itu hanya untuk membadakan saja..

  8. oppa makasih bt info2 ttg bjsa korea ny…jd lebih paham ne…

    makasih jg bt translate ny kmren…

    aq bole copas y…bt nambah2 kosa katany…

    gamsahamida

    Tazkiana :
    Sama2 dan silahkan klo mau copas…boleh kok..

  9. Annyeong haseyo oppa…
    Cheo eum boepsemnida…?

    Motchimnida….tp blm ngerti jg sih,..hehehe

    oppa..kra2 klw serius bljr bhs korea btuh wak2 brapa lm yh? Kpengn tw ba.ak tp klihatan.a sgt ssah yah..ssah d mgerti, dg ad smacam tenses yh dlm bhs korea?

    Gamsahamnida…:)

  10. annyeong haseyo oppa….
    mannaseo bangapsumnida..???

    walaupun susah tp belajar bahasa korea asyik lhooo….
    oppa banyakin lg kt2 dasar ya …. biar tambah ngerti lg…..

    kamsahamnida oppa….

  11. annyeonghaseyo…
    mau nanya eun seperti pada sarangeun maksudnya apanya??????
    trus klo nama korea bwt NUR FITRIYAH HOSTIADI sama VITA kira2 apa yang cocok????
    tolong dijawabnya
    GOMAWO

    Tazkiana:
    ne, annyeong haseyo…
    eun adalah penanda topik pembicaraan
    Nur bisa gunakan nama :Park Hyu shin
    Vita bisa gunakan : Lee tae hee

  12. assalamualaikum warohmatullahi wabarokatu
    WOW!!!
    tazkiana hebat euy
    boleh copas kan???

    pie aq masih mau lebih banyak lagi….
    tolong ditambah ya kosa kata nya
    terimakasih
    wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatu

  13. annyeonghaseyo…
    entry ini bnar2 mbantu sy untuk blajar bhs korea,
    dikit saran ne, spy dsertakan cara membacanya krn bahasa korea banyak pggunaan huruf vokal bingung bacanya…
    gomawo…

  14. assalamualaikum…
    mksih bnget oppa dri tlisannya aku bsa bljar bnyak…
    jdi tmbah smngat bwt bljar bhsa korea`y….

    Tazkiana :
    Wa’alaikum salam ww
    makasih juga atas kunjungannya
    senang sekali dan semangat terus ya…

  15. wah asyik sekali belajar bahasa korea,,bisa menambah pengetahuan lebih.saya akan sering belajar bahasa korea di blog ini supaya lancar menggunakan bahasa korea.

  16. Nama fb nya apa..?? Pengen bgt bisa belajar bahasa korea. Tp gak tau hrs mulai dr mana, bahasa hagul nya lumayan ribet apalagi cara pengucapan nya.

    Tazkiana :
    nama fb-nya tazkiana fauzy

  17. Annyeonghaseyo…
    belajar bahasa korea sungguh sangat menyenangkan^_^
    ..
    trus kalo nama korea bwt azyur rahman zuhri kira2 apa yg cocok?
    tlg di jawab;))

    Tazkiana :
    klo menurutku sih : Zuhri Kim atau Kim Zuhri. nama yang bagus…

  18. Anyoung haseyo ahjusi^^
    joeneun ayu rago hamnida.
    Saya ingin tanya. Cara mengetahui arti dari huruf hangul tersebut. Dan apa jika saya berhubungan dgn anda di facebook anda akan membantu saya mempelajari bahasa korea lebih dlm lagi?
    Gamsahamnida^^

    Tazkiana :
    ne annyeong haseyo
    salam kenal ayu… saya telah menambahkan anda senbagai teman

  19. Annyeonghaseyo oppa…
    postnya bner2 berguna bngt.. aku mau tau lebih ni tentang bahasa korea dan penulisan hangulnya, tpi mash bngung mau mulai drmana jg. pngennnya sii yg dsar2 dlu oppa. mohon bimbingannya ya..:D:D
    o iyaa oppa.. nama kore untuk reny apa?
    gamsa hamnida..:D

    Tazkiana :
    Ne annyeong haseyo..
    Makasih kunjungannya
    sudah bisa baca tulis hangeul..?
    Nama Reny sudah bisa jadi nama Korea , tinggal pakai nama keluarga misalnya jadi :Park Re Ni

  20. april
    bahasa korea emg asyik….
    tp da dasar yg lebih mudah g’ buat belajar bahasa korea????
    q pngen bnget lo bsa berbahasa korea….
    bantuin y…..

  21. Halo…
    Jujur nih, saya baru aja mo mulai belajar bahasa korea. Mo tanya kira2 dengan standar anda, tingkat kesulitan berbahasa korea itu seberapa besar ya (skala 1-10)? Lebih sulit mana sama bahasa Inggris dan Jepang?
    Bahasa korea masih asing bgt nih bagi saya, begitu jg dengan jepang. tp rasa2nya saya harus memperdalam kedua bahasa tsb.

  22. annyeonghaseyo oppa
    aku mo tanya..
    klo huruf eo itu dibacanya apa ya ? lalu ada yg bilang komawo atau gomawo, itu yg bener yg mana ?
    akhir2 ini aku bru bnr2 serius mempelajari b. korea, makanya masih suka bingung..
    gamsahamnida ^^

  23. boleh kenalan …..?. saya juga mau dhong belajar bahasa korea.

    Tazkiana :
    Boleh, salam kenal..
    kita bisa belajar bersama, dengan senang hati

  24. Anyeonghaseyo oppa…

    Slm kenal,, aku t’tarik mw blajar bhs korea
    Tp aga sulit ya, krna tulisan dan cr baca’a kadang berbeda jauh
    Beda dgn bhsa yg lain, klo bs dibkin audio visual’a jg donk ☺

    Gomawo oppa…

  25. annyong haseyo oppa,…….. je ireumeun annisimnida,mau tnya, urutan bhs.korea tu sma gax kya bhs indonesia. yg urutannya SPO.cntoh = saya menolong anak itu…..???? soalnya saya bin9ung wat ngucpinnya,, mhon bimbngannya yaaa…….

    gamsahamnida,,

  26. kalo aku masih belajar alpabetis nya lah kalo di bahasa indonesia seperti a,b,c,d,p kaya gitu lah tapi kalo buat huruf w gimana tulisan nya dan huruf apa aja yang boleh penempatan nya di bawah

  27. annyeong haseo ajeossi…
    ehh aq mau bgt pintr brbhasa korea…
    tpi aq gak punya buku panduanx…
    g mna ya caranya…?
    mohon solusinya yuah…
    ~Fhyra~Yoona~Chiieszt~

    Tazkiana :
    untuk grammar/tata bahasa, bisa dipelajari dari situs “korea wiki project “

  28. Assalamu’alaikum… Annyong hashimnikka… Bangapseumnida sunbae…
    Halaman ini sangat membantu. Khususnya btw sy yg bbrp taon ini lg keranjingan korea… Tp kok tulisan latinnya agak ribet dibaca drpd tulisan karenanya yah… Butuh tukang urut lidah… He3x:D
    btw,nama korea yg cocok untuk dwi rahmayanti yunar dan putri panca pertiwi yunar apa yah ? Kamsahamnida sunbae…

  29. Asslammualaikum… Om aq kurang paham ni sama bahasa korea boleh di ajarin ga om?

    Tazkiana:
    wa’alaikum salam ww
    oh iya..kita bisa belajar bersama di FB mungkin

  30. cieilah, ,ygbner aja. bhasa korea itu yg bgus dkit dong… yg jelas juga dong jngan kya gni. aku eonni gk ngerti. tau…..

    #dngan wajah yg marah dn kesal.

  31. Saya bisa tambah pintar nih (y)
    Kira-kira artian nama bahasa Korea “Ahraaprillianisa”apa ya?
    Tolong dijawab ya !!!!
    Bahasa korea (y)
    (y) (y) (y) (y) (y) (y) (y) (y) (y) (y)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s