Tata Bahasa Korea: Mengenal keterangan waktu “belum dan sudah “

Lee dae ha

Setelah merasa capek untuk tidak menulis, saya akan menulis lagi untuk blog ini. Pada kesempatan ini saya akan sedikit bicara soal tata bahasa Korea, dalam hal kaitannya menceritakan pengalaman sudah atau belum. Berikut saya tampilkan dialog dalam bahasa Korea:

A : 떡국을 먹어 봤어요? ( tteokgugeul meogeo bwasseoyo? ) “ apakah kamu pernah makan bubur teok ? “
B : 네, 먹어 봤어요. ( ne, meogeo bwasseoyo ) “ Ya, saya pernah memakannya “
B : 아뇨, 안 먹어 봤어요. ( anyo, an meogeo bwasseoyo ) “ Tidak, saya tidak pernah memakannya “
B : 아직, 안 먹어 봤어요. ( ajik, an meogeo bwasseoyo ).” Aku belum pernah (mencoba) memakannya “.

Dari dialog di atas bisa kita ambil 2 ( dua ) kesimpulan :
1. Untuk memberikan keterangan pengalaman “ pernah “ ( past tense ) bisa digunakan kata “봤다 “.Sebenarnya kata ini adalah bentuk lampau dari pembahasan ~해 보다. Yang artinya “ mencoba” Misalnya :
a. 한국에 가 봤어요? ( han guk-e ka bwasseoyo ? ) “ Anda pernah ke Korea ? “
b. 한국식당에 가 봤어요? ( hanguk sigdang-e ga bwasseoyo ) “ apakah anda pernah ke restoran Korea ? “
2. Untuk menyatakan pengalaman “ belum “, digunakan kata 아직 ~ 하지 않았다 ,
Misalnya :
a. 나는 아직 시장에 가지 않았다 ( Naneun ajig sijang-e kaji anatda ) “ Aku belum pernah pergi ke pasar.”
b. 저는 아직 묵욕을 하지 않았습니다 ( Jeoneun ajig mugyeokeul haji anasseumnida ) “ Saya belum mandi “

Demikian sedikit pembelajaran kita mengenai keterangan waktu. Bila ada salah dan kurang mohon di koreksi dan semoga bermanfaat .

MASAKAN KOREA : OMEURAISEU ( 오므라이스 )


Berawal dari suka drama korea, orang lalu suka apa saja yang berkaitan dengan Korea. Dari musik, pakaian hingga makanan.
Untuk makanan memang ada kendala, karena selera atau karena memang kurang tersedianya bahan. Nah, ada menu sederhana yang biasa jadi hidangan di Korea, yang tentu juga cocok dengan selera Indonesia, juga bahan-bahannya sangat gampang di dapat.
Adalah Omeuraise ( 오므라이스 ) yaitu telor dadar yang diisi dengan nasi goreng. Kata ini dari ” omelette filled with Korean fried rice “.
Nah dari namanya saja kan pasti sudah bisa di perkirakan. Menu ini terdiri dari dua bagian, Telor dadar + nasi goreng.
Untuk resepnya, kita bisa memilih sesuai selera, namun kebanyakan orang korea membuat nasi goreng dengan komposisi bahan :
Bawang bombai, wortel, daun bawang, paprika, daging atau ayam , juga bisa tuna. Semua bumbu dicincang dan digoreng untuk campuran nasi goreng.
Untuk telor dadar, karena sebagai pembungkus nasi goreng perlu yang besar, maka bisa pakai telor ayam atau bebek. Atau untuk hasil yang lebih besar lagi, bisa pakai telor angsa. mau yang lebih besar lagi biar nasi gorengnya muat lebih banyak…? pakai telor burung unta.
Nah, setelah selesai dan siap dihidangkan, tuangkan saus di atasnya. Bisa yang agak pedas biar tambah mantap.
Omeurais itu bukan hanya sekedar menu makan, tapi juga sebuah filosofi. Artinya bahwa kita jadi orang itu harus seperti omeurais, enak di luar, enak di dalamnya. Bungkusnya bagus, isinya juga hebat, penampilannya menawan, rasa juga “OKE”.
Bicara nasi goreng , jadi ingat kisah 2 orang teman sepasang kekasih yang mau makan nasi goreng. Tapi jangan bilang-bilang, karena ceweknya juga lagi baca tulisan ini.
Cewek itu sebelum makan, pesan sama pelayan. ” sini mbak… ” pintanya pada yang pelayan restoran itu.
“Iya mau pesan apa ya ? ” tanya sang pelayan .
” aku mau pesan nasi goreng 2 ( dua ). Yang satu pedas, yang satu jangan pedas. Kalo yang pedas nasinya sedikit saja. Yang tidak pedas, nasinya agak banyakan ya . Yang nasinya banyak, pake kol tapi jangan terlalu banyak. Yang nasinya sedikit, pake kol agak banyak. Yang kol nya sedikit, pake telor mata sapi. Yang kol nya banyak, pake telor dadar aja. Yang pedas, ayamnya pake tulang ya mbak , terus yang nasinya banyak, gak usah pake tulang, tapi kulit ayamnya kasih banyak. Yang pake telor mata sapi, jangan pake kerupuk. Terus yang pedas pake kerupuk. Satu lagi mbak , jangan lama-lama ya….”

Kemudian si pelayan masuk terus bilang sama tukang masak ” Mas, Meja nomor 2 pesan NASI CAMPUR ” kata pelayan saking jengkelnya.
” Campur apa ya? ” tanya juru masaknya.
” Masing-masing campur sambal 2 mangkok…” jawab pelayan sambil ngeloyor pergi.

DARI KIM BAB , NASI JAMBLANG HINGGA SEGO JOTOS

Semua orang pasti menginginkan sesuatu yang simple dan tidak ruwet. Hingga dalam urusan makanan sekalipun. Maka karena itu banyak yang mewujudkannya dalam bentuk instan. Ada mie instan, nasi instan dan sebagainya.
Sebenarnya  ketika memutuskan untuk mengadakan sebuah perjalanan, tidak harus memilih membawa bekal yang instan kalau pertimbangannya awet dan gampang, karena di sisi lain yang instan itu kebanyakan ada kelemahannya.
Bagi orang Korea, kimbab adalah sebuah pilihan untuk bekal perjalanan, tamasya atau naik gunung, sebab tanpa lauk tambahanpun kimbab sudah enak rasanya. Selain itu juga lumayan awet untuk dibawa berpergian.
Dinamakan Kimbab karena ada unsur gim yaitu rumput laut kering yang di asinkan, dan bab yaitu nasi.
Kesempatan ini saya tampilkan resep sederhana bikin gimbab sebagai berikut :

Bahan Utama :
(untuk 2 orang)
4 gelas beras, 5 gelas air, 4 lembar rumput laut gim, 5 butir telur, 100g daging sapi giling, 50g wortel, 1/2 buah ketimun, 120g acar lobak asam, 80g bayam dan sedikit minyak goreng.
Bahan nasi : 1 lembar rumput laut berukuran 5x5cm,  1 sdt minyak olive
Bumbu :
Bumbu-bumbu untuk nasi : 1/2 sdm minyak wijen, 10g garam, 10g biji wijen.
Bumbu untuk daging : 1 sdt bawang putih cincang halus, 1 sdm kecap asin, 1 sdt gula pasir, sedikit lada.
Cara pembuatan :
1. Cuci beras 4~5 kali lalu masak nasi dengan 5 gelas air dan 1 lembar dasima berukuran 5x5cm.

2. Nasi yang sudah jadi dicampurkan  dengan garam, minyak wijen, dan biji wijen.

3. Potong sayur-sayuran memanjang , juga telor yang sudah di goreng .
4. Tumis daging sapi giling dan dibumbui dengan kecap asin, gula pasir, lada, bawang putih.
5. Paparkan nasi di atas rumput laut Gim. jangan mengisi nasi di bagian kedua ujung Gim selebar 2cm masing-masing.
6. Tempatkan bahan-bahan di bagian tengah paparan nasi itu lalu menggulungkannya dengan menekan.

7. Potong Gimbap dengan tebal 1cm sampai 2 cm dan tempatkannya di piring.

Demikian proses pokok pembuatanya. Semoga bermanfaat.
Lain ladang lain belalang, kalau di Korea ada nasi gim ( kimbab) di Indonesia ada nasi uduk, nasi kuning hingga nasi jamblang. Kalau di Korea ada ( jumeog bab ), istilah ini juga ada di Madiun dengan istilah sego jotos.  Biarpun pokoknya sama nasi, kita harus berkreasi agar tidak  bosan dan sesuai kebutuhan.

모범 ( Mobeom )

Seoul adalah kota di mana Transportasi  ke tempat wisatanya sangat mudah. Bisa dengan subway,bus bahkan dengan taksi sekalipun tidak terlalu mahal, karena letaknya yang berdekatan.  Namun ketika anda harus memilih taksi untuk alat tranportasi,anda harus menyesuaikan dengan keuangan anda, sebab ada Taksi warna hitam dengan tulisan atasnya 보범 ( mobeom )  artinya terbaik,teladan atau di sini bisa diartikan VIP . Taksi jenis ini biasanya tarifnya lebih mahal,bahkan 2 kali lipat dari taksi biasa.

Pada tanggal 18-5-2012 lalu, saya berkesempatan untuk mengikuti sebuah study tour yang dikemas dalam acara.”모범 외국인 근로자 위안행사 ” (  mobeom wegukin geuloja wian haengsa )  Tour  bagi pekerja asing teladan. Sebuah acara yang merupakan Apresiasi bagi pekerja asing yang dianggap berprestasi.

Prestasi ini ukurannya bukan lebih baik dari yang lain tapi lebih pada kepuasan para pengusaha sebagai partner kerja,dan kepedulian mereka dalam mengapresiasikannya. Tour ini sebuah reward moral, sebab tidak semuanya harus dinilaikan dengan uang.

Catatan saya, dari 70 peserta yang ikut, sebagian besar adalah dari Indonesia. Ini sangatlah membanggakan, karena ternyata penilaian terhadap kinerja pekerja indonesia masih sangat baik. Terlepas dari masih ada kurang pahamnya sebagian teman yang ketika selesai mengunjungi perusahaan baja terbesar posco bilang ” ini nggak ada hubunganya dengan pekerjaan kita ” sambil ngerumpi sendiri di belakang, hingga teman seorang korea berbisik padaku ” 너무 시끄러워 ” neomu sikeureoweo ” bising banget.

Cara pandang kita terhadap sesuatu memang kadang berbeda. Seperti halnya ketika beberapa orang ditanyakan pendapatnya tentang negara Korea.Ada yang berpendapat Korea adalah negara Kimchi, ada yang bilang Korea adalah negeri ginseng, ada juga yang tahunya hanya produser drama , namun beberapa orang tahu juga bahwa korea adalah negeri soju.  semua punya cara yang berbeda, namun tetap pada kebenarannya.

Melakukan setiap pekerjaan dengan baik itu telah menjadi yang terbaik daripada hanya ‘mengejar’ untuk menjadi ” yang terbaik”, namun tidak dengan cara yang baik.

BUNGA ABADI

Edelweiss, Edelweiss
Every morning you greet me
Small and white, clean and bright
You look happy to meet me
Blossom of snow may you bloom and grow
Bloom and grow forever
Edelweiss, Edelweiss
Bless my homeland forever
Ini adalah judul lagu yang berjudul ” Edelweiss”, yang pernah juga dinyanyikan oleh seorang anak Hollie Steel dalam semi final Britain’s got talent, yang mendapatkan sambutan luar biasa dari para audiens.
Ini juga mengingatkanku ketika seorang sahabat memberikanku sebuah rangkaian bunga, yang disebutnya dengan istilah ” bunga abadi “.
Selanjutnya aku mulai tahu, bahwa bunga itu adalah edelweiss. Apapun maknanya edelwais, ia adalah bunga abadi dan harus diabadikan.

Sesaat ketika aku berjalan di festival bunga tahun ini, aku dikejutkan oleh bunga itu. sebuah bunga yang disebut Gypsophila.
Sepertinya ia mengingatkanku akan bunga abadi, walaupun ia bukan edelweiss.
Gypsophila atau sering di istilahkan ” Baby Breath” merupakan bunga yang melambangkan suatu kemurnian dan kepolosan. Ada dua warna yang menarik yaitu putih dan pink.
Ketika aku beranjak meninggalkannya, aku teringat sebuah kata dari film Korea yang berjudul “SI ( Puisi ) “, yang mengatakan bahwa seorang yang menyukai puisi, ia akan menyukai bunga.
Aku menyukai puisi, aku suka bunga, tapi aku tidak bisa menulis puisi dan merawat bunga.
Namun melihat Gypsophila sepertinya kita harus polos apa adanya. Bahwa tak ada sesuatu yang abadi, yang abadi adalah perjalanan ketidak abadian itu menuju Sang Maha Abadi .

SARANGHAE DANGSINEUL ( 사랑해 당신을 )

Ada sebuah lagu ‘wajib’, yang harus diperkenalkan pada orang asing yang ke korea atau setidaknya menyukai Korea. Lagu ini lagu rakyat, dikenalkan bukan dari upload-an video youtube, jejaring sosial semacam twitter atau facebook, karena waktu itu memang belum ada , namun diajarkan secara turun temurun, face to face, namun masih update hingga saat ini. Lagu “Sarang hae dangsineul ”  ini masih enak dinyanyikan, sementara kita  sudah banyak melupakan lagu-lagu yang merakyat semacam  Bengawan Solo, walaupun pengarangnya baru saja berpulang.
Pada kesempatan ini saya akan menulis lirik lagunya sebagai berikut :

사랑해 당신을 정말로 사랑해
( saranghae dangsineul jeongmallo saranghae )
Aku mencintaimu, sungguh aku mencintaimu
당신이 내곁을 떠나간뒤에
( dangsini naegyeoteul tteonagandwie )
Setelah engkau pergi dari sisiku
얼마나 눈물을 흘렸는지 모른다오
( eolmana nunmureul heullyeonneunji moreundao)
Entah seberapa air mata ini mengalir aku tak tahu
예예예 예예예 예예예 예예예 예에예 예 예 예예예 예예예
yeyeye yeyeye yeyeye yeyeye yeeye ye ye yeyeye yeyeye
예예예 예예예 예예예 예예예 예예예 예예예 예
yeyeye yeyeye yeyeye yeyeye yeyeye yeyeye ye
사랑해 당신을 정말로 사랑해
( saranghae dangsineul jeongmallo saranghae )
Aku mencintaimu, sungguh aku mencintaimu

미워해 당신을 정말로 미워해
( miwohae dangsineul jeongmallo miwohae )
Aku membencimu sungguh aku membencimu
당신이 내곁을 떠나간 뒤에
( dangsini naegyeoteul tteonagan dwie )
Setelah engkau pergi dari sisiku
밤마다 그리는 보고싶은 내사랑아
( bammada geurineun bogosipeun naesaranga )
Setiap malam aku selalu merindumu oh cintaku
예예예 예예예 예예예 예예예 예에예 예 예 예예예 예예예
yeyeye yeyeye yeyeye yeyeye yeeye ye ye yeyeye yeyeye
예예예 예예예 예예예 예예예 예예예 예예예 예
yeyeye yeyeye yeyeye yeyeye yeyeye yeyeye ye

사랑해 당신을 정말로 사랑해
( saranghae dangsineul jeongmallo saranghae )
Aku mencintaimu sungguh aku mencintaimu
사랑해 당신을 정말로 사랑해
( saranghae dangsineul jeongmallo saranghae )
Aku mencintaimu sungguh aku mencintaimu

Ini lirik dasarnya, ada versi lain yang menambahinya, namun itu hanya variasi lagu saja.  Bagi yang ingin menungunduh file mp3 atau mendengarkan lagunya , bisa di unduh di : di sini

Selamat mencoba bernyanyi bersama .

Cerita tentang Keledai ( 당나귀 이야기 )

Suatu sore, saya berjalan di tengah kebun bunga matahari ( haebaragi bat ). Saat itu musim panas hampir akhir. Di tengah kebun ada beberapa ekor kuda, namun ada seekor yang menarik perhatianku karena ukurannya kecil atau pendek, namun fisik penampilannya tetap kuda, bukan keledai.
Walaupun bagaimanapun aku menjadi teringat akan cerita seekor keledai dengan 2 ( dua ) orang tuannya, seorang ayah dan anaknya. Ringkas ceritanya begini :
Seeorang ayah mengambil seekor keledai lalu menungganginya dan menyuruh sang anak berjalan di belakangnya. Baru berjalan beberapa langkah, lewatlah sebagian wanita. Gampangnya kelompok wanita dari Korea. Maka mereka bilang “ Aigo… eomeo ..eomeo… ada apa dengan orang ini.! Tidakkah kau merasa kasihan ? Kok, kamu yang naik sedangkan anakmu yang kecil itu kelelahan berjalan di belakang.?”
Karena merasa malu di olok-olok, maka iapun turun dari keledainya dan menyuruh sang anak yang naik. Tapi tak berapa lama berjalan, lewat pula segerombolan orang tua yang duduk-duduk, tentu orang Indonesia, karena lagi tidak ada pekerjaan , maka diantara mereka berkata, “ Wahai orang tua, kamu berjalan kaki padahal sudah tua sementara anakmu kau biarkan naik kendaraan. Bagaimana kamu bisa mendidiknya agar memiliki rasa malu dan beretika.?”
Maka sang ayang Tanya pada anaknya “Apakah kamu sudah mendengar apa omongan mereka barusan? Kalau begitu, mari kita naik bareng-bareng.” Kata sang ayah kepada anaknya. Lalu mereka berdua menaikinya bersama-sama dan berjalan, tetapi di tengah perjalanan, kebetulan bertemulah mereka dengan sekelompok orang yang dikenal sebagai kelompok pencinta binatang. Melihat pemandangan itu, mereka meneriaki sang ayah dan anak, “Kasihanilah binatang yang kurus-kering ini. Apakah kalian berdua menungganginya bersama-sama padahal timbangan masing-masing kalian lebih berat daripada keledai ini.?”
“Kamu dengar tadi,?” kata sang ayah kepada anaknya sambil ia turun dan menurunkan anaknya
“Kalau begitu, mari kita berjalan bersama-sama dan kita biarkan keledai ini berjalan di hadapan kita sehingga kita bisa terhindar dari ucapan miring orang laki-laki, wanita dan para pencinta binatang tersebut,” katanya lagi.
Mereka berdua kemudian terus berlalu sementara keledai berjalan di depan mereka. Kebetulan mereka berpapasan lagi dengan segerombolan pemuda-pemuda. Melihat pemandangan tersebut, mereka menggunakan kesempatan untuk mengejek seraya berkata, “ Keledai ini sangat kelelahan . sepantasnya keledai ini kalian gendong sehingga tidak akan terjadi apa-apa nanti di jalan.” Kedua akhirnya juga menuruti usul mereka dan memikul satu sisi dan anaknya satu sisi yang lain. Baru beberapa langkah mereka berlalu, rupanya ada beberapa orang di belakang mereka yang menertawakan pemandangan yang aneh tersebut, sehingga mereka berdua distop oleh polisi dan digiring ke rumah sakit jiwa.

Cerita ini sebuah gambaran, bahwa bagaimanapun sikap kita akan dikomentari oleh orang lain, adakalanya komentar itu baik adakalanya tidak baik. 인생은 페이스북 같은 것 ( inseungeun peisbuk kateun geot )” hidup ini seperti facebook “ , ada sikap ada komentar, ada yang mendukung ada yang melemahkan, maka adakalanya kita mengikutinya dan adakalanya kita tidak mengikutinya.

Cerita ini juga sebagai renungan di hari Maulid Nabi Muhammad SAW. Meneladani sikap beliau dalam menunaikan risalah  juga tidak lepas dari cela dan hinaan, namun tidak ada keraguan dalam menjalaninya. semoga kita menjadi bagian dari orang-orang yang teguh  dan tak luntur karena cela dan hinaan ( لا يَخَافُونَ لَوْمَةَ لائِمٍ )  Aminn..