MENGENAL SUBYEK DALAM BAHASA KOREA

BAB I

MENGENAL SUBYEK

Sebelum kita membahas mengenai subyek dalam susunan kalimat, terlebih dahulu kita  saksikan percakapan dalam video di bawah ini

Sebuah bahasa itu setidaknya  terdiri dari unsur kalimat, kata, suku kata dan huruf, begitu juga dalam bahasa Korea. Dalam pelajaran kali ini, kita akan memulai dari mengenal kalimat, tidak dimulai dari huruf atau kata, karena banyak sekali referensi yang membahas tentang itu. Pembahasan awal ini kita akan membahas Subyek dalam bahasa korea. Kita perhatikan contoh di bawah ini :

안녕하세요?
저는 안나예요

저는하디 라고합니다

저는김지현 이라고합니다
저는 인도네시아 사람이에요.
여기 가족사진 있어요.
아버지예요.

아버지선생님이에요.
어머니예요.
할아버지께서주무십니다

옵니다

Susunan dalam kalimat di atas terdiri dari beberapa contoh penggunaan subyek dalam kalimat bahasa Korea..Untuk mengenal subyek, di dalam bahasa korea, digunakan partikel penanda subyek ( the subjective maker ) yaitu dan .

I – Partikel digunakan setelah kata yang huruf akhirnya Konsonan.

Contoh :

1. 아버지예요 ( beliau ini adalah ayah )

2. 가방큽니다 ( Tas ini besar )

Partikel digunakan setelah kata yang huruf akhirnya Vokal

Contoh :

1. 옵니다 ( Hujan turun )

2. 날시가좋습니다  ( cuacanya baik )


II. Ketika – dilekatkan pada kata-kata berikut maka akan berubah menjadi :

+ = 내가 ( aku )

+ = 네가 ( kamu )

+ = 제가 ( saya )

누구 + = 누가 ( siapa )

Setiap pertanyaan dengan 누가 ( 누구가 ) maka jawabnya selalu subyek dengan partikel atau .

III. Partikel dan selalu digunakan sebelum kata 있다 atau 없다.

Contoh :

1. 있어요

2.사과 없어요

IV. dan digunakan pada kata yang menunjukkan situasi/ keadaan

Contoh :

1. 날시 좋아요

2. 수박 맛있어요

V. dan diganti dengan 께서 untuk menunjukkan kata hormat dan dilekatkan pada persona ( bukan kata     benda ) yang statusnya lebih dihormati oleh pembicara.

께서 : bentuk hormat dari –/

아버지 + 께서 = 아버지께서

께서는 : bentuk hormat dari –/

할아버지 + 께서는 = 할아버지께서는

VI.. dan adalah penanda topik ( the topic maker )

Digunakan untuk menunjukkan suatu topik pembicaraan. Bisa

juga digunakan sebagai penanda subyek.

Perbedaannya dengan –/, partikel / digunakan untuk menunjukkan:

– Kontras/ berlawanan  ( contrast )

– Penekanan ( emphasis )

– Pengenalan ( introduction )

– Topik ( topic )

: jika kata benda berakhir dengan huruf hidup/Vokal.

+ = 저는

: jika kata benda berakhir dengan konsonan

선생님 + = 선생님은

Contoh :

1. 저는 부디입니다 ( Saya adalah budi )

2. 제취미는영화보기입니다 ( Hobi saya adalah menonton film )

3. 과는 싸지만감은비쌉니다 ( Apel murah tetapi buah gam /kesemek mahal )

4. a.그사람은다잘먹지만 고기는안먹습니다.

( Orang itu semua mau makan tetapi daging tidak makan )

b. 서울은덥지만강원도추워요

( Seoul panas tetapi Propinsi Kangwon dingin )

LATIHAN SOAL.

Pertanyaan berikut lengkapilah dengan partikel yang tepat

( 다음문장에알맞은조사를넣으세요 )

/ 께서 /

1. : 누구가내일이일을해요?

: ————할거예요. ( )

2. : 영숙 씨의가방……………..참무거워요.

: 그래요?내가방………………무겁지않은데요.

3. : 이음식을누가만들었어요?

: ……………..만드셨어요. ( 할머니)

4. ……………..따뜻하고가을…………….시원해요.

5. 토니씨…………..영국에서 왔는데작년부터한국어를배우고있어요.

Selamat mengerjakan, mudah bukan …?

Catatan :

Artikel ini belum final, tazkiana akan berusaha melengkapi dan merevisi setiap kesalahan yang ada. mohon komentar dan koreksinya untuk lebih baik.  감사합니다….

9 thoughts on “MENGENAL SUBYEK DALAM BAHASA KOREA

  1. gamsahamnida ya, mas. saya baru mulai belajar bahasa korea nih. baru cari2 di internet, trus ketemu blog anda. mohon ijinnya belajar ya. salam kenal.

    Tazkiana :
    Makasih atas kunjungannya dan salam kenal kembali.

  2. Saya bru2 bljr bhsa korea nich,gmn sich biar kt bs cpt menulis hangul n membc ny

    Tazkiana :
    tentu jawabannya adalah latihan yang banyak, setelah anda bisa baca dan nulis, selalu latihan sebab klo nggak kita sering lupa antara tulisan dan penulisan.

    • pengalaman sya supaya bisa menulis hangul, yaitu dgn cara menulis hurup hangul berulang2 sampe bisa dan inget,, untuk bisa membaca huruf hangul sering2 z baca pasti bisa, perbanyk lah kosakata supaya bisa mengartikannya. selamat belajar dan suksezz,,….,,,,!!!

  3. gini, seosangnim (asal nulis romanisasi)
    “가” kok bisa ada sih?
    di daftar huruf hangul yg saya liat, gak ada konsonan yg “가” (huruf “a” nya diilangin)
    kalo digabung kan jadi hangul, trus baca romanisasinya gmn ?
    gomawo banyak nanya banget.

    Tazkiana :
    가 ( ga ) adalah suku kata, terdiri dari konsonan ㄱ ( g/k ) dan vokal 아 ( a ). kalau melihat kamus urutannya sesuai suku kata :
    ganadara ( 가나다라 ) ….dst.

  4. Hai Mas Taz Apa kbr??

    Makasih banget lho udah mao buat tutor bahasa korea dBlok ini, sangat membantu aq yang lagi mulai belajar bahasa korea….

    ngomong2 huruf hangulnya g kebaca mas, tampilannya jd kyk kode2 gt…gmn y??

    Tazkiana :
    makasih atas kunjungannya
    mungkin bisa unduh korean language pack, ato seting bahasa dari control panel

  5. kakak, saya sudah bisa baca tp saya masih bgg gmn cr ngisi pertanyaan itu soalna msh ga tau arti kata” diatas itu apa hehehe.. tolong dibantu y kak🙂

  6. 1. 나는
    2. -은
    3. 할머니께서
    4. -은
    5. -가
    bener gak 아저씨..
    Tapi ada yg bikin bingung pd penataan kata di soalnya, mau tanya dong..
    >> ‘ 누구가 ‘ di no. 1 sama ‘ 누가 ‘ di no.3 artinya sama tapi kenapa di no.1 letaknya di depan obyek sedangkan di no.3 letaknya di belakang obyek ?
    >> di baris pertama no.2 knp ‘ 무겁 ‘ diilangin ‘ㅂ’nya dan malah tambahkan ‘ㅜ’ ?
    >> di baris ke2 no.3 knp ‘ 만들 ‘ diilangin ‘ㄹ’nya jd ‘ 만드 ‘ dan ditambah ‘ㅅ’ sesudahnya ?

    Ada lg nih, ‘ 작년 ‘ di no.5 klo diliat sharusnya dibaca jagnyeon tp aq liat di kamus trnyata dibacanya jangnyeon, knp ada prubahn pngucapan gitu ya?

    미안해요, aq tanyanya aneh-aneh dan banyak banget abisnya aq blajar sndri.. hehee….
    smoga 아저씨 dapat mluangkn wkt utk mnjawabnya,, 제발….
    고마워요….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s