Partikel ( kepada dan dari )

MENGGUNAKAN PARTIKEL 에게 dan 한테

Partikel 에게 dan 한테 digunakan untuk menyatakan arti kepada ( to person )  :

contoh :

1. 나는 철수씨에게 편지를 주었습니다  (  Aku telah memberikan surat pada sdr. cholsu )

2. 누구한테 책을 주었어요 ( kepada siapa kamu telah memberikan buku itu ? )

Keterangan :

Pada kasus orang yang dihormati maka partikel 에게 dan 한테 diganti dengan 께.

contoh :

어머니 전화를 했어요 ( saya telah menelepon ibuku )

선생님책을 주었어요 (  Saya telah memberikan buku itu pada Pak Guru  ) .

Partikel 에게서 dan 한테서

Partikel 에게서 dan 한테서 merupakan partikel yang menunjukkan arti ‘ dari ‘ seseorang.

contoh :

1. 친구들에게서 편지가 많이 왔어요 ( Banyak surat datang dari teman- teman saya ).

2. 선생님한테서 친창을 받았습니다 ( Saya mendapatkan pujian dari guruku)

3. 누구한테서 그선물을 받았었어요? ( dari siapa kamu menerima hadiah ? )


2 thoughts on “Partikel ( kepada dan dari )

  1. 아저씨 brarti klo buat ‘dari’ jarang pake ‘ -께로부터 / -(으)로부터 ‘ ya ? ?

    Tazkiana :
    ya intinya 부터 itu telah memberi makna “dari ”

Tinggalkan Balasan

