Mitos tentang cinta: Dari Virgin snow hingga Doldamgil

Beberapa tahun yang lalu, ketika dalam perjalanan dari Bali ke Narita Jepang, di pesawat itu aku dikejutkan oleh seorang gadis,  “Excuse me ” katanya. Segera saya mempersilahkannya untuk duduk. ” Bisa bahasa Jepang? ”  tanyanya padaku dalam bahasa Indonesia. ” Maaf, saya tidak bisa bahasa Jepang, karena saya akan ke Korea”. Seterusnya kami berkomunikasi dengan bahasa Indonesia, walaupun saya tahu ia juga sangat terbatas sekali bahasa Indonesianya. Tapi gadis Naomi itu tidak lama bersamaku, pagi itu kami harus berpisah di bandara Narita. Lambaian tangannya nampak hingga jauh dari pandanganku.

Sejenak mengingatkanku dengan film “virgin snow” ( 첮눈 ) yang dibintangi oleh Lee jun ki bersama dengan Aoi Miyazaki. Film itu telah lama beredar dan telah banyak dijelaskan alur ceritanya, namun yang menarik bagi saya adalah dialog tentang mitos dalam percintaan itu.

Di Jepang, kalau pasangan kekasih naik sampan, dalam mitos,  maka cintanya akan bubar. Sedangkan di Korea juga ada mitos  yang dihubungkankan dengan sebuah tempat yang dinamakan dengan Doldam gil ( jalan Duldam ), yaitu sebuah jalan di depan Istana Deoksu  di kota Seoul. Namun juga ada mitos di Korea kalau sepasang kekasih pergi bersama saat turun salju pertama ( first snow ) maka mereka akan bahagia.

Cerita serupa banyak juga di negeri kita, Indonesia. Di Jawa Tengah ada tempat yang terkenal yaitu Candi Prambanan. Masih ingat bukan ? tempat yang dihubungkan dengan kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Konon ada yang meyakini, kalau pasangan kekasih pergi ke Candi Prambanan, maka cintanya akan cepat putus.

Ada juga yang menghubungkan putus cinta itu dengan pemberian atau hadiah. Bila salah satu pasangan memberikan hadiah berupa Pakaian maka cintanya cepat bubar. Sebagian lagi menyatakan hadiah yang berupa sapu tangan, parfum atau pakaian yang dirajut sendiri.

virgin_snow-copy1Semua itu adalah mitos. Bukan pantangan dan juga bukan pula kepastian. Sebagai orang yang percaya kepada kekuasan Tuhan, tentu kita harus menyerahkan sepenuhnya kepadaNya tanpa ada keraguan sedikitpun. Dan selalu berdoa mudah-mudahan cinta membawa hati selalu bahagia.

15 thoughts on “Mitos tentang cinta: Dari Virgin snow hingga Doldamgil

  1. Cinta deritanya tiada akhir. Hehee.
    Yah, memang kita harus percaya kepada Yang Di Atas. Klo percaya mitos terus pasti selalu dihantui rasa takut dan merasa dibatasi.

    Wah, enaknya bisa jalan-jalan ke Bali. Hehee. Belum pernah ke sana sama sekali.

    : waduh… mas zebhi😀 makasih

  2. Annyong haseyo, songsengnim….
    di Bali juga ada mitos seperti itu…Songsengnim tahu Tanah Lot kan…..kalo sepasang kekasih mengunjungi Tanah Lot maka akan cepat putus….

    : oo gitu ya… makanya ke penghulu saja. jadi nggak cepet putus ..😀

  3. Annyeong haseyo, songsaengnim…
    wah mendekati valentine temanya cinta nih, tp seru jg ngebahas masalah mitos ya.
    yg saya tau dikorea ada jg mitos kalo sepasang kekasih dilarang memberikan hadiah sepatu kepada kekasihnya karena itu pertanda kalo sang kekasih akan meninggalkannya.
    biasanya orang korea yg diberikan sepatu oleh kekasihnya langsung curiga kalo sang kekasih berniat meninggalkannya…

    : ne annyeong haseyo… o..gitu ya. makanya setahu saya mereka banyak ngasih kaos kaki atau changgap (sarung tangan). pinter juga itu orang yang buat mitos, memang sepatu harganya lebih mahal…😀

  4. Annyong haseyo, songsengnim…..
    Songsengnim punya facebook?

    : Ne. annyeong haseyo Ayu ssi…. maaf sekali, saya belum memiliki facebook. mudah-mudahan ke depan bisa gabung. apakah artinya ini undangan..? 😀 maklum gaptek banget sih saya ini….

  5. Saya gak percaya songsengnim gaptek, merendah ya, he he he….kalo udah punya facebook kabari kawaii ayu ya…….kawaii ayu mau tanya, songsengnim dalam rangka apa ke korea? belajar atau bekerja?

    :kumawoyo Ayu ssi, ya.. nanti dikabari tentang facebook. Untuk tujuan saya ke Korea adalah bekerja seperti kebanyakan teman-teman yang lain. Kebetulan kami memiliki sedikit waktu untuk belajar apa saja. Maka saya berharap bisa dapat sedikit ilmu melalui internet dan tentu masukan dan saran Anda sangat saya harapkan. Dan jangan bosan kunjung ke sini ya Ayu sensei, biar saya juga ketularan ilmunya.

  6. wow.. this is great! daku baru mampir kesini and baru tau kl ada blog yg isinya tentang pelajaran bahasa Korea!! waducchhhh.. daku senang sekali.. ehhehe leh daku link ga? btw, makaci banyak yaaa dah sempet mampir ke blog daku ^o^

    so nice to meet u!

    :Terima kasih banyak putri_ling atas kunjungan dan salam kenal. senang sekali kalau anda mau nge-link blog ini dan mudah-mudahan kita bisa saling belajar.

  7. Jelas songsengnim….kawaii ayu pasti akan selalu kunjungi blog songsengnim….kawaii ayu pengen banget belajar bahasa Korea, untung ada songsengnim…
    Sebentar lagi sudah memasuki musim semi ya…..semangat kerja ya songsengnim!!!!!!!!!!!

    : Benar sekali Ayu ssi, suhu di Korea sudah sedikit menghangat dan makasih atas motivasinya.

  8. 안녕하세요.
    내 이름은 Tresna입니다.

    선생님, 잘 지내 시죠?

    선생님, berapa ongkos indonesia-korea selatan (PP)??

    • 네, 안녕하세요 tresna 씨….네, 저는 잘 지내습니다, 반갑습니다..
      Harga tiket maksudnya ya..? Sebenarnya beragam, namun bisa diberi gambaran klo one way ( satu kali jalan ) mulai 4 jutaan ( 500 ribu won ), namun kalau PP itu lebih murah lagi yaitu mulai 6 jt-an ( 750 won ). apakah mau pergi ke Korea..?
      Terima kasih atas kunjungannya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s