Wisata Korea I : Gyeongbokgung

Sesuai dengan rencana bahwa hari ini adalah waktunya jalan-jalan, dan kami memilih untuk mengunjungi Istana di Kota Seoul, Korea yaitu Gyeongbokgung.

Cuaca Kota seoul hari ini begitu dingin dan mendung sehingga kami harus berangkat lebih awal . Dan jam 13.30  rombongan kecil yang terdiri saya, petrukSang Pujangga dan Beli Ketut dari Bali telah sampai di Stasiun subway Gyeongbokgung.

Istana Gyeongbok adalah sebuah istana yang terletak di sebelah utara  kota Seoul, Korea Selatan. Istana ini termasuk dari 5 istana besar dan merupakan yang terbesar yang dibangun oleh Dinasti Joseon.

Istana Gyeongbok aslinya didirikan tahun 1394 oleh Jeong do Jeonseorang arsitek. Istana ini hancur pada saat  invasi Jepang ke Korea tahun 1592 -1598  dan dibangun lagi pada  tahun 1860-an dengan 330 buah komplek bangunan  dengan 5.792 kamar. Berdiri di wilayah seluas 410.000 meter persegi , Istana Gyeongbok adalah simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea. Setelah pembunuhan Maharani Myeongseong  oleh mata-mata  di tahun1895, Raja Gojong  meninggalkan istana ini bersama anggota keluarganya yang lain dan tidak akan pernah kembali.

Pada tahun 1911 ,  pemerintahan Jepang yang sedang menjajah Korea menghancurkan semua bangunan kecuali 10 bangunan utama dan membangunan bangunan Pemerintahan utama Jepang untuk Gubernur Jendral Korea di depan ruangan Tahta.

Bangunan utama dari Istana Gyeongbok termasuk Geunjeongjeon, Ruangan Tahta Raja (yang merupakan harta nasional Korea Selatan nomor 223) dan Pavilun Gyeonghoeru  (harta nasional nomor 224) yang memiliki kolam bunga teratai dan bertiangkan 48 buah tonggak granit. Istana Gyeongbok saat ini dibuka untuk umum dan Museum Nasional Rakyat Korea ( National Folk Museum of Korea ) berdiri di dalamnya. ( id.wikipedia.org )

Saat yang indah dan menyenangkan bila berkunjung ke sana adalah saat musim semi, dimana bunga-bunga sakura telah bermekaran dan suhu sudah tidak menggigil lagi.

Walaupun sudah mengunjungi tempat ini selama 3 ( tiga ) kali, rasanya masih merasa senang dan tidak membosankan dan yang terpenting kita bisa mengambil pelajaran tentang peradaban budaya bangsa Korea.

Semoga bermanfaat dan saya menyadari bahwa masih penuh dengan kekurangan terutama dokumentasi yang kurang memuaskan. Mohon maaf.

8 thoughts on “Wisata Korea I : Gyeongbokgung

  1. Annyeong haseyo songsaengnim,
    wah asyik bgt jalan2nya, serasa lagi ikut film jumong ya..saya suka bgt film itu. oh ya disana hujan gak songsaengnim? di Indonesia lagi musim banjir sama musim penyakit nih.
    ngomong2 difoto songsaengnim yang mana ya?…

    : Ne Annyeong haseyo Dian ssi..
    Asyik tapi kedinginan sekali dan anginnya sangat kencang walaupun tidak jadi hujan. Pergantian musim di Korea juga menjadikan badan kita sakit-sakitan, namun saya berharap Dian ssi tetap sehat..
    saya yang di depan museum ( nampak paling cerdas ) itu lho Dian ssi 😀 ( nongdam heyo )

  2. Aniyo majayo, songsaengnim nampak paling cerdas n ganteng kok, jjinjayo.
    tapi jgn bilang2 teman2 songsaengnim yah, nanti mereka sedih lagi he he…(nongdam heyo jg deh).

    😀 bisa aja… kumawoyo

  3. 아이고…아이고…sonsengnim…jd bikin aku pengen jalan2 ke seoul nih..tp klo bukan hari libur takuuuuut…ntar ketemu imigrasi deportasi lg…he..he…
    btw klo ada channel kerjaan yang bagus buat bulbop kasih khabar ya..kamsahamnida(^__^)…

    :Lagian kan masih dingin to mas Hasyim… ya sementara sambil istirahat di rumah saja… untuk channel dengan senang hati kalau ada dikasih tahu… tapi ya harus sabar sebab situasinya memang lagi kayak gini… makasih…

  4. annyong haseyo fauzy sonbe…..
    Jadi malu nih….bangsa Jepang jahat banget ya sama korea…..
    sonbe beli oleh2 apa aja di sana?
    oya, pengen liat foto2nya dong sonbe….

    :ne Annyeong haseyo Ayu san..
    waduh… gak ada oleh2 sama sekali nih.. dan foto2nya juga redup banget karena kedinginan… makasih..

  5. hai, halow.. sy dr penerbit Gradien Mediatama di Jogja. Kita punya buku ttg cerita rakyat dari Korea. Intinya sih belajar budi pekerti dari cerita rakyat Korea. N lagi bingung kasih judul buat buku ini. Klo negeri Korea itu yg mnarik n bisa ditonjolin apa ya? Ada ide kah? Mohon dibantu ya…

    makasih

    : Saya coba jawab yang bisa ditonjolin dan menarik dari korea :
    Tae kwon do, ginseng, kimci ( jenis asaman dari sawi ), atau sebutan negaranya harimau putih. mungkinkah bisa lebih spesifik… ? makasih…

  6. Annyong haseyo sonbeku yang baik hati….sonbe keren juga tuh di foto, he he he…….
    😀 jangan sampai bilang tidak keren… komentarnya ntar aku kategorikan spam hahaha…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s