Serupa Tapi Tak Sama

zebra_morrip0019s3

Anda pasti tahu gambar apakah  tersebut di atas. Coba perhatikan gambar tersebut !  Mirip bukan? tetapi dari judul di atas kita pasti bisa menduga bahwa keduanya berbeda.

Ayo siapa yang bisa menyebutkan perbedaannya? ada sedikitnya 5 ( lima ) perbedaan. Yang bisa menyebutkan dengan benar dan paling cepat ( boleh ) minta hadiah, tapi juga boleh tidak memintanya. Dan saya berharap tidak memintanya. Toh kalau dapat hadiah juga harus ngambil sendiri ke sini.

Dalam berbahasa, kita juga sering menemukan hal seperti tersebut  di atas , salah satunya misalnya dalam kalimat permintaan ” tolong”, ” silahkan”, ” coba”.  Bahasa seperti ini sering kita gunakan dalam keseharian kita untuk memohon dengan halus.

Dalam bahasa Korea misalnya saya sebutkan seperti contoh di bawah ini :

Beberapa bentuk permintaan dalam bahasa Korea
Makan Bekerja Menyanyi
1 Silahkan 어서 드세요 어서 일하세요 어서 노래부르세요
oso deseyo oso ilhaseyo oso norae bureseyo
2 Tolong 드셔 주세요 일해 주세요 노래불러 주세요
desyo chuseyo ilhae chuseyo nore bullo chuseyo
3 Coba 드셔 보세요 일해 보세요 노래불러 보세요
desyo boseyo ilhae boseyo nore bullo boseyo
4 Mari kita 함께 듭시다 함께 일합시다 함께 노래부릅시다
Hamke depsida hamke ilhapsida hamke noreburepsida

Contoh tersebut di atas bisa kita terapkan ke dalam kata kerja yang lain. Dan dalam kalimat ajakan kita bisa hanya menggunakan verb (으) ㅂ시다   yang menggambarkan ajakan, tanpa harus menggunakan  함께 ( hamke ) :

contoh :

가다   > 가 + ㅂ시다 = 갑시다  (kapsida )  mari kita pergi

읽다  > 읽 + 읍시다 = 읽읍시다 ( ilgepsida )  mari kita membaca.

Contoh di atas hanya sebuah gambaran dari  beberapa penggunaan kata

permintaan dalam bahasa Korea. Semoga bermanfaat.

13 thoughts on “Serupa Tapi Tak Sama

  1. kirain tadi cari bagian yg serupa tapi tak sama pada gambar
    rupanya bahasa korea
    saya suka film korea
    tapi gak ngerti bahasanya

    :kan itu juga to bung….😀 ya yang penting paham isi filmnya udah bagus…. sekalian nanti klo ngerti sedikit tentang bahasa korea tambah asyik lho… Makasih ya..

  2. Akhirnya di kasih kesempatan jawab soal yang pertama.ada sonseng nim
    1: Tentunya arah zebra itu berlawanan,kanan dan kiri.he he he
    2: Pada telinga zebra yang kanan lebih hitam,lebih terasa coretan tintanya.he he he
    3: Zebra yang kiri ada coretan hidung dengan warna putih sedangkan kanan obsoyo.he he he
    4: Mata zebra yang kanan lebih hitam sedangkan yang kiri terdapat coretan putih pada bagiannya.he he he
    5: Alis mata zebra yang kanan lebih menonjol keluar sedangkan yang kiri tidak.he he he
    Mana hadiahnya son sengnim? saya minta klangenaning ati aja son sengnim,he he he ha ha ha ka ka ka wka wka.Mannaso ban ga wo yo.

    :oo.. boleh tapi masih ada yang lebih tepat…. hasil akhirnya akan diumumkan 4 hari lagi… satu orang hanya boleh kirim 1 jawaban lo dik huda…

  3. kalo saya pass aja deh, saya gak bisa bedain gambar yg banyak garis gitu, soalnya mata saya punya cylinder.
    songsaengnim, kalo 함께 ( hamke )itu bisa gak dipakai buat untuk kalimat selain kalimat ajakan? yg penting artinya bersama-sama juga. kl bisa minta contoh ya, soalnya sampe sekarang msh suka bingung kalo mau pake kata 함께 ini.
    kamsahamnida, songsaengnim…

    Tazkiana: oo gak apa2, permainan saja.. tentang 함께 setahu saya bisa digunakan dalam berbagai kalimat misalnya : 함께 하고싶습니다, 어제는 가족과 함께 저녁을 먹으러 식당에 갔어요 , 친구들과 함께 있어서 재미있었어요. …와/과 함께 seperti 더불어. Atau bisa diganti 같이 : 우리가 같이 만나고 2시간 동안 이야기했어요, dan sebagainya. o ya Dian ssi. ini ada permintaan mediasi dari mas Hasyim bahwa anda dimohon bedah lagunya 타이푼- 기다릴게.. wah saya setuju, sebab tiap hari saya nunggu postingan anda, apakah anda sakit? tetapi saya berharap anda sehat2 saja. Kamsahamnida Dian ssi

  4. 1.mata
    2.telinga
    3.hidung
    4.dagu bagian bawah
    5.alis

    benarkan sonsengnim(^__^)…4hari lagi aku mesti ke tempatnya sonsengnim nih…ngambil hadiah…he..he..

    btw..nitip pesan buat nuna dian bedahin lirik lagunya 타이푼- 기다릴게..
    Tolongin atuh nunu…ntar hadiah dari sonsengnim aku kasih ke nunu deh…he..he..
    😀 Makasih mas Hasyim . Tapi nggak mikir kan? terlalu mudah kan? pesannya udah saya sampaikan, tapi kalau ternyata nanti hadiahnya bukan untuk mas Hasyim, maka Anda harus tetap ngasih hadiah untuk Dian ssi lho..!

  5. Kamsahamnida songsaengnim atas penjelasannya, saya memang lebih sering menggunakan 같이 daripada 함께.
    mengenai PR dari mas Hasyim.. ne, algesumnida! saya akan coba kerjakan secepatnya.
    memang saya lg kurang enak badan sedikit, blm lg tugas kantor, sebentar lg hrs lapor pajak tahunan nih, pokoknya aju bapuseyo. untung setiap pagi msh sempat mampir diblog songsaengnim, jd bs menghibur sedikit.

    : Makasih……Dian ssi. Walau sibuk, tetapi harus pandai ngatur waktu istirahat biar nggak kelelahan. Selamat bekerja dan sukses selalu.

  6. 1. Hidungnya berbeda
    2. Matanya berbeda
    3. Telinganya berbeda
    4. Pipi dekat hidung berbeda
    5. zebra yang kanan mata sebelah kirinya ada bulu matanya.

    : Wah… Arigatou gozaimasu. masih sakit to Ayu san kok nampak letih…semoga cepat sembuh saja.

  7. waduchhhh.. udh keduluan sama yg laen niy… hikss… pdhl daku juga punya jawaban yg sama …. hihihi gpp dech… daku ikut seru2an aja tuh nyariin bedanya hihih soalnya daku suka siy game serupa tapi tak sama ^o^

    :Makasih putri…lagian ini terlalu mudah kan…? nanti deh bikin yang agak sulit. cari 100 perbedaan gitu.

  8. Sesuai rencana, bahwa hari ini akan diumumkan hasil “serupa tapi tak sama“, dan Mas petruk sebagai jurinya mengumumkan :
    1. Ketiga penjawab dinyatakan benar dengan urutan
    a. Sdr.Khoirul Huda
    b. Sdr. Hasyim.
    c. Sdri.Kawaii Ayu.

    2. Sdr. Khoirul Huda, karena nge-net selalu di warnet, maka hadiahnya diwujudkan ” monitor samsung 17 ‘”. biar nanti bisa ngenet sendiri. Mas huda di Demak… hadiahnya silahkan ambil ya..!

    3.Untuk mas Hasyim, sisa hadiahnya yang ada adalah Rice cooker. Mau dikasih sama Dian ssi. OK berarti yang berhak adalah Dian ssi. Tapi maaf klo malam minggu masih saya gunakan untuk masak. Dian ssi.. rice cookernya tidak usah diminta ya…

    4. Untuk Sdri. Kawaii Ayu, karena tetangga sendiri, maka hadiahnya nanti saja saya bawa sambil pulang ke Indonesia. O ya katanya hadiahnya minta jalan-jalan di bandara Ngurah Rai Denpasar. OK, boleh saja.

    5. bagi semua yang sudah berpartisipasi disampaikan banyak terima kasih dan keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat.

  9. Nuna dian…dapet rice cooker..ambil aja nuna biar sonsengnim pinjem rice cooker tetangga(^__^),ntar tiket korean air PP jakarta-incheon minta aja ma sonsengnim,nah tiket bus dari incheon ke tempatnya sonsengnim biar hasyim yg bayarin deh…(^__^)he..he..
    😀 lagi krisis kok suruh belikan Tiket to mas…Dian ssi udah iba kok sama aku. trims..

  10. gak usah deh mas hasyim kasihan, suka ya lagunya? Songsaengnim, boleh minta ganti gak hadiahnya? daripada songsaengnim gak makan gara2 gak pny rice cooker. mo ksh PR nih, gampang kok cuma minta resep (yg gampang ya) cara bikin ttok(rice cake) yg buat ttokpoki tuh. saya suka bgt makan itu, biasanya bikin sendiri, ttoknya beli di supermarket korea, tp mahal bgt. mo coba bikin sendiri caranya, phutakamnida songsaengnim…

    :enakan beli saja Dian ssi, repot kok buatnya😀 PR lagi nih… ya saya coba . kumawoyo Dian ssi..

  11. Anyeong..
    Sbenernya aquwh pengen bljr bhsa korea… Tp yg bwat penghalang tu, wktu aquwh bljr online, kebanyakan materi lgsg di tulis dgn hruf hangul. Sbenernya aquwh udh bsa bca tulis hangul. Tpi, aquwh klo online di hp, di laptop atw di komputer quwh, tulisan hangulnya brubh jd kotak” doank dan jelas gag bsa di bca, apa lg di pelajari dan di mengerti.. Tlg ya maz, klo posting lg jgn di tls hangulnya doank, sma cra bcax.. Gomawo..

    Tazkiana :

    ne , annyeong haseyo.
    sebenarnya yang anda perlukan setting bahasanya biar nggak kotak2 ato download korean language pack.
    untuk sarannya terima kasih banyak..

  12. Wah oppa, postingan ini kepotong di hp saya. Di browser, contohnya yang terlihat cuma yang makan dan bekerja, tapi begitu saya copy paste di memopad, muncul “oso norae bureseyo”, “nore bullo chuseyo”, “nore bullo boseyo”, dan “hamke noreburepsida”. Yang 4 itu, contoh untuk apa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s