Hari Bumi 2009 ( Bumi kita sedang sakit )

 

bumi

Tidak terasa, countdown banner “earth day” di blog ini  , telah tertulis ” today is earth day “. Artinya, tanggal 22 april ini kita telah sampai lagi pada peringatan hari bumi. Kita diingatkan kembali bahwa bumi yang kita tempati ini sedang sakit, entah mulai kapan dan sampai kapan.

Di bumi yang kita tempati ini berdiam sekitar 10 juta jenis makhluk hidup yang tinggal bersama. Namun saat ini, bumi ini menyimpan banyak masalah  lingkungan hidup. Setiap jam-nya , bumi ini telah kehilangan untuk selamanya ( punah ) 2 jenis makhluk hidup dan setiap tahunnya 20.000. jenis binatang mengalami kepunahan. 

Berkurangnya spesies hidup ini menurunkan kestabilan ekologi yang terkait dengan rantai makanan dan juga kemampuan memurnikan diri spesies hidup tersebut.

Pemanasan global telah terjadi secara nyata selama 20 abad, dan penyebab utamanya adalah penebangan hutan yang serampangan  serta peningkatan pemakaian bahan bakar dari fosil seperti batu bara dan minyak bumi.  Suhu rata-rata bumi menjadi lebih tinggi sekitar 0,6 derajat celcius dibandingkan suhu bumi seratus tahun yang lalu. Iklim menjadi lebih hangat, akibatnya menyebabkan kekeringan panjang, kebakaran hutan, banjir dan gelombang dingin.

Pencemaran laut juga tidak kalah hebatnya, padahal lautan merupakan tempat tinggal 90 % dari jumlah makhluk hidup ini. Laut mengendalikan cuaca melalui cara pemancaran panas di musim panas dan penyerapan panas di musim dingin. Selain itu, melakukan penyesuaian suhu lautan melalui perpindahan panas di wilayah katulistiwa ke kutub melalui air pasang surut.

Masih banyak lagi bila kita uraikan tentang bumi kita yang sedang sakit ini. Namun kita tetap harus peduli. Salah satu program yang ditawarkan adalah 3R movement ( Gerakan tiga R) yaitu Reuse ( gunakan kembali ) : gunakan kembali produk yang bisa dipakai kembali setelah diperbaiki.Reduction ( kurangi ) : yaitu dengan mengurangi kebutuhan rumah tangga seminimal mungkin. Dan Recycling ( daur ulang ) gunakan produk seperti kertas, kaleng, dan botol setelah didaur ulang sebagai sumber-sumber.

Sekecil apapun kita tetap harus berbuat, untuk menyelamatkan bumi ini dari kerusakan yang semakin parah.”Tambahkan cinta kurangi benci” terhadap lingkungan dan segala ciptaan Tuhan. Hijau bumiku, damailah duniaku. 

(referensi : 이주노동자를 위한 환경가이드 북  )

One thought on “Hari Bumi 2009 ( Bumi kita sedang sakit )

  1. Hi Onichan….pha kabar…tumben nih aku mampir lagi, he he he

    Tazkiana : Terima kasih Ayu san, karena judul postingannya sama dengan namanya, mungkin ini yang mengajak anda untuk mampir. kumawoyo….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s