Belajar Bahasa Korea:MENGENAL KATA 어떻게 ( eotteoke )

MENGENAL KATA 어떻게 ( eotteoke )
Kata 어떻게 ( eotteoke ) memiliki arti ” bagaimana “. Dalam penggunaannya kata ini acapkali berubah kata, sesuai dengan
fungsi pertanyaan itu sendiri. Tulisan ini sebenarnya terinspirasi dari Q & A bahasa Korea di
http://world.kbs.co.kr/indonesian , ada yang menanyakan tentang perbedaan antara
kata : 어떻게 dan 어떡해. Dalam kesempatan ini saya tampilkan jawabannya yaitu : ” Kata 어떻게 (oetteoke) merupakan
kata keterangan dengan arti ‘bagaimana’. Sedangkan kata 어떡해(oetteokhe) sebagai frase disingkat dari 어떻게
해(oetteoke hae) yang bermakna ‘bagaimana melakukan~atau bagaimana saya bersikap’ maka dapat dipakai predikat tapi
tidak bisa menerangkan unsur lain.
Misalnya, 한국에 어떻게 갑니까? (Hanguke oetteoke gamnika?) yang berarti, Bagaimana saya ke Korea?
Dalam kalimat kata 어떻게 menerangkan kata 갑니까 yang dipakai sebagai predikat.  Sedangkan kata 어떡해 digunakan
dalam kalimat seperti 나 어떡해?(Na oetteokhe?) dengan arti, bagaimana saya? Ungkapan ini dapat dipakai ketika
seseorang harus mengambil suatu sikap dalam satu keadaan.”. inilah penjelasan dari perbedaan dua kata di atas
Mungkin masih banyak kata serupa 어떻게 ( eotteoke ) dalam bahasa Korea. Saya ambil beberapa contoh di bawah ini :
1. 어떤 atau 어떠한  ( eotteon atau eotteohan )  dengan arti yang bagaimana, misalnya
a.어떤 노래가 좋을까요..~? ( eotteon noraega joheulkkayo.. ) Lagu  yang bagaimana yang anda sukai ?  kalimat ini
mengharapkan jawaban jenis lagu, misalnya balada, rock, dang dut dan sebagainya.
b.어떤 사람한테 길을 물어봤어요? ( eotteon saramhante gireul mureobwasseoyo?  ) Pada orang yang bagaimana ( siapa
) kamu menanyakan jalan ?
c.정말 어떠한 학생이라도 성공할 수 있습니다.( jeongmal eotteohan haksaengirado seonggonghal su issseumnida.)
Sungguh, pelajar yang bagaimanapun ( siapapun ) dapat berhasil sukses.
d. 어떤 일이 있어도 아침엔 좋은 생각 하새요 ( eotteon iri isseodo achimen joheun saenggak hasaeyo ) Dalam kondisi
yang bagaimanapun juga, pada pagi hari berfikir baiklah . Kata  어떤 di sini berubah menjadi idiom ketika digabung dengan
kata lain, walaupun masih mempunyai makna yang bagaimana.
2.어떠세요? ( eotteoseyo? ) artinya ” bagaimana..? ” . hampir sama dengan kata permasalahan di atas, bahwa kata inipun
dipertanyakan penulisan antara 어떠세요? dan  어떻세요?
a.요즘 어떠세요? ( yojeum eotteoseyo? ) akhir-akhir ini bagaimana kabarmu ?
b. 여름 유가 어디로 가실건가요 ? 인도네시아으로 어떠세요( yeoreum yuga eodiro gasilgeongayo ? indonesiaeuro
eotteoseyo..? Anda akan pergi ke mana pada liburan musim panas..?
3. Ada juga kata  어떻게 하는지 알아/몰라 ( eotteoke haneunji ara/molla ) Tahu/ tidak tahu bagaimana melakukan
sesuatu. contonya adalah :
a. 용준이는 김치찌게 어떻게 만드는지 알아요.( yongjunineun gimchijjige eotteoke mandeuneunji arayo )  = Yong-jun
tahu bagaimana membuat Kimci chigae.
8.부산에 어떻게 가는지 몰라. ( busane eotteoke ganeunji molla ) Saya tidak tahu bagaimana caranya pergi ke Busan
Mungkin juga masih ada kata-kata serupa, namun pada kesempatan ini mungkin cukup ini saja dan mudah-mudahan
bermanfaat.

hanmadiKata 어떻게 ( eotteoke ) memiliki arti ” bagaimana “. Dalam penggunaannya kata ini acapkali berubah kata, sesuai dengan fungsi pertanyaan itu sendiri. Tulisan ini sebenarnya terinspirasi dari Q & A bahasa Korea di world.kbs.co.kr/indonesian , ada yang menanyakan tentang perbedaan antara kata : 어떻게 dan 어떡해. Dalam kesempatan ini saya tampilkan jawabannya yaitu : ” Kata 어떻게 (oetteoke) merupakan kata keterangan dengan arti ‘bagaimana’. Sedangkan kata 어떡해(oetteokhe) sebagai frase disingkat dari 어떻게 해(oetteoke hae) yang bermakna ‘bagaimana melakukan~atau bagaimana saya bersikap’ maka dapat dipakai predikat tapi tidak bisa menerangkan unsur lain. Misalnya, 한국에 어떻게 갑니까? (Hanguke oetteoke gamnika?) yang berarti, Bagaimana saya ke Korea?

Dalam kalimat kata 어떻게 menerangkan kata 갑니까 yang dipakai sebagai predikat.  Sedangkan kata 어떡해 digunakan

dalam kalimat seperti 나 어떡해?(Na oetteokhe?) dengan arti, bagaimana saya? Ungkapan ini dapat dipakai ketika seseorang harus mengambil suatu sikap dalam satu keadaan.”. inilah penjelasan dari perbedaan dua kata di atas .

Mungkin masih banyak kata serupa 어떻게 ( eotteoke ) dalam bahasa Korea. Saya ambil beberapa contoh di bawah ini :

1. 어떤 atau 어떠한  ( eotteon atau eotteohan )  dengan arti yang bagaimana, misalnya :

a.어떤 노래가 좋을까요..~? ( eotteon noraega joheulkkayo.. ) Lagu  yang bagaimana yang anda sukai ?  kalimat ini mengharapkan jawaban jenis lagu, misalnya balada, rock, dang dut dan sebagainya.

b.어떤 사람한테 길을 물어봤어요? ( eotteon saramhante gireul mureobwasseoyo?  ) Pada orang yang bagaimana ( siapa  ) kamu menanyakan jalan ?

c.정말 어떠한 학생이라도 성공할 수 있습니다.( jeongmal eotteohan haksaengirado seonggonghal su issseumnida.) Sungguh, pelajar yang bagaimanapun ( siapapun ) dapat berhasil sukses.

d. 어떤 일이 있어도 아침엔 좋은 생각 하새요 ( eotteon iri isseodo achimen joheun saenggak hasaeyo ) Dalam kondisi yang bagaimanapun juga, pada pagi hari berfikir baiklah . Kata  어떤 di sini berubah menjadi idiom ketika digabung dengan kata lain, walaupun masih mempunyai makna yang bagaimana.

2. 어떠세요? ( eotteoseyo? ) artinya ” bagaimana..? ” . hampir sama dengan kata permasalahan di atas, bahwa kata inipun dipertanyakan penulisan antara 어떠세요? dan  어떻세요?

a.요즘 어떠세요? ( yojeum eotteoseyo? ) akhir-akhir ini bagaimana kabarmu ?

b. 여름 유가 어디로 가실건가요 ? 인도네시아으로 어떠세요( yeoreum yuga eodiro gasilgeongayo ? indonesiaeuro eotteoseyo..? Anda akan pergi ke mana pada liburan musim panas..?

3. Ada juga kata  어떻게 하는지 알아/몰라 ( eotteoke haneunji ara/molla ) Tahu/ tidak tahu bagaimana melakukan sesuatu. contonya adalah :

a. 용준이는 김치찌게 어떻게 만드는지 알아요.( yongjunineun gimchijjige eotteoke mandeuneunji arayo )  = Yong-jun tahu bagaimana membuat Kimci chigae.

8.부산에 어떻게 가는지 몰라. ( busane eotteoke ganeunji molla ) Saya tidak tahu bagaimana caranya pergi ke Busan

Mungkin juga masih ada kata-kata serupa, namun pada kesempatan ini mungkin cukup ini saja dan mudah-mudahan bermanfaat.

311 gagasan untuk “Belajar Bahasa Korea:MENGENAL KATA 어떻게 ( eotteoke )

  1. kamsahamnida songsaengnim…
    aku copy dulu ya, pelajarinnya nanti aja, kl lagi puasa susah mikirnya he he he…

    ps. hari ini tidak sahur ikan laut asin sm kimchi asem lg khan?

    Tazkiana :
    Terima kasih Dian ssi. Klo nggak puasa lupa ya.. sahurnya tetep, karena menu wajib, cuma tambah odeng aja.. Gomaweoyo..

  2. odeng? mauuu… mas fauzy sih puasa2 ngomongin odeng jd kebayang deh beberapa tusuk odeng dimakan panas2 …hmm

    Tazkiana :
    Ya bayangin nikmatnya makanan klo pas lapar kan..? odeng is my favorit Korean food.. tapi saya suka yang odeng manis untuk lauk.. biar tambah manis gitu lho ..Dian ssi..

    • Jonas ssi..
      Tinggal di Madiun..? saya orang madiun tapi belum pernah belajar bahasa Korea di Madiun. Teman saya pernah kursus, tapi tapi juga belum berani untuk direkomendasikan, sebab orientasinya hanya KLPT dasar. Mudah2an nanti saya tahu ya … Mian haeyo…

  3. dear mas fauzi,

    saya mau belajar bahasa korea dari tulisan kanjinya dan tata bahasanya…kalo di jakarta ada tempat kursus yang bagus ga ya???

    gamsahamnida

    • Terima kasih atas kunjungannya..
      Sampai saat ini saya belum bisa menginformasikan tempat kursus yang baik, namun setahu saya ada kursus di Kedutaan Korea di Jakarta atau juga di UI, walaupun jadwalnya pasti menyesuaikan.
      Namun sebelum mulai kursus, belajar secara online sebenarnya sudah banyak referensi untuk itu.
      Kamsahamnida…

    • tlp ke no ini 081213917374 (mas vite) buka kursus di daerah ubud karawaci dan jakarta juga, paket belajar 20 x pertemuan Rp.900.000,

  4. khamsa hamnida sonsengnim, chigem nega hangkuk mal cokum arasoyo. nega hanguk mal chemi idta, geronde hanguk mal aju oryopta. hehe maaf bhasanya amburadul nih,. bru belajar.

    Tazkiana :
    manaseo ban gaweoyo…
    Fuad ssi han gukmareul jal haessoyo.. han gul mal eun eoryeopjiman neomu jaemissoyo .. geuraejyo…?
    Kamsahamnida Fuad ssi..

  5. annyeong haseyo….

    blog nyah bagus bgt mas.,jiem jadi bisa belajar bahasa korea…pgn kursus tapi d bandung gda tempat kursus bahasa korea.,untung nemu ni blog.,jadi bisa blajar dikit2…heee

    mas klo introduce dalam bahasa korea gimana sich??

    Kamsahamnida hyung….
    (maf klo salah….)

    Tazkiana :
    Ne, annyeong haseyo Jiem boum ssi..
    cheo eum boepsemnida, apa kabar…terima kasih atas kunjungannya ya…. perkenalan yang bagaimana…? mungkin percakapannya ya..?
    OK deh nanti mudah2an saya bisa membuat tulisan tentang itu
    Kamsahamnida…

  6. annyeong haseo

    uda lama nyari gmn belajar bahasa korea
    akhir’y ktmu jg blog yg bnr2 bantu
    perbanyak lagi dunk pembendaharaan kata’y yh
    biar klo nonton film korea bsa ngrti tnpa liat text’y :D:D

    oppa kumawa :)

    Tazkiana :
    Ne, Annyeong haseyo Uland ssi..
    Senang bertemu dengan Anda … Terima kasih atas sarannya, mudah2an semakin rajin menulis…ini bisa menjadi motivasi bagi saya…
    Kamsahamnida…

  7. hay aku amel ajarin aku bahasa korea dong…
    aku pengen bisa bahasa korea…
    klo perkenalan dalam bhs. korea tu gimana…???
    ajarin aku ya…
    thanks

    Tazkiana :
    Terima kasih atas kunjungannya… wah dengan senang hati bila saya bisa , maka akan saya bantu . Untuk percakapan perkenalan, anda bisa mengikuti di halaman KOREAN ONLINE, dan memilih salah satu program yang ada…
    Kamsahamnida..

  8. mas arti kata genyang dalam percakapan orang korea itu apa ya? contohnya genyang ga.

    Tazkiana :
    그냥 (geu nyang ) sesuai arti kamus diterjemahkan ” sebagaimana adanya”, ” biasa-biasa saja “. jadi kalau 그냥 가 ( geu nyang ka ) itu pemahaman yang mendekati ” ya udah pokoknya pergi ”
    Terima kasih…

  9. annyong baseyo!!!
    Saya pengen tau gimana cara cpat belajar bhsa korea kalo membaca tulisan kanji saya sudah bisa
    trus menulis cuman dikit aja yang bisa trus
    saya juga pengen punya temen yang bisa bahasa krea supaya saya bisa cepat lancar belajar bahasa korea”y

    Tazkiana :
    Ne Annyeong haseyo…
    Tentu setiap orang mempunyai cara yang berbeda…menurutku, intensitas belajar sangat mempengaruhi, mungkin selain belajar terus grammar, melihat drama ( khususnya via video ) sambil menulis kata2 yang belum paham, kemudian dicari maknannya di kamus.. juga cepat, juga dari lagu..
    Kamsahamnida..

  10. annyeong haseyo songsenim…

    artikel dari oppa bagus! jeonen nomu kipoyo! saya jadi lebih ngerti bhs korea dari sini…

    yojuem eotteoseyo?

    gamsahamnida oppa!

  11. aku suka bahasa korea….
    aku cinta negri pagi nan damai itu….
    aku suka kebudayaan nya…
    bagi aku , itu unik….
    bhs.korea susah tapi menyenangkan untuk di pelajari …
    tunggu aku di korea…. ^_^ …..

    Tazkiana :
    Terima kasih atas kunjungannya…
    OK deh kita tunggu di Seoul…. oseo oseyo Liany ssi…

  12. annyeong haseyo untuk yang berminat les bahasa korea hub:081573118474

    Tazkiana :
    Terima kasih mas Budi…
    Boleh di jelaskan di mana tempat kursusnya..sebab banyak yang menanyakan tempat kursus bahasa Korea… kamsahamnida..

  13. wae dangsin-eun teugbyeol geulub-e hangug-eo sseun nobi an hanayo?
    saya dapat kiriman sms dari teman dengan bahasa korea, kira2 ini artinya apa yah mas???

    Tazkiana :
    mungkin saja ” mengapa anda secara khusus bergabugn di kelompok bahasa korea…
    mamaf klo tidak pas…karena tidak ada hangeulnya
    kamsahamnida

  14. annyeong haseo,,

    aq pgn belajar bhsa korea dari awal. dari yang kecil2 nya dulu. soalnya masi awam dengan bahasa yg menurut ku agak susah di pelajari ini. tapi dari tadi nyari web nya ga ketemu2. sejak nonton film2 korea,jadi ingin tau banyak tentang negara itu. kalo bisa sekalian huruf kanji dan pelafalnnya juga.
    kamsahamnida,,

    Tazkiana :
    ne annyeong haseyo…
    terima kasih atas kunjunganya…
    sebenarnya apa yang anda cari telah ada link-link di blog ini, tinggal anda ingin mulai dari mana. misalnya dari huruf korea ( hangeul ), di blog ini ada halaman “hangeul “…di situ banyak link yang bisa anda gunakan untuk belajar hangeul..juga misalnya tata bahasa..

  15. annyeong haseyo…

    arti oppa dalam bahasa korea apa sih ?
    tolong di jawab ya ..

    Tazkiana :
    ne annyeong haseyo..
    Oppa adalah kakak/mas/bang dsb, sebuah panggilan dari cewek ke cowok. sebaliknya co ke ce = nuna, co ke co = hyeong, ce ke ce = onnie.

  16. aduh,,,,susah cari kuliahan jurusan bahasa korea nechh pengen tau lebih bnyak…………….

    bahasa koreanya ”belajar bahasa korea lebih jauh” uph plisss….

    Tazkiana :
    mungkin maksud anda ” Han guk mareul ddo yeolsimhi hagesseumnida ” gitu ya..

  17. di mana yaxh tempat kursus bahasa korea yang bagus soalnya aku mau belajar bahasa korea yang baik dan benar…..????????

    i luphhhh korea
    l luphhhh indonesia

  18. annyeong haseyo

    saya mau nanya sebenernya belajar bahasa korea itu susah atau gampang sih?
    terus kalo mau belajar bahasa korea sebaiknya di mulai dari bagian mana dulu?

    gamsahamnida

  19. ‘anyeong haseyoo
    maaf kalo salah pnulisanx !! Hehe
    ‘saya mau tanya gimana carax kta belajar bhs korea dgn baik dan benar tanpa dgn les ?
    ‘semenjak nnton BBF serial drama korea ituw langsung trgila gila ama korea ! Jd kpengen deh tau bhs korea.
    ‘apa bhs korea dr dia idolaku !
    Kamsahamnida..

    Tazkiana :
    ne annyeong haseyo
    saat ini , pembelajaran online tentang bahasa Korea sudah banyak sekali. maka anda bisa belajar, baik melalui online atau offline. di blog ini ada beberapa link yang bisa di gunakan sebagai acuan dasar.

    • yes,, aku ska bhasa korea tapii……………………………………………………………………………………………………. susah banget untuk belajar ea !!!!!!!!! pengen dwwwwekh belajar bahsa korea……………….. tolong donk ajarin supaya bisa……. please

  20. annyeong,,,annyeong,,,
    I love Korean state, someday I’ll go visit him .. because there I have a boy band and girls favorite…
    Koreans are very good and I want to try the food is very tasty
    gamsahamnida ^_^

    Tazkiana :
    ne, cheonmaneyo..
    thank for your visiting…

  21. yoboseo..
    annyeong haseo…
    otoke jineseyo????
    ajussi,bulan desmber q mau ujian tes hangugo,tlong q mta doa y q ngin krja dsna.itulah impian & cta2 q dri dlu,,,q ingn mrsakan
    musim salju.sarangheo hangug.
    GAMSA HAMNIDA…

  22. hannyeo hanseyo ne aq fans brt nya min ho aq kpngn skli bljr bahasa korea tapi aq aga sulit untk mngcpkn kat itu

    tapi bnrn aq ingn skli bljr bhs itu ??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  23. Assalamulaikum tazkiana ..
    annyonghaseyo ..
    haloo..
    oraenmanieyoo.. jael jinessoyoo… ?
    lama tak jumpa .. baik baik saja ?

    oh ya … kalau ad yang cakap bahasa korea … boleh saran ga ? ” agar sekalin diartiin aja .. supaya yang lain jadi ngerti .. kan adanya korea OL itu berfungsi buat yang lagi belajar juga … hehe

  24. hi.. mw nanya dong..
    bagus Park Hae Yeon atau Park Yeon Hae atau Park Yeon Hee atau Park Yeun Hee ?
    trus tulisan koreanya gmn tuh??? masih belum tahu..
    tolong dibantu ya..
    Thanks before… ^^

  25. aku pengen belajar tapi enggak ngerti maksudnya..???
    aku pingin belajar dari awal sama ngerti kosakatanya bahasa korea tapi harus mulai dari mana dulu dan caranya gimana..???
    aku dah bolak-balik buka blog ini tapi gag ngerti-ngerti juga maksudnya gimana..
    kasi tau ya..
    aku kan juga pwinginnn banget nambah wawasan..

  26. aku suka bahasa korea ,, aku juga suka orang” korea ,
    aku igin sekali bljar bhasa korea
    ka” tlong ajarin aku basa korea
    karna aku punya idola orang” korea

    Tazkiana :
    terima kasih atas kunjungannya..
    yah…dengan senang hati, namun sebenarnya bisa belajar dengan para idolanya lho…

  27. ajussi,penggunaan akhiran kata sperti -nikka,-geol,-mariya itu bagaimana yaa aturannya ?
    tolong kirim ke email saya ajussi :)

    gamsahamnida :)

  28. mas fauji ku ni d bahren. dri dulu pngn bngt pergi ke korea tpi sblum pergi bljr dulu bhsanykn tkut nysar gk bsa tnya mang rang sanah nh sekrang lg bljr sedikit” yh maunya sih bnyk cpt kira” gmnh cranya bljr bhsa cpt ngrti…
    inssya allh itu juga klo ksampan pergi hehehe

    tazkiana :
    salam kenal dari Korea untuk Niar di bahrain..
    pertama kenali tulisannya, klo dah bisa trus belajar tata bahasa dan sedikit demi sedikit kosa katanya.

  29. annyeonghaseyo..
    dangsineul mannaseo bangaseubnida!..
    ……
    dkt google tu sma jua kha korea translate tu dgn bhsa korea yang sllu d gnakan dlm drama2 korea 2??

  30. gimana sie supaya cpat bisa bahasa korea,
    pengen bnget deh bisa bhasa korea..
    ajarin tika dong.. :)
    soalnya aku suka bnget ma korea,

    kamsahamnida oppa….

    Tazkiana :
    kita bisa belajar bersama Tika…
    bisa lewat FB

  31. annyeonghaseyo..apa artinya sih

    Tazkiana :
    Annyeong haseyo adalah ucapakan selamat/apakabar, seperti ” assalamu’alaikum ” bagi umat muslim . waktunya kapan saja

  32. trims ya….atas pelajaranya,kalau bisa diperbanyak dan diperindah lg biar banyak yg lihat ^_^

    Tazkiana :
    iya.. makasih atas kunjungannya dan sarannya pasti saya perhatikan..

  33. menurut agan2 bahasa korea sama bahasa sulit mana ya gan!! wabil khusus dear to tazkiana san tolong direspon ya koment saya??oneghaisimasu kara[please]..,.,
    arigatogozaimasuta

  34. Annyeong Haseyo Unnie & Oppa,i’m really want to learn korean language,anybody want to teach me??(please)

    Gomawo~
    Annyong Hi-Gaseyo ^_^

  35. ni hao me devia bagimana sih cranya agar bisa bicara korea

    Tazkiana:
    Makasih atas kunjungannya..
    belajar dan berlatih terus ya…

  36. lakukan apa yang anda , maka anda tidak perlu bekerja seumur hidup anda……………..zhizhi zhe buru hao zhi zhe hao zi zhe buru li zhi zhe please this my question repy

  37. Annyeonghaseyoo .. :D
    blog nya bagus jadi makin penasaran ingin belajar bahasa korea ..
    boleh minta info nya klo tempat kursus bahasa korea di bandung ,, dimana ya ,, ??
    kamsahamnida

    Tazkiana :
    Ne annyeong haseyo
    di Bandung bisa menghubungi komunitas Korea-Indonesia “HANSAMO “

  38. Annyong hasimnika??
    pelajaran bahsa korea’a bner” Coahyo!!
    kamsahamnida atas ilmu’a.. ini sangt bermnfaat bnget untuk qu..

    kamsahamnida.. ^^v

  39. annyeong haseyo oppa, aku mau tanya kalo mau cari kosakata korea gimana ? ters apa perbedaan nya gamsahamnida dengan gomawo ? dijawab iya !!!

  40. annyeong hasimika songsengim

    aku mau bertanya kalau kita menanyakan ‘bagaimana kondisi badan kamu pada hari ini?’

    hangul dan romanjinya apa?

    dan apakah harus menggunakan kata 어떻게 ( eotteoke ) atau kata 어떡해(oetteokhe)

    gamsahamnida

  41. menurut q bhs korea yg pling susah dri yg lain krna,,bhs korea tuchhh susah dmngrty…sya ingind bza bhs korea krnasya ingin brtmu hyun bin dsna,,,ehhehehhehe… :P

  42. Pintar bhsa koreanya apa?…..
    blz ya di no. ini aja 085743440276
    ghamsahamnida………

    Tazkiana :
    orang yang pintar = teok teokhan saram.
    klo pintar /pas dalam mengerjakan sesuatu = jal handa

  43. aq ingin bisa bahasa korea,bahkan aq juga pengen bisa bahasa inggris juga.
    sekarang aq lagi mencari sekolah bahasa korea.setelah aq llus kuliah,aq ingin meniti karir di negara yang ingin aq jelajah pertama kali dalam hidup qu.
    beri aq solusi cara belajar korea dengan mudah dan cepet dapat aq kuasai ke dua bahasa itu..?!

  44. aquu pengen banget bisa berbhasa koreaaa..
    ajariilaaahhh ,,
    ajarinn yaaa ?????????/

    Tazkiana :
    ooh..tentu saja. dengan senang hati akan membantu..
    terima kasih atas kunjungan’a..

  45. bahasa korea emang susahhhhh banget…
    tapi,aku kan belajar satu per satu,,jika kelak aku jadi orang sukses…aku ingin ke korea…

    Tazkiana :
    Amiin,, semoga terwujud..
    Tidak apa2 belajar satu per satu juga asal sering,hehe.. tetap semangat ya..
    Terima kasih sudah berkunjung..

  46. anyeong haseyo……..??????????????
    kak……..salam knal…
    kak saya ingin sekali ke korea untk sekolah… beasiswa…. tp sekarang saya masih smp……..
    bagaimana keadaan di korea kak….. qw suka BGZ ma BHS KOREA………..
    apakah kakak bsa ngajarin qw bhsa korea….
    maaf klo saya kurang sopan dan ngganggu……

    Tazkiana :
    oh tidak apa2, ini sebuah impian, kita bisa belajar bersama >
    punya akun FB? bisa ditambahkan ke pertemanan kok.

  47. Annyeong haseo…..

    berawal dr suka, skarang jd pengen lebih mendalami..

    mohon bantuannya….^ ^

    Tazkiana :
    Ne, Annyeong haseyo..
    dengan senang hati saya akan coba membantu.
    Terima kasih sudah berkunjung..

  48. Pengen belajar bahasa korea dr mulai yg paling basic donk..kasi rekomendasi..perusahaan tempat kerjaku ada korean expat nya kalo mereka ngomongin sesuatu suka ga ngerti :D

  49. 어 떻게어떡해어떻게어떡해어떻게해한국에어떻게 갑니까어떻게갑니까어떡해나어떡해어떻게어떤어떠한어떤 노래가 좋을까요어떤 노래가 좋을까요어떤 사람한테 길을 물어봤어요어떤 일이 있어도 아침엔 좋은 생각 하새요어떤어떠세요어떠세요어떻세요요즘 어떠세요여름 유가 어디로 가실건가요인도네시아으로어떠세요어떻게 하는지 알아/몰라용준이는 김치찌게 어떻게 만드는지 알아요부산에 어떻게 가는지 몰라선생님,
    또한 고급 한국어를 배우고 싶다. itu gak tau artinya kalian tau gak

  50. Annyonghaseyo……..
    salam kenal ya oppa…., gmn ya cr nya bs ber bahasa korea dg cpt, ksh tau trik nya dong oppa, coz aq bth bgt nich, secara suami ku krj d perusahaan yg sebagian bsr komunitasnya org korea, lama2 aq mulai susah komunikasi nich, coz mereka ga fasih bhs inggris or indonesia, btw oppa namanya tazkiana fauzi apa bkn ya, ada komunitas fb u/ ber bhs korea, dan oh ya aq tinggal di karawaci tangerang nich oppa, di tunggu ya jawabannya
    khamsahamnida……..

  51. Annyeong haseyo oppa..
    mau tanya kalo saya dlm bahasa korea itu neaga, naneun dan jonen.. jika kita berbicara dgn yang seumur memakai kata yg mana yah??
    Gamsahamnida

  52. saya ingin sharing berawal dari menyukai Drama” Korea, dan BB asal korea saya semakin menyukai All about Korea.. Dan semakin besar keinginan saya utk belajar bahasanya, Impian saya ingin sekali bisa bekerja di Korea, Negara yg saya kagumi ^_^
    Sbntr lg saya Lulus dri Universitas, bagaimana caranya bisa kerja di sana ya Oppa?? *berharap bgt hehehe
    Mohon bimbingannya :) Gamsah

  53. anyeong haseo oppa

    gan.. ane mo tanya..
    kata2 yg umum dipake di korea misalnya
    selamat makan, or saya lapar or somethin’ ._.v
    gansahamnida :3

    Tazkiana :
    ada dibagian lain catatan tentang itu, silahkan di cari dari kategori

  54. Annyeong haseo….

    Aku sekarang lagi blajar bhs korea, masih tahap mengenal huruf hangul
    Beruntung banget bisa ktemu blog ini… …
    kasih saran donk mas.. gimana caranya supaya aku bisa cepat menguasai bhs korea…

    Kamsahamnida

  55. annyeong haseoyo oppa…
    oppa, apa sich bhs korea nya aku ingin kamu mencintaiku setulus hatimu!
    di tunggu ya, balazan nya
    kamsahamnida opaa

    Tazkiana :
    ” jinsimeuro neoreul sarang hago shipeo ”

  56. mas fauzy.. saya putri
    saya sejak 2005 sudah mulai belajar bhasa korea, dan saya dapat membaca tulisan korea dgn fasih..
    hanya saya tidak bisa percakapan secara fasih. mohon bantuannya yah??

  57. Omooooooo Neomu Neomu Neomu Daebak! Songsaengnim Daebak ! Kamsahamnida ! Oh Ne , Choneun Shin Yora Imnida *oh ne , sebenarnya itu nma panggilan aku* :D Nice To Meet You Songsaengnim ! :D

  58. saat ini saya sedang belajar b.korea secara otodidak, dan blog ini sangat membantu, kamsahamnida…
    ternyata hobi saya menonton drama2 korea cukup membantu, dari sana saya banyak dapat kosa kata baru,,jd buat pemula, coba sering2 nonton drama korea, lumayan nambah kosa kata…fighting! ^^

  59. susah bgt bahasa korea , rasanya lebih gampang berbahasa jepang dari pada bahasa korea , tapi aku kepengen ke korea ketemu sama T-Ara . . . Saranghae

  60. annyong haseo !!!
    jal jines semnika ?
    otoke hangung mareal gongbuheyo ???
    susah bnget ya bljar bhs korea (mulayo ajik an araso)
    ponorogo.eso owasoyo , , kamsahamnida !!

  61. saya pengen bsa berbahasa korea sejak dlu,menurut saya bhasa korea sngat susah, mka dari itu tolong bantu saya ya spaya bsa lancar brbhsa korea, gamsahamnida…

  62. hayyy…..
    Annyeong haseyo…aku juga salah satu orang yang ngefans korea loh………..!!!!
    aku pengen bangeet bljar bahasa ~KOREA~ itu,,, soalnya selain drama2nya bagus oorang-orangnya cantik-cantik & ganteng_ganteng…..terus selain itu mereka orangnya baik menghormati & juga sopan…..
    gimana nggak banyak yg mw blajar bahasa korea,,,,karakter mereka aja bagus

  63. Aku Mau belajar bahasa korea!!. karna aku mau bertemu dgn idolaku
    ” SNSD , Girls’Generation ” Love You Forever U.U
    <3 _Sadita_ <3

  64. Aku Mau belajar bahasa Korea!! :D
    Soal’x ku mw bertemu ma Idolaku “SNSD” :D
    Tapi syg’x gk akn terwujud :(
    Mudahan aja sieh terwujud :D Amienn :)

    Tertanda ::::
    _Sadita_Miliniya_Juliani_Love_SNSD_ :D

    Diharapkn ‘ ComentBack ‘

  65. SuJu and SNSD? Love U.U :)
    Ku semangat untuk ketemu _Snsd_and_Suju :D
    Moga” aja terwujud :D
    Kpn ne SNSD and SuJu barengan dateng ke INA O.o
    Kemarin mau nonton tapi gk di bolehin :(

    Tazkiana : Gomawo ne, Udh ngajarin Bahasa korea :)

    ComentBack? I Like It :D

    ^_^

  66. Sillyehamnida, Annyeong haseyo ..
    yeogi Ratna imnida.
    Kak, aku bener-bener suka ama semua yang berbau korea. Pertama aku mau tanyak kakak, pernah nggak ke Korea ?
    Kak, tolong dibales yah,
    kamsahamnida .. :D

  67. annyeong haseyo chingu :) .. eotteokhe jinae ?? hehehehe yg suka snsd blh pd kenalan gak ?? aku juga sonelf !!! kl bhs korea aku sdkt2 tau tp ga trllu bnyk yg dikuasai ,hehehe aku harap , bs diterima di obrolan ini ;) …. gamshamnida chingu !!!! saranghaeyo k-popers :*

  68. khamsa hamnida sonsengnim, chigem nega hangkuk mal cokum arasoyo. nega hanguk mal chemi idta, geronde hanguk mal aju oryopta. hehe maaf bhasanya amburadul nih,. bru belajar.
    Tazkiana :
    manaseo ban gaweoyo…
    Fuad ssi han gukmareul jal haessoyo.. han gul mal eun eoryeopjiman neomu jaemissoyo .. geuraejyo…?
    Kamsahamnida Fuad ssi.. artinya dlm bhs indonesia apa ??? tolong dijawabyahh ..aku pengen tau bgtttt …… ballaaasssss,kl bedanya naega sm jeoneun apa ??? itu artinya sm ??? balass plis @TAZKIANA I NEED UR REPLY …. GAMSHAMNIDA :)

  69. aku pengen tw bahasa korea tapi gak bisa pdhl dah coba belajar dari kata” yang paling sederhana sekali misalnya cara penulisan kalimat’nya dan aksaranya
    jadi aku pengen diajarin walau pun dari bahasa” yang sederhana……………

    tolong kasih tw dong aku pengen tau bahasa korea………… :(

  70. annyeong yeorobun….
    pada tau ngak tempat les bahasa korea yg langsung face to face yg ada di padang ?????

    tolong balasannya dan bantuannya…..
    kamsahamnida…

  71. Aslkm,, oppa gamsahamnida, aku ingin sekali ke korea dan ingin merasakan untuk yg pertama kali bgaimana hawa’a salju dan saling menyapa ” ANNYEONG HASEYO” dengn masyarkt d sana .. Salam kenal. Terima kasih banyak kak.. Kak klw bisa ceritkn sedikit suasana dan masyarkat korea.

  72. Ping-balik: belajar bahasa Korea :D | priscilaindah

  73. taunya cuman suju masih banyak yang ganteng misanya kayak shinee , exok(bekhyun and luhan d.o, dll) kalok shinee (key,minho,jonghyoon,taemin,onew)

Tinggalkan Balasan

