Olimpiade Desain Seoul 2009 : Sebuah catatan

” Write with eraser and erase with pencil ”  atau dalam bahasa koreanya ” 지우개로 쓰고 연필로 지우다 (  Jiugaelo ssego yeonpilo jiuda ) “, itulah kesan sebuah desain, bahwa desain itu tidak hanya mengandalkan bentuk dan warna, namun setidaknya harus bisa ‘membentuk dan mewarnai’ pemikiran dan sikap orang lain.

DSC00622Sebuah perhelatan akbar telah diadakan di kota Seoul, yaitu Seoul Design Olympiad 2009, yang di adakan di Olimpic stadium kota Seoul.  Stadion nan megah ini mengingatkan saya pada tahun 1988, dimana waktu itu, di stadion ini,  olah raga Indonesia pernah mencatat prestasi dengan meraih medali pertama, meski hanya perak dari panahan. Adalah trio pemanah putri Indonesia yakni Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardhani, dan Lilies Handayani menyumbang medali perak. Di sisi kiri depan stadion ini nama-nama ini  masih di abadikan . Walaupun telah beberapa kali  datang ke stadion ini untuk menyaksikan sepak bola, namun kedatangan kali ini terasa berbeda, karena ingin melihat sebuah pameran akbar desain , yang sama kurang tahu banyak tentang dunia desain ini.

Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

DSC00599

Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetik dan berbagai macam aspek lainnya, yang biasanya datanya didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya. Akhir-akhir ini, proses (secara umum) juga dianggap sebagai produk dari desain, sehingga muncul istilah “perancangan proses”. Salah satu contoh dari perancangan proses adalah perancangan proses dalam industri kimia.( id.wikipedia.org ).

Desain yang dipamerkan di sini melingkupi banyak bidang antara lain saya tampilkan dalam foto2 ini :

DSC00612

ini adalah stand desain bidang makanan dan yang terkait dengan bidang itu, misalnya alat-alat masak.

2. Bidang-bidang yang terkait dengan komunikasi :

DSC006023. Bidang yang terkait dengan tranportasi  :

DSC006244. Juga menampilkan  desain kebutuhan rumah tangga dari keramik :

DSC00603

Tentu masih terlalu banyak untuk diceritakan satu-persatu. Namun memang saya mengakui bahwa betapapun dunia desain itu ‘gampang-gampang susah’ atau ‘ susah-susah gampang ‘, pada akhirnya tetap menyenangkan.

Dalam sisi lain, kekuatiran terhadap virus H1N1, membuat panitia menyiapkan sterilisasi dengan ditempatkan beberapa ” Clean Zone ” . Diharapkan dapat menekan terhadap penyebaran virus ini.

DSC00615Ada juga desain yang menarik tentang internet umum. kalau di Korea di pinggir-pinggir jalan, setiap sekitar 100-200 meter ada telepon umum, maka sudah sepatutnya bila nanti ada internet umum , sebuah desain dengan titel ‘ street @ ‘ menawarkan desain internet umum .

DSC00623

Wah…tentu menarik bila bisa mendapatkan ispirasi yang menarik dengan datang di pameran ini. untuk maskot ,  kegiatan ini disponsori oleh haechi dan maskotnya menarik juga desainnya. Dan kecewanya, nggak jadi beli T shirt bergambar haechi gara-gara ukurannya nggak ada yang pas..

DSC00617Belajar memang proses yang menyenangkan, bila kita selalu tertantang dengan hal-hal yang baru dan selalu ingin tahu. semoga catatan sedikit ini bisa sebagai motivator untuk lebih giat belajar. Semoga bermanfaat.

4 thoughts on “Olimpiade Desain Seoul 2009 : Sebuah catatan

  1. wah motonya bagus…suka. jd mo lihat design alat2 masak…pasti canggih2 ya…
    tp kenapa kaosnya gak dibeli aja, kl gak muat kan bisa dibawa ke Indonesia buat oleh2 he he he…

    Tazkiana :
    Alat masak…? alat kurang penting, yang penting masaknya…
    Ukuran uangnya nggak pas…😀

  2. saya mo nanya , ada ga alat buat komunikasi bahasa korea indonesia… saya sangat membutuhkanya mas

    Tazkiana :
    klo untuk terjemahan atau chat bisa pakai penerjemah ” yobombo “. kliatanya lumayan komunikatif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s