Tata bahasa Korea ~ 을 (ㄹ) 래요?

gambar korea~ 을 (ㄹ) 래요? digunakan ketika Anda menyatakan keinginan Anda untuk melakukan sesuatu bersama-sama dengan seseorang, atau ketika Anda ingin seseorang untuk melakukan sesuatu. Jadi mirip dengan “Would you like to do something? atau Do you want to do something?” dalam bahasa Inggris.

● Peraturan

1. Untuk verba tanpa konsonan akhir, tambahkan ㄹ 래요.

  • 하다 = 할래요? = Apakah Anda ingin lakukan?
  • 가다 = 갈래요? = Apakah Anda ingin pergi?
  • 사다 = 살래요? = Apakah Anda ingin membeli?
  • 마시다 = 마실 래요? = Apakah Anda ingin minum?

2. Untuk verba dengan konsonan akhir, tambahkan 을래요.

  • 먹다 = 먹을 래요? = Apakah Anda ingin makan?
  • 앉다 = 앉을 래요? = Apakah Anda ingin duduk?
  • 읽다 = 읽을 래요? = Apakah Anda suka membaca?

Misalnya  :

커피 마실 래요? = Apakah Anda suka minum kopi?
점심 먹을 래요? = Apakah Anda ingin makan siang?
극장 에 같이 갈래요? = Apakah mau pergi ke bioskop bersama-sama?
Kosa kata :
극장 =
bioskop, teater
점심 =
makan siang, siang
같이 =
bersama-sama

Catatan: Jika Anda menghilangkan 요 dari 을 (ㄹ) 래요 menjadi  을 (ㄹ) 래 saja maka itu menjadi bentuk informal.

커피 마실래? = Apakah Anda suka minum kopi?
점심 먹을래? = Apakah Anda ingin makan siang?
극장 에 같이 갈래? = Apakah mau pergi ke bioskop bersama-sama?

Semoga pelajaran yang sedikit ini bisa memberi manfaat.

12 thoughts on “Tata bahasa Korea ~ 을 (ㄹ) 래요?

  1. Sering dengar yang informalnya di drama… “갈래??”
    Ternyata begitu toh bentukannya…
    Komawoyo…ajussi…🙂

    Tazkiana :
    Ya Akin ssi… sudah terang kan…? ee maksudku jelaskan….? teringat lampu aja…😀

  2. wah kebetulan banyak teman blog yg tanya tentang tata bahasa ini, kl gitu aku referensikan mas fauzy kesemua temenku deh, lumayan meringankan PR he he he…
    kamsahamnida songsaengnim….

    tazkiana :
    Iya deh Dian ssi…. sebagai teman yang baik .. pasti emmbantu kan…😀

  3. sensongnim saya mau tanya arti dari:
    – wi keurimeul bogo daedabhasibsio

    sensongnim saya ada pr les bahasa korea pertanyaannya:
    *eun haeng ape itsemnida beose jangryujang ape itsemnida muosi itsemnikka?
    *seojom ape itsemnida yonsedae haggyu dwie itsemnida muosi itsemnikka ?
    saya kurang mengerti saya hanya bisa menjawab kalimat yang lebih sederhana cthnya:
    haksaeng eodi itsemnkka ? kujawab haksaeng gyusil ane itsemnida mohon di jawab ya sensongnim gamsahamnida

    Tazkiana :
    ” lihatlah gambar ini dan mohon dijawab ”
    Untuk PR-nya saya bantu ngartikan saja kan..?
    1. Ada di depan Bank, ada di depan halte bis, apakah itu..?
    2. Di depan Toko buku, di belakang Universitas Yeonsae, apakah itu..?
    OK saya yakin Riris ssi bisa , karena jawabannya seperti halnya pada soal ” haksaeng … dst ”
    Kamsahamnida..

  4. 아이고~
    baru sekarang ketemu nih situs…
    =3=”
    sonsaengnim*sksd*
    hehe..
    jilmun issoyo^^
    mau tanya..ehm..
    bedanya sama …고 싶어요 apa??
    itu artinya ingin juga kan ya??
    tolong dijawab yah^^
    gomapseumnida

  5. annyeong haseyo mas..

    mas,kalo boleh niey,,tulisan2 hangul-nya ditulisin romaji-nya juga doong..supaya tau gimana ngebacanya. soalnya saya blm berhasil kursus korea niey, masi blajar sistem ‘sradak-sruduk’😀

    cham kumapsumnida..

  6. jadi untuk pertanyaan saja ya?……..bisa gak klo… cho nen bab el mogeleyo……

    Tazkiana :
    mungkin pasnya ” jeoneun babeul meogeolkeyo ” ….jadi menyatakan akan makan..

  7. Waduh, asik banget nemu situs ini. Aku udah lama nyari2 web yang pas buat belajar grammar dan tata bhs Korea. Soalnya kalo ikut extrakulikuler sekolah aj rasanya ga cukup karna harus mengulang2.

    Kalau bisa ditambahkan ketengan pengucapan informalnya juga dong…biar ngerti kalau lagi nonton. hehehe….
    Tazkiana :
    terima kasih atas sarannya, kunjungannya..
    ada exskul bahasa korea juga ya…

  8. Aslkm. Annyong haseyo…! mannaso ban gap seumnida. aku tergila-gila ama drama korea, lagu korea dan semua yang berbau korea. capek baca teks di drama korea yang aku tonton. aku hunting situs yang bisa nunjukin aku belajar korea secara otodidak. nah, satu diantaranya ya situs TAZKIANA ini. aku seneng banget. perbendaharaan kata juga kalimat korea aku bertambah dengan adanya situs ini.sekarang kalo ketemu ama orang korea aku udah bisa ngomongnya.tapi aku belum dapet lawan ngomong korea nih.padahal aku udah gatel ingin praktek bahasa korea.bosen ngoceh sorangan wae mah hehe…gamsahamnida, kang…bisakah kapan-kapan kita ketemu dan ngomong korea,hehe…

    Tazkiana :
    Wa’alaikum salam ww
    ne annyeong haseyo.. ban gaweoyo..
    hehe…emang tinggal di mana..? klo di Korea yah bisa ngobrol langsung saja dengan orang Korea.. hehe
    makasih atas kunjunganya..

  9. Aq sk bgt blog2 tazkiana!! Btw pny fb gk? Add saya donk. . .please. . .saya pengen bgt blajar bhs korea, tp gk pny kenalan yg bs bhs korea. . .

    Gamsahamnida + domo arigatou

  10. Saya udah agak mengerti tapi di buku Verb Korea saya kata akhiran Verb-nya ‘yo’ semua. Contoh: miroyo, sayo , bwayo, chayo. Saya jadi bingung nih gimana cara mengibah ini menjadi 을 (ㄹ) 래요?

Tinggalkan Balasan

