Dari Bogoshipda ( 보고 싶다 ) hingga ijeo beoryeoseumyeon shipeo ( 잊어 버렸으면 싶어 )

Dari Bogoshipda ( 보고 싶다 ) hingga ijeo beoryeoseumyeon shipeo ( 잊어 버렸으면 싶어  )

Mungkin sebagian kita telah mengenal, hafal dan pandai menyanyikan lagu yang hit dengan title ” bogoshipda ” yang dinyanyikan oleh Kim bom soo. Pada kesempatan ini saya tidak ingin mengulas atau menampilkan liriknya, namun ingin membahas sedikit saja tentang kata tersebut dilihat dari struktur tata bahasa Korea yaitu … 고싶다 ( go sipda) dan beberapa pembahasan yang terkait.

I._ 고싶다 (go shipda ) menunjukkan maksud ingin melakukan sesuatu.

Misalnya :

a. 나는 너를 보고싶다 ( Naneun neoreul bogoshipda ) = aku ingin melihat ( kangen ) kamu

b. 겨울이되면, 서울에 가고싶어요 ( gyeoul dwemyeon, Seoule kagosipeoyo ) = bila musim dingin tiba saya ingin pergi ke Seoul.

c. 커피 마시고 싶지않니? ( kopi masigo shipji ani ?) = Apakah kamu tidak ingin minum kopi?

d. 지금도 그녀늘 만나고 싶습니까 ? ( jigeumdo genyeoneul mannago shipsseumnika? = Sekarangpun apakah Anda ingin menemui wanita itu?.

Catatan : Bentuk ini ketika kalimat positif biasanya pelakunya adalah orang pertama, dan ketika dalam bentuk pertanyaan, maka pelakunya adalah orang kedua.

II. 고 싶어 하다 ( goshipo hada ) menunjukkan keinginan atau harapan dengan subyeknya adalah orang ketiga.

Misalnya :

a. 민호는 김 선생님을 만나고 싶어합니다 (  Min ho neun kim seonsaeng nimeul mannago sipeohamnida ) = Min ho ingin menemui Mr Kim.

b. 제 친구가 영화를 보고싶어 해요 ( je chinguga yeongwareul bogoshipeo haeyo ) = Teman saya ingin melihat film.

c. 제 애인이 책응 읽고 싶지 않아요 (  je aeini chaekeul ilgoshipji annayo ) = pacar saya tidak ingin membaca buku.

III._ 었 ( 았,였 ) 으면 싶다 ( eos, as, yeos -eumyeon sipda ) kata ini seperti juga kata 었 ( 았,였 ) 으면 좋겠다 ( eos, as, yeos -eumyeon johgetda) menerangkan keinginan akan melakukan sesuatu.

Misalnya :

a. 오늘은 학교에 가지 않았으면 싶다 ( oneuleun hakgyeo kaji anaseumyeon sipda ) hari ini saya merasa tidak ingin pergi ke sekolah.

b. 때론 여행갔으면 싶을  때가 있어요 ( ddaeron yeohaenggaseumyeon sipeul ddaega isseoyo ) saya rasa saya ingin pergi wisata pada suatu waktu.

c. 이제 비가 그만 왔으면 싶다  ( ijae biga geuman waseumyeon sipda ) saat ini, saya berharap hujan segera berhenti.

18 thoughts on “Dari Bogoshipda ( 보고 싶다 ) hingga ijeo beoryeoseumyeon shipeo ( 잊어 버렸으면 싶어 )

  1. Lumayan buat nambah2 pengetahuan nih…
    Tapi, ajeossi… kok diriku sekarang lagi berkurang semangat belajar Hanguk-nya ya???

    Eh?? ada salju di blog-nya… berasa winter nih…🙂

    Tazkiana :
    makasih Akin ssi…
    Kenapa ayo… kok males belajar… semangat ya… fighting
    iya memang sekarang Korea lagi musim salju… hehee

  2. annyeong haseyo…
    om….ane sneng bgt berkunjung ke blog ente….
    ijin belajar ya om tazkiana ssi….
    sambil nunggu di buatin ebooknya sm om tazkiana(ngarep mode ON) hehe…..

    kamsahamnida…

    tazkiana :
    Terima kasih banget atas kunjungannya selama ini …
    ebook….? wah ide yang bagus… mudah2an aja ya…
    kamsahamnda…

  3. wah, aku baru liat kl ada postingan baru lg nih, bagus buat me-refresh otakku yg sdh mulai berkarat…
    Akin ssi, tau gak obat yg bs bikin semangat lagi? ksh tau ya…
    mas fauzy ke jakarta gak bilang2…padahal aku mo ksh oleh2 loh…

    Tazkiana :
    Makasih atas kunjungannya….
    Ketahuan kalau nggak pernah berkunjung ke blogku lagi ya….😀
    Ok nanti dikasih tahu kalau ke sana lagi… Gomaweoyo…

  4. mo tanya donk, klo mo translate dr bahasa korea ke indo, buka webnya apa ya? trus gmana caranya?
    thanks
    Tazkiana :
    Banyak… tapi semuanya dari google terjemahan . klo ke inggris ada altavista babelfish..

  5. boleh gabung ga yah…
    pingin juga belajar bahasa korea,,
    poe bingung neh tentang pengucapan bahsa korea,, tentang hurup r yang jadi l,,
    gmn kita cara membedakannya yah,, kadang tulisannya hurup r tapi dibaca jadi l

  6. makasi bwt kak tazkiana
    aku pengen bljr bhs korea nihh
    tlong dbntu ya

    Tazkiana :
    makasih atas kunjungannya…
    Insyaallah pasti aku bantu…

  7. om tazkiana
    aku pengen bljr bhs korea tp msh pemula
    dan blm tau apa2,,
    tlg dibntu mulai dr tata bhs,,kosa kata,,dan huruf hangeul-nya
    kamsahamnida

    Tazkiana :
    terima kasih atas kunjungannya….
    dengan senang hati kalau bisa pasti saya bantu bantu
    kamsahamnida

    • anyeong haseyo ajossi..
      trnyta komentku dsni dh diblz toh..
      ajossi,,mw tnya gmn sih cara pembentukan dan posisi perletakan huruf hangeul tu??
      kok ada yg dibwah,,da yg dsmpg.,da yg diatas??
      sblmnya kamsahamnida

      TAZKIANA :
      anda bisa belajar melalui halaman ‘HANGEUL ‘ diblog ini untuk penyusunannya. namun yang jelas hangeul ditulis berdasar suku kata , dua sejajar, dan maks. 2 di bawah.mis : han guk = 한 국 .

  8. annyeong haseyo ?
    lama gak mampir😀 ke sini.

    mau tanya mas.
    gyeoul dwemyeon, Seoule kagosipeoyo
    di depan dan di belakang kata gosip itu apa sebuah kata kerja?
    maaf mas, saya masih blank😦

    liputan tahun baru di koreanya di tunggu mas😀
    biar kita yang jauh di sini biar tau suasana tahun baru di sana.

    Tazkiana :
    artinya ” bila musim dingin tiba, aku ingin pergi ke seoul…”
    terima kasih atas sarannya…. wah ini lagi blom sempat nulis dulu..

  9. Mau numpang nanya nih…bahasa koreanya “kamu baik2 saja?” tuh apa, ya? hehe…mohon dijawab…

    Tazkiana :
    terima kasih atas kunjungannya…
    klo akrab.. cukup katakan ” Neon gwenchana “….
    kamsahamnida…

  10. Terima kasih jawabannya. Tapi “neon gwenchana” kan kalo akrab, kalo baru ketemu gitu apa tetap sama?
    Terus bahasa Koreanya “dengan siapa kamu? apakah dia (pr) adalah pacarmu?” apa ya?
    terima kasih banyak atas jawabannya. maaf merepotkan. maklum baru belajar🙂

  11. maaf mas aq pengen bisa banget nih bahasa korea mohon bimbingannya ya……

    Tazkiana :
    Terima kasih atas kunjungannya..
    insyaallah , dengan senang hati..

  12. Annyonghaseo…wah, blog anda beneran membantu bgt!!

    saya mau nanya…’hai’ dan ‘halo?’ dalam bahasa Koreanya…?

    Mohon dibalas. terima kasih

    Tazkiana :
    Sapaan yang paling banyak dipakai adalah “anyeong haseyo”, itu dapat di ucapkan kapan saja..

  13. Annyong haseo
    Saya baru belajar hangul nich, waktu bloq anda banyak membantu tapi sayangnya kenapa huruf koreanya menjadi kotak-kotak ? Jadi sama sekali tidak terbaca.Bagaimana caranya biar tulisan koreanya itu bisamuncul di komputer saya?
    Terima kasih atas bantuannya

    Tazkiana :Ne..annyeong haseyo…
    Jika komputer tidak bisa membaca hangeul, berarti tidak support pada hangeul, solusi yang paling mudah adalah instal korean language pack di : http://www.microsoft.com/downloads/details.aspx?FamilyID=9CFA419F-F25D-4F9C-B1DC-3EF7C4F1BE91&displaylang=en&displaylang=en

  14. annyeong haseyo.
    salam nih, cuma mau nanya.
    arti saranghandago malhalkka apa?
    mohon bantuannya donk.

    Tazkiana :
    ” apakau kau akan ucapkan kata ” aku mencintaimu ” ? ”

Tinggalkan Balasan

