Mitos Korea : Tentang terjadinya matahari dan bulan

Mitos adalah cerita yang tersebar dari mulut ke mulut, tanpa ada sumber cerita yang ilmiyah, namun mitos selalu ada dalam setiap masyarakat . Suatu ketika ada seorang kakak laki-laki bernama Hae sik ( 해식 )  dan seorang adik perempuan bernama Dal sik ( 달식). Keduanya mempunyai ibu yang bermata pencaharian sebagai penjual kue beras ( tteok).Dalam perjalanan ke pasar untuk menjual kue beras,  tiba-tiba ia menemui seekor  harimau. Dia ketakutan sekali dan memohon hidupnya kepada harimau, dengan  disebutkan bahwa ia memiliki tanggungan anak-anaknya, dengan harapan bahwa harimau akan merasa kasihan kepadanya. Namun bukannya mengasihani wanita itu,  harimau malah memakan ibu itu dan menggunakan pakaiannya  untuk menyamarkan diri sebagai ibu.

Ketika harimau menemukan anak-anak itu ( Hae sik dan Dalsik ) , ia menggunakan bedak dari kue beras dan memasukkan tangannya ke bawah pintu.Cakar harimau keliatan tampak putih seperti tangan ibunya dan anak-anak membuka pintu. Saat anak-anak merasa ngeri dan menyadari bahwa itu bukan ibu mereka, mereka berlari dan naik ke  puncak pohon yang tinggi.

Dalam upaya untuk makan anak-anak, harimau mendapat kapak dan mencoba untuk memotong pohon. Kemudian anak-anak berdoa kepada para dewa dan meminta pembebasan. Para dewa merasa kasihan kepada anak-anak itu  dan memberikan  tali yang kuat agar  anak-anak itu  naik. Saat anak-anak naik ke langit, maka Hae sik (  해식 )  menjadi matahari, dan Dalsik ( 달식 ) menjadi bulan. (해 =dalam bahasa korea artinya matahari dan  달 =adalah ).

15 thoughts on “Mitos Korea : Tentang terjadinya matahari dan bulan

    • @ Akin ssi : betul ya… terus klo belum ada matahari dan bulan emang cahayanya pakai apa..? kan gelap sekali, nggak tahu ada hariamau atau tidak..

  1. seperti indonesia, korea jg banyak mitosnya, aneh2 lagi ….
    kl ntn drama kerajaan korea pas ada adegan gerhana mereka heboh bgt karena takut kerajaan mereka kena kutuk…orang jaman dulu gampang dibohongin ya sama si mishil(queen seundeuk) he he he…

  2. Annyonghaseo…
    salam kenal,
    aku seneng dengan drama kore, sangking sukanya jadi tertarik belajar bahsanya…
    gmn ya memperkenalkan diri dalam bahsa korea…
    kamsahamnida…

  3. 고유의 신화.
    형이 물어 봐도 될까요? 왜 한국 사람 자신을 죽이고 싶어? 나는 종종 자살 시리즈는 한국의 문자를 참조하십시오. 전 대통령 노무현도 자살로 인해 사망했다. 만약 잘못된 문장을 좀 수정하시기 바랍니다.

    Tazkiana :
    wah…. ini kuk bahas tentang bunuh diri…dan saya kurang paham knapa sampai terjadi seperti itu ya, namun sejarah korea memang mencatat tentang ‘kebiasaan’ itu.
    kamsahamnida.

  4. yoboseyo…onni..

    alfi imnida.
    korea emang benar2 unik…. apalagi tentang masalah dongengnya..sampai ada hari besar nasional hari bulan purnama….

    aku pernah tanya ama orang korea asli katanya hari itu mirip thanksgiving di amrik..lucu deh.

    Tazkiana :
    Ne annyeong haseyo..
    iya anda betul… makasih atas kunjungannya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s