Salju terakhir di liburan Seollal

Hari inipun, salju deras sekali mengguyur bumi negara macan putih Korea. seakan mengiringi derasnya arus mudik orang-orang yang akan mengadakan liburan. Cuaca juga masih dingin, yaitu – 4 derajat celcius, rasanya juga masih enggan untuk meninggalkan selimut tebal ini. Namun saya berharap ini adalah salju terakhir, dan akan selalu datang kehangatan-kehangatan seperti hangatnya semangat yang ada dalam dada ini.

Di Korea ada dua peringatan tahun baru, yaitu tahun baru berdasarkan penanggalan masehi dan tahun baru lunar atau imlek  yang kita kenal di Indonesia. Tahun baru masehi dikenal dengan istilah 신정 ( Shinjeong)yang diperingati tanggal 1 januari , sedangkan tahun baru imlek/ lunar yang tahun ini bertepatan pada tanggal 26 januari 2009 dikenal dengan istilah 설날 ( dibaca : Seollal ) dan juga dikenal sebagai Gujeong ( 구정 ) .

6

Apa yang dilakukan orang  Korea saat perayaan tahun baru sollal ?

  • Mereka memakai pakaian tradisional yaitu Hanbok
  • Makan Teok guk (떡국) yaitu semacam sup – kue  beras  .
  • 200101-9

  • Memberi hormat  ( seperti gambar )  yang dikenal dengan istilahse bae ( 세배 )
  • Anak -anak bermain yonnalrigi ( 연날리기 ) atau layang-layang, sedangkan yang perempuan bermain neoltwigi ( 널뛰기 )images2, atau permainan tradisional lainnya.

Baiklah.. dalam suasana liburan tahun baru sollal ( imlek ) tahun ini, saya ucapkan  :

img_791822_1253319_221
새해 복많이 바드세요….( saehae bok manhi badeuseyo )

semoga di tahun  harimau putih ini, tambah sehat, tambah semangat, tambah rejeki, tambah bahagia… Aminn..

19 thoughts on “Salju terakhir di liburan Seollal

  1. Libur tlah tiba!!
    Seollal ini nggak berkaitan dengan agama ya?

    Tazkiana :
    Klo saat ini hanya perayaan tahun baru lunar, tidak tahu awal mulanya apa ada kaitannya dengan agama, sepertinya pengaruh budaya china..

  2. halo mas Fauzi mudah2an baik selalu ya.. iya, tadi salju turun lumayan lebat..

    Tazkiana :
    Halo Mbak Yani…
    Amiinn… makasih atas doanya…. iya betul sekali…jadi males keluar ya …

  3. Wah salju…. jadi pengen pegang salju.
    Kapan ya? Belum dapat berita juga nih dari depnaker😦

    Tazkiana :
    wah iya… cepet2 aja… ini mau habis….

  4. seperti biasa…setiap imlek, aku panen buah korea…tp skrg enggak sebanyak tahun kmrn….krn sdh beda bos he he he…

    Tazkiana :
    minta kok banyak… eh salah… maksudku dikasih kok minta banyak hehe…

  5. hoo hoo hoo enaknya bisa ngerasain saljuu…! wooah permainan neoltwigi tuh gimana sih oppa jadi penasaran diulaas dong…selamat tahun baru juga oppa…

    buat onnie dian : bagi2 dong buahnya he he he

    Tazkiana :
    menikmati salju memang menyenangkan, walaupun di balik itu ada dingin yang menembus tulang…. neodwigi itu timbangan kaya yang ada di TK…
    makasih…

  6. Selamat siang!
    Salam sejahtera selalu buat Anda!
    Hidup adalah perjuangan.
    Perjuangan harus disertai pengorbanan dan pengorbanan tdk hanya harta tetapi hal yg maya seperti waktu, kita juga harus meluangkan waktu untuk sekedar silaturahmi seperti ini. Jadi luangkanlah sedikit waktu untuk saling kunjung.
    Sebuah renungan dari BULENTIN
    Salam hangat untuk Anda dari
    “CARISSHA”
    selamat berakhir pekan bersama keluarga dan orang2 terkasih disekeling Anda!

  7. jadi penasaran, biasanya liburan panjang di korea (lunar) sama lamanya dengan liburan lebaran di indonesia gak?

    Tazkiana :
    liburannya sama dalam jumlah tanggal merahnya, namun kebanyakan perusahaan kasih tambahan sehari ato dua hari, sedang kantor hanya pada tanggal merah. klo di indonesia kan bisa seminggu..

  8. Wah, asyiknya ya, kalau bisa merasakan salju di Korea… Kayak dalam drama Winter Sonata, gitu…Bener-bener putih-seputihnya… Indah banget…

    Tazkiana :
    Terima kasih atas kunjungannya…
    Dibalik asyiknya salju pasti ada dinginnya Korea..

  9. salam kenal,mbak tazkania sekarang ada di kota mana di korea? sudah berapa tahun ya di korea? bahasa koreanya canggih bgt..

    Tazkiana :
    Salam kenal kembali….
    saya di kota Suwon, 3 tahun di Korea…
    eh… bukan mbak lho 😀
    makasih atas kunjungannya…

  10. Halo, salam kenal
    mau tanya dong, kalo mau pergi korea bulan februari masih ketemu salju atau sudah enggak ya? soalnya saya ada rencana februari besok mau kesana sama temen, thanks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s