Azalea ( 진다래 꽃 ) : Sebuah Pembelajaran

Azalea adalah sesuatu yang terserak. Azalea atau bunga Saliah yang dalam bahasa Koreanya disebut dengan ‘chindale kkoch’ adalah bunga liar yang tumbuh di bukit-bukit gersang, yang banyak dianggap oleh orang sebagai bentuk sebuah perdamaian. Banyak hal penting yang ada di sekitar kita yang berlalu begitu saja, karena belum atau tidak adanya pemahaman, karena kita selalu menganggap masalah yang sederhana.
Azalea adalah bahasa pemahaman. Ada bukan karena di adakan, hadir bukan karena dihadirkan. Azalae begitu apa adanya, sehingga begitu mudah untuk dipahami, namun begitu sulitnya kita untuk bisa mencoba memahaminya. Kita bisa belajar dari beberapa kasus di sekitar kita , terakhir adalah kasus bentrok antar satpol PP dan warga di Priok, dan masalahnya adalah kesalah pahaman.Memahami memang tidak hanya melihat , mendengar, tahu, namun juga mengerti arti sesungguhnya.Untuk bisa paham, kita harus dekat, melekat atau bersama. Merasa duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi.
Azalea adalah pembelajaran. Bila tidak pernah merasa tinggi, mengapa takut jatuh, bila tidak merasa mulia, mengapa merasa dihinakan, bila tidak pernah bersama, mengapa takut ditinggal.
Azalea adalah bahasa keikhlasan. Walaupun tidak di tanam ia tumbuh, tidak disirami ia mekar, dan azalea selalu menyejukkan dan meninggalkan kesan indah.
Kita ingat sebuah peribahasa :
” 호랑이는 죽어서 가죽을 남기고 사람은 죽어서 이름은 남긴다 ( horangineun jugeoseo gajugeul namgigo sarameun jugeoseo ireumeun namginda ), persis seperti peribahasa di Indonesia : ” harimau mati meninggalkan belang ( kulit ), manusia mati meninggalkan nama “.
Semoga kita selalu dijadikan orang-orang yang bisa mengambil hikmah pembelajaran.

22 thoughts on “Azalea ( 진다래 꽃 ) : Sebuah Pembelajaran

  1. Kejadian yang satu disusul oleh kejadian yang lainnya….
    Kapankah ada damai yang seutuhnya??😦
    Semoga kita termasuk orang2 yang selalu belajar🙂
    btw, baru kali ini saya baca tentang azalea, mungkin merupakan bunga yang jarang ada di Indonesia🙂

    Tazkiana :
    wah saya lupa lagi klo Akin ssi telah berkunjung ke sini..
    memang nggak ada..? klo bentuknya seperti bunga kertas itu lho Akin ssi..

  2. Azalea… dari namanya aj dah indah, palagi pas liat bunganya, cantik n enak dimakan (yummy…) Dan ternyata, azalea punya makna filosofis yg dalam. ahjussi, gamsahamnida… memberi aya banyak pembelajaran🙂

  3. what i have made that makes you delete my fb fauzy ssi.i apologize if my writing to hurt your feeling.but still its not polite.it was because i saw your “tautan” wasnt it?c”mon whats wrong with you?by the way busway,i thank you because alot of knowledge i’ve got from you.gamsahamida fauzy ssi…

    Tazkiana :
    Mohon maaf sebelumnya, bahwa tidak ada niatan menghapus pertemanan di FB, namun memang saya telah menon-aktifkan sementara akun saya di FB, dengan pertimbangan2. mudah2an nanti akan aktif kembali, terima kasih dan sekali lagi minta maaf..

    • kuraeyo?joesonghabnida.i was missunderstanding.

      Tazkiana :
      Ne, geureseumnida…
      kwenchanseumnida Jiano ssi… geudongan gomapseumnida..

  4. Kenapa di nonaktifin Ajussi….?!😦
    Tapi masih bisa baca blognya…. FB jadi G seru kalo G ada Ajussi… *Lebay mode On* Gomaweoyo z Ajussi…….

    Tazkiana :
    Makasih banget Erni…
    untuk sementara saya memang ingin istirahat aja dan saya merasa banyak bersalah karena terlalu banyak keinginan teman yang hanya bisa saya janjikan. Mian haeyo…

  5. maaf mas,saya baru di blog ini.bisa tolong saya akun fb nya DATYO?cos dia kerja di perusahaan Korea.Kebetulan saya juga ex korea 7thn.Siapa tahu bisa gabung di perusahaan tsb.terima kasih.

    Tazkiana :
    iya… sayang sekali saya belum punya FB-nya mas Datyo, mudahan nanti ada ya…
    mian haeyo..

  6. Annyeong haseyo mas..
    baru buka blognya mas dan bertemu dengan postingan ini
    Nama anak sulung saya yang cewek Zhakila Azalia (14 th), sy beri nama ini krn tertegun dgn bunga Azalea dan dalam bahasa Arab artinya ” Yang dilindungi oleh ALLAH SWT”
    Pemahaman sy hanya sampai disitu hingga sy membaca postingan mas ini dan entah kenapa..anak saya ini tumbuh dengan sifat bagai bunga Azalea spt yg mas tulis

    ” begitu apa adanya, sehingga begitu mudah untuk dipahami, namun begitu sulitnya kita untuk bisa mencoba memahaminya. ”

    Kali ini sy tertegun krn maknanya…
    Kamsahamnida…..

    Tazkiana :
    ne annyeong haseyo…
    senang sekali dah mampir….dan nama yang bagus sekali…semoga sesuai keinginan orang tuanya…
    Kamsahamnida Mbak Yuli…😀

  7. pertama lihat bunga azalea di kota Batu, aku langsung jatuh cinta karena keunikan bentuk bunganya , makasih ya atas info filosofi nama bunga tersebut untuk nambah pengetahuan…….:-)

  8. yangada puisi tentang bunga azaela di drama the greatest love ……owhh bunganya seperti ini tohhh
    indahhhhhh rindang

  9. ajussi….saya sku skali(neomu johae #ngasal heheh) bhsa korea pengn banget bs bicara korea, sjauh ini m nonton film n dengerin lagu2nya..ada bebrapa kosa kata yg sdh tau artinya tp msh nda beraturan klo saya pk bicara n tulis hehehehe mdh2an lwat blog ajussi saya bisa tahu lbh jauh ttg bhasa korea …..😀 gamsahamnida ajussi

Tinggalkan Balasan

