Mengenal tata bahasa Korea : 기(를) 바라다

Ketika kita berada ditempat-tempat umum, biasanya ada pemberitahuan dari petugas, yang sifatnya sebagai peringatan atau himbauan dan menggunakan bahasa permohonan. salah satu susunan yang digunakan adalah menggunakan V +기를 바라다 .

바라다 ( barada ) sendiri memiliki arti sebagai: 1)기대 ( gidae ) : mengharapkan.2) 소원함 ( soweonham ) : ingin, mau berharap.  3) 부탁 ( butak ) : meminta, memohon.

Contoh – contoh :

1. 우리는 또다시 만나뵙게 되길 바랍니다 ( urineun ttodasi mannaboepge doegil baramnida ) : saya berharap kita akan bertemu lagi.

2. 선생님게서 병원에 입원해서 빨리 회복되기 바랍니다 ( seonsaengnimgeseo byeongwone ibwonhaeseo ppalli hoebokdoegi baramnida ) : Pak Guru masuk rumah sakit, semoga cepat sembuh.

3. 새해 복 많이 받으시길 바랍니다 (saehae bok manhi badeusigil baramnida ) : saya berharap anda mendapat banyak kebahagiaan di tahun baru ini.  biasanya untuk ungkapan ” selamat ulang tahun “.

Dalam bentuk informal 바라다 (barada ) menjadi 바래/요 ( baleyo ) :

1. 네 가족들이 잘 지내고 있길 바래요( ne gajokdeuri jal jinaego itgil baraeyo) : saya berharap keluarga anda baik-baik saja.

2.너와 내가 영원히 단짝친구로 지낼 수 있기를 바래요 ( neowa naega yeongwonhi danjjakchinguro jinael su itgireul baraeyo ) : saya berharap kamu dan aku menjadi teman baik untuk selamanya .

3. 행복 하길 바래 (haengbok hagil barae) : Aku berharap kau bahagia..

Semoga tulisan yang sedikit dan sederhana ini bermanfaat.

38 thoughts on “Mengenal tata bahasa Korea : 기(를) 바라다

  1. anyeong haseo fauzy ssi.aku punya saran tp minta maaf sebelumnya jangan tersinggung ya.gimana kalau di ajarkan dari dasar dulu.misalnya bagaimana present tenses di dalam bahasa korea,past tense,dsb.ya seperti bahasa inggris,pertama yg kita pelajari this is a book.that is a book.rasanya bg kami yg baru mengenal bahasa korea ,mungkin lebih senang mengerti.ibarat anak tk langsung belajar pelajaran anak sma.ya agak susah juga.apalagi yang agak loading seperti saya.tapi ini sekedar saran lho fauzy ssi.sekarang selain belajar dr blog ini,saya jg liat di talk to me in korean.gomawo fauzy ssi.

    Tazkiana :
    Ne, annyeong haseyo Jiano ssi..
    usulan yang bagus sekali dan tentunya saya pertimbangkan, dan tidak ada yang tersinggung tentunya.
    untuk sementara, tidak urut sebab rata2 tulisan itu muncul idenya dari pertanyaan teman atau pas saya sendiri belajar bab itu. jadi langsung aja ditulis..
    kamsahamnda…

      • ahh alright, akan saya provokasi dari east java saja.
        (ilmu belah segoro hmmmmmpppphhhhh….. hhmmmmppphhhh)
        wah…. belah segoronya enggak sampai korea, cuma mentok sampai singapura saja😀
        andai mas tazkiana ada twitter, yang follow pasti banyak banget nih😆

        Tazkiana :
        makasih mas, twitter say non aktif, nggak bisa ngurusi… hehe

    • salam, saya senang dengan ulasan dan gaya penulisan anda, simple tapi sarat ilmu, saya belajar banyak,. Thank’s bro..

      Tazkiana :
      salam kenal kembali
      makasih atas kunjungannya…

  2. Taskiana씨 trimakasih untuk emailnya,… saya bisa belajar dari apa yang sudah dikirimmkan.
    semangat!!…

    Tazkiana :
    oh iya…?
    makasih kembali dan sukses selalu..

  3. Ajussi….
    Apakah dirimu menghilang dari FB??
    Banyak fans yang merasa kehilangan loh…:mrgreen:

    Tazkiana :
    oh….benarkah mereka merasa kehilangan..?😀
    iya Akin ssi, untuk sementara…karena saya belum bisa bagi waktu. mudah2an aja nanti bisa aktif lagi.

  4. 행복 하길 바래…
    I love the song🙂
    Dan saya baru tau artinya sekarang🙂

    Tazkiana :
    akhirnya ketemu juga Akin ssi di blog… seneng anda bisa mampir lagi.

    • Iya, nih… Saya mencoba menggiatkan blogwalking lagi…
      Ehm… Dian ssi juga sangat sibuk spertinya…

      Tazkiana :
      Iya, beliaunya lagi sibuk, malahan mikir2 mau hengkang juga dari FB karena tidak tahan dituduh menyembunyikan saya😀

      • Hehe…
        Kalo saya sih, seperti biasa… Kalo lagi OL, beberapa tab dibuka, antara lain gmail, blog sendiri, blog orang lain, dan pastinya FB. Yang kasihan tuh kalo ada yang ngajakin chatting, karena lappy-nya sering saya tinggal begitu saja. Kalo malam, mungkin saya tinggal tidur, kalo siang ya… mungkin saya tinggal ke kandang ayam🙂
        Kangen juga… sama Dian ssi maksudnya:mrgreen:

  5. mohon pencerahanya fauzy ssi.aku kurang mengerti tentang eun&neun(topic making partikel),i&ga (subject making partikel) dan eul&reul(object making partikel).sudah berkali2 lihat d ttmik,tp kurang mengerti juga.d tunggu penjelasanya(sekalian contohnya).maaf kalau terlalu banyak permintaannya.gomawoyo .

    Tazkiana :
    itu kan pernah saya tulis kan..? masih bingung juga..?
    mudahnya untuk eun/neun , klo dalam bahasa inggris ada to be, mis : I am a student > jeoneun hak saeng imnida. selanjutnya ada kata misalnya :….pergi ke sekolah ( hag gyeo-e gayo ). nah titik2 itu bisa di isi jeoneun ( neun ) dan bisa diisi jega ( jeo + ga ).
    hal ini disesuaikan pertanyaanya.
    1. nuguga haggyeo-e gayo ( siapa yang pergi ke sekolah ) maka jawabnya : jeoneun hag gyeo-e gayo . saya yang pergi ke sekolah.
    2.odie gayo ..? pergi kemana..? maka jawabnya : jega haggyeo-e gayo > saya pergi ke sekolah.
    jadi eun/neun menjelaskan topik pembicaraan ( … adalah )
    untuk eul/reul tidak ada masalah, sebab ia hanya untuk menandakan obyek.

  6. ajeossi.. hilang dri layar kaca fb,,banyak yg bertany2 dimana dirimu berada??? satu2’y jln spy bsa blajar adalah mask disini..(pertama kali’y berkunjung d bloog’y ajeossi)(^_^)

    Tazkiana :
    Annyeong haseyo…
    gimana kabarnya…?
    Iya betul… di blog inipun kita masih bisa saling bertanya dan bersahabat. untuk FB aja sementara non aktif. makasih atas kunjungannya ya..

  7. Fauzy ssi….klo orang Korea sering bilang dalam katanya contoh,, Mr Kim odie ganya? Mr kim pergi kemana?….kan artinya,,,,trus makna nya pada odiga itu maksutnya penambahan bermakna apa?…maksih jawabanya..

    Tazkiana :
    어디에 가냐..?
    어디에 가냐(×)/가느냐? (○).
    Dijelaskan bahwa akhiran 냐/으냐 dan 느냐 adalah “low form” question endings, yang digunakan untuk sesama teman ato yang dianggap dibawahnya.Jadi hanya penerapan bentuk pertanyaan aja.

    • maksih jawabanaya…..sekarang klo 오다 bentuk akan atau ingin gmn ya ajossi?…..dan orang korea sering ada kata di akhir kalimat gajugo dalam kata tertentu maskutnya apaan sich ajossi?….

  8. 안녕하세요…
    Makasih Ajussi dan Aktif lagi FBnya……………
    감사합니다… :))

    Tazkiana :
    네, 안녕 하세요..
    나도 애르니 씨 한태 고마워서…

  9. maaf mas, bisa tolong saya? arti dari kata di bawah ini.

    jjomttabwang
    jjyanhage
    Jitkkutgedojigeumyi
    Eung ㅋ ㅋ ㅋ
    bogusipeo

  10. maaf…sy msih bingung. soalnya saya sama sekali gak ngrti. kalau untuk pemula mndingan pke yg mna yah ??

    Tazkiana :
    terima kasih atas kunjunganya..
    sudah bisa baca tulis hangeul… belajar dari bentuk aslinya akan lebih mudah…
    kamsahamnida..

  11. Annyeong haseyo…

    ajeossi,, aku juga pngen bljar bahasa korea,,, habis keren !!
    liat blog nya ajeossi, jd pengen tahu lebih banyak hal tentang korea…,,,
    mau tanya juga,, bahasa korea nya “aku mencintaimu selamanya meskipun kau tak tahu perasaan ku” apa ya ??

    kamsihamnida ajeossi.. ^_^

  12. koq huruf hangulnya kotak-kotak ajah tuh knapa yah??
    gag bisa kebaca jelas
    huhuhuh

    Tazkiana :
    Makasih atas kunjungannya..
    agar bisa kebaca anda harus nginstal korean language pack.

  13. ajossi.. maturnuwun pelajarannya… bakal sering2 mampir dech…
    hayo tebak ini sapa??

    Tazkiana :
    makasih telah mampir… auranya kaya Idayu Dasih W…😀

  14. annyeong.lam kenal tazkiana ssi
    wah mantab juga tuh penjelasan na,singkat dan padat.
    heeee,,kalo bbboleh ak mo nanya2 partikel boleh gak nie??
    ini nie ak bingung ma partikel
    _는걸 apa sieh arti nya dan cara pengunaan ny yah,sama satu lagi nie _ㄹ/을건데 ,heee sory yah baru kenal dah songong nie nanya2,ghomabdha yah atas jawaban na. 안녕………………

    Tazkiana :
    ne annyeong haseyo…
    salam kenal kembali..
    는걸 adalah berfungsi membendakan verb dan statusnya sebagai obyek , dan 을건데 gabungan antar 을거 + 는/은 데. penjelasan ini telah saya tulis sedikit dibagian yang lain

  15. 와 ㅎㅎㅎㅎ,대단히 감사합니다 형님,,,,,.
    btw TAzKIANA hyeong skarang gi ada di mana nie??
    korea pa indo??
    다시 한번 “고맙습니다”
    kapan2 boleh kan yah naya2 lagi.heeeee

    Tazkiana :
    Makasih kembali, sekarang lagi di Korea…
    iya boleh saja..

  16. aslm,met siang hyeong nim.g liburan akhir pekan yah????weew….dah berapa lama di korea hyeong kalo nan boleh tau,dan di daerah mana seoul,incheon,gumi,daegu,atau yang laen na???gi kuliah yah di situ???hyeong nan punya usul nie,gemana kalo hyeong bikin buku gramar(문법) aja !!!!di sini (indo) masih jarang lho buku seperti itu,kebanyakan buku2 bahasa korea yang ada disini masih bersifat dasar dan kaku ( bukan nya bermagsud tuk meremehkan buku2 yang ada sekarang lho).wah kayak na bakal laku dan banyak peminat na tuh (mudah2an…AMEEN.) apalagi kalo di tambah kosa kata baku beserta 듣기 nya.어때 내 제안을 좋아냐고요?

    wwwah mo nanya lagi nie hyeong ,boleh yah…….
    kalo
    _ㄹ거란_ ma
    _ㄴ거니 tuh partikel tuk apa yah.mianhae nie ujung2 nya nanya,ㅋㅋㅋㅋㅋㅋㅋㅋㅋ

  17. kang fauzi,,,minta penjelasan dr cth2 di atas.. 1). 만나뵙개 되길 바랍니다 dgn 회복되기바랍니다.,,,kenapa yg satu menggunakan ㄹdi bwh 되기 yg satu tdk? 2).있길 바래요 dgn 있기를 바래요 ?

    Tazkiana :
    Makasih atas kunjungannya…
    sebenarnya aturan di grammarnya memang …ㄹ 바라다, namun dalam contoh saya cantumkan yaang tidak pakai ㄹ , sbab banyak sekali pemakaian dalam praktek yang tidak menggunakan ㄹ. dan alasannya telah anda jawab pada contoh no 2. itu, karena statusnya sebagai obyek..

  18. اسلمءليكم
    안녕,형님…..별고없으시지요?????
    sehat2 ja kan di sana.gemana nie lagi sibuk yah hyông,ampe belom sempet2 ngebales pertanyaan aku nh.ya gak apa2 deh.tapi aku sangat berharap banget ma jawaban na lho.terserah kapan2 aja yang penting di bales yah!!!!!
    고마워요………………

    Tazkiana :
    Wa’alaikum salama ww
    Iya alhamdulillah sehat…
    iya betul, akhir2 ini wktunya sedikit banget, terkait juga dnegan piala dunia ..
    mian haeyo..

  19. annyeong,
    numpang tanya dong ..
    bahasa korea nya dokter itu apa ya ?
    terus apa bedanya aniyo sama andwae ?
    gomawo😀

    Tazkiana :
    dokter = euisa, aniyo = tidak, bukan ( informal hormat) , andwe adalah lawannya dwe ( dapat/bisa, boleh ) jadi andwe = tidak boleh, tidak dpat.

  20. annyeong… ^ ^

    aku bingung sama kata2 naega , jaega , naege *mian kalo hurufnya salah :)*
    sebenernya itu artinya apa ?

    gomapseumnida.. ^ ^

    Tazkiana :
    ne annyeng haseyo..
    naega = aku, jaega = saya ( lebih halus ). kedua2nya untuk subyek. naege= kepadaku

  21. baca artikel ini ku jd inget lagu OST my sassy girl chunyang 행복하길 바래…ㅋ ㅋ
    Sekalian tanya,
    1. kalo 희망 kan artinya sama tuh, tapi bisa di posisikan sebagai S,P, atau O. Lalu bagaimana dengan 바라다 apakah bisa diubah jadi 바라다는 것을, 바라기는 ?
    2. Q sering lihat di lirik lagu polanya V+ 길 tanpa 바라다, begitu ku lihat artinya, “aku harap…..” apa memang bisa 길 berdiri sendiri tanpa 바라다 ?

    Tazkiana :
    길 bukan berdiri sendiri, namun biasa dalam bahasa informal, membuang kata.희망 itu harapan seperti cita2, jadi sifatnya masih abstrak.

  22. 실례합니다,

    this is the first time for me join with korean forum….
    it sound interesting for me,
    may I join with this blog? I like Hangul very much, actually I take Korean course but I still confuse,
    mungkin Tazkiana bisa membantu saya….
    saya kebingungan membentuk sebuah pertanyaan atau kalimat dalam bentuk lampau…
    dimana letak subyek juga rumusnya seperti apa?
    고맙습니다…

Tinggalkan Balasan

