Sebuah Catatan :가질 수 없는 사람 ( gajil su eomneun saram) ” Seorang yang tak bisa kumiliki “

( catatan ini subyektif, bukan pembelajaran n atau karya sastra )
Malam ini aku baca catatan yang tertulis 10 (sepuluh ) tahun yang lalu. Mr Kong menulisnya dalam sebuah catatan, tulisan tentang seseorang yang tak mampu dimiliki, walau ‘dekat melekat’ , 이렇게 곁에 있어도( ireoke gyeote isseodo: walau di sisipun) namun tetap tak mampu dimiliki :
Ngawi, 14 Mei 2000…
Aku berada tepat di depanmu, malam ini
Diam namun memandangmu..
Betapa bibirmu  mampu tersenyum, namun air matamu mengalir…
Betapa kau ucapkan kata-kata kekuatan, namun tubuhmu lemah sekali
Aku hanya bisa ucapkan  kata “미안하다는말을 하지마 ( mian handaneun  marel hajima ) janganlah mengucap kata maaf
그대의 두눈에 흐르는 눈물을 볼수없어 ( kedaei dununae herenen nun mulel bulsu opso ) aku tak bisa melihat air matamu yang mengalir di dua matamu.
고마워 그대를 사랑할수 있어서.. ( gumawo gedaerel  sarang halsuisoso ) terima kasih aku telah bisa mencintaimu
하지만 못다한 사랑에 내맘이 아파( hajiman muttahan sarange nae mami apa..) ” tetapi ketidak mampuanku menjaga cinta itu membuat hatiku sakit ” .
Kemudian diam, namun memandangmu
Dan dalam kebekuan hatimu
kau ucapkan …
” 기억할께요( kieok halgeyo ) ..ku akan mengingatmu….”
Namun lirih dan luruh dalam  masa, di antar kenangan-kenangan  tentang cinta, kenangan, perpisahan dan persahabatan
” 사랑한다는 마음으로도 가질 수 없는 너( saranghandaneun maeumeurodo gajil su eomneun neo )
engkau yang tak bisa kumiliki walau dari hati yang tulus aku mencintaimu
나를 봐 이렇게 곁에 있어도 널 갖지 못하잖아 ” ( nareul bwa ireoke gyeote isseodo neol gatji motajanha )
lihatlah aku, walau berada di sisimupun, namun ku tak mampu memilikimu
Di akhir catatannya tertulis :
때론 눈물도 흐르겠지 그리움으로 ( ttaeron nunmuldo heureugetji geuriumeuro ) ” kadang air mata ini pun mengalirkan   kerinduan

19 thoughts on “Sebuah Catatan :가질 수 없는 사람 ( gajil su eomneun saram) ” Seorang yang tak bisa kumiliki “

  1. anyyong oppa ^ ^

    saya suka blognya, sangat membantu buat belajar bahasa korea…

    mannaso bangawoyo

    Tazkiana :
    ne, annyeong haseyo..
    terima kasih sekali atas kunjungannya….
    ban gaweoyo…

  2. Annyeong ahjussi…. belajar korea lagi nih🙂 , he eh Eonni Dian, keknya romantis bnget. aya suka headernya…. cantiqqqqq, ahjussi suka Tulip yack? (kagak nyambung ma topik). tapi tetep geomawo ahjussi

  3. makasih ya tazkiana..walau aku ga ngeri bahas korea, tapi isi tulisannya menyentuh.terjemahannya ke bahasa indonesia juga bagus puitis sekali

    Tazkiana :
    oh iya… Makasih banget atas atensinya…

  4. annyoeng oppa …

    kisahnya sdkt sama kisah ku..
    jd tersentak juga td..
    hehe ..🙂

    Tazkiana :
    ne , annyeong haseyo..
    betulkah… aduh.. mudah2 baik-baik saja ya…

  5. annyeong haseo oppa…

    duhhhh,,,aq suka bgt ma flm” korea. .

    dan bahasa’a jg enak di dgr…
    pengen blajar nih oppa…

    kata’nya bgus,,,
    dan sgt membantu q…!!!!
    gumawo oppa ;))

    Tazkiana :
    Ne, annyeong haseyo..
    oh kita sama2 suka drama Korea..
    Makasih atas kunjunganya ke blog lho..

  6. Annyong sunbe

    Notenya bagus ijin share ya sunbe
    oh iyahh…..
    aq jga suka grama korea ma K POP nyahh
    bahasanya jga suka
    enak didengerr
    tapi masih kudu banyak blajarr
    mohon bimbingannya sunbe
    Gumawoyo sunbe

    Tazkiana :
    terima kasih atas kunjunganya..
    Ok silahkan..
    selamat belajar dan sukses selalu

  7. oppa…,klo ye nare itu maksudnya apa? mohon penjelasanya….

    Tazkiana :
    Makasih atas kunjungannya
    ye nale = waktu dulu.

  8. hallo…. saya deasy… kaya’x lagi naksir berat ma serial drama korea… rasax bener2 pengen banget ngerti bahasa korea… ada cara mudah ga’ ya….

    makasih…

  9. Annyeong haseyo ajuzzy.. Mampir bntr d blog’y ajuzzy
    kalimat’y bikin nangis aja ajuzzy (sedang di alami)
    ingin memiliki seseorang tp ga bsa coz org’y da di miliki org lain hikz..hikz..hikz..😦
    eh.. Mr. Kong i2 spa? ajuzzy knal..?? Tman ajuzzy..?

    Tazkiana :
    ne annyeong haseyo…
    Oh ceritanya terus kebetulan serupa denga tulisan ini…
    nggak kenal siapa itu Mr kong… apa ingin kenalan…?

  10. annyeong haseyo, ahjussi.. Kbtulan mampir.. Salam kenal!

    Puisinya kereen! Bhs korea x gimanaaa gt! Jd kpengen belajar! Cuz aq sk lagu2 korea!

    Tazkiana :
    Ne annyeong haseyo…
    Salam kenal kembali..dan makasih atas kunjungannya…

  11. he..he.. boleh.. boleh.. ajuzzy😀
    eh… tp kan ajuzzy ga kenal ma Mr.Kong??!! :-O
    (aduh2.. bsa kna mararah sma Kim Hyun Joong Oppa klo tau aQ mo niat knalan ma cowo lain..jng bilng2 ma Kim Hyun Joong Oppa yach.. ajuzzy he..he…he..he.. :-D)

    Tazkiana :
    hehe… iya deh aku jamin tetap terjaga rahasianya…

  12. Chi…luk..baaaaa….
    Akhir’y nemu lg blog oppa,….
    Prnh mngalami hal smcn ini “ss’org yg ku cintai tp tak bisa ku miliki”…
    Coz beda kykinan…..
    Sprti yg oppa blg di atas…..persis bgt apa yg aku alami!…akhir cerita,sama2 mengucapkan syg tp tdk untuk selama’y..hikz……mianhae oppa numpang buang air mata.. T T…!

    Tazkiana :
    oh iya…? menyedihkan sekali ya….
    ikut berduka, dan semoga menjadi pelajaran…. kata lagu : ibyeoleun neomu apayeo ( perpisahan itu sangat menyakitkan ) “

  13. annyeong haseyo,oppa…

    Akhirnyaaa ketemu blog ini!
    Sekian lama mencari-cari.
    Blog ini sangat membantu aq untuk belajar…

    Sering aq buka blog ini..
    Kisah yg sama ya?hahahaha

    Salam kenal…

    Gumawoyo oppa..;)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s