SEOUL VS PYEONGYANG

Tanggal 3 Mei tahun ini, Aktor Korea Lee Junki telah secara resmi memasuki camp pelatihan wajib militer, dan selanjutnya  selama  sekitar 2 tahun akan berada dalam aktifitas tersebut. Namun sepertinya seiring dengan itu ketegangan antar Korea semakin meningkat dan artinya kedamaian masyarakat kedua Korea mulai terusik. Hal ini terjadi setelah  sekitar 2 bulan lalu sebuah kapal AL Korea selatan “Cheonan” terbakar dan tenggelam yang mengakibatkan sekitar 46 orang meninggal.
Tim investigasi penyebab meledak dan tenggelamnya kapal korvet ini akhirnya mengeluarkan hasil akhir penyelidikan yang dilakukan hampir selama 2 bulan terkait penyebab tenggelamnya kapal AL Korea Selatan Cheonan. Tim investigasi yang terdiri dari para ahli dari AS, Australia, Inggris, Swedia dan Kanada hari Kamis mengumumkan bahwa pihak Korea Utara adalah “dalang” dibalik tragedi tenggelamnya kapal Cheonan.
Namun Pyongyang membantah tuduhan yang dijatuhkan serta menawarkan untuk mengirim kelompok penyelidik untuk memeriksa dengan teliti penemuan Korea Selatan tersebut. Namun itu menurut pihak  Seoul  hanyalah sebuah taktik untuk mengalihkan suasana. Korea Utara bahkan mengancam bahwa setiap sanksi atau tindakan balasan yang dijatuhkan terkait tenggelamnya kapal Cheonan akan mendapat balasan yang keras dari Pyongyang. Dengan demikian ada kekhawatiran bahwa Korea Utara ada kemungkinan akan melakukan provokasi yang lebih besar seperti menembakkan rudal dan uji coba senjata nuklir.
Nah… rasanya situasi saat ini akan terasa kembali lagi pada 60-an  tahun yang telah lalu, dimana terjadi perang antar Korea, dan sebenarnya semenjak tahun 1953, telah terjadi kesepakan genjatan senjata antar keduanya, namun tentu tidak serta merta kedua negara ini baik dalam hubungan diplomasinya. Seiring waktu, sebenarnya telah ada hubungan yang baik semenjak kunjungan mendiang presiden Kim Daejung dan Roh Muyeon, namun di sisi lain ini dianggap sikap kurang tegas.
Ada sebuah Film Korea , ” into the gunfire/ 포화 속으로 ” yang baru akan beredar pada pertengahan juni yang akan datang ini , yang di bintangi oleh banyak bintang terkenal misalnya : Kwon Sang Woo, Kim Seung Woo, TOP, dan Cha Seung weon . Film ini diproduksi khusus dalam rangka memperingati genap 60 tahun pecahnya perang Korea. Bedasarkan kisah nyata yang terjadi pada medan peperangan Korea pada tahun 1950, bercerita tentang 71 orang prajurit pelajar yang makin lama makin dilupakan.
눈물 없는 전쟁은 없다 ( nun mul opneun jeojaengeun eopda ) ” tidak ada perang tanpa air mata”. Artinya betapapun  perang akan mengkibatkan kerugian yang banyak, air mata, darah, harta dan masih banyak lagi.Semenjak diumumkan bahwa penyebab tenggelamnya kapal adalah karena serangan torpedo Korea Utara, maka nilai tukar won melemah dan tentu dampak pada perekonomian akan sangat berpengaruh. Betapapun kita mengerti bahwa puluhan nyawa  para tentara  itu harus dibayar mahal, namun harus dengan perhitungan yang lebih bagus, cermat dan tidak meninggalkan hukum internasional dan nilai kemanusiaan.
Saya berharap, pernyataan hasil investigasi ini belum final, artinya masih ada jalan keluar bagi keduanya untuk jalan tengahnya.

14 thoughts on “SEOUL VS PYEONGYANG

  1. Asslam alaikum..

    memang korut yah yang menenggelamkan warship korsel..smua negara2 eropa juga berat sebelah pada korut (apa mungkin karena pengadaan nuklir, ato sistem ekonominya yg sosialis-sehingga korut (seolah-olah dianaktirikan)), padahal korut membantah,,bahkan menantang untuk membuktikan kebenaran tuduhan?apa mmg begitu yah..

  2. wooah oppa sekarang keamanan warga kedua korea sedikit terancam doong…

    semoga saja ada jalan keluar yang terbaik dari para petinggi di kedua negara yang kita harapkan adalah semoga tidak terjadi sesuatu yang buruk untuk kedua korea jangan sampai memakan lebih banyak korban lagi….:-)

    • @Yana : Wa’alaikum salam WW..
      pernyataan dari pihak Korsel seperti itu..namun saya kurang tahu politik…hehe

      @Wie : Amiin… semoga begitu ..makasih..

      @Yani ssi : Masih di Korea ya…? Aminn… semoga begitulah adanya…

  3. Assalamualaikum,

    Astagfirullah…Semoga tidak sampai terjadi perang,semoga masalah semacam ini dapat diselesaikan dengan cara yang lebih arif..tidak hanya di Korea tapi juga di Indonesiaku tercinta,amin

  4. lha trus appa kim nam gil ku jg bntar lg mo wamil.. gmn klo trjadi perang n dy lngsung dtaro di garis depan.. hiikkzz… bs matee bneran dunk ntar?!! huks, I blom mau jd janda….😦

  5. tazkiana, sebenaernya di korea siapa aja sih yang kena wajib militer itu..acak atau gimana? sering banget denger aktor ikut wamil..lama lagi sampai 2 tahun

  6. annyeong haseyo, smg aja ga trjd perang korsel vs korut. damai2 ajalah, sayang ntar ga bisa liat artis2 korea yg cakep&sgt menghibur…Oya, blog anda sgt membantu sy mngenal bhs korea…Gamsahamnida./

  7. annyeong haseyo, smg aja ga trjd perang korsel vs korut. damai2 ajalah…Oya, blog anda sgt membantu sy mngenal bhs korea…Gamsahamnida./

  8. Duuhh… mudah2an gak tambah panas aja nih dua sodara😦
    Apakah udah berasa efek turunnya nilai won?

    Tazkiana :
    Iya Akin ssi, ini sudah rusak semua hubungan keduanya dan nilai won anjlok sekali…pusing deh pokoknya…

  9. memperhatikan , semenjak perang dunia ke 2 setelah negara itu pecah, mereka sering bertengkar.

    @yana: mungkin saja yah, si korut dikucilkan karena amerika ama entek2nya takut ma rudal korea , takut disaingi kali, liat iran masih dikucilkan terus.atau juga sistem pemerintahanya yang komunis, mirip rusia dan china. sepertinya 3 negara ini pernah nggak bersahabat dengan USA.

    mudah2an yang terjadi apa2, selain korut, korsel juga sering ribut sama jepang !! apalagi masalah pulau.

    hopely everthing gonna be fine.

    Tazkiana :
    Sebenarnya yang menonjol adalah karena bisnis militer dan bisnis politik. di Korea berpuluh tahun tentara US ada, klo damai ada yang dirugikan dan isu mengenai korut seringkali menguntungkan partai tertentu dalam negeri. ini masalah sebenarnya, bukan nuklir…😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s