CERITAKU : PERBEDAAN 은/는 DAN 이/가 DALAM BAHASA KOREA

Menulis itu gampang-gampang susah. Kadang ide begitu mengalir dan mudah untuk dituangkan dalam sebuah tulisan, namun seringkali beku selayaknya tertimbun salju kala musim dingin. Menulis yang menyenangkan adalah menuangkan, mengukir, meletakkan apa yang ada dalam pikiran kedalam barisan kata hingga mampu terbaca, bukan menulis ‘ karena’ atau ‘ sebab ‘.
Menulis itu menuangkan bahasa, dan bahasa itu indah. Tulisan ini hanyalah sebuah cerita, bukan modul pembelajaran , karenanya ia ringan-ringan saja.
Ada satu kalimat pertanyaan dan satu jawaban yang keduanya bisa mewaliki 2 maksud. Kalimat ini dalam bahasa jawa yang berbunyi ” iki kayune  sopo…? ”  jawabnya ” negoro ” . Pengertian pertama yaitu orang yang butuh akan pohon, tanya ” ini pohonya  siapa..? yang ditanya karena merasa berhak, maka ia hanya menjawab ” negoro”,  artinya silahkan ditebang atau dipotong. Yang kedua, orang yang tidak butuh akan kayu bertanya ” ini pohonya siapa..? ” , karena pohon itu miliknya negara , maka yang ditanya menjawab ” negoro ” artinya pohon ini milik negara.
Dahulu …saat saya masih kecil, pernah membaca bait-bait syair kaidah / grammar bahasa Arab, satu yang tersisa dalam benak saya adalah kata “كلامنا لفظ مفيد كاستقم ~ واسم وفعل ثم حرف الكلم ( kalaamuna lafdun mufiidun kastaqim # wasmun wa fi’lun tsuma harfunil kalim ) artinya kurang lebih begini ” kalimat itu adalah sualu lafadz yang telah berfaidah ( bisa dipahami), yang menjadi isim( jumlah ismiyah ) , fi’il ( jumlah fi’liyah ) dan huruf “. Setelah saya belajar bahasa Korea, bait syair ini ternyata memberi manfaat kepada pemahaman saya, sebab dalam bahasa korea juga mengenal kalimat yang mempunyai pola atau struktur seperti hal ini.
Pembahasan mengenai 는/은 dan 이/가 telah saya tulis di awal-awal tulisan di blog ini, sekarang bagaimana memahami maksudnya saja. Ada kalimat ” Saya pergi ke sekolah “, kata ‘saya’ bisa diterjemahkan  kedalam bahasa Korea menjadi “저( jeoneun )  ” dan bisa juga dipakai ” 제” sehingga menjadi  : 저는 학교에 가요 ( jeoneun hag gyoe gayo )  atau  제가 학교에 가요 ( jega hag gyoe gayo ).
1. Jika seseorang bertanya kepada Anda ,  “누가 학교에 가요?( nuga hag gyoe gayo )= siapa yang pergi ke sekolah ” maka jawabnya adalah “저는 학교에 가요( jeoneun hag gyoe gayo )” = saya (yang ) pergi ke sekolah. 는 ( neun) di sini memberikan gambaran kata ‘ yang ‘  kalau dalam bahasa Indonesia. Maka kalau di terjemahkan ke dalam bahasa Arab menjadi ” انا ذاهب الى المدراسة ( ana dzahibun ila almadrasati ). Struktur ini dinamakan ‘ jumlah ismiyah’ yaitu susunan kalimat dengan menggunakan mubtada’ dan khabar.
2. Jika seseorang bertanya kepada anda  “어디에 가요? ( odie gayo )”  = pergi ke mana? , maka jawaban anda adalah “제가 학교에 가요 ( jega hag gyoe gayo ) = saya pergi ke sekolah . Dan bila diterjemahkan ke dalam bahasa Arab akan menjadi ” انا اذهب الى المدراسة  ( ana adzhabu ila almadrasati ). Struktur ini disebut dengan ‘jumlah fi’liyah “, yaitu susunan yang terdiri dari fi’il dan fa’il.
Catatan :
a. 저는 ( jeoneun )  adalah bentuk hormat dari 나는 ( naneun ), maka untuk membedakannya jeoneun diterjemahkan saya, sedangkan  naneun diartikan ‘ aku ‘.
b. Partikel 는/은 (neun /eun ) disebut dengan penanda topik ( topic maker ), sebagaimana contoh di atas. bila kata yang ditandai itu huruf akhirnya vokal maka dipakai 는 ( neun ) , namun bila konsonan digunakan 은 (eun ).
c. 제가 ( jega ) adalah dari kata 저 + 가 ( jeo + ga ) , namun suatu ketika ia menjadi kata lain dari 저의 +가 ( jeoui+ ga ) = milik saya.
d. 이/가 ( i/ga ) adalah partikel  penanda subyek . ketika huruf akhirnya konsonan, maka digunakan 이 ( i ) sedangkan bila huruf akhirnya vokal maka digunakan 가 ( ga ).
Untuk penjelasan rincinya, anda bisa mempelajari  pembahasan masing- masing   partikel 는/은 atau 이/가. Dibawah ini beberapa contoh sebagai bahan acuan belajar. Semoga bermanfaat.
Contoh-contoh :
1. . 이름이 뭐예요? 제 이름은 …..입니다 (  ireumi mwoyeyo? je ireumeun …….imnida ) = ” Siapakah nama anda ? Nama saya adalah …..
2. 처음 뵙곘습니다,저는 김인호입니다.( cheoeum boepgyessseumnida, jeoneun giminhoimnida )” apa kabar…( jumpa
pertama ) saya adalah Kim inho.
3. 우리 나라는 인도네시아 입니다  ( uri naraneun Indonesia imnida.) ” negara kita adalah Indonesia
4. 비가 와요 ( biga wayo ) ” hujan turun “
5. 철수는 남자이고 순회는 여자이다 (cheolsuneun namjaigo sunhoeneun yeojaida.).” cheolsu adalah laki-laki dan sunheo adalah perempuan “.

30 thoughts on “CERITAKU : PERBEDAAN 은/는 DAN 이/가 DALAM BAHASA KOREA

  1. Salam kenal..

    Saya terterik dengan bahasa korea dn kebetulan terdampar disini…🙂 Blognya oke!

    saya masih bingung mbedakan 은/는 DAN 이/가 klau ga kberatan boleh diperjelan lg dlm pemakaina keduany??

    Sonsaengnim, Kamahamnida ^^

  2. annyeong haseyo.. bru2 ini aku nemu blognya kakak dan sngat tertarik😀 pengen tny sdikit ttg hangeul boleh ya kak? hehe. aku blajar hangeul otodidak dr nama2 member suju hehe. trus aku bs nyimpulin ini huruf apa dan itu huruf apa. tp aku bingung ‘oo’, ‘eu’ ‘u’ itu pngucpanny sm tp apa hurufny bda? trus sm ‘o’ dan ‘eo’ itu jg cra pngucpanny sm kan? misalny kalo kita dgr org blg yorobun, itu kita kan bs nulis yorobun/yeorobun/yoreoboon dsb. bs kakak jelasin ga? tlg email k aku aja ya. sm minta tlisin smua huruf2 hangeul jg. makasih kak. maaf panjang bgt. mga kakak ngerti mksd ptanyaanku.😀

    Tazkiana :
    Makasih atas kunjunganya..
    Baiklah, nanti aku kirim ke email ya jawabannya..

    • Saem,, bole beri penjelasan lagi mengenai penggunaan ga/i dan neun/eun ?
      masi kurang mengerti,,

      gimana cara membedakan ga sama neun sih? masi bingung, ga/neun prbedaannya dimana?? dan digunakan pada saat kalimtnya bagaimana??

      misalnya:
      이름이 뭐예요? 제 이름은 …..입니다
      bisa ga je ireumeun diganti je ireumi ??????

      bisa kirim lewat email ya? di tggu penjelasannya saem…

  3. oppa….mo nanya kosa kata nih…
    klo 빵꾸똥꾸 tu maknanya apa?di cari di kamus ko ga ada?

    Tazkiana :
    kata ini seperti bahasa slang, 빵꾸똥꾸 ini kata yang agak kurang enak, 빵꾸 dari kata 방귀 뀌다 dan 똥꾸 dari kata 똥구멍. Nah…sekarang silahkan dicari di kamus…

  4. meski dipandang sederhana oleh sebagian teman2 yang mahir berbahasa korea tapi alangkah baiknya lebih sering di upload ya om artikel yang gituan,,,,,,,sukur lebih sering lagi,,,tiap hari aku buka webnya om lho,,,,siapa tahu om dah meng upload yang baru tiap harinya,,,,,

  5. annyeonghaseyo ~
    Joneun feb imnida
    Bangapseumnida ..

    Ak pmbca blog ini ,, kebetulan nyasar ke sini gara” browsing ..hhe

    Ak tuh kbetulan seorang kpop fans [ELF-super junior]
    ,, gr” blog ini,, ak jdi bsa bljr hangeul lbih dalam lgi .. Gak sekedar annyeong dsb ..hhe

    Jeongmal gamsahamnida ^^

    Tazkiana :
    Ne, annyeong haseyo…
    Ban gaweoyo…makasih banyak telah membaca blog ini, semoga manfaat ya.. oh ..anda penggemar kpop..senang sekali, kita bisa share nanti..
    Kamsahamnida

  6. kak tazkiana, tolong ajari saya bahasa korea…biar bisa cepet bisa gmn cara belajar yg efektif? terima kasih….

    Tazkiana :
    terima kasih atas kunjungannya…
    sudah bisa baca-tulis hangeul kan…?
    di sidebar ini banyak link belajar bahasa Korea secara online, anda bisa mengikuti darinya..

  7. blom kak tazkiana…saya bingung soalnya langsung pke huruf korea…jadi bingung…hehe
    maaf kak, hangeul itu huruf korea bukan yah?
    baiknya saya belajar hurufnya dulu atau arti nya dulu? terima kasih byk kak udah mnjawab pertanyaan saya…^^

  8. Asslam alaikum wr wb wridwan

    banyak sdh sy pelajari dari blognya,,tp kok otakku ga bisa merekam yah..udah karatan kali..kayaknya perlu di push lagi..komapta yah..

  9. Oremaniya oppa balik lagi nee d blog oppa..

    Gomawo dgn materi pelajaran kali ne jd lbih ngerti tntg kalimat dlm hanguk…

    Tazkiana :
    Hai Wie…Jal isseoseo…?
    Makasih masih sempat mampir lagi ya…

  10. askum… oppa pa kabar? lama ga berkunjung ke blog oppa nich, kangen juga, hehehe…. oppa, aya mau tanya, bahasa koreanya gadisku yang jahat apa ya? geomawo oppa🙂

    Tazkiana :
    Wa’alaium salam ww..
    Makasih telah berkunjung lagi…
    “gadisku yang jahat = nae nappeun yeoja “.

  11. mas mau nanya,,, fungsi dr tambahan 는 것 pd verb itu apa ya? cth,, 저는 책을 읽는 것을 좋았어요.

    Tazkiana :
    는 것 di sini berfungsi untuk membuat N ( kata benda ) dari kata V. mis 읽다 ( ilkda = membaca ) menjadi 읽는것 = bacaan.

  12. ketemu lagi oppa…

    sudah lama gak mampir kesini, ternyata udah banyak bgt tulisan yang bagus2…sampe bingung mo ksh komen apa…

    Tazkiana :
    Iya…. tapi nggak lupa kan..? hehe
    yah sekarang tulisannya ke catatan aja yang banyak Dian ssi..

  13. assaLamuaLaikum oppa..
    annyoung haseyo..
    je ireumeun ririe imnida
    oppa minta bimbingannya untuk mengajari saya bahasa korea..
    mau nanya kaLo private sama oppa brp yah..???
    aku mau bgt beLajar bahasa korea..
    toLong baLas di YM saya yah oppa..
    Luph_sephiie@yahoo.com
    Gomawo oppa.. ^^

  14. “dind

    annyeong haseyo.. bru2 ini aku nemu blognya kakak dan sngat tertarik😀 pengen tny sdikit ttg hangeul boleh ya kak? hehe. aku blajar hangeul otodidak dr nama2 member suju hehe. trus aku bs nyimpulin ini huruf apa dan itu huruf apa. tp aku bingung ‘oo’, ‘eu’ ‘u’ itu pngucpanny sm tp apa hurufny bda? trus sm ‘o’ dan ‘eo’ itu jg cra pngucpanny sm kan? misalny kalo kita dgr org blg yorobun, itu kita kan bs nulis yorobun/yeorobun/yoreoboon dsb. bs kakak jelasin ga? tlg email k aku aja ya. sm minta tlisin smua huruf2 hangeul jg. makasih kak. maaf panjang bgt. mga kakak ngerti mksd ptanyaanku.😀

    Tazkiana :
    Makasih atas kunjunganya..
    Baiklah, nanti aku kirim ke email ya jawabannya..”

    안녕하세요……
    1.bisakah saya mendapatkan email jawaban yang sama?
    2. kk kalau misalnya ditanya eodi gayo? lalu kita jawab hangyoe gayo bisa g yah???
    gamsha hamida

    Tazkiana :
    ne, annyeong haseyo..
    1.mungkinkah anda belum menerima jawabannya..?
    2.bisa.. memang begitu jawabannya
    mian hamnida..

  15. annyeong haseyo…
    blog ini tempat belajar yang slama ini aq cari2…sangat menarik…aq blh minta ilmu nya…kalo gak keberatan tolong ajarin aq:
    bagaimana cara membaca dari huruf vokal yang adapd kata dlm bahasa korea??sperti ‘eo’,’e’,..n dll…
    jawaban nya kirim ke e-mail aq…blh??pliiiiizzz….
    gamsha hamnida…^^

  16. Assalamualaika
    Om,
    Om knlkan sya Ikvin.. Om, aq slh 1 org yg bru ja bljar bhs Korea.. Aq sneng bgt yg aq cri sdah ditemukn d sni… Tapi, aq msih bingung akn penempatan kata dlm kalimat… Nah itu bgaimana y, Om?
    Mohon bimbingannya…!!!

  17. Assalamualaikum kak aku sngat suka dengan korea baik dari bhasanya orang2nya tulisannya,aku sangat tertarik.

    Tazkiana :
    Wa’alaikum salam ww..
    Salam kenal dan makasih atas kunjungannya

  18. assalamualaikum hyeong (혱)tazkiana, blog ini sangat membantu saya, sudah seminggu ini ana belajar , pertanyaan “david” dan mas “dind” sepertinya juga ingin saya tanyakan, sebenarnya saya juga ingin tahu, mungkin bisa di post di blog hyeong (혱)tazkiana pada topik tertentu biar yang lainya juga tahu.

    saya begitu senang dengan pendekatan bahasa arab dalam penjelasan bahasa korea, ana adrusu allughatul al-arabiya aydon , lakin al’an ana bi saqqa fi korea. ana astati attaqallam qalil faqoth bil luggho :

    mohon bimbingnya bahasa koreannya,

    Tazkiana :
    Wa’alaikum salam ww

  19. wahh..aku bisa belajar banyak nih…ijin copy yah buat aku belajar..Jeongmal kamsahamnida

    Tazkiana :
    iya silahkan di copas.. makasih kembali

  20. BENAR2 SANGAT BERMANFAAT blognya …… gamsahamnida * sambil Membungkuk *

    suka bahasa korea gara2 sering nonton drama korea ……

  21. 안녕하세요 션생님 ^^

    Aku belajar bahasa Korea otodidak, jadi jujur aku masi bingung fungsi 은/는 dan 이/가, aku pernah liat kalimat, tulisannya kaya gini..

    그것은 책입니다
    그것이 책입니다
    itu bedanya apa??
    sebelumnya aku mau ngucapin, 감사함니다 ^^

    Tazkiana :
    ketika yang pembicara ingin menjelaskan subyek, maka pakai eun
    dan ketika akan menekankan jawabannya pada predikat (verb ) maka pakai i/ga .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s