Semomo dan Koldi : cerita tentang persahabatan

Semomo dan Koldi hanya nama untuk dua binatang. Semomo adalah seekor kera jenis simpanse, sedangkan Koldi adalah seekor anjing jenis buldog. Pertama saya melihat kedua binatang ini dalam sebuah acara tv Korea yang dikemas dalam acara TV  동물 농장 ( TV kebun binatang ). Yang menarik untuk saya ceritakan adalah kedua hewan yang berbeda jenis ini mempunyai jalinan pertemanan yang sangat erat. Semomo yang tinggal di negara Jepang ini adalah jenis simpanse yang ‘cerdas’  dan setia kawan. Pernah dicoba untuk membuat tantangan bagi kedua binatang ini. Kera yang selalu bawa tas ini dibawakan  tulisan dan diperintahkan untuk membeli 2 buah pisang di suatu tempat yang jaraknya sekitar 5 km. Dengan menuntun si Koldi, Semomo berjalan menuju toko. Dalam perjalanan, kedua sekawan sempat mampir tempat bermain game, dan semomo memang membawa koin yang kadang untuk membeli minuman di mesin penjual minuman ( ja pan gi ). Namun semomo segera tahu bahwa misinya adalah membeli pisang  dan akhirnya sampai dan berhasil membeli 2 buah pisang. Ketika dalam perjalanan pulang, keduanya sempat tersesat sebentar dan persis layaknya manusia, semomo yang ketika ingat bahwa ia telah salah jalan, ia memukul pukulkan tanganya di kepala. Setelah marasa capai, Koldi mogok di jalan. Semomo layaknya tidak kehabisan akal, ia berjoget-joget menghibur Koldi dan akhirnya keduanya melanjutkan perjalanan lagi. Tapi rupanya Koldi merasa tidak bisa menahan lapar, dan mogok lagi. Kera semomo akhirnya mengeluarkan sebuah pisang yang habis dibeli dan ia memotong setengahnya untuk si Koldi,  lalu Koldi   memakannya. Orang yang melihat adegan itu mengira yang setengah akan dimakan semomo, namun ternyata semomo menyimpannya lagi di tas dan akan ditunjukan kepada  si empunya. Seekor kera yang lazimnya sangat menyukai pisang, rela menahan keinginannya demi seekor teman dan tuannya. Masih banyak lagi perilaku simpanse ini yang membuat orang heran dan mengatakan  사람이야..?( saramiya ..? ini manusia kah…?
Semomo memang hebat, ia menghasilkan banyak uang dari pertunjukannya di cirkus, instingnya untuk menyayangi teman, dan sepertinya kedua makhluk ini sangat mengerti tanpa bahasa, karena bahasanya adalah bahasa memahami, mengerti, dan menyayangi. Hebatnya semomo adalah hebatnya seekor simpanse, bukan hebatnya manusia, dan tidak perlu membandingkannya dengan manusia, karena jelas berbeda. Manusia jauh lebih mulia di ciptakan oleh Sang Maha Pencipta. Semomo adalah bagian dari ayat kauniyah, ia pembelajaran bagi yang melihatnya. Belajar untuk setia kawan, tidak saling memusuhi, saling  mengerti dan memahami dan setidaknya ia mengerti secara insting bahwa ia bagian kehidupan manusia.
곤궁할 때의 친구가 정말 친구다 ( gon gung hal ddae eui chinguga jeongmal chin guda )” teman yang sesungguhnya adalah yang menemani saat-saat kesulitan.” Membuat pertemanan itu jauh lebih mudah daripada memelihara pertemanan itu sendiri, sebagaimana menjalin cinta jauh lebih gampang daripada menjaga cinta dan melestarikan cinta itu sendiri.
Selayaknya juga  di dunia maya, bahwa  membuat pertemanan itu lebih gampang dari memaklumi, mengerti dan menjaganya. Namun saya memaklumi dan menghargai bahwa diantara kita banyak perbedaan, mengerti setiap ada yang jengkel dengan saya, memahami mereka yang marah dengan saya,  begitu juga halnya menghormati  setiap orang yang menghapus saya  dari pertemannnya, sebagaimana saya menghormati mereka ketika mereka menjadikan saya  bagian dari  pertemanannya.
Persahabatan bagai kepompong
Mengubah ulat menjadi kupu-kupu
Persahabatan bagai kepompong
Hal yang tak mudah berubah jadi indah
Persahabatan bagai kepompong
Maklumi teman hadapi perbedaan
Persahabatan bagi kepompong ( sindencosta )
Persahabatan itu memaklumi perbedaan.Perbedaan antara saya dan anda, perbedaan kita.
우정을 오래 도록 간직하면.. 정말 우정의 나무가 내 마음속에 점점 자라고 있겠죠?  ( ujeongeul orae dorok ganjikhamyeon.. jeongmal ujeongui namuga nae maeumsoge jeomjeom jarago itgetjyo?) ” Bila kita bisa menyimpan
persahabatan hingga waktu yang lama, maka bukankah  sungguh pohon persahabatan itu lambat laun akan tumbuh..?
여러분들도 좋은 우정 영원히 간직하세요..( yeoreobundeuldo joheun ujeong yeongwonhi ganjikhaseyo..) ” Anda
sekalianpun… jagalah persahabatan yang indah hingga selamanya….”
( Bagi yang ingin melihat salah satu adegan semomo via video bisa klik : di sini )

15 thoughts on “Semomo dan Koldi : cerita tentang persahabatan

  1. asllmkum.pertama skl minta maaf atas semua yg tlh terjadi.faktanya itu semua tdk akan kembali seperti semula.cuma satu yg mengganjal di hati.coba mengertilah mereka2 yg tlah menjadi temanmu.terlebih mereka yg srg ke wall,memberi komentar atau sekedar mengucapkan salam.sesekali tulis didinding mereka,atau mengomentari status mereka.cinta tidak hanya menerima fauzy tapi juga memberi….
    by the way ,terimakasih telah mewarnai dunia perfesbukan……no hurt feeling ya…….

    Tazkiana :
    Wa’alaikum salam ww
    Makasih banget atas sarannya dan tentu dengan senang hati akan saya lakukan sebisa dan sekemampuan saya. dan saya rasa tidak ada yang perlu dimaafkan dan saya pun juga tidak usah minta maaf, karena istilahnya ” geunyang ” , yah beginilah adanya…mau diapakan lagi?

  2. Ajossi…
    tulisan yg ini bagus sekali ( komentar standart nya begitu)
    hhehe
    terima kasih untuk semua yg ajossi sudah lakukan untukku, terima kasih untuk waktu yg kau sisihkan untukku, terima kasih untuk mau mendengar keluh dan kesahku, terima kasih untuk mau berpegel2 ria membalas chat ku selama ini, hal hal itu ibarat pisang yg semomo berikan untuk koldi🙂
    Thx a lot my uncle.. Allah bless u n family, amin.
    salam untuk mama Tazkia dan Kia nya juga :p

    Tazkiana :
    Terima kasih telah komen lagi di sini…( basa basinya gini hehe )
    Atas doanya : “amiin ya rabbal ‘alamin “.
    saya tidak menyamakanmu dengan koldi lo, itu hanya ibaratkan..? yah..ajussi juga seneng bahwa Euzhan telah nyaman berteman dengan ajussi hampir 2 tahun ya…tentu dengan keterbatasku, aku berharap terus di antara aku dan euzhan tetap berteman, sebagai sesama makhluk dunia maya dan sebagai paman dan keponakannya… amiin..

  3. salam kenal
    tulisan sarat dengan muatan… yang dapat membuat saya kembali mengingat sahabat2 saya…memang mudah menjalin suatu hubungan, tapi sulit untuk mempertahankannya

    Tazkiana :
    salam kenal kembali…
    terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ya.. semoga kedepannya akan lebih bagus ya..

  4. Halo~ New reader in here
    Aku Sheila ^-^

    Aku lihat, kamu itu mahir banget bahasa korea
    Bisa tolong translate video ini ga? >> http://www.youtube.com/watch?v=F18lqQDDHcg

    Aku bener-bener butuh bantuan kamu
    Aku mau post video ini di blogku dengan subtitle
    Tapi aku ga ngerti bahasa korea

    Bisa tolong bantu aku?

    Formatnya :
    Nama orangnya : blahblahblah
    Mungkin kamu ga tau nama orangnya
    Kalo ga tau tulis pake inisial aja,misalnya Q dll
    Nanti aku yang akan ganti dengan nama orang aslinya
    TOLONG BANTU AKU YAAAAA~
    Ditunggu balasannya

    Tazkiana :
    salam kenal untuk sheila…
    OK nanti saya bantu, namun hingga saat ini internetku belum bisa juga mutar video, loadingnya macet total…
    mian hamnida..

  5. Oh begitu -,-

    Tapi bisanya kapan? Aku sangat butuh bantuanmu🙂
    Saya butuh ini dalam jangka waktu yang cepat,kira-kira minggu ini -_-

    Maaf karena memaksa,tapi kalo bisa bantu tolong secepatnya yaaaa

    Gomawo before songsaenim~

  6. SEMUANYA SALAH!!!

    MIANHAMNIDA!!!

    Nanti aku kasih yang benarnya, tapi bisa bantu kan?
    Aku butuh bantuannya ^^ Aku harus nge-post video ini dengan subtitle-nya

    Nanti aku credit kamu sebagain translatornya🙂

    Tazkiana :
    Walaupun belum tentu bisa, namun tentu mau. iya makasih…


  7. dan

    Itu yang saya minta tolong untuk ditranslate songsaenim🙂
    Bisakah? Aku butuh bantuannya

    Formatnya:
    [Nama orangnya] : blah blah blah
    ^-^

    Semoga bisa bantu,mungkin karena songsaenim membantu men-translate,saya bisa lebih memahami tentang korea🙂

    Sekali lagi terima kasih banyak songsaenim🙂
    Ditunggu konfirmasinya ^-^

  8. Wah… persahabatan yang lucu antara kedua hewan ini…😀
    Dan semoga kita bisa tetap bersahabat ya, ajussi…
    (udah lama nggak chat, inet-nya lagi lemot sih😦 )

    Tazkiana :
    Amiin… makasih Akin ssi… dan tentu sudah selayaknya..
    di sini juga sangat lemot sekarang, nggak tahu kenapa…

  9. Mf saya lg nyari download gratisan video belajar bahasa korea, sy bnyk membaca karya anda namun belum semuanya. klo anda bisa membantu, sy sgt brterima kasih!!!

    Tazkiana :
    Download video yang banyak dari youtube atau 4shared.com
    di youtube anda search aja dengan kata kunci ” korean language” . Mudah2an ketemu

  10. Hem, sepertinya tak bisa bantu ya T____T
    Tapi saya benar-benar minta tolong -,-

    Tapi kalo tak bisa,saya tak usah nge-post ini

    Yasudah terimakasih
    Kalo bisa bantu,ditunggu konfirmasinya

    Tazkiana :
    Mian hae..untuk mentranslate itu bener2 tidak ada waktu dan banyak kata yang belum saya pahami…
    mungkin ada yang lebih dipercaya aja ya…
    sekali lagi maaf banget ya..

  11. kisah monyet sama anjing bulldog ini ada di tv korea? persis banget sama acara di tv jepang lhooo.

    nama simpanse nya pan-kun, nama anjingnya aku lupa. apa ini anjing dan simpanse yg sama? masalahnya anjingnya juga bulldog. hahaha. kl beda acara, kebetulan yang sangat menarik yaa… hahaha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s