추석 이야기 : Ceritaku tentang Hari raya Chuseok

Tinggi dan rendah itu bukan batasan keindahan. Memandang langit itu indah, walau kita tetap di bawah. Kadang juga memandang dari tempat yang lebih tinggi itu lebih menarik walaupun tak sedikit yang merasa ketakutan. Banyak yang bertanya apa itu Chuseok dan apa saja kegiatan saya saat chuseok. Nah, di bawah ini kita mencoba belajar bahasa Korea tentang apa itu  chuseok dan cerita saya saat chuseok kemarin :
1. 추석은 음력 8월 15일로 다른 말로 한가위라고도 부르는데 ‘한’이라는 말은 ‘크다’라는 뜻이고, ‘가위’라는 말은 ‘가운데’라는 뜻을 가진 옛말이다. ( chuseogeun eumnyeok 8wol 15illo dareun mallo hangawiragodo bureuneunde ‘han’iraneun mareun ‘keuda’raneun tteusigo, ‘gawi’raneun mareun ‘gaunde’raneun tteuseul gajin yetmarida. ” Chuseok itu dilaksanakan pada tanggal 15 bulan 8 ( berdasarkan penanggalan komariyah ) di sebut juga dengan kata lain “Han gawi “. Han itu artinya besar/raya sedang Kawi itu tengah. ini adalah bahasa kuno.
2. 추석은 내가 가장 좋아하는 명절이다 ( chuseogeun naega gajang johahaneun myeongjeorida) ” Chuseok adalah Hari raya yang paling aku sukai.
3. 추석이란 한국의 추수 감사절입니다 ( chuseogiran hangugui chusu gamsajeorimnida )  Chuseok adalah hari raya sebagai tanda syukur atas panen.
4. 송편은 한국인들이 추석에 먹는 특별한 음식이에요 ( songpyeoneun hangugindeuri chuseoge meongneun teukbyeolhan eumsigieyo) Song pyeon adalah makanan istimewa yang dimakan oleh orang Korea saat Chuseok
5. 즐거운 추석 잘 보내세요 ( jeulgeoun chuseok jal bonaeseyo ) ” Selamat melewatkan chuseok yang menyenangkan “.
Itulah sedikit tentang Chuseok.  Ada mitos di masyarakat bahwa  bujangan dan perawan mencoba membuat songpyeon yang sebagus mungkin karena percaya dengan begitu mereka akan mendapatkan pasangan yang cantik atau tampan. Cerita saya tentang Chuseok tahun ini adalah cerita tentang liburan chuseok yang dipenuhi mendung dan hujan. Banjirpun tak bisa dielakkan, hingga perjalanan subway harus dihentikan karena stasiun bawah tanah dipenuhi dengan air. Namun keinginan untuk mengisi liburan dengan jalan-jalan tak bisa terbendung, walaupun harus mencari tujuan yang tidak terlalu jauh. Maka tepat di hari perayaan Chuseok saya memutuskan untuk berjalan di Taman Namsan dan naik ke Namsan seoul Tower.
( ini adalah salah pintu masuk  taman Namsan )
( suasana kota Seoul di lihat dari atas Gunung selatan / Namsan )
Di hari berikutnya yang merupakan hari terakhir liburan chuseok, kami datang ke Benteng Hwaseong ( Hwaseong Fortress ) yang terletak di kota Suwon, di mana tidak jauh dari tempat kami tinggal. Benteng Hwaseong adalah sebuah kompleks benteng bertembok yang mengelilingi kota Suwon, Korea Selatan, yang dibangun antara tahun 1794 dan 1796 oleh Raja Jeongjo dari Dinasti Joseon untuk menghormati ayahnya Raja Sado yang dipaksa untuk bunuh diri oleh Raja Yeongjo. Berlokasi 30 kilometere di selatan kota Seoul dan melindungi pusat kota Suwon termasuk Haenggung, komplek istanan Raja Jeongjo. UNESCO memasukkan benteng ini ke dalam daftar Warisan Dunia pada tahun 1997. Suwoncheon, aliran kali di Suwon, mengalir di tengah-tengah komplek benteng. ( http://id.wikipedia.org)
Inilah sekelumit acara liburan Chuseok dan menulisnya untuk sebuah kenangan. Kadang mengenang sesuatu yang indah itu lebih indah dari keindahan itu sendiri.

8 thoughts on “추석 이야기 : Ceritaku tentang Hari raya Chuseok

  1. Kalo dilihat lihat z Ajussi…
    Korea itu indah… karena bisa lihat pemandangan kota dari atas gunung…
    O iz Ajussi… Indonesia itu ternyata pengirim TKI terbanyak ke Korea lho…
    Coba kalo di balik… Hehew…😆

  2. 안녕 아저씨,아름답습니다
    Jd tmbh pngen ksna,amien.
    Wah korea jg bnjir,kirain cma indo aja yg bnjir.hehehe,msh da tmen.
    Songpyeon tu trbuat dr pa?맛이 어떻습니까?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s