DOENJANG IYAGI ( CERITA TENTANG DOENJANG )

Adalah Kim Jong gu, seorang yang sudah dihadapkan tali kematian, sebuah hukum gantung, ketika ditanya apakah tidak ada permintaan terakhir, ia katakan ” 된장…. 그된장 찌게가 ..먹고 싶네…( Doenjang…. geudoenjang jjigega ..meokgo sipne…/ Doenjang, aku ingin makan deonjang itu ). Ini adalah bagian dari adegan sebuah film yang berjudul ” DOENJANG “, sebuah film yang dibintangi Lee dong wook yang memerankan Kim Hyun soo dan juga bintang cantik Lee yo won yang dalam film ini memerankan Jang yejin si wanita misterius pembuat dwenjang .Film yang dirilis akhir tahun lalu itu mengisahkan seorang reporter yang merasa penasaran atas tertangkapnya seorang buronan saat sedang makan dwenjang. Film yang dalam title inggrisnya ” the Recipe, 2010 ” ini  berdurasi 105 menit dan  menarik sekali karena kita juga di ajak menikmati pemandangan indah pedesaan Korea dan percintaan Hyun soo dan Yejin. Apakah anda tertarik juga lihat filmnya?

Doenjang adalah  dari pasta kacang kedelai yang direbus dan dikeringkan di panas matahari dalam bentuk persegi yang dinamakan mejubap atau meju.

Dalam proses pengeringan ini muncul jejamuran yang menandakan telah terjadinya proses fermentasi dan menimbulkan bau yang menyengat. Setelah dikeringkan blok-blok doenjang ini dipindahkan ke tempat yang lebih hangat agar proses ferementasi berlangsung lebih cepat. Setelah itu dimasukkan ke dalam tempayan besar yang diisi dengan air garam. Air garam ini menyebabkan terjadinya fermentasi yang lebih baik lagi, yaitu melembekkan bentuk meju yang tadinya keras menjadi pasta kacang khas Korea. Jika pasta kacang dipisahkan dengan air dari hasil fermentasi tadi, akan menghasilkan kecap khas Korea yang disebut Ganjang. Doenjang biasanya dibuat secara manual di rumah-rumah orang Korea, terutama di pedesaan. Cara pembuatan doenjang secara manual hanya menggunakan air garam sementara doenjang buatan pabrik dibuat dengan menambahkan tepung gandum. Bahkan ada yang sengaja menambahkan komposisinya dengan ikan teri agar rasanya semakin lezat. Doenjang yang dimakan dengan bawang putih, minyak wijen, dan gochujang ( pasta cabai Korea) yang dibungkus dengan sayur dinamakan ssamjang ( tanpa nasi ) atau ssambap ( ditambah nasi ).

Doenjang juga populer dimasak sebagai sup, yaitu Doenjangjjigae (sup doenjang) yang biasanya berisi tahu dan bumbu seperti bubuk cabai, jamur, makanan laut dan daging. Doenjang memiliki gizi yang tinggi karena dihasilkan dari proses fermentasi yang bersifat anti kanker, selain itu juga memiliki sumber mineral dan flavonoid yang bersifat antioksidan.

난 된장 찌개 되고 싶어 ( nan doenjang jjigae doego sipeo / aku ingin menjadi doenjang). Kenapa ? Doenjang  walaupun penampilannya kurang menarik dan bau tak sedap yang menyengat, namun doenjang selalu bikin orang kecanduan dan merindukan selalu. Dalam kehidupan ini tak semuanya bisa kita nilai dari sebuah penampilan. Halusnya kulit tak meski menggambarkan halusnya budi, lembutnya bibir tak selalu melafadkan kata-kata yang lembut dan kayanya harta tak selalu membuat kaya di hati. Dan juga sebaliknya, tak semua bau yang tak sedap itu tidak membawa rasa nikmat.itulah  ” doenjang “.

12 thoughts on “DOENJANG IYAGI ( CERITA TENTANG DOENJANG )

  1. wah ajussi ??????? yang main di piLem ini yo won eonni ??????? omo~!! aku harus nonton nwh-

    fiLmx di jamin bagus kan ajussi ???????
    gag banyak ranjaux kan ajussi ????

    hehee-

  2. waaa!! Ap rasa’a ya??
    Btw saya mw mengenalkan diri dgn bhsa korea,kira2 ejaannya udh bnar blm??mhon di periksa dan diperbaiki..
    ”여보세요, 나의 이름은 triana이다. 그러
    yeoboseyo, naui ireumeun trianaida.
    geureo
    나, 당신은 칭했다 저를 nana이라고 할
    na, dangsineun chinghaetda jeoreul
    nanairago hal
    수 있다. 만나서 반가와요.
    su itda. mannaseo bangawayo.”
    kamshahamnida ^^

  3. Huhu… penasaran banget sama rasa doenjang ini…
    Ajussi, ntar kalo balik ke Indo lagi, mbok ya saya dikirimin doenjang ya… supaya saya bisa belajar bikin sup tahu itu…😀

    Tazkiana :
    Akin ssi …wah..yang bawa kiriman nggak mau..sebab baunya nggak enak
    bikin dwenjang sendiri aja…ayo berani coba?

  4. Kira-kira lidah saya bisa nerima 던장 ini gak ya?? Apalagi deskripsinya, bau nya kurang sedap, penampilannya jg kurang menarik.. Rasa makanan Korea rada aneh..🙂
    Tapi masih penasaran sama rasa 떡복이, susahnya dapetin tu makanan..

    페이스 북에서 나의 요청을 받아주세요, 어저씨.. 감사합니다..

  5. Wah jadi laper… eum jdi pngen ngrasain gmana rasanya… gmana rasa bau bercampur enak disitu.. hahaha message nya jg bgus, emang iya kdang penampilan fisik bsa mngelabui perasaan qta…

  6. Saya pernah makan makanan korea ini tetapi ibuat secara halal. Ibu saya yang memasakkannya untuk saya…. Rasanya sangat sedap…..

    Tazkiana :
    syukurlah…banyak sekali masakan korea yang rasanya nikmat
    dah banyak mencoba ya..?

  7. anyeong haseyo,,,,,
    aku mau nanya ada linknya gk….?
    aku mau download…

    oia blognya keren abizz…
    bisa minta alamat emailnya gak???

    Tazkiana :
    Makasih kembali, alamat emailnya di :umifauzy@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s