Masakan Korea : Rabbeokki ( 라볶이 )

Saat akhir pekan kadang kita merasa bingung dengan rencana mau membuat acara apa. Wisata kuliner pasti sudah seringkali dilakukan. Namun ada yang menarik yaitu mencoba membuat masakan sendiri.
Dulu saya pernah menulis resep membuat ddeokbokki. pernah mencobanya..?
Nah bila bosen makan mie instan, sekarang boleh dicoba adalah rabokki. Rabokki gabungan kata-kata Ramyun ( mie instan)  dan ddeokbokki . Hal ini cukup sederhana untuk membuat jika anda tahu bagaimana membuat ddeokbbokki. Yang perlu Anda lakukan adalah, menambahkan  mie instan dan tambahan air  ke ddeokbbokki.

Keterangan : Bahan untuk 4 orang dengan  persiapan waktu sekitar 5 menit, waktu memasak  kurang lebih 7 menit.
I. BAHAN UTAMA
1 bungkus mie instan.
kue beras Segar 300g (sekitar 30 buah) – Jika Anda menggunakan garae ddeok kemasan sebaiknya di rendam dalam air dingin selama 20 menit sebelum Anda menggunakannya.
Ikan kue ( odaeng)  4 lembar – 240g
1 bawang
kubis secukupnya
1 batang daun bawang
1 ½ gelas air

SAUS ( sebaiknya dicampur dan disiapkan dalam mangkuk.)
Gochujang – 4 sdm
gula merah – 4 sdm; untuk takaran gula bisa dikurangi 2 sampai 3 sdm
Bawang putih cincang -1 sdt
Cabai bubuk ( Gochutgaru dalam bahasa Korea) – 1 sdt

II. PERSIAPAN
Iris tipis bawang dan daun bawang.
Bilas kue ikan dalam air panas. ( Untuk membersihkan lapisan minyak dari permukaan)
Potong kue ikan dan kubis potong ukuran sedang.
III. PROSES MEMASAK 

Tuang air ke dalam panci. Biarkan hingga mendidih itu. Tambahkan saus dan aduk dengan hingga merata.Tambahkan semua bahan lainnya dan aduk terus  hingga merata.

Sepertinya memasak Rabokki tidak sulit, karenanya di Korea harga rabokki sama dengan ramyun atau lebih mahal sedikit. Selamat mencoba.

21 thoughts on “Masakan Korea : Rabbeokki ( 라볶이 )

  1. OPpa,salam kenal…sy pengunjung br blog anda (saya gaptek,ney aja br ktmu…pdhal dr zaman kuliah dah suka bgt ma korea)saya mau tanya?oppa,kalo sy mau liburan k koRea slama 1bulan,kira2 brapa rupiah biayanya?

  2. OPpa,salam kenal…sy pengunjung br blog anda (saya gaptek,ney aja br ktmu…pdhal dr zaman kuliah dah suka bgt ma korea)saya mau tanya?oppa,kalo sy mau liburan k koRea slama 1bulan,kira2 brapa rupiah biayanya? Tolong djawab ya oppa,trimakasih dan slamat braktifitas….

  3. ih… makanan enak ni kayaknya… ahjussi kenapa FBnya ga bisa di buka.. mau bls pesan kok g bs?

    Tazkiana :
    Untuk sementara saya off dulu dari FB…karena pekerjaan banyak dan sering sakit2an.. nanti bisa on lagi klo udah baikan.

  4. oya ajussi, kalau itu resepnya diindonesiakan gmana? SAUSnya pake saus apa?
    Gochujang itu apa?
    kalau di indonesia, kur beras itu ada ga ya….

  5. Annyeonghaseyo…
    sangsengnim, ini pertama kali saya mengunjungi blog Anda. Saya berterima kasih karena blog ini sangat membantu saya. saya sudah 1 bulan ini belajar huruf Hangul. Dan saya sekarang sudah agak lancar membaca hangul walaupun belum mengerti artinya. Karena di Lampung belum ada tempat kursus bahasa korea yang resmi, jadi saya belajar melalu internet dan buku.

    saya mau bertanya, saya selalu mengalami kesulitan ketika menuliskan kata seperti “gwenchanha” atau “mwoyo”
    pokoknya kata2 yang ada huruf “W”-nya.

    mohon bantuannya!
    Kamsahhamnida.

    Tazkiana :
    Ne annyong haseyo..
    terima kasih atas kunjungannya..
    untuk kesulitannya saya yakin akan segera teratasi.. semangat ya…
    kamsahamnida..

  6. Ahjeossi,kenapa tinggalkan aku tanpa ppaepaero??hikz..hikz…

    *jangnan
    resepnya keren,kapan2 resepnya ppaepaero juga ya~

    Tazkiana:😀 ppaepaero langsung beli aja..nggak usah buat…
    akhir2 ini kerjaannya capek banget, jadi saya harus banyak istirahat

  7. Haha… pengen juga bikin teokbokki lagi… tapi ribet euy😀
    Seandainya ada yang sudah jadi saj tteok-nya😦

    Hmm… tampaknya nikmat banget, karena berkuah banyak. Mungkin bakalan lebih seger kalo diperasin jeruk nipis seperti kalo lagi makan soto😀 Mungkin…

  8. annyeong ajussi^^
    aku mau tanya,ajussi tau g situs resmi tau yg berhubungan sama beasiswa ke universitas di korsel?
    makasih^-^

    Tazkiana :
    Ne, annyeong haseyo..
    situs beasiswa biasanya ada di nieed.go.kr

  9. wah makasih ya ajussi^^
    ajussi di korsel kerja kan?
    nah kapan kapan ajussi ceritain pengalaman ajussi donk kok bisa sampai kerja disana,hehehe
    maaf ajussi banyak permintaan^

    Tazkiana :
    Insyaallah, nanti akan cerita pengalaman.. makasih atas usulannya.

  10. Ping-balik: nama korea kamu « hyominsite

  11. 안념하세요,paman
    saya pengunjung baru blog ini jadi salam kenal paman
    감사함너다

    Tazkiana :
    salam kenal kembali, makasih atas kunjungan

  12. Ping-balik: Masakan Korea : Rabbeokki ( 라볶이 ) « Syenni Linggar

  13. Ping-balik: Masakan Korea : Rabbeokki ( 라볶이 ) | Syenni Linggar

  14. Ping-balik: Masakan Korea : Rabbeokki ( 라볶이 ) | Syenni Linggar

Tinggalkan Balasan

