Belajar Bahasa Korea : mengenal ~기 위해( 서 )

Sering kita jumpai kata ini dalam bahasa Korea kata …. 기 위해( gi wihae ) / 기 위해서 ( gi  wihaeseo / 기 위하여( gi wihayeo ) .
Kata ini digunakan untuk menyatakan alasan atau tujuan mengerjakan sesuatu, seperti misalnya dalam kata :
점심 먹기 위해 레스토랑에 들어 갔다  ( jeomsim meoggi wihae restorange katda ) = Saya pergi ke restoran untuk makan siang . Jadi alasan kepergiannya adalah 점심 먹기 위해 ( jeom sim meoggi wihae ) = untuk makan siang.

Beberapa kata kerja  bila digabung dengan 기 위해 ( Gi wihae )
1. 읽기 위해 ( ilgi wihae ) =untuk  membaca
2. 쓰기 위해 ( sseugi wihae ) = untuk menulis
3. 듣기 위해 ( deudgi wihae ) = Untuk mendengarkan
4. 말하기 위해 ( mal hagi wihae ) = untuk berbicara
5. 가기 위해 ( gagi wihae = untuk pergi
6. 오기 위해( ogi wihae )  = untuk datang
7. 보기 위해 ( bogi wihae = Untuk melihat
8. 먹기 위해 ( meoggi wihae )  = untuk makan
9. 자기 위해 ( jagi wihae ) = untuk tidur
10. 사기 위해( sagi wihae ) = untuk membeli

1. 한글을 읽기 위해 한국어를 공부했다. ( Hangeureul ilgi wihae hangugeoreul gong bu haetda ) = untuk bisa baca

tulusan korea , saya belajar bahasa Korea..
2. 그녀는 한국에 가기 위해 비행기 티켓을 샀다( .geunyeoneun hanguge gagi wihae bihaenggi tikeseul satda)  = Dia ( perempuan ) membeli tiket pesawat untuk pergi ke Korea .
3. 공부하기 위해서 대학교에 다녀요.( gongbuhagi wihaeseo daehakgyoe danyeoyo) = Aku pegi ke kampus untuk belajar.
4. 건강을 위하여 매일 운동해요 ( geongangeul wihayeo maeil undonghaeyo ) = setiap hari berolah raga agar sehat.
5. 친구를 만나기 위해서 외출할거예요 ( chingureul mannagi wihaeseo oechulhalgeoyeyo) = Saya pergi keluar untuk menemui teman .
Sedikit ini semoga saja bermanfaat.

52 thoughts on “Belajar Bahasa Korea : mengenal ~기 위해( 서 )

  1. GOmawo Ajussi, sangat bermanfaat. Tapi aku tanya, kalo kalimat yang berakhiran da , so, dan yo apa bedanya?

    Tazkiana :
    da adalah bentuk baku ( dasar )
    so biasanya menunjukkan bentuk lalu
    yo adalah bentuk informal hormat

  2. Wah blognya kereen. Sangat membantu sekali. Saya mahasiswa tingkat 2 jurusan Hub. Internasional dan sangat ingin sekali menguasai bahasa Korea sebagai bahasa alternatif. Tetep nulis ya ajussi!😀

    Tazkiana :
    Makasih kunjungannya…
    OK, Insyaallah akan tetap menulis… semangat ya…

  3. ahirnya updet juga nih blog.. ^^
    mw tanya, yg contoh ketiga ini: 공부하기 위해서 대학교에 다녀요.
    다녀요 ini artinya pergi y? akar kata ny apa?bedanya sama 가다 apa ya?
    gomaweoyo ajeossi..

  4. oppa..annyeong haseyo
    saya lg belajar bahasa korea otodidak nih,mau nanya apakah di bhs korea sama seperti bhs inggris yg punya simple past tense,present tense dan bla bla bla..atau lebih sulit dari bhs inggris.mohon penjelasannya.kamsahamnida

    Tazkiana :
    ne annyeong haseyo..
    oh..bagus sekali…
    ada juga keterangan waktu dalam bahasa Korea…
    bedanya dengan bahsa inggris di pola susunan kalimatnya, klo bahasa Korea pakai ” KSOP “

  5. annyeong haseo,,
    kak, saya ingin tanya tentang kata geot = yang
    bagaimana aturan kata itu di gunakan dalam kalimat apakah ada aturan yang dapat merubah kata kerja, seperti contoh ini : Gunggeumhan geosi isseumyeon dasi yeollak
    deurigesseumnida = Nanti saya menghubungi lagi kalau ada yang ingin saya tahu.
    mohon bantuannya ya kak,,,

  6. Kalo ada orang yang menyatakan blog ini goblog, pada dasarnya dia ngomongin diri sendiri, jadi ….tolong tetep semangat dan tetep nulis ya…Blok ini sangat membantu saya untuk belajar otodidak bahasa korea. Terima kasih

  7. Ane suka banget blognya agan…banyak ngasih pelajaran khususnya tentang bahasa Korea…ane pengen banget bisa bahasa Korea,bahasanya keren dan romantis menurut ane,tapi sejauh ini bahasa Korea yang ane bisa cuma ucapan terima kasih (gomawo ama gamsahamnida : bener ngak tuh tulisannya) ama minta maaf (mianhae)…Good job gan terusin lagi membagi ilmunya…ohiya gan mau nanya,itu kalo manggil orang tuh juga ada aturannya kan?misal manggil kakak cowok kalo cowok manggilnya hyung kalo cewek Oppa nah kalo manggil kakak cewek dan yang lainnya gimana gan?

    gamsahamnida…

  8. annyeonghaseyo eunni
    saya ingin sekali bisa bahasa korea, soalnya aku pengen kuliah ntar disana.
    omong2 universitas yang fakultas kedokterannya bgus apa ya dnsna?
    kamsahamnida🙂
    oya kalo nge balesnya langsung di email saya bisa ndak ?

  9. Ajussi..aza aza FIGHTING ^ ^
    jangan terpengaruh sama omongan2 negatif ya,semoga segala kebaikan ajussi dibalas dgn yg lebih baik lagi oleh 4JJI SWT..amiin

  10. annyeonghaseyo.
    kamsahamnida buat pelajarannya. belajar otodidak nih.
    saya juga belajar dari talktomeinkorean.com ada pdf nya sama mp3 nya jadi bisa hapalin pelafalannya. tapi yang saya bingung tuh kalo belajar bahasa korea tapi gak resmi agak sama atau beda sama yang formal?

    kamsahamnida, annyeonghi kaseyo

    • Ne annyeong haseyo..
      Makasih kembali…
      memang ada perbedaan , namun dengan menguasai yang formal, akan memudahkan . semangat terus ya..

  11. siang,,, mau tanya nihh,, aku kan mau translate bahasa korea ke inggris tapi aku translatenya dari bahasa korea yang tulisan latin,,, tapi koq ga ke detect ya, maksudnya terjemahannya ga bisa translatetin yang aku mau, dia malah kaya copy paste tulisan aku…. kira2 gimana ya cara translate yang bener dari korean (rumani) ke inggris. thanx

    Tazkiana :
    sebaiknya dari remajinya di hangeulkan dulu
    namun klo romaji ke hangeulnya pake mesin juga banyak yang kacau

  12. 안녕하세요,tazkiana
    나는 윈다
    mau tanya tips kalau mau buat kalimat biar ga bingung posisi-posisinya gimana ya, soalnya kan masih kebawa bahasa indonesia…dowa juseyo!!!!

    Tazkiana :
    ne annyeong haseyo..Winda ssi
    caranya dari subyek-obyek – predikat
    setelah itu kenali partikel2 dlam bahasa Korea

  13. aq juga pengen banget bisa bahasa korea,, tapi kadang aq masih bingung antara perbedaan yang di bahasa indonesia itu artiny sama, tpi di b.korea kadang berbeda😦
    Tazkiana :
    iya betul…tapi dengan terus belajar insyaallah tidak sulit kok… semangat ya..

  14. anyeong haseo
    unni/oppa,pnya resensi link bwt bljr bhsa korea pling lngkp tdak?q gy brburu ni,
    gumapsumnida,,,

    Tazkiana :
    ne annyeong haseyo..
    link yang di sidebar blog ini saya pikir cukup, atau di halaman ” korean online” . namun memang klo ingin lebih lengkap itu tidak gratis, sebagaimana yang ditawarkan oleh yeonsae university

  15. anyeong haseo,,

    saya juga lg proses belajar otodidak neh,..klo bisa juga dilengkapi cara bcanya (pengucapan) kayak bahasa Inggris one ( wan) car ( kar)

    ghamsahamnnida

  16. kak, aku kan lgi pertama belajar bahasa korea..
    mungkin ada bahasa korea yang paling gampang lagi g’…?????
    soal y’ baru kali ini…

  17. annyeoung haseyo
    q kan juga masih baru bljr bs korea ya , q juga pngin klo stlh lulus SMA mo ambil slh satu kjurusan di sana N aku suka bgt klo namanya SNSD and ko ktmu mo berbincang2 sm sooyoung snsd tlong bntu q donk biar bisa basa korea yoeng wonhi gitu jd pleasss bantu ya
    ……………………….gomawo

  18. exusme-
    ikut koment ya,!!
    mo tanya,apakah di daerah indonesia ada tempat tempat seperti kursus bhs korea?
    dan apa kk skl yg khusus mempelajari bhs korea,?
    atau bagaimana? soalnya saya pikir bhs korea mudah,tapi susah kalau dipelajari sendiri .hrus butuh bimbingan,
    makasi

  19. exusme
    ikut,koment ya,
    mo tanya apakah di daerah indonesia ada yg menyediakan kursus bhs korea?dan kk sendiri apakah skl yg khusus sehingga memahami bhs korea,atau bagaimana.
    mohon jawabannya.makasi

    Tazkiana :
    Banyak sekali Kursus bhs Korea, baik di Universitas maupun swasta. Silva tinggal di mana?

  20. waaaaaaahhhh
    senang sekali belajar bahasa korea ^_^
    makasi ya kak Tazkiana……..

    Tazkiana :
    oh iya sama-sama Dhini..
    semangat belajarnya ya

  21. Ping-balik: Belajar BHS Korea « pasha78

  22. Annyeong Haseyo,..
    aku pgn bgt bljr bhs korea ttp dlm pengucapannya msh agk ssh,..
    bgmn y Kak byar cpt bsa brbhsa Korea???

  23. Ping-balik: Belajar Bahasa Korea | radhiraadrika

Tinggalkan Balasan

