토마토 ( Tomato )

Tulisan ini sebenarnya sudah saya tulis dengan judul yang berbeda, namun tertunda . Saya tidak mampu melanjutkan tulisan, karena sebelum menulis, saya membuat sambal tomat. Mungkin untuk sebagian orang, tidak ada hubunganya antara tomat dan kemampuan menulis, namun tidak bagi saya. Sambal tomat adalah sambal kesukaan saya, dan saya sangat suka dengan tomat, dan akan makan banyak bila ada sambal tomat. maka, akan cepat mengantuk sehabis makan dengan sambal tomat.


Lain halnya dengan tomat, lain pula cerita  berikut :
Saat pagi-pagi benar, seekor ayam jago dengan bangganya berkata ” 꼬끼오..꼬끼오..난 새벽을 알려요… ( kkokkio..kkokkio..nan saebyeogeul allyeoyo…)  ” kukuruyuk… kukuruyuk… aku yang memberi tahu waktu subuh.. ”
Kucing menimpalinya ” 야옹…난 쥐를 잡아요 ( yaong… nan chwereul jabayo ) meong… aku yang menangkap tikus
“멍멍..난 집을 지켜요 ( meong-meong.. aku yang menjaga rumah ” kata anjing tidak mau kalah.
Sedang sapi dengan santainya bilang ” 음매 ..난 농사일을 해요 … ( eummae.. aku yang mengerjakan sawah ).
Agak jauh ada kambing, namun tidak mau menjawab. Lalu ayam tanya padanya ” 염소야 …넌 무슨 일을 하니 ? ( yeomsoya… neon museun ireul hani ?
wahai kambing… kau mengerjakan apa? ” 난….글쎄, 잘 몰겠어 … ( nan….geulsse, jal morgesseo ) ” aku nggak ngerti “.
Ayam memang merasa paling berjasa pada manusia, sebab selain membangunkan manusia, juga bisa dimanfaatkan baik sebelum lahir maupun setelah mati.
Kita tidak boleh meniru ayam, yang merasa paling berjasa, paling banyak memiliki manfaat, toh kita tetap akan memerlukan orang lain.
Anda pasti sudah tahu, bahwa Korea selatan dan Korea utara itu hubungannya seperti air dan minyak, walau sama-sama zat cair namun tidak pernah bisa bercampur. Namun dibalik sikap keras dari masing-masing pemerintahannya, ada cerita menarik tentang hubungan kedua negara.
Baru-baru ini, Harian Inggris -Telegraph telah memberitakan bahwa kue Choco Pies telah beredar sebagai mata uang tak resmi di kawasan Gaeseong dan juga mempengaruhi produktivitas pabrik. Kawasan Gaeseong adalah kawasan pabrik yang berada di perbatasan kedua Korea, yang merupakan kerja sama kedua belah pihak. Dilaporkan pula, meskipun kue itu adalah makanan kecil yang sederhana di Korea Selatan, tetapi kue itu sangat digemari oleh warga masyarakat Korea Utara. Karena, para pekerja Korea Utara di kawasan Gaeseong dapat menjual lagi Choco Pies yang diterima sebagai jajanan di pabrik dan memperoleh pendapatan memadai.
Choco Pies, dengan harga 300 won di Korea selatan sangat cocok sebagai makanan kecil. Di Korea Utara, Choco Pies dijual sampai seharga 10 dolar Amerika per satu buah. Jika pekerja diserahkan 2 buah sehari, dia memperoleh pendapatan tambahan senilai 20 dolar sehari, padahal gaji rata-rata hanya 100 dolar sebulan, uang senilai itu nampaknya menjadi penghasilan besar. Saya hanya berfikir, kalau dulu tembok Berlin roboh karena hal yang sederhana, mudah-mudahan sikap tidak saling mengalah antar kedua Korea, akan segera berakhir karena hal-hal yang sederhana.
Dari Tomat, ayam sampai Choco pies, kita bisa belajar, bahwa kadang hal-hal yang sederhana, itu bisa mempengaruhi sesuatu yang sangat besar. semoga bermanfaat

6 thoughts on “토마토 ( Tomato )

  1. hehe, saya juga suka sambal tomat. Paling ga bisa makan kalo ga ada sambalnya.. *hehe, curcol ceritanya :p*

    Eh, tapi, ada yang aneh ni dari postingan di atas.. masa anjing mengeong xp
    Btw, salam kenal, Om.. *SKSD mode : on*

    • meong meong itu bacanya mong mong dengan bunyi o seperti o pada kata botol

      CMIIW

      Tazkiana :
      iya..seperti o-nya botol, bukan o-nya bola

  2. annyong haseyo oppa,…..
    saya khoyyima,…!!!!!!!
    kalau saya paling suka makan sambal tomat dengan krupuk ikan,….
    oya oppa saya ingin bertanya ni, tapi sebelumnya maaf yah kalau menyimpang dari artikel ini, saya cuma ingin bilang gimana caranya berbicara dengan menggunakan bahasa korea dengan fasih setelah mengetahui tata cara penyusunan kalimatnya…???? dan satu lagi ne oppa, kenapa kalimat aku merindukanmu dalam bahasa korea menjadi bokusputta, sedangkan bahasa koreanya rindu kan bokusipho dan kamu noneun…?
    tolong di bales yahh oppa soalnya aku ingin mahir berbahasa korea, untuk jawabannya aku ucapkan gamhahamnida,……!!!!!!!!!!!!

    Tazkiana :
    pertama : untuk bisa mahir tentu harus banyak latihan, baik bicara, maupun mendengarkan.|
    Kedua : Aku merindukanmu asalnya Naneun neoreul bogo shipeo. atau bisa pakai geuriweo.namun bisa menghilangkan subyek dan predikatnya, menjadi hanya “bogoshipeo “. dalam bentuk jamak menjadi bogoshipeosseo. ini akan berubah menjadi “bogoshipeotda ” bila bentuk baku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s