모범 ( Mobeom )

Seoul adalah kota di mana Transportasi  ke tempat wisatanya sangat mudah. Bisa dengan subway,bus bahkan dengan taksi sekalipun tidak terlalu mahal, karena letaknya yang berdekatan.  Namun ketika anda harus memilih taksi untuk alat tranportasi,anda harus menyesuaikan dengan keuangan anda, sebab ada Taksi warna hitam dengan tulisan atasnya 보범 ( mobeom )  artinya terbaik,teladan atau di sini bisa diartikan VIP . Taksi jenis ini biasanya tarifnya lebih mahal,bahkan 2 kali lipat dari taksi biasa.

Pada tanggal 18-5-2012 lalu, saya berkesempatan untuk mengikuti sebuah study tour yang dikemas dalam acara.”모범 외국인 근로자 위안행사 ” (  mobeom wegukin geuloja wian haengsa )  Tour  bagi pekerja asing teladan. Sebuah acara yang merupakan Apresiasi bagi pekerja asing yang dianggap berprestasi.

Prestasi ini ukurannya bukan lebih baik dari yang lain tapi lebih pada kepuasan para pengusaha sebagai partner kerja,dan kepedulian mereka dalam mengapresiasikannya. Tour ini sebuah reward moral, sebab tidak semuanya harus dinilaikan dengan uang.

Catatan saya, dari 70 peserta yang ikut, sebagian besar adalah dari Indonesia. Ini sangatlah membanggakan, karena ternyata penilaian terhadap kinerja pekerja indonesia masih sangat baik. Terlepas dari masih ada kurang pahamnya sebagian teman yang ketika selesai mengunjungi perusahaan baja terbesar posco bilang ” ini nggak ada hubunganya dengan pekerjaan kita ” sambil ngerumpi sendiri di belakang, hingga teman seorang korea berbisik padaku ” 너무 시끄러워 ” neomu sikeureoweo ” bising banget.

Cara pandang kita terhadap sesuatu memang kadang berbeda. Seperti halnya ketika beberapa orang ditanyakan pendapatnya tentang negara Korea.Ada yang berpendapat Korea adalah negara Kimchi, ada yang bilang Korea adalah negeri ginseng, ada juga yang tahunya hanya produser drama , namun beberapa orang tahu juga bahwa korea adalah negeri soju.  semua punya cara yang berbeda, namun tetap pada kebenarannya.

Melakukan setiap pekerjaan dengan baik itu telah menjadi yang terbaik daripada hanya ‘mengejar’ untuk menjadi ” yang terbaik”, namun tidak dengan cara yang baik.

3 thoughts on “모범 ( Mobeom )

  1. Annyeong haseo…
    Ak baru disini, Je ireumeun Jessy imnida.
    udah pernah sih baca disini, tapi belum pernah comment, mianhae!
    Ak jga blajar baca-tulis hangeul sih, tpi masih pemula,
    Mohon bantuannya ya ahjussi!

  2. Numang promo yah, mampir ke uri blog ^^
    http://koreanchingu.wordpress.com/
    Kami juga jualan baju import online > http://koreanchingu.wordpress.com/kc-boutique/
    Ada freelance juga > http://koreanchingu.wordpress.com/library/
    Request poster > http://koreanchingu.wordpress.com/request-poster/
    Baru-baru ini juga menerbitkan buku kerjasama dengan TanggaPustaka, kalau chingu tertarik kami beri diskon 15% ^^ > http://koreanchingu.wordpress.com/2012/06/19/dapatkan-buku-korean-chingu-dengan-diskon-15-hanya-di-sini/
    Selain itu, bisa ikutan juga weekly k-chart yang pengumumannya via YT > http://www.youtube.com/user/KoreanChinguOfficial
    Ditunggu kedatangannya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s