Arsip

MASAKAN KOREA : OMEURAISEU ( 오므라이스 )


Berawal dari suka drama korea, orang lalu suka apa saja yang berkaitan dengan Korea. Dari musik, pakaian hingga makanan.
Untuk makanan memang ada kendala, karena selera atau karena memang kurang tersedianya bahan. Nah, ada menu sederhana yang biasa jadi hidangan di Korea, yang tentu juga cocok dengan selera Indonesia, juga bahan-bahannya sangat gampang di dapat.
Adalah Omeuraise ( 오므라이스 ) yaitu telor dadar yang diisi dengan nasi goreng. Kata ini dari ” omelette filled with Korean fried rice “.
Nah dari namanya saja kan pasti sudah bisa di perkirakan. Menu ini terdiri dari dua bagian, Telor dadar + nasi goreng.
Untuk resepnya, kita bisa memilih sesuai selera, namun kebanyakan orang korea membuat nasi goreng dengan komposisi bahan :
Bawang bombai, wortel, daun bawang, paprika, daging atau ayam , juga bisa tuna. Semua bumbu dicincang dan digoreng untuk campuran nasi goreng.
Untuk telor dadar, karena sebagai pembungkus nasi goreng perlu yang besar, maka bisa pakai telor ayam atau bebek. Atau untuk hasil yang lebih besar lagi, bisa pakai telor angsa. mau yang lebih besar lagi biar nasi gorengnya muat lebih banyak…? pakai telor burung unta.
Nah, setelah selesai dan siap dihidangkan, tuangkan saus di atasnya. Bisa yang agak pedas biar tambah mantap.
Omeurais itu bukan hanya sekedar menu makan, tapi juga sebuah filosofi. Artinya bahwa kita jadi orang itu harus seperti omeurais, enak di luar, enak di dalamnya. Bungkusnya bagus, isinya juga hebat, penampilannya menawan, rasa juga “OKE”.
Bicara nasi goreng , jadi ingat kisah 2 orang teman sepasang kekasih yang mau makan nasi goreng. Tapi jangan bilang-bilang, karena ceweknya juga lagi baca tulisan ini.
Cewek itu sebelum makan, pesan sama pelayan. ” sini mbak… ” pintanya pada yang pelayan restoran itu.
“Iya mau pesan apa ya ? ” tanya sang pelayan .
” aku mau pesan nasi goreng 2 ( dua ). Yang satu pedas, yang satu jangan pedas. Kalo yang pedas nasinya sedikit saja. Yang tidak pedas, nasinya agak banyakan ya . Yang nasinya banyak, pake kol tapi jangan terlalu banyak. Yang nasinya sedikit, pake kol agak banyak. Yang kol nya sedikit, pake telor mata sapi. Yang kol nya banyak, pake telor dadar aja. Yang pedas, ayamnya pake tulang ya mbak , terus yang nasinya banyak, gak usah pake tulang, tapi kulit ayamnya kasih banyak. Yang pake telor mata sapi, jangan pake kerupuk. Terus yang pedas pake kerupuk. Satu lagi mbak , jangan lama-lama ya….”

Kemudian si pelayan masuk terus bilang sama tukang masak ” Mas, Meja nomor 2 pesan NASI CAMPUR ” kata pelayan saking jengkelnya.
” Campur apa ya? ” tanya juru masaknya.
” Masing-masing campur sambal 2 mangkok…” jawab pelayan sambil ngeloyor pergi.

DARI KIM BAB , NASI JAMBLANG HINGGA SEGO JOTOS

Semua orang pasti menginginkan sesuatu yang simple dan tidak ruwet. Hingga dalam urusan makanan sekalipun. Maka karena itu banyak yang mewujudkannya dalam bentuk instan. Ada mie instan, nasi instan dan sebagainya.
Sebenarnya  ketika memutuskan untuk mengadakan sebuah perjalanan, tidak harus memilih membawa bekal yang instan kalau pertimbangannya awet dan gampang, karena di sisi lain yang instan itu kebanyakan ada kelemahannya.
Bagi orang Korea, kimbab adalah sebuah pilihan untuk bekal perjalanan, tamasya atau naik gunung, sebab tanpa lauk tambahanpun kimbab sudah enak rasanya. Selain itu juga lumayan awet untuk dibawa berpergian.
Dinamakan Kimbab karena ada unsur gim yaitu rumput laut kering yang di asinkan, dan bab yaitu nasi.
Kesempatan ini saya tampilkan resep sederhana bikin gimbab sebagai berikut :

Bahan Utama :
(untuk 2 orang)
4 gelas beras, 5 gelas air, 4 lembar rumput laut gim, 5 butir telur, 100g daging sapi giling, 50g wortel, 1/2 buah ketimun, 120g acar lobak asam, 80g bayam dan sedikit minyak goreng.
Bahan nasi : 1 lembar rumput laut berukuran 5x5cm,  1 sdt minyak olive
Bumbu :
Bumbu-bumbu untuk nasi : 1/2 sdm minyak wijen, 10g garam, 10g biji wijen.
Bumbu untuk daging : 1 sdt bawang putih cincang halus, 1 sdm kecap asin, 1 sdt gula pasir, sedikit lada.
Cara pembuatan :
1. Cuci beras 4~5 kali lalu masak nasi dengan 5 gelas air dan 1 lembar dasima berukuran 5x5cm.

2. Nasi yang sudah jadi dicampurkan  dengan garam, minyak wijen, dan biji wijen.

3. Potong sayur-sayuran memanjang , juga telor yang sudah di goreng .
4. Tumis daging sapi giling dan dibumbui dengan kecap asin, gula pasir, lada, bawang putih.
5. Paparkan nasi di atas rumput laut Gim. jangan mengisi nasi di bagian kedua ujung Gim selebar 2cm masing-masing.
6. Tempatkan bahan-bahan di bagian tengah paparan nasi itu lalu menggulungkannya dengan menekan.

7. Potong Gimbap dengan tebal 1cm sampai 2 cm dan tempatkannya di piring.

Demikian proses pokok pembuatanya. Semoga bermanfaat.
Lain ladang lain belalang, kalau di Korea ada nasi gim ( kimbab) di Indonesia ada nasi uduk, nasi kuning hingga nasi jamblang. Kalau di Korea ada ( jumeog bab ), istilah ini juga ada di Madiun dengan istilah sego jotos.  Biarpun pokoknya sama nasi, kita harus berkreasi agar tidak  bosan dan sesuai kebutuhan.

Masakan Korea : Rabbeokki ( 라볶이 )

Saat akhir pekan kadang kita merasa bingung dengan rencana mau membuat acara apa. Wisata kuliner pasti sudah seringkali dilakukan. Namun ada yang menarik yaitu mencoba membuat masakan sendiri.
Dulu saya pernah menulis resep membuat ddeokbokki. pernah mencobanya..?
Nah bila bosen makan mie instan, sekarang boleh dicoba adalah rabokki. Rabokki gabungan kata-kata Ramyun ( mie instan)  dan ddeokbokki . Hal ini cukup sederhana untuk membuat jika anda tahu bagaimana membuat ddeokbbokki. Yang perlu Anda lakukan adalah, menambahkan  mie instan dan tambahan air  ke ddeokbbokki.

Keterangan : Bahan untuk 4 orang dengan  persiapan waktu sekitar 5 menit, waktu memasak  kurang lebih 7 menit.
I. BAHAN UTAMA
1 bungkus mie instan.
kue beras Segar 300g (sekitar 30 buah) – Jika Anda menggunakan garae ddeok kemasan sebaiknya di rendam dalam air dingin selama 20 menit sebelum Anda menggunakannya.
Ikan kue ( odaeng)  4 lembar – 240g
1 bawang
kubis secukupnya
1 batang daun bawang
1 ½ gelas air

SAUS ( sebaiknya dicampur dan disiapkan dalam mangkuk.)
Gochujang – 4 sdm
gula merah – 4 sdm; untuk takaran gula bisa dikurangi 2 sampai 3 sdm
Bawang putih cincang -1 sdt
Cabai bubuk ( Gochutgaru dalam bahasa Korea) – 1 sdt

II. PERSIAPAN
Iris tipis bawang dan daun bawang.
Bilas kue ikan dalam air panas. ( Untuk membersihkan lapisan minyak dari permukaan)
Potong kue ikan dan kubis potong ukuran sedang.
III. PROSES MEMASAK 

Tuang air ke dalam panci. Biarkan hingga mendidih itu. Tambahkan saus dan aduk dengan hingga merata.Tambahkan semua bahan lainnya dan aduk terus  hingga merata.

Sepertinya memasak Rabokki tidak sulit, karenanya di Korea harga rabokki sama dengan ramyun atau lebih mahal sedikit. Selamat mencoba.

DOENJANG IYAGI ( CERITA TENTANG DOENJANG )

Adalah Kim Jong gu, seorang yang sudah dihadapkan tali kematian, sebuah hukum gantung, ketika ditanya apakah tidak ada permintaan terakhir, ia katakan ” 된장…. 그된장 찌게가 ..먹고 싶네…( Doenjang…. geudoenjang jjigega ..meokgo sipne…/ Doenjang, aku ingin makan deonjang itu ). Ini adalah bagian dari adegan sebuah film yang berjudul ” DOENJANG “, sebuah film yang dibintangi Lee dong wook yang memerankan Kim Hyun soo dan juga bintang cantik Lee yo won yang dalam film ini memerankan Jang yejin si wanita misterius pembuat dwenjang .Film yang dirilis akhir tahun lalu itu mengisahkan seorang reporter yang merasa penasaran atas tertangkapnya seorang buronan saat sedang makan dwenjang. Film yang dalam title inggrisnya ” the Recipe, 2010 ” ini  berdurasi 105 menit dan  menarik sekali karena kita juga di ajak menikmati pemandangan indah pedesaan Korea dan percintaan Hyun soo dan Yejin. Apakah anda tertarik juga lihat filmnya?

Doenjang adalah  dari pasta kacang kedelai yang direbus dan dikeringkan di panas matahari dalam bentuk persegi yang dinamakan mejubap atau meju.

Dalam proses pengeringan ini muncul jejamuran yang menandakan telah terjadinya proses fermentasi dan menimbulkan bau yang menyengat. Setelah dikeringkan blok-blok doenjang ini dipindahkan ke tempat yang lebih hangat agar proses ferementasi berlangsung lebih cepat. Setelah itu dimasukkan ke dalam tempayan besar yang diisi dengan air garam. Air garam ini menyebabkan terjadinya fermentasi yang lebih baik lagi, yaitu melembekkan bentuk meju yang tadinya keras menjadi pasta kacang khas Korea. Jika pasta kacang dipisahkan dengan air dari hasil fermentasi tadi, akan menghasilkan kecap khas Korea yang disebut Ganjang. Doenjang biasanya dibuat secara manual di rumah-rumah orang Korea, terutama di pedesaan. Cara pembuatan doenjang secara manual hanya menggunakan air garam sementara doenjang buatan pabrik dibuat dengan menambahkan tepung gandum. Bahkan ada yang sengaja menambahkan komposisinya dengan ikan teri agar rasanya semakin lezat. Doenjang yang dimakan dengan bawang putih, minyak wijen, dan gochujang ( pasta cabai Korea) yang dibungkus dengan sayur dinamakan ssamjang ( tanpa nasi ) atau ssambap ( ditambah nasi ).

Doenjang juga populer dimasak sebagai sup, yaitu Doenjangjjigae (sup doenjang) yang biasanya berisi tahu dan bumbu seperti bubuk cabai, jamur, makanan laut dan daging. Doenjang memiliki gizi yang tinggi karena dihasilkan dari proses fermentasi yang bersifat anti kanker, selain itu juga memiliki sumber mineral dan flavonoid yang bersifat antioksidan.

난 된장 찌개 되고 싶어 ( nan doenjang jjigae doego sipeo / aku ingin menjadi doenjang). Kenapa ? Doenjang  walaupun penampilannya kurang menarik dan bau tak sedap yang menyengat, namun doenjang selalu bikin orang kecanduan dan merindukan selalu. Dalam kehidupan ini tak semuanya bisa kita nilai dari sebuah penampilan. Halusnya kulit tak meski menggambarkan halusnya budi, lembutnya bibir tak selalu melafadkan kata-kata yang lembut dan kayanya harta tak selalu membuat kaya di hati. Dan juga sebaliknya, tak semua bau yang tak sedap itu tidak membawa rasa nikmat.itulah  ” doenjang “.

Budaya Korea : Menikmati Samgyetang di hari Sambok

Hari ini , tanggal 14 juli adalah  hari yang di Korea dikenal dengan istilah chobok ( 초복 ) yaitu awal dari tiga waktu terpanas atau yang dikenal dengan istilah Sambok ( 삼복 ).

Sambok ( 삼복 ) berasal dari kata sam ( 삼 )  yaitu tiga dan kata bok ( 복 ) yaitu masa-masa terpanas yang  terdiri dari masa pertama atau chobok ( 초복 ) , masa terpanas pertengahan atau jungbok ( 중복 ) dan masa terakhir atau malbok ( 말복 ). Dahulu awalnya, untuk menghindari panas yang mengakibatkan tanaman banyak yang mati, maka orang-orang  banyak yang makan sup anjing  yang  juga dikenal sebagai Boshintang.

Namun karena makan daging anjing banyak yang beranggapan menjadikan sial, maka sekarang diganti dengan makan sup ayam yang dikenal dengan samgyetang yang dibuat dari pencampuran ayam, ginseng, buah taecho yang seperti kurma dan  beras. Dengan makan sup Ayam jenis ini dikatakan untuk membantu mengembalikan  energi.

samgyetang

Adapun bagi yang ingin membuat samgyetang, di bawah ini saya tampilkan  resepnya  dan bahan yang harus dipersiapkan adalah:

Ayam muda 1 ekor
Ginseng 2 buah
Beras ketan 1 gelas
Berangan 5 biji
Kurma 5 buah
Bawang putih 10 biji
Buah gingko 10 biji
Garam, merica, biji wijen seperlunya

Cara mengolahnya :

Pertama-tama bersihkan ayam yang masih utuh, dan bersihkan isi perut ayam tersebut. Kemudian beras ketan direndam air setelah dibersihkan. Siapkan ginseng ( sayur )  yang tidak dikeringkan. Kupas kulit berangan. Dan buah gingko digoreng sebentar lalu buang kulitnya. Bersihkan buah taecho / kurma dan kupas kulit bawang putih.
Di dalam perut ayam masukkan beras ketan, berangan, kurma, biji gingko dan bawang putih.
Jahit perut ayam supaya isinya tidak keluar pada waktu direbus. Siapkan panci besar dan masukkan ayam dan ginseng dengan air secukupnya.  Didihkan hingga warna kuah berubah menjadi putih. Setelah ayam sudah matang, angkat lalu lepaskan benangnya. Tambahkan garam pada kuah sesuai selera Anda . Sajikan selagi panas bersama garam yang dicampur dengan merica dan biji wijen.

Wah…. enak sekali pastinya.. selamat mencoba..!

Patbingsu : Es Campur khas Korea

PATBINGSU  : ES CAMPUR KHAS KOREA
Saat ini suhu udara di Korea dan Indonesia hampir sama panasnya. Di suasana yang panas,
pikiran kita pasti tertuju pada sesuatu yang menyejukkan. Dalam hal makanan atau minuman,
kita juga ingin  menu yang sesuai dengan suasana seperti ini.
Saya lalu terlintas dengan Es teler atau es campur dan ingin sekali untuk menikmatinya.Maka
pada kesempatan ini saya akan menampilkan menu masakan Korea yaitu Patbingsu. Dari namanya
pastilah anda bisa mengira bahwa menu ini terdiri dari Kacang merah ( pat ) dan Air es (
bingsu ). Ada juga yang membuat dari selain bubur kacang merah, tetapi menggantinya dengan
kopi  atau teh hijau ( nokcha bingsu )
Bahan-bahan Patbingsu untuk 4 orang ( 500 kcal, dengan waktu sekitar 40 menit.)
200g es batu
50g Fruit Cocktail yang di kaleng
1/2 gelas susu manis yang kental
1/4 gelas susu cair yang tawar
sedikit kue beras kentan atau moci
buah cheri ( bisa strawberry atau kiwi )
30 g kacang merah. Ada juga yang menjualnya dalam bentuk kalengan.
30 g gula pasir
Garam secukupnya.
Langkah-langkah pembuatan :
1.Bersihkan kacang merah, kemudian rebus dalam air yang cukup banyak.
Kalau kacang merah menjadi lunak, lalu masukkan gula pasir dan garam dan masak sampai airnya
habis.Mungkin seperti halnya ketika kita membuat bubur kacang hijau.
2.Tuangkan susu cair ke dalam mangkuk es krim dan masukkan es yang digiling halus.
3.Teteskan susu manis lalu aturlah kacang merah, fruit coktail, dan kue beras kentan di atas
es.
Hiaslah dengan buah cheri.
Dalam membuat Patbingsu,jenis buah yang digunakan bisa kita tentukan sesuai dengan selera
kita masing-masing. Sering kali orang Korea menambahkan pisang, buah kiwi, strawbery dan
sebagainya. Pat bingsu selain enak rasanya juga  cantik rupanya. dan akan menambah  selera
makan anda. Coba nikmatilah Patbingsu, masakan khas Korea untuk musim panas.

774524948_3782ce7d34

Saat ini suhu udara di Korea dan Indonesia hampir sama panasnya. Di suasana yang panas, pikiran kita pasti tertuju pada sesuatu yang menyejukkan. Dalam hal makanan atau minuman,  kita juga ingin  menu yang sesuai dengan suasana seperti ini.

Saya lalu terlintas dengan Es teler atau es campur dan ingin sekali untuk menikmatinya.Maka pada kesempatan ini saya akan menampilkan menu masakan Korea yaitu Patbingsu. Dari namanya pastilah anda bisa mengira bahwa menu ini terdiri dari Kacang merah ( pat ) dan Air es ( bingsu ). Ada juga yang membuat dari selain bubur kacang merah, tetapi menggantinya dengan kopi  atau teh hijau ( nokcha bingsu )

Bahan-bahan Patbingsu untuk 4 orang ( 500 kcal, dengan waktu sekitar 40 menit.)

Untitled-1 copy

200g es batu

50g Fruit Cocktail yang di kaleng

1/2 gelas susu manis yang kental

1/4 gelas susu cair yang tawar

sedikit kue beras kentan atau moci

buah cheri ( bisa strawberry atau kiwi )

30 g kacang merah. Ada juga yang menjualnya dalam bentuk kalengan.

30 g gula pasir

Garam secukupnya.

Langkah-langkah pembuatan :

1. Bersihkan kacang merah, kemudian rebus dalam air yang cukup banyak.

Kalau kacang merah menjadi lunak, lalu masukkan gula pasir dan garam dan masak sampai airnya habis. Mungkin seperti halnya ketika kita membuat bubur kacang hijau.DSC08950

2. Tuangkan susu cair ke dalam mangkuk es krim dan masukkan es yang digiling halus.

3. Teteskan susu manis lalu aturlah kacang merah, fruit coktail, dan kue beras kentan di atas es.

Hiaslah dengan buah cheri.

i050720_l(http://world.kbs.co.kr )

Dalam membuat Patbingsu, jenis buah yang digunakan bisa kita tentukan sesuai dengan selera kita masing-masing. Sering kali orang Korea menambahkan pisang, buah kiwi, strawbery dan sebagainya. Pat bingsu selain enak rasanya juga cantik rupanya. dan akan menambah  selera makan anda. Coba nikmatilah Patbingsu, masakan khas Korea untuk musim panas.

Tulisan yang dilengkapi video, bisa dilihat di blog tazkiana.   Selamat mencoba.

Masakan Korea : Tteokbokki ( 떡볶이)

Anda senang makan pedas? Baiklah sekarang kita akan menampilkan tulisan tentang masakan korea dengan rasa pedas-manis dan berwarna merah yaitu Tteokbokki,  dan tulisan ini juga merupakan  PR dari  Dian ssi sebagai ganti  hadiah rice cooker.

Di Korea saat jalan-jalan di musim dingin, paling enak sejenak menghangatkan diri, mampir di warung tenda (pojangmacha ) sambil makan Tteokbokki atau hanya sekedar makan odeng.
Bahan dasar Teokbokki adalah tteok ( 떡 ) yang disebut dengan garae tteok ( 가래 떡 ) yaitu jajanan dari beras yang berbentuk bulat memanjang.

Cara membuat garaetteok adalah :ie000828674_std

1. Bahan-bahan :
Tepung beras 300 g
Air 110g
Minyak wijen 3 sendok makan
2 . Cara membuatnya :
Tuangkan air sedikit demi sedikit pada tepung beras, kemudian aduk pelan-pelan dengan menggunakan tangan. Haluskan dengan menggunakan tirisan. Setelah kukusan sudah mengeluarkan uap, kukuslah tepung beras itu hingga matang. Setelah matang, angkat lalu dibuat menjadi adonan sambil mengoleskan minyak wijen supaya tidak lengket, hingga kenyal. Setelah itu adonan dibuat dengan bentuk panjang dan bulat . Kemudian oleskan sedikit minyak wijen di luarnya biar tidak langsung mengeras. Nah Garaetteok sudah jadi. Gampang bukan…?  Karena Jajanan ini sangat populer, maka Garaetteok telah diproduksi secara pabrikan,  dan harganya  menjadi relatif murah dan tentu tidak repot .

Cara membuat Tteokbokki ( 떡볶이 ):

1. Bahan-bahan :

200 g Teuk (kue beras)
1/4 buah bawang bombay
30 g wortel
2 buah jamur Shitake kering
1 buah cabe hijau dan merah
1 sdt minyak goreng
1 sdt minyak wijen
2. Bahan-bahan untuk bumbu
1 sdm bubuk cabe merah
1 sdm Kochujang ,  taujo cabe merah
1 sdm bawang putih yang dicincang halus
1/2 sdm gula pasir
3 sdm kalu daging
sedikit biji wijen, lada hitam, dan minyak wijen
3. Cara memasaknya :

Tteuk dicampurkan dengan minyak wijen. Potong melintang  bawang bombay dan wortel. Iris tipis jamur Shitake yang telah direndam dengan air panas hingga lunak. Potong melintang cabe hijau dan merah. Campurkan semua bahan untuk bumbu. Panaskan minyak dalam wajan lalu masukkan bumbu. Setelah bumbuh masak, masukkan bawang bombay, wortel, dan cabe. Masukkan dan tumislah hingga bumbu diresap pada tteok. Tteokbokki siap disajikan. ( ref. http://world.kbs.co.kr )

Di seoul,  tempat yang terkenal dengan Tteokbokki adalah kawasan Sindang-dong.  Bagaimana dengan anda? mau mencoba ?

Anda juga bisa menonton demo memasak Tteokbokki melalui video berikut :